79   1066
28   1322
49   1069
79   1316
60   1243
21   541
5   629
14   945
44   1261
39   1198

SG-KL Trip Part 1: 3 Hari Backpacker di Singapore (+ Itinerary & Budget)

Sudah lama banget nggak ke Singapore! Terakhir aku ke Singapore di tahun 2014. Singapura itu terkenal mahal, jadi agak males kesana walau tiket pesawatnya sering promo. Karena penasaran seperti apa Singapura saat ini, akhirnya Juni 2018 lalu aku kembali kesana. Mungkinkah backpacker-an murah di Singapore?

Tahukah kamu kalau Singapore merupakan salah satu negara dengan biaya hidup termahal di dunia? Makanya heran juga kenapa orang Indonesia hobi ke Singapore. Dan kebanyakan dari mereka ke Singapore untuk belanja pula! Ternyata orang negara kita kaya-kaya ya? Hahaha.

Kuakui, Singapore memang nyaman dikunjungi. Kotanya sangat rapi dan infrastruktur-nya sangat menunjang untuk traveler. Setiap ke Singapore, rasanya terpukau kita punya negara tetangga yang semaju ini. Yang kusuka juga dari Singapore adalah keberagaman etnis-nya. It’s a melting pot for various ethnicity, from Melayu, to Chinese, to Indian, etc. Membuat Singapore unik walaupun luas negara-nya terhitung kecil.

Karena itu aku pun penasaran mencoba backpacker-an ke Singapore, plus menyeberang jalur darat ke Malaysia!

Bright and colorful Singapore!

DAY 1

FROM SOETTA TO CHANGI

Untuk ke Singapore, kami menggunakan maskapai AirAsia. Ini pertama kalinya kami naik AirAsia setelah semua penerbangan internasional dari Jakarta-nya dipindah ke Terminal 3 Ultimate Soetta. Kami beli tiket lumayan dadakan, harga tiket per orangnya sekitar Rp 600.000,- one way. Hitungannya nggak mahal dan nggak murah juga untuk one way Jakarta – Singapura. Yang pasti jamnya enak karena flight jam 7 pagi, memungkinkan kami punya cukup waktu untuk langsung eksplor Singapore di hari pertama.

Airport transfer ke T2 Changi

KELILING SINGAPORE: EZ-LINK or SINGAPORE TOURIST PASS?

Jika sudah sampai di Changi Airport Singapore, transportasi paling mudah (dan murah) menuju tengah kota adalah dengan MRT.

Untuk naik MRT, kalian bisa membeli single-journey ticket di mesin.

Tapi jika kamu berencana akan banyak naik MRT dan bus selama di Singapore, supaya lebih praktis aku sarankan untuk membeli kartu EZ Link atau kartu Singapore Tourist Pass.

Loket tiket di MRT Changi Airport

Kartu EZ Link adalah kartu yang bisa kamu pakai dan isi ulang untuk menggunakan MRT dan bus. Harga kartunya adalah SGD 12 (dengan nilai isi kartu SGD 7, harga kartu SGD 5) jika membeli di TransitLink Ticket Offices. Info bisa cek disini: https://www.ezlink.com.sg/

Singapore Tourist Pass sebenarnya adalah kartu EZ Link juga, namun menawarkan unlimited travels untuk turis. Kartunya terbagi menjadi 1-day pass (SGD 10), 2-day pass (SGD 16), dan 3-day pass (SGD 20). Saat membeli kamu juga akan diminta membayar deposit SGD 10. Jika kamu tidak mengembalikan kartu Singapore Tourist Pass ini saat pass-nya sudah berakhir, kartu ini akan jadi kartu EZ-Link biasa (deposit hangus). Info bisa cek disini: http://thesingaporetouristpass.com.sg/

Karena aku akan banyak (bahkan selalu) menggunakan bus atau MRT saat di Singapore, aku memilih membeli Singapore Tourist Pass 3-day pass karena lebih menguntungkan.

Singapore Tourist Pass

CHECK IN HOTEL

Truthfully, the thing I hate the most about Singapore is the accomodation. Hotel rooms in Singapore are sooooo pricy yet the room is really small! Untuk backpacker, selalu ada pilihan hostel. Namun untuk hostel dengan fasilitas yang lumayan, harga hostel bisa sekitar Rp 200.000,-an per orang. Rasanya tetap mahal banget kalo dibanding menginap di hostel di Bali atau Bangkok yang sesama negara ASEAN. Ini salah satu alasan kenapa aku nggak terlalu lama stay di Singapore dan lebih lama beberapa malam di KL. Karena menginap di KL jauh lebih murah! Hahaha.

Di Singapore kali ini aku menginap di The Great Madras. Ini hitungannya bukan budget hotel sih, karena rate 1 malamnya sekitar Rp 1 juta per kamar. Tapi aku bela-belain menginap disini karena aku tertarik banget sama interior hotelnya dan karena lokasinya di Little India yang dekat kemana-mana. Review untuk hotel The Great Madras akan kutulis di Part II!

The Great Madras in Little India area

Untuk yang mencari budget hotel, aku rekomen hostel Traveller@SG yang pernah aku tempati di trip 2014 lalu. Bersih, harganya terjangkau, lokasinya dekat dari MRT Lavender, dan dapat simple breakfast (toasts, coffee, and tea). Jika ada yang punya rekomendasi hostel murah dan bagus di Singapore, silakan komen di bawah yah!

Setelah meletakkan tas di hostel, kami pun berangkat ke Sentosa Island.

KE SENTOSA ISLAND

Berbondong orang-orang ke Sentosa Island untuk ke Universal Studio Singapore (USS). Tapi kami kesana untuk cobain A.J. Hackett Sentosa Bungy Jump! Yay! Jika kalian hendak ke USS, bisa tetap menggunakan guide ini.

Sentosa Island adalah pulau di selatan Singapore, tidak bisa langsung dicapai dengan MRT. Ada beberapa cara untuk menyeberang ke Sentosa Island:

  1. By car (menggunakan Grab, fare tergantung jarak)
  2. By cable car dari Mount Faber (SGD 18)
  3. By Sentosa Express dari Vivocity Mall (SGD 4, tidak dicover Singapore Tourist Pass)
  4. By walk (+- 2 KM) dari Vivocity Mall (free)

Jika kalian memilih opsi 3 atau 4, bisa menggunakan MRT dan turun di Harbourfront MRT Station. Masuk ke area mall Vivocity, dan ikuti signage yang ada. Aku memilih opsi 4 karena merasa sayang jika harus keluar SGD 4 untuk naik Sentosa Express. Jalan kaki sekitar 2 KM di Sentosa Gateway, sudah sampai di Sentosa Island. Plus, bonus pemandangan sepanjang jalan yang bagus!

Pemandangan sepanjang Sentosa Gateway
Tempat jalan kakinya adem dan gak panas. Ada travelator tapi beberapa tidak dinyalakan mesinnya.
Sentosa Express. Biasanya selalu ramai.

FYI, Sentosa Express ini sebenarnya gratis setelah kalian sampai di Sentosa Island. SGD 4 ini hanya di-charge di saat berangkat menyeberang dari Vivocity. Jika kalian sudah berjalan kaki sampai di Sentosa Island, bisa naik Sentosa Express gratis untuk keliling Sentosa Island ataupun untuk kembali ke main island tanpa harus menunjukkan bukti pembelian tiket.

Rute Sentosa Express

Setelah menyeberangi Sentosa Gateway, bisa berjalan kaki saja menuju Waterfront Station. Universal Studio Singapore (USS) letaknya di dekat Waterfront Station ini.

Untuk kalian yang hendak ke USS, bisa beli tiket melalui Klook.com ! Menghindari antri panjang terutama saat musim liburan.

Tiket Universal Studios Singapore (USS) via Klook.com

A.J. HACKETT BUNGY JUMP

Karena A.J. Hackett Bungy Jump terletak di Siloso Beach, maka setelah sampai Waterfront Station, lanjut naik Sentosa Express menuju Beach Station. Turun, dan berjalan ikuti signage ke arah A.J. Hackett Bungy Jump.

Beach Station Sentosa Express

FYI, A.J. Hackett adalah perusahaan yang namanya sudah tidak perlu ditanyakan lagi di dunia bungy jump. Cabangnya yang paling dekat dari Indonesia, adalah di Sentosa Island ini. Bungy jump tertinggi di dunia di Macau Tower juga dikelola oleh A.J. Hackett. If you are a first-timer of bungy jump, I recommend them very much!

Tiket untuk A.J. Hackett Bungy Jump Sentosa bisa dibeli via Klook. Harganya sekitar Rp 1.500.000,- per orang. Tinggal tunjukkan bukti pembelian di layar HP saja.

Sentosa Bungy Jump by A.J. Hackett

Untuk bungy jump, kalian bisa pilih untuk badan ‘dicemplungin’ ke kolam atau tidak. Jelas lebih seru ‘dicemplungin’ sih! Hehehe.

A.J. Hackett Sentosa
Ditimbang dulu sebelum loncat

Bungy jump di Sentosa Island ini pemandangannya cantik sekali karena persis di bibir pantai Siloso. Berani coba?

IKEA ALEXANDRA

Kelaparan setelah bungy jump, kami memilih makan di IKEA daerah Alexandra. Ya, Jennifer Anandary memang hobinya makan di IKEA hahaha.

Sebelum IKEA buka dan ngehits di Indonesia, kebanyakan orang Indonesia sudah duluan mencoba makan di IKEA Singapore. Ada 2 lokasi IKEA di Singapore, di Alexandra dan Tampines. Alexandra lokasinya di selatan, tidak terlalu jauh dari Sentosa. Sedangkan Tampines lokasinya lebih ke timur dekat Changi.

Untuk ke IKEA Alexandra ini, kami menggunakan bus umum dari Vivocity. Rute dan nomor bus bisa dicek di Google Maps.

IKEA Alexandra

Harga makanan di IKEA Singapore jelas lebih mahal dari IKEA Indonesia. Kami habis sekitar SGD 27.9 untuk makan berdua. Wajib coba dim sum-nya karena menurutku enak banget!

Late lunch @ IKEA

GILLMAN BARRACK

Kalau nyari tempat Instagram-able yang lagi ngehits di Singapore, Gillman Barrack jelas salah satunya. Apalagi kalau kalian suka yang serba colorful.

Gillman Barrack adalah sebuah areal seni berisi berbagai art exhibitions, galeri, dan juga restoran. Saat aku kesana area-nya lumayan sepi. Mungkin karena weekdays, dan sedang tidak ada event.

Lokasi Gillman Barrack ini di selatan Singapore, sehingga searah jika kalian menuju ke arah Sentosa Island.

Gillman Barrack

https://www.instagram.com/p/BkUuK20nk2J/

REDHILL MRT STATION

Arah pulang dari Gillman Barrack, kami sengaja melalui rute Redhill MRT Station. Si MRT station yang serba pink. So cute!

Hello pink station!

LIBRARY @ ORCHARD

Setelah menghabiskan waktu di daerah selatan, kami pun menuju Orchard Road dengan bus untuk cari keramaian Singapore di malam hari. Kalau suka shopping barang branded, wajib ke area ini. Kalaupun tidak suka belanja, bisa cuci mata dan jajan roti es krim 1 dollar khas sini.

Selagi di Orchard, bisa juga main ke Library @ ORCHARD, perpustakaan modern yang lokasinya di Orchard Gateway, di samping mall 313@Somerset. Perpustakaan ini terbuka untuk umum, dan koleksinya lengkaaaaap sekali.

Library @ORCHARD

Setelah puas keliling Orchard dan mall pun mulai tutup, kami pun pulang menuju hostel dengan MRT.

DAY 2

BUGIS STREET & LITTLE INDIA

Salah satu trik bisa liburan murah di Singapore adalah mengunjungi spot-spot menarik yang masuknya gratis!

Singapore punya area yang menurutku menarik banget meski hanya untuk cuci mata jalan-jalan. Sebut saja Bugis Street, Arab Street, dan Little India.

https://www.instagram.com/p/BkhlkaNndCO/

Residence of Tan Teng Niah
Murals around Little India
Haji Lane

https://www.instagram.com/p/BkMiJ2CH6CR/

Wanderlust

OLD HILL STREET POLICE STATION

Salah satu gedung paling colorful di Singapore. Kantor polisi tapi bangunannya layaknya pelangi! Sebelum ke tujuan utama hari ini yaitu Central Perk, kami mampir melewati gedung ini.

Lebih suka naik bus daripada MRT karena kebanyakan turun lebih dekat ke tujuan. Bus tingkat pun ada.
Old Hill Street Police Station

CENTRAL PERK

Inilah destinasi utama hari ini! I’m a big fan of F.R.I.E.N.D.S. TV series, jadi pastinya mampir kesini. Lokasi Central Perk SG ini berada di lantai dasar sebuah gedung, di seberang hotel Holiday Inn Clarke Quay.

Welcome to Central Perk SG!

Sempat membaca beberapa review tentang Central Perk SG ini yang bilang bahwa menunya cukup mahal. Setuju sih! Tapi wajar karena mereka bayar license langsung ke Warner Bros. Kami pesan Joey’s Meatlover Pizza (SGD 26), Chandler’s Mac n Cheese (SGD 14), Joey Tribbiani Frappucinno (SGD 17), dan Ice Lemon Tea (SGD 5).

https://www.instagram.com/p/BkH74diHEgb/

Pizza-nya yang katanya recommended menurutku rasanya biasa aja. Mac n Cheese-nya yang menurutku lebih enak!

Setelah seharian capek keliling Singapore, kami cukup lama nongkrong disini sambil keasikan nonton rerun F.R.I.E.N.D.S. episode. Will come back? Yes, definitely!

F.R.I.E.N.D.S. rerun all day errday
The counter

Selain area makan, Central Perk SG ini juga punya area memorabilia tiap karakter: Rachel, Monica, Phoebe, Joey, Chandler, dan Ross. Fans F.R.I.E.N.D.S. dijamin dapat banyak stok foto disini!

Hanging out in Monica’s kitchen
Joey & Chandler’s Apartment

Kami pun pulang ke hostel untuk istirahat. Menyimpan tenaga karena besok akan ke Gardens by The Bay dan langsung menuju KL pada malam harinya. See you on part 2!

RESUME ITINERARY BUDGET DAY 1 & 2:

  1. Perhitungan di atas untuk 2 orang (2 pax)
  2. SGD adalah hitungan dalam Singapore Dollar, dan IDR untuk perkiraan dalam Rupiah (dengan asumsi 1 SGD = Rp 10.000,-)
  3. Trip di atas dilakukan pada bulan Juni 2018
  4. Belum mencakup budget belanja dan jajan-jajan sampingan

50 Comments

  1. August 20, 2018 / 12:20 pm

    Hallo sist idenya bagus banget buat backpackeran🀩, belum pernah coba ke sentosa jalan kaki. Ohh iyaa kalo balik lagi ke vivo pake sentosa express ga ada pemeriksaan tiket atau semacamnya ya?

    • anandary
      Author
      October 22, 2018 / 6:30 pm

      Iya untuk balik ke Vivo-nya lagi nggak ada pemeriksaan tiket, tinggal naik aja πŸ™‚

  2. Astiani
    October 4, 2018 / 6:39 am

    Hi J!
    Tanya dong, dari Gillman Barracks ke Redhill station bisa jalan kaki? Atau itu harus ke station lain dan naik MRT dulu?

    • anandary
      Author
      October 4, 2018 / 5:08 pm

      Naik bus aja dari Gillman Barracks ke Redhill Station-nya, kalau jalan kaki kejauhan

  3. Tenri
    November 19, 2018 / 7:57 am

    wow!!! wah makasih banyak kak informasi nyaa πŸ™‚ sangat detail dan cucok bgt buat rekomendasi travel sm temen2

    • anandary
      Author
      November 19, 2018 / 9:27 am

      You’re welcome! Wah, seru banget travelling sama temen2. Have fun!

  4. December 19, 2018 / 6:43 am

    Berlibur ke Singapura bisa dibilang patut dicoba buat kita semua. Terutama bagi yang belum pernah travelling ke luar negeri. Selain harga tiketnya yang bersahabat, transportasi disana sangat memadai meskipun biaya hidup dan hotel disana terbilang mahal ya. Untuk wisata alam tentu tidak sebagus di Indonesia tetapi wisata kota nya layak dikunjungi. Umumnya orang-orang mampir ke universal studio, tapi wisata kota yang gratisnya juga banyak dan instagram-able. Menurut saya, singapura bisa dijadikan ajang β€œpemanasan” bagi kita-kita untuk liburan ke luar negeri yang lebih jauh. Kalo teman-teman berkenan mampir ke blog saya buat baca review liburan ke Singapura.

    http://www.nyimastsuraya.com/2018/12/honeymoon-singapore.html

    • anandary
      Author
      December 20, 2018 / 6:39 am

      Setuju banget! Biarpun terhitung negara yang mahal biaya hidupnya, tapi untuk wisata banyak spot gratis karena tiap sudutnya cantik πŸ™‚

  5. Gabby
    January 11, 2019 / 12:13 pm

    Sis, untuk tourist pass itu bisa dipakai semua bus dan mrt atau hanya beberapa bus? Karna belom pernah nyoba buat naik bus. Thankyou

    • anandary
      Author
      January 11, 2019 / 12:54 pm

      Semua basic bus, MRT, dan LRT

  6. Inafle
    January 18, 2019 / 8:20 am

    Sis,untuk yg gillman barrack ada biaya masuknya ga?
    Makasih
    😊

  7. Santi
    February 7, 2019 / 12:54 pm

    Mbaa, dari the great madras ke golden mile complex naik apa? Jalan kaki jauh ga?terimakasih jawabannya

  8. April 14, 2019 / 10:56 pm

    Mantap, jujur Singapore membuat saya terkesima sekali.

    Pada tahun 2018 saya pertama kali kesana, dan kenapa besok agutus saya mau kesana lagi. merindukan suasananya yang sangat harmonis. Nyaman sekali setiap sudut kotanya πŸ™‚

    • anandary
      Author
      April 15, 2019 / 5:26 am

      Setuju! Singapore teraturnya bikin rindu

  9. Tyaaresna
    April 18, 2019 / 4:09 pm

    Hallo mba,, mo tny .? sy baru akan dan pertama x ny k sg. Rencana via darat mb dr malaca.. Dan rencana nginep d sekitar little India.. Mau bli turis pass ny d mn h mb.. TqπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

  10. Novalita
    April 20, 2019 / 3:41 am

    Makasih banyak mba buat ceritanya. Membantu sekali :))
    Btw, adakah disini yg berencana mau ke sg sekitar bulan ags/sept? Saya pgn kesana dan masih cari tmn krn ini pertama kalinya saya ke LN.

    • vivi
      May 6, 2019 / 3:28 am

      saya juga ada rencana ke sana mba ,mau cari temen juga . bisa ctc lwat email ?
      email saya vivi.pranari@gmail.com

      • muazza
        May 9, 2019 / 4:53 am

        Saya berencana ke Singapura di bulan Agustus, bisa email juga Kak muazzaffa@gmail.com

        • Ayunda trie
          June 19, 2019 / 11:59 am

          boleh email ke aku mb. sep 3-5 aku ke singapura inshaa’allah

    • tri rudatin
      June 19, 2019 / 11:56 am

      aku mb ke spore tgl 3-5 sep lanjut Malaysia inshaa’allah… klo mau boleh bareng πŸ™‚

      • Joko P
        August 8, 2019 / 3:38 pm

        Aku pas tgl 5 Sept ke S’pore nya, lanjut ke Johor Bahru ..

    • vendik
      September 3, 2019 / 2:35 pm

      Kira2 ada yg backpaker bareng? Bsa info wa 082334297000 / vendikdwi@gmail.com

      • Imaniar
        February 5, 2020 / 6:18 pm

        Ada lg yg mau backpacker an 18-23 April 2020 biar airbnb nya murah kL banyak orang πŸ˜…, Rencanya ak 3 orang cew semua mau ke johor baru jg

  11. vetra
    April 23, 2019 / 5:33 am

    kalo backpakeran bareng anak2 yg udah umur 10 n 11 thun kira2 aman ga ya… kalo penerbangan dri jkt pagi sampe singapur kan masih pagi n blom bisa checkin barang2 di ttip mana ya? thx ya sis.. info detail banget jadi pengen backpakeran sama anak2 dripada pake travel

    • anandary
      Author
      April 23, 2019 / 9:12 am

      Sebelum jam check in boleh kok titip koper dan barang2 di resepsionis hotel/hostelnya. Saya sering begitu dan biasanya free of charge juga πŸ™‚

      • Topan
        May 15, 2019 / 12:05 pm

        Bulan agustus mau kesana tpi bahasa inggris pas pasan. Ktika di imigrasi changi apa bisa bahsa indo ya wkwkwk

        • anandary
          Author
          May 16, 2019 / 3:18 am

          Jarang diajak ngomong kok di imigrasi sana kecuali kena random check. Harus bahasa Inggris ya

          • Topan
            May 16, 2019 / 3:23 am

            Misal tiket pulang ke indo jam 8 pagi. La hri sebelumnya pas malam hari nginep di changi apa bakal diusir? Klo di hostel takut gak keburu pesawat

          • anandary
            Author
            May 21, 2019 / 10:38 am

            Kalo sudah ada boarding pass, nggak akan diusir

  12. Therecia
    June 13, 2019 / 5:15 pm

    Kak mau nanyak dong, gimana perjalanan darat dari sg ke kl. Makasi

  13. Son
    June 18, 2019 / 8:37 am

    Klo trip SG sm KL yg part 1 ditulis di blog jg g?? Mau liat yg pertama kali harus dikunjungi apa aja hehe
    Thx b4

    • anandary
      Author
      June 19, 2019 / 4:45 pm

      Ini kan yang part satuuuu

  14. Fauziah
    July 10, 2019 / 2:22 am

    MRT disana 24 jam kah?

    • anandary
      Author
      July 10, 2019 / 5:30 am

      Tidak. Hanya jam 5.30 sampai kira-kira tengah malam.

  15. EDWIN
    July 22, 2019 / 8:16 am

    kak Anandary… mau tanya itu kamera SLR atau mirrorless??? πŸ˜€

    • anandary
      Author
      July 22, 2019 / 1:24 pm

      Kamera yang aku pakai? Mirrorless

  16. angely
    August 24, 2019 / 11:53 am

    halow sist bisa bagi ittinerarinya…sing n malay ? makasih banyak ya sist..Gbu

  17. September 18, 2019 / 4:29 am

    mantab kak ulasannya detail dan lengkap banget informasninya

  18. Feni
    September 21, 2019 / 2:30 pm

    Ka mau tanya, tanga2 cantik yg ada di bugis street itu patokannya apa ya kalo di maps

    • anandary
      Author
      September 22, 2019 / 10:55 am

      Search aja ‘spiral staircases bugis’

  19. Indah MJ
    October 14, 2019 / 3:13 am

    Hallo jee, terimakasih ya tulisanmu membantu buatku yg akan solo travel ke sg nanti ditanggal 17 oktober ini, siapa tau ada diantara pembacamu yg akan solo travel juga ke sg bisa bareng 😁 bisa email ya indah.monmon@gmail.com thanks

    • anandary
      Author
      October 14, 2019 / 4:07 am

      Yay! Happy travel!

  20. ina
    October 22, 2019 / 7:45 am

    ada yang mau sg di bulan desember gaa

    • Mita
      October 28, 2019 / 4:43 pm

      Yukk ada yg mau join juga ga januari backpacker ke kul-sg

      • Ajeng
        October 29, 2019 / 6:34 am

        Halo boleh minta,wanya atau nama ignya ka.aku juga rencana mau ke sg.salam kenal ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!