Keliling Dunia di Jatim Park 3: The Legend Star, Batu, Malang

Kali kedua berkunjung ke Malang membuatku bulat dengan opini bahwa Malang punya seabrek tempat wisata! Baik yang natural maupun man-made. Terkenal dengan wisata seperti Museum Angkut, Jatim Park 1 dan 2, kini terbaru hadir Jatim Park 3 (Dino Park).

Tahun 2015 adalah kali pertamaku berkunjung ke Malang. Utamanya sih karena pengen ke Gunung Bromo, tapi jadi jatuh cinta juga sama objek wisata lainnya seperti Museum Angkut, Omah Kayu, Coban Rondo, dan lain-lain.

Bromo Trip, 2015

Setelah sukses dengan Jatim Park 1 dan 2, kini muncul lagi wisata baru yaitu Jatim Park 3. Lokasinya masih sama, di kota Batu, Malang.

Wisata Jatim Park (1, 2, dan 3) sebetulnya menurutku lebih mempunyai target market untuk family karena sangat edukatif untuk anak-anak. Untuk orang dewasa bisa terhibur karena spot-spot cantiknya banyak dan bisa banget untuk stock foto-foto hehe. Yang kusuka: properti dan kualitasnya cukup high quality dan nggak norak ala-ala!

Banyak wahana yang ada di Jatim Park 3, tapi yang paling membuatku tertarik adalah yang terbaru yaitu The Legend Star. Dari foto-foto yang kutemukan di saat browsing, kok banyak replika negara-negara gitu ya?

Penasaran dengan fotonya yang nampak menarik, jadilah untuk trip-ku yang singkat di Malang kali ini, aku menjatuhkan pilihan untuk mengunjungi Jatim Park 3: The Legend Star!

 

JATIM PARK 3 (DINO PARK)

The entrance of Jatim Park 3 (taken at night)

First of all, area Jatim Park 3 itu gede banget! Saking barunya, beberapa area masih tahap pembangunan. Kulihat-lihat dari strukturnya sih kayaknya bakal ada hotel dibangun disini (kayak Jatim Park 2 yang punya Pohon Inn).

Di dalam Jatim Park 3 ada berbagai wahana. Harga tiketnya pun beragam. Mahal atau murah? Menurutku lumayan mahal. Bahkan untukku yang terbiasa wisata di Jakarta yang harganya biasanya di atas rata-rata. Worth it kah?

Berikut adalah screenshot harga tiket wahana di Jatim Park 3 per Maret 2018 (aku ambil dari Instagram Jatim Park 3: @jatimparkinfo

Harga tiket wahana Jatim Park (diambil dari IG account @jatimparkinfo)

Kusarankan untuk rajin mengecek Instagram @jatimparkinfo untuk tahu harga tiketnya sebelum datang, karena sering promo. Waktu aku datang, harga tiket untuk The Legend Star adalah Rp 70.000,- / orang sedangkan yang tertera di atas harga tiketnya sebesar Rp 110.000,-/orang.

THE LEGEND STAR @ JATIM PARK 3

Satu hal yang kusuka, begitu masuk area The Legend Star disambut dengan replika Istana Negara! Wah! Biarpun nanti di dalamnya banyak replika negara lain, tetap yang pertama replika kebanggaan milik negara sendiri.

ISTANA NEGARA

Miniatur istana negara
The detail! Beneran berasa di Istana Negara (walau aku belum pernah ke aslinya hehehe)
Masuk ke Istana Negara, ada ruangan besar dengan standee Pak Jokowi

Deretan foto wakil presiden RI
Bisa foto ala-ala interview. Tapi kok Pak Jokowi-nya berdiri ya? Hahaha
Nelson Mandela & Gus Dur
Megah ya! Ini semua berukuran life-size lho dan bukan miniatur

Dari sini aku baru ‘ngeh’ bahwa The Legend Star ini agak mirip dengan Madam Tussauds! Ada berbagai macam patung lilin tokoh-tokoh terkenal dari penjuru dunia.

Pablo Picasso
Albert Einstein
Kate Middleton, Prince William, and Winston Churchill

 

And many other famous people.
Rute selanjutnya

Masuk The Legend Star pun ternyata area-nya banyak! Terbagi menjadi berbagai area. Menurutku layout dan flow pengunjungnya rapi dan tertata, pengunjung dibuat runut mengunjungi seluruh area yang ada.

The famous quote from Bung Karno
Famous quote from Bung Hatta
Football area!
Dari semua patung yang ada cuma foto sama yang ini hahaha. Idola! <3
Basketball area

Mike Tyson
Fan Bing Bing dan Sun Go Kong
Masuk ke area outdoor! Favorit!

WHITE HOUSE

The White House
Donald Trump

NETHERLANDS

Area Netherlands!
Cutieee! Favoritku karena warna warni! Hehe

MAJAPAHIT

Majapahit area

TAJ MAHAL

Taj Mahal area. Sayang banget cuma 2D aja 🙁
Jadi inget area Little India di Singapore

DIAGON ALLEY

For Harry Potter fan, Diagon Alley area!
Cuma props aja nggak ada toko real atau yang lain-lain. Harry Potter fan kudu tetep ke Universal kalo mau yang semirip-miripnya!

COLOSSEUM

HOLLYWOOD STAR

Setelah muter-muter di area outdoor, masuk ke area indoor lagi yaitu Hollywood Star area. Disini terdapat berbagai patung selebriti Hollywood dari Will Smith, Angelina Jolie, Brad Pitt, Vin Diesel, Dwayne Johnson, Anne Hathaway, Daniel Craig, dan lain-lain.

Hollywood area! Spotted: Will Smith
Menurutku patung-patung disini lumayan mirip tapi ada sedikit agak nggak miripnya juga sih! Beberapa artis aku harus nyontek dulu namanya di bagian bawah saking nggak ngeh ini siapa… xD
Vin Diesel dan Dwayne Johnson. Mirip nggak?

JAPAN

Nah, sekarang kita masuk ke area favoritku juga! Area ini menurutku paling ter-maintain. Desain-nya niat, dan ada kegiatan yang bisa dilakukan disini selain cuma foto-foto doang. Area Jepang!

Jadi inget Senso-ji Temple di Tokyo
Ala-ala strolling di Kyoto

Props super niat!

Ada berbagai macam booth yang menjual aneka makanan Jepang

Yang paling seru, disini ada sewa baju Jepang alias kimono dan yukata. Disini memang bukan tempat wisata pertama di Indonesia yang menyediakan sewa kimono. Di Floating Market Lembang, Bandung, pun ada. Cek post-ku tentang Floating Market Bandung disini.

Tapi menurutku Jatim Park 3: Legend of Star ini punya setting Jejepangan yang paling oke yang aku pernah datangi! Paling berasa di Jepang-nya.

Tempat sewa baju Jepang
Harga dan peraturan persewaan
Pilihan kimono dan yukata
Banyak juga pengunjung yang sewa kimono disini walaupun kala itu weekdays dan tidak terlalu ramai.
Dekorasinya berasa di Jepang banget. Suka!

Berhubung sudah pernah sewa kimono waktu liburan di Jepang dulu, jadi males sewa lagi. Ayah ibuku deh yang sewa kimono dan pepotoan disana! Berikut foto-foto mereka:

Le dad in yukata

Niat kan props-nya? Jamin kece deh fotonya

Mas-mas petugasnya pun baik banget mau bantuin foto. Mungkin juga karena lagi gak terlalu ramai pengunjung kali ya? Ide bagus nih buat solo traveler, tetep bisa foto-foto tanpa harus pake tripod hehehe!

 

CHINA

Ala-ala Forbidden City. Tapi agak nanggung.
Ada restoran lagi persis di depan si ‘Forbidden City’.
Pintu keluar di sebelah kanan dan masuk ke area mana ya?
Yep, area Avengers! Cocok deh buat anak kecil yang suka superheroes.
Area Chinese actors
Ended with Bruce Lee!

My happy mom and dad in kimono!

Overall experience, biarpun harga tiketnya nggak murah, menurutku Jatim Park 3: The Legend Star worth it dengan kualitas dan banyaknya hal yang bisa dilakukan disini. Di kota seperti Jakarta atau Bandung, banyak lho objek wisata lain yang menaruh harga serupa tapi kualitasnya ecek-ecek dan areanya kecil mungil. Kan kesel?! *curhat*

Jatim Park 3 ini jadi tempat wisata favoritku di Malang untuk kategori man-made, barengan dengan Museum Angkut dan Batu Secret Zoo.

Gimana? Jadi pengen ke Malang nggak?

The Legend Star @ Jatim Park 3

Address: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 144, Batu, Malang, Jawa Timur

Opening Hours: 11 AM – 8 PM

Ticket fee: Rp 110.000,- per person

13 thoughts on “Keliling Dunia di Jatim Park 3: The Legend Star, Batu, Malang

  1. Huaaaaa baru lagi Jatim Park 3 nya udah jadi yaa. Mau kesana tapi nunggu sampai bangunannya selesai Kak Jen. Hehehe. Lengkap banget fotonya, cakeep cakep. Salam kenal yaaa

    1. Kemarin aku cek di IG kayaknya udah makin lengkap sih. Ada area Korea dan sewa hanboknya sekarang. Yang Forbidden City juga makin lengkap propertinya. Salam kenal juga, Indira! 🙂

  2. Aku yg asli malang aja baru mau punya rencana ke situ😅 tp setelah lihat reviewnya jd pengen kesana .. thanks infonya lengkap banget

    1. Iyaa denger-denger sekarang juga makin lengkap objek fotonya disana. Wah, seneng banget kamu tinggal di Malang, kotanya cantiiik! Thank you for reading my blog! 🙂

  3. Aah suka deh foto2 san cerita kesananya.. aku anak Singosari, Malang juga..
    Tapinya belum lengkap masuk di Legend Starsnya.. Blom ke Harry Potter area karena uda kesorean…

    Salam kenal yak..

    keep writing ^^

    1. Hai Nieth. Area Harry Potter waktu aku kesana emang mungil kok areanya jadi ya gpp sih kelewatan juga menurutku haha… Paling puas ke area Jepang soalnya besar. Dengar-dengar sekarang ada area Korea tapi waktu aku kesana belum ada.

      Salam kenal juga ya! Thank you for reading my blog 🙂

  4. Salam Kenal

    Saya aja yang orang malang baru kemarin kesana 😀
    kebetulan saya pas weekdays jadi relatif lebih sepi, jadi bisa puas ambil spot foto dan petugasnya juga ramah2 dan mereka mungkin sudah dibekali pengambilan spot foto yang lebih bagus daripada orang awam,,,dan saya ambil paket Terusan Dino Park, Legend Star dan museum musik, update harga di 200rb untuk terusan tiga Wahana itu. kalo eceran : Legend Star dan Dino Park @100rb, Museum Musik 50rb… kalo terusan dua wahana aja Legend Star dan Dino Park di harga Rp170rb.

      1. Karena jarang sekali ada blogger yang mencantumkan HTM pada daerah2 wisata. hal tersebut sebenernya sangat penting sebagai informasi terutama yang luar kota agar bisa lebih mempersiapkan budget liburannya. jadi selain share foto tempat, share harga lokasi wisata tentunya sangat bermanfaat sekali (hal itu berlaku bagi saya ketika akan liburan juga hahaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *