Visa Korea Selatan untuk Freelancer

Akhir tahun 2017, aku berencana untuk ke Seoul, Korea Selatan. Halangannya cuma satu: visa. Dan aku adalah makhluk yang paling males ngurus visa.

Aku sudah pernah ke Korea Selatan tahun 2011 lalu, tapi saat itu masih berstatus mahasiswa. Pergi bareng keluarga pula, jadi nggak merasakan repot ngurus-ngurusnya. Cuma perlu ke tata usaha kampus untuk minta surat keterangan mahasiswa, sisanya diurus orangtua.

Gyeongbokgung Palace, circa 2011. Maafkan filter yang agak alay. Nggak nemu file mentahnya lagi πŸ™

Sekarang? Berhubung sudah umur produktif dan bekerja, harus apply sendiri. Ribetnya lagi, aku sudah resign dari perusahaan tahun lalu dan sekarang sedang merintis as a self-employed. Nggak ada ceritanya deh tuh punya slip gaji, atau lembar SPT, padahal itu salah satu syarat visa Korea Selatan.

Berbekal membaca blog orang (kayaknya hampir semua blog tentang visa Korea Selatan yang muncul di Google aku bacain deh), akhir September 2017 aku memberanikan diri apply untuk visa Korea Selatan. Beruntung banyak blogger Indonesia yang membahas persyaratan visa Korea Selatan ini, jadi referensinya banyak. Tapi disini aku akan lebih menekankan bagaimana untuk apply visa Korea Selatan as a self-employed. Menurutku akan berguna karena di jaman teknologi yang semaju sekarang makin banyak orang yang terjun bekerja sebagai self-employed, freelancer, atau online seller.

Disini aku apply Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-9). Syarat-syarat pengajuan untuk jenis visa lain bisa dilihat di website Kedutaan Besar Korea untuk Indonesia disini. Berikut dokumen-dokumen yang kumasukkan untuk pengajuan visa wisata Korea Selatan:

1. Form Aplikasi Visa (dan Pas Foto yang Ditempel)

Form aplikasi visa bisa di-download disini. Pas foto yang digunakan adalah 3,5 cm x 4,5 cm, cetak warna, background putih.Β Isi form dengan huruf cetak dan kapital.

Untuk pas foto Korea Selatan ini aku buat di Jakarta Foto daerah Sabang, Jakarta Pusat. Jakarta Foto ini memang banyak direkomendasi kedutaan untuk pembuatan pas foto visa. Biayanya Rp 50.000,- sudah mendapat CD dan 4 lembar foto. Pembuatannya cepat sekitar 15 menit saja dari foto hingga CD dan cetak fotonya jadi. Ke depannya tinggal print dari CD saja jika hendak apply visa lagi.

Jakarta Foto di Jalan Sabang, Jakarta Pusat

2. Paspor Asli (masa berlaku minimal 6 bulan sebelum expired) dan Fotokopi

Fotokopi di kertas ukuran A4, tidak perlu dipotong. Sertakan juga paspor lama dan fotokopinya jika punya.

Penyertaan paspor lama ini menurutku cukup berpengaruh dalam approval permohonan visa di kasusku karena di paspor lama ini ada visa Korea tahun 2011 dulu, dan beberapa stempel negara lain. Nggak mutlak sih, karena ada juga kasus orang yang visanya ditolak padahal sudah pernah ke Korea dan berbagai negara lain. Tapi menurutku ini lumayan jadi bukti bahwa travel history kita bagus dan memang tujuan perginya untuk tourism dan bukan mau jadi imigran gelap.

3. Fotokopi Akte Kelahiran, KTP dan Kartu Keluarga (KK)

Beberapa blog bilang KK ini terutama diperlukan apabila pergi bersama keluarga, atau pergi dengan sponsor orangtua.Β Aku sendiri menyertakan KK sebagai bukti bahwa aku masih punya ikatan dengan keluarga yang tinggal disini. Serta bukti hubungan darah dengan Ayah yang menyertakan surat keterangan untukku (keterangan lanjut baca di bawah)

4. Surat Keterangan Kerja atau SIUP untuk Wirausaha.

Untuk pegawai kantoran sih gampang tinggal ke HRD dan minta surat keterangan kerja. Tapi untuk freelancer ini tricky dan suka bikin males pergi ke negara yang butuh visa, ya kan?

Disini aku mengakalinya dengan menulis sendiri surat keterangan kerja mengenai pekerjaanku sekarang. Untuk tambahan bukti, aku menambahkan beberapa invoice dan kontrak kerja dari klien. Pihak kedutaan bisa kroscek dengan rekening koran-ku nanti, jadi jelas dari mana pemasukan uang yang kudapat untuk travelling.

Hal yang serupa bisa dilakukan kalau kamu usaha online shop. Kamu bisa print screen usaha jualan kamu baik di Instagram ataupun marketplace lainnya. Jelaskan saja apa yang kamu jual, lebih oke lagi jika ada bukti invoice-nya supaya bisa di-kroscek dengan rekening koranmu.

Intinya, buktikan ke kedutaan dari mana pemasukan kita sejelas mungkin. Semakin banyak bukti yang bisa kamu berikan akan semakin baik.

5. Fotokopi NPWP dan fotokopi SPT Tahunan

Salah satu kesulitan freelancer dalam apply visa adalah tidak mempunyai NPWP serta bukti potong pajak SPT Tahunan. Sebagai gantinya bisa membuat surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT yang ditanda tangan di atas materai.

6. Bukti Rekening Koran 3 Bulan Terakhir dan Surat Referensi Bank

Bukti rekening koran dan surat referensi bank aku buat di bank BCA. Biayanya Rp 2.500,- per lembar untuk rekening koran dan Rp 50.000,- untuk surat referensi bank. Prosesnya cukup cepat hanya sekitar 30 menit di customer service.

Berapakah minimal saldo yang dibutuhkan? Untuk aman-nya, siapkan saldo sejumlah Rp 1.500.000,- x lama hari disana. Contoh: jikaΒ stay selama 7 hari, maka siapkan minimal Rp 1.500.000,- x 7 = Rp 10.500.000,-. Tidak mutlak, karena ada juga yang saldonya sampai ratusan juta tapi ditolak. Ada yang saldo-nya hanya 5 jutaan tapi di-approve.

Menurutku, yang terpenting rekening kamu itu ‘hidup’ dalam artian konstan mendapat pemasukan di tiap bulan, dan juga ada penarikan. Hindari pemasukan uang dadakan dalam jumlah besar dalam kurun waktu 3 bulan terakhir karena pasti akan dicurigai kedutaan bahwa uang tersebut dipinjam dari orang lain untuk ‘menggembungkan’ rekening kamu supaya saldo terlihat banyak.

7. Statement Letter Orang Tua dengan Materai

Statement letter ini aku buat karena hasil dari membaca blog-nya Jeane RooselineΒ (terima kasih banyak Mbak Jeane!) Perjalanan ke Korea Selatan ini seluruhnya menggunakan biaya dariku pribadi, bukan orangtua. Tapi tidak ada salahnya menambahkan statement letter orangtua untuk meyakinkan kedutaan bahwa aku masih punya hubungan keluarga yang kuat di Indonesia dan tidak akan mencari kerja disana. Statement letter ini ditandatangan di atas materai oleh salah satu orangtua.

Jika dokumen sudah siap, bisa langsung ke kedutaan besar Korea Selatan yang lokasinya di Jalan Gatot Soebroto, persis di samping RS Medistra.

Gedung Kedutaan Besar Republik Korea.

Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia

Jalan Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950

Telephone: 021 – 2967 – 2555

Pengajuan Aplikasi Visa: 09.00-11.30

Pengambilan Visa: 13.30-16.30

Untuk mengajukan aplikasi visa, banyak yang rekomen untuk datang dari pagi-pagi sekali untuk menghindari antrian panjang. Tapi karena lokasinya cukup jauh dari rumahku dan malas kena rush hour pagi hari, aku berangkat dari rumah pukul 09.30 dan sampai disana pukul 10.30, mendapat nomor antrian 85. Menunggu sekitar 30 menit sudah dipanggil ke counter untuk menyerahkan dokumen.

Dokumen diberikan ke petugas dan diperiksa seluruhnya. Semua oke, kemudian akupun diminta membayar Rp 544.000. Tidak bisa debit jadi siapkan uang cash.

Aku pun diberi bukti tanda terima pembayaran, yang nantinya harus dibawa saat mengambil visa. Proses pembuatannya sekitar 6 hari kerja. Apply di tanggal 25 September 2017, perkiraan visa keluar adalah tanggal 4 Oktober 2017. Petugas sempat berpesan untuk mengecek dulu website http://idn.mofa.go.kr untuk melihat status visa sebelum datang untuk mengambil kembali.

Kertas tanda pembayaran dan juga untuk pengambilan visa.

Lumayan deg-degan mengecek status visa di website, karena ketakutan ditolak itu tentu ada. Tips saat mengecek di website, penulisan nama lengkap ditulis (last name) lalu (first name) sesuai paspor. First name-ku JENNIFER last name KARIODIMEDJO. Maka kutulis KARIODIMEDJO JENNIFER. Aku sempat sekitar 5 menit mencoba cek dan gagal terus gara-gara ini, sampai akhirnya googling hehehe.

Sekitar tanggal 2 Oktober 2017, aku mengecek website daaaaan hasilnya approved!

Tanggal 4 Oktober aku kebetulan sedang di luar kota, dan baru mengambil visa ke kedutaan tanggal 10 Oktober 2017. Visa Korea Selatan pun di tangan! Yay!

Visa di tangan! Siap sepuasnya makan jajangmyeon dan belanja skincare Koriyaaah!

Setelah memegang visa KorSel di tangan, aku cukup merasa visa Korea tidak seribet itu. Ya, dokumen yang diminta cukup banyak. Tapi enaknya apply visa KorSel, mereka tidak meminta bukti booking-an pesawat, hotel, maupun itinerary. Jadi tidak ada cerita tiket hangus karena visa ditolak, kecuali sudah beli tiket duluan sebelum apply ya.

Jadi, jangan ragu untuk apply! Sebisa mungkin jujur, dan lengkapi dokumen yang diminta. Jangan nggak pede dulu, buktikan kalau kita memang mampu membiayai travelling kita kesana dan memang hanya berniat jalan-jalan.

Untuk kalian yang butuh contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua, bisa cantumkan e-mail di kolom comment di bawah, nanti akan ku-email contohnya.

See you soon, South Korea!

623 thoughts on “Visa Korea Selatan untuk Freelancer

  1. Waah artikelnya sangat membantu sekali γ… γ… 
    Surat keterangan freelancer/online seller formatnya sama kah ?
    Mau yaa kak contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua. Bisa dikirim ke tifa.alief@gmail.com
    Terima kasih banyaak.

  2. Halo Jennifer, namaku Sarah dan mau travelling ke Korea awal tahun depan namun saat ini aku masih berstatus self employed. Dan aku bingung mau tulis surat keterangan kerjanya kayak gimana. Boleh minta kirimin contohnya? Hehe. Makasih sebelumnya.

  3. Hai kak, aku kan sekarang kerja sebagai freelance di satu perusahaan udah 2 tahun, dan aku kerja sambil kuliah. sebaiknya aku lampirkan surat keterangan kerja sebagai freelance dari kantor kah? atau buat sendiri aja? apa harus sertain surat mahasiswa jg soalnya kan aku sambil kuliah. aku jg belum punya npwp dan tidak ada spt. mohon sarannya πŸ™‚

    1. Hai Maharani. Tergantung siapa yang membiayai liburan kamu kesana. Kalau kamu sambil kuliah, sebenarnya kamu bisa melampirkan surat keterangan mahasiswa saja. Untuk mahasiswa, bukti keuangan bisa pakai rekening koran orangtua.

      Tapi kalau kamu membiayai liburan kamu sendiri dari penghasilan kamu freelance, aku sarankan untuk menyertakan surat keterangan mahasiswa, rekening koran kamu, surat keterangan bank, dan surat keterangan kerja (bebas buat sendiri atau dari kantor. Dari kantor lebih meyakinkan sih), statement letter orang tua, surat tidak punya SPT dan NPWP. Rekening koran orangtua juga bisa disertakan kalo perlu supaya lebih meyakinkan.

  4. Hi Jen. Salam kenal ya. Aku mau mnt tolong juga dikirimin contoh dokumen soalnya penghasilan utama jg dari online shop! Haha.. tapi aku mau pakai untuk visa eropa sih,semoga bisa

  5. Hai Kak Jen! Terima kasih atas blognya dan bantuannya utk contoh surat pernyataan tidak punya SPT πŸ™‚ Boleh tolong e-mail ke wirawanjenifer@gmail.com?

    Oh ya kak, krn aku msh mahasiswa dan mungkin bukan papaku yg akan sponsor aku kira2 kakak tau ada dokumen apa lagi yg diperlukan? Makasih ya

    1. Dear Jenifer, silakan cek email kamu ya, sudah kukirim contoh suratnya.
      Untuk mahasiswa harus menyertakan surat keterangan dari kampus.
      Jika sponsornya bukan papa kamu, misalnya tante atau om, sebaiknya menyertakan bukti hubungan darah seperti KK. Selain itu juga rekening koran dan surat pernyataaan dari sponsor tersebut kalo dia-lah yang akan membiayai trip kamu disana.

  6. hai jennifer , akhirnya nemu juga review apply visa yg kondisi persis sma aku . berarti ga perlu lampirin bukti tiket pesawat juga ga jadi masalah kan ya ? soalnya aku ada rencana pergi taun depan , cuma karena saldo tabungan harus gendut jadi udah nabung dr sekarang . bdw kalo aku cuma stay 4 hari disana , berapa jumlah tabungan yang harus aku punya ya ?

    1. Iya, tidak perlu menyertakan bukti tiket pesawat. Kalau 4 hari, hitungannya berarti 1,5 juta x 4 = 6 juta. Tapi untuk amannya sekali, aku rekomen at least ada 10 juta di rekening kamu.

  7. Thanks for sharing…aku jg baru resign dan lg merintis usaha sendiri.kepikiran banget sm SPT tahunan itu..aku blh di share contoh surat pernyataan tdk punya SPT dan freelancer nya.. ke mev_deni@yahoo.com yaa..
    Thanks before

  8. hai kak makasih ya blognya sangat membantu. kalau kebetulan aku blm ada kerjaan dan baru lulus kuliah gmn ya kak kira2? kebetulan jg ga ada penghasilan dr online shop tp biaya ke korea full dibiayain kakaku? apa mungkin aku menyertakan surat keterangan tidak ada npwp? boleh sekalian minta emailnya kak? thankyou kak

    1. Kalau full dibiayain kakakmu, lebih baik apply dengan surat keterangan kakakmu yang menjamin sebagai sponsor. Lengkapnya bisa cari info di blog lain ya karena aku apply kemarin as freelancer, belum pernah punya pengalaman apply visa Korea dengan sponsor.

  9. Hello! Thank you udah share pengalaman apply visa nya!
    Kebetulan aku jg mau jalan sama temen di bulan maret nanti, pergi sendiri pertamake negara butuh visa dengan tujuan jalan2 bukan study or anything, jadi agak serem juga ga lolos visanyaa hehe

    Kebetulan status ku lg magang di perusahaan ortu, jadi belum jadi karyawan tetap, belum ada NPWP dan SPT. Dan juga ada usaha online shop. Aku bingung antara dadakan bikin npwp dan pake surat dari kantor dan mencantumkan rekening saya pribadi atau full blg perjalanan akan disponsori ortu.

    Karena kalau aku cantumin rekening pribadi dan ada npwp, takutnya ribet karna aku ada online shop juga? Takutnya dipertanyaman saldo keluar masuknya 😩😩😩

    Ada saran kah kak?

    Kalah boleh minta contoh2 surat nya ya bisa diemail ke nataliaavanessa@gmail.com thanks a lot

    1. Dear Natalia

      Dilihat saja kira-kira jumlah pendapatanmu cukup meyakinkan kedutaan kah kalo kamu bisa membiayai sendiri trip kesana? Kalo memang iya, jujur saja kalau kamu memang masih magang dan punya online shop juga. Tinggal kamu jelaskan se-detail mungkin di surat keterangan kerja.

      Kalau mau agak lebih repot, bisa dijelaskan juga kamu magang di tempat orangtua plus cantumkan rekening koran orang tua juga biar double meyakinkan kedutaan.

      Contoh suratnya sudah dikirim ya, good luck πŸ™‚

  10. hai jeniffer, boleh minta contoh surat freelancenya? aku kebetulan punya onlineshop pribadi dan jasa design gitu.
    lalu untuk siup dan SPT nyaa harus ada pernyataan resmi kah? kirim email ke mustikasalim77@gmail.com ya.
    lalu kalau jalan sendiri pakai dana sendiri, apa perlu dilampirkan rekening koran orang tua juga? (kalau iya, apa harus memberi tahu spt orang tua, pekerjaan dll)

    1. Hi Mustika. Sudah dikirim ya emailnya. Aku nggak apply sebagai punya olshop jd kurang tahu ya soal SIUP dan SPT. Kalo dibiayai dana sendiri, tidak perlu melampirkan rekening koran ortu.

  11. Hi Kak, thanks infonya berguna banget sekaligus memberi harapan hahaha :” aku boleh minta contoh dokumen2 yang Kakak pakai untuk apply visa? Ke shineeingchica(at)Hotmail.com. Terima kasih banyak! πŸ™‚

  12. untuk surat referensi bank dan rekening koran proses nya berapa hari? hari itu juga jadi?
    soalnya aku berencana untuk print out saat gajian biar keliatan gendut di tabungan XD

  13. untuk surat referensi bank dan rekening koran apakah hari itu juga jadi?
    soalnya aku berencana ke KCP h+1 gajian agar terlihat ‘gendut’ tabungan nya XD

  14. dear Jennifer,
    terima kasih sekali sudah sharing dan ini benar – benar membantu. Thank God I found your blog through GoGirl’s Instagram.
    aku rencana ke Korea bulan April nanti, dan ini pertama kali nya jadi lumayan takut ditolak visa nya hahaha. Boleh minta contoh suratnya kah? Bisa di email ke: gianoora@gmail.com
    Terima kasih, Jennifer.
    πŸ™‚

  15. Hi Jennifer,
    Terima kasih udah sharing, infonya sangat bermanfaat.
    Kebetulan saya juga freelancer dan ingin mengajukan visa bulan February ini.
    boleh minta tolong dikirimkan contoh2 surat nya ke artjongkie@gmail.com
    Terutama butuh referensi tentang surat keterangan tidak memiliki NPWP dan Statement letter dari orang tua.
    Thank in advance

  16. Hi Jen, thanks for sharing! Kalau boleh, aku mau dong liat contoh dokumennya untuk pengajuan aplikasi visa. Karena aku mau apply visa untuk keberangkatan bulan Maret. Email aku rcolsm@gmail.com

    Thanks a lot!

  17. Halo kak, wah artikelnya membantu banget.
    Kebetulan aku freelance juga dan rencananya spring ini mau ke korea. Agak parno juga takut gak di approve :'( .
    Btw bolehkah minta contoh format dokumennya ? Emailku : srieva28@gmail.com . Terimakasih sebelumnya

  18. Mba Jeany.. thanks udah share infonya ya.. Boleh minta dikirimin contoh statement letter orang tua dan surat keterangan SPT nya? Terima kasih

  19. Hi ka, Salam kenal yaa infonya sangat membantu kebetulan akhir bulan ini mau apply visa korea dan penghasilan utama dari onlineshop πŸ˜€ boleh minta contoh dokumennya? ini emailku lentoycihuyy@yahoo.com terimakasih banyak πŸ™‚

  20. mba

    bisa minta contoh surat keterngan wirausaha?

    saya juga jualan online di etsy.com yg pembayaran diterima melaui paypal

    saya mau ajuin visa korea mba… takut juga klo gak di approve

    thanks ya mba

    1. Hai mba Dewi. Saya nggak ada surat keterangan wirausaha, adanya surat keterangan kerja karena saya freelance bukan jualan online… Di-ubah aja detailnya sesuai pekerjaan mba. Email sent ya

  21. Hi kebetulan aku juga baru merintis usaha online
    Dan dpt tiket ke korea tp aku bingung apply visanya gimana
    Dan nemu blog kamu bisa bikin lega dikit
    Boleh minta contoh format dokumen2nya
    Semoga comment ini kebaca ya 😒😒
    Email ke titamorvita12@gmail.com

  22. Hallo Jen, terima kasih untuk informasinya, sangat kmembantu sekali^^
    Kebetulan aku juga freelancer dan mau mengajukan visa untuk keberangkatan bulan April.
    boleh aku minta contoh format dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, sama statement letter orangtuanya?
    emailku nadya.alifa22@gmail.com
    Terima Kasih yaa, tetap semangat menulisnya><

  23. Hi jen, thanks sudah share dan memberikan informasi tentang apply visa korea πŸ™‚
    kebetulan aku juga mau ke korea, kalau kamu berkenan boleh tolong email contoh surat keterangan kerja freelancer dan surat tidak punya SPT?
    Email ku me.vista@hotmail.com

    Thank you Jen

  24. Halo Kak, aku bulan depan juga mau ajuin visakorea nih tapi ga punya spt npwp hehe boleh minta tolong kirimin tourist visa application letter juga ga? Oh iya Makasih jg infonya di blog ini bermanfaat bgt 😊

  25. Halo Kak, aku bulan depan juga mau ajuin visakorea nih tapi ga punya spt npwp hehe boleh minta tolong kirimin contoh surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, sama statement letter orangtua juga ga? Oh iya Makasih jg infonya di blog ini bermanfaat bgt 😊

  26. Hi ci Jennifer,

    blog nya ngebantu banget. cmn aku masih bingung untuk toko, karna toko om ku ga ada siup dan aku pun ga punya slip gaji (berhubung sama om) . lalu bagaimana untuk pengajuan nya? mohon d bantu atau bisa di email ke aku contoh dokumen2 nya ci jenni. aku galau sndiri mikirinnya πŸ™

    Thanks

  27. Hallo kak jenn, aku taun ini mau kekorea dan aku punya usaha toko dari ayah ku, dan aku boleh minta format surat keterangan tidak punya NPWP & SPT dan statement letter dr org tua?
    Email aku yuliamarlen02@gmail.com
    Terima kasih kak jenn

  28. halo jennifer, boleh minta contoh” suratnya?
    kebetulan saya jg mau urus visa dgn status bisnis online shop
    Terima kasih 😊😊

  29. halo kak, kemarin aku udh comment cm kayanya commentnya ga masuk heheh, aku mau juga kak dikirim ke email : tiararestu97@gmail.com utk refrensi contoh contohnya, blog yg nulis ttgl visa freelancer aga jadang di temuin jd info dr kk berguna bgt hihi, smg bisa traveling trs kak!!!

  30. Hai kak , aku berniat ke korea juga tapi olshop yg aku jalani belum terlalu besar.Aku ke korea bakal dibiayain tiket + biaya hidup sama pacar ku yg dikorea.Itu gmna ya kak buat apply visanya? Butuh surat sponsor yg kaya apa? Thankyou kak , jika berkenan bisa berbagi contoh surat ke email saya kimnella1230@gmail.com

  31. Hallooo….makasih banyak buat Info2nya…saya mau donk di kirimin contoh contoh suratnya,saya pesimis ini mau pengajuan tapi saya hanya pekerja part time yang di gaji tanpa slip gaji .. bisa tolong di bantu, trimakasih.

  32. Wahh…trimakasih infox ngebantu banget..oh yah bisa tolong di bantu contoh contoh surat tidak memiliki npwp dan slip gaji karena saya hanya pekerja part time. Trimakasin

  33. Infonya menolong sekali buat yang gak kerja kantoran. Aku dan suamiku kerjanya online shop, jdi bingung harus gimana. Rencana sih mau pakai surat sponsor ortu, cuma kalau bisa sendiri kn lebih baik. Boleh tolong kirimkan contohnya?

  34. Hai kak. Boleh kirim ke email saya juga kah soal surat pernyataan tdk punya SPT? Saya bingung utk isian alasan ditulis bagaimana…
    Sama dokumen lain yg dibutuhkan jg boleh ya kaak. Terima kasih banyak atas bantuannya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ» Ini email saya ellizawardhani93@gmail.com

  35. Hi Jeni,

    Thank you udh sharing pengalamannya.

    Aku mau ajuin visa next month utk pergi sama adikku yg masih sekolah and she will be sponsored by me. Would you kindly share the sample of supporting docs to my email at ayu.susanti46@gmail.com ?

    Many thanksss yaa.

  36. Haaaiii kak jen, makasiih banyak infonya.. Sangat membantu dan sangat bikin kabita buat ke korea, sy jg mau mengurus visa dgn status bisnis onlineshop.. kalo berkenan boleh minta contoh surat2nya ya kak.. Makasih banyak kak jen 😊

  37. Hallo Jen, boleh minta contoh dokumen keterangan kerja freelancer, keterangan tidak punya SPT, keterangan dr org tua and surat2 pendukung lain? Surelnya uzumaki_ryant[at]yahoo.com. Thx ya. πŸ™‚

  38. Hai Jen Thanks atas infonya … boleh minta contoh surat pernyataan kalau pasport lama diambil imigrasi enggak .. klu ada info yah Jen

  39. Halo kak, saya adalah seorang mahasiswa nah otomatis saya belum mempunyai pekerjaan dan belum mempunyai penghasilan. nah saya kesana rencananya di biayai oleh orang tua saya, namun orang tua saya belum mempunyai npwp dan spt karna ortu saya bekerja sebagai Wirausaha. boleh minta surat-surat nya kak? terutama juga pada bagian surat pernyataan tidak memiliki npwp dan spt. tolong emailkan ke email saya getexindo@gmail.com terima kasih.

  40. Hai jennifer, thanks buat info ny. Ini cukup sngat membantu krna aku jga memiliki permasalahan yg sma. Aku ckup deg2n mmbaca proses pmbuatan visa mu, dn dnyatakan berhasil bikin aku jdi sdikit tmbah smngat.(krna prmasalahn ini aku kurang pede)Dan aku masih benar2 btuh bnyak panduan dan informasi sperti ini, jennifer aku jg mnta tolong untuk dpt dbrikan contoh2 berkas2 mu ya. Ini alamat email ku cynthyazaman@gmail.com

    Salam kenal ya jennifer

  41. hi jennifer, seneng bgt ketemu blog kamu dan cici jeane! aku seperti menemukan secercah harapan buat pergi ke korea utk frellance kaya aku:”) bisa dikirimkan juga surat2 yg kamu sebutin? parkhaneul1324@gmail.com terimakasih byk!!^^ semoga diriku juga lolos hehe

  42. Halo, seneng banget deh bisa baca blog ini. Kebetulan aku mau apply, tapi kerjaan aku skrg guru les private yg gak ada surat kontrak kerja client atau semacamnya, kira2 diganti apa ya? Btw aku mau dong dikirimin contoh surat2nya hehe, makasih banyak sebelumnya πŸ™πŸ˜ŠπŸ˜Š. Email aku : juleeanajulee@gmail.com

  43. Haii kak jenn, terimakasih info ny bnr2 bermanfaat nih hehe^^ ak rencana mau jln2 ke korea. tp skrg msh dlm proses menabung dgn biaya sndiri hasil ak kerja. tolong send semua surat pernyataan nya ya kakkk.
    Email : violetta22rosenvdn@gmail.com

    trimakasih, smg blog ny sukses:))

  44. hai jen…senang bisa baca blog ini..kebetulan saya juga kerja freelance/partimer ..sy ada NPWP,wkt apply feb 2018 ditolak (kurangnya bukti,bs jd gk lampirin srt ortu dan statemnet letter yg alasannya parttimer) boleh minta
    surat keterangan tidak punya SPT, statement letter orangtua,ke email: vincentianatalia@gmail.com

    terimakasih:)
    -salam-

  45. Hai jen, terima kasih atas infonya. boleh minta contoh suratnya ga? tolong kirim emailnya ke nesyayulya@gmail.com yaa. saya juga mau nanya, saya kan belum jadi pegawai tetap di perusahaan jadi belum bisa minta surat keterangan bekerja dari perusahaan. kalau kita buat surat keterangan bekerja sendiri dan kita buat disitu status belum pegawai tetap kira-kira bisa ga ya? terima kasih yaa jen πŸ™‚

    1. Hi Nesya, email sent ya. Dicoba saja Nesya, mestinya tidak apa-apa. Coba lampirkan bukti lain seperti surat kontrak, dll, untuk lebih meyakinkan kedutaan. Good luck!

  46. Artikelnya sangat membantu sekali mbak. Kebetulan saya baru merintis sebagai freelance selama 6 bulan ini. Kalau boleh minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orang tua? Ke eben.rice@gmail.com
    Terima kasih banyak.

  47. Hallo anandary,

    Info sangat membantu sekali ☺
    Saya juga mau dong contoh format surat2nya, karena saya terkendala dengan tidak bekerja/no freelance/no onlineshop juga dan tidak memiliki spt (tapi punya npwp), dan orang tua juga tidak memiliki spt, npwp, siup, dll. Rencana pergi pakai uang sendiri di tabungan.
    Mohon dikirimkan ke email saya ya febrimayoratanjung@gmail.com πŸ™‚

    Thank you

  48. halo , anandary, ini simple banget. mau tanya untuk surat keterangan keuangan sebenrnya slip gaji diperlukan atau tidak ya ? dan aku juga ga ada bukti potongan pajak? aku boleh minta contoh bukti tidak punya spt ? email aku hadriantanovia@gmail.com

  49. Hai, boleh kirimin ke email aku ya contoh dokumen2 pendukung visa utk freelancer/ self-employed yaaa. Thanks infonya berguna sekali

  50. Halo mbak, finally aku nemu artikel ini…if you dont mind mbak please send me contoh dokumen2nya. Terima kasih πŸ™‚

  51. Halo kak, terima kasih sharingnya sangat informatif. Mohon dikirim contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua. Email aku macar.legos.2012@gmail.com
    Terima kasih πŸ™‚

  52. Hi Mba salam kenal,

    Bersyukur sekali nemu postingan blog ini karena sedang mengalami hal yang sama. Akan ke Korea Selatan tapi status pekerjaan sebagai freelancer selama 2 tahun ini dan belum sempat mengurus perpajakan *ups*.

    Kalau boleh sy ingin melihat contoh dokumen yang mba sertakan saat pengajuan visa ke agra.suseno@gmail.com

    Terima kasih banyak sekali lagi mba 😁😁

  53. slmt pagi mba.. boleh minta di email ke prisciliasusyani91@gmail.com contoh surat2 yg mba sebutkan di atas terutama yang surat keterangan tidak pnya npwp & spt mba.. krna saya rencana mw apply bbrpa minggu lagi.. terima kasih sebelumnya

  54. Hi Jennifer, blognya membantu sekali loh, karena aku juga jualan online. Boleh minta contoh surat2nya, tolong dikirim ke email aku yaa: akusikorikori@yahoo.com

    Oya satu lagi, misalkan aku mau pergi sekeluarga sama suami dan anak, berkas2 itu harus dilampirkan per orang atau bisa nebeng aja sama suami?

    Thanks a bunch ya.. πŸ™‚

  55. Wah postingannya membantu sekali. Kebetulan aku lagi mau mengurus visa juga. Bolehkah minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orang tua? Email ke anafitriyani92@gmail.com

    Thank you so much πŸ™‚

  56. Hi Jennifer! Thanks for sharing.. Blognya sangat bermanfaat πŸ™‚
    Untuk contoh surat keterangan tidak memiliki NPWP dan Statement letter orang tua bisa dikirim di email Virginiaeghy03@gmail.com yahh
    Thankyou 😊😊😊

  57. Hi kak! Aku pernah ke korea juli kmrn tapi itu diurus kampus aku cm ngasih dokumen aja dan bayar. Nah skrg kalo aku rencana mau pergi lagi bingung jg krn ini pake uangku tapi aku blm kerja nih. Pake uang jajan aja ditabung gitu, nah itu npwp sama spt nya gmn dong ya… hahaha boleh minta contohnya btw? nadia.nathania@outlook.com

  58. Hi Kak,
    Mau dong dikirimin contoh surat2nya ke email aku hanny.naibaho@gmail.com
    Kebetulan ada rencana mau kesana beberapa bulan lagi. Tapi masalahnya sekarang uda ngga kerja kantoran lg. Jadi pas tau syaratnya musti ada SIUP, SPT dll jadi ngeri sendiri.
    Kira2 kalo misalnya menyertakan rekening koran orang tua sebagai penjamin bisa ngga ya? Selain rekening koran kita sendiri.

    Thank you, Kak.

  59. hai kak, terimakasih informasinya, membantu banget..saya mau tanya, saya akhir 2016 lalu pernah ke korea, tetapi 5 bulan kemudian paspor saya hilang, jd saya bikin baru, nah tiba2 ketemu deh paspor sy yg hilang itu, rencananya april ini saya mau ke korea, apakah paspor yg sudah ditemukan itu mesti dilampirkan beserta paspor baru ?
    dan oh iya, boleh kah saya minta contoh dokumen surat utk yg tidak punya SPT ? thankyou kak πŸ™‚
    ke email simplisilvi@gmail.com yaa kak ^^

  60. Permisi kak.. mau nanya sekali lagi, saya butuh banget surat pernyataan gak punya npwp nih. Tolong dong kak. Makasih sebelumnya ya kak.

  61. Halo kak.. maaf sampai 3 kali comment, mau minta tolong contoh gk punya npwp itu kak.. please kak.. kirimin dong. Thanks be4.

  62. kak, aku minta contoh surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, sama statement letter orangtua dong πŸ™‚

  63. Wah thank you banget ya kak utk postingan artikel ttg visa korea nya, membantu banget dan menambah pengetahuan info soal visa hehe. aku mau dong dikirimin contoh format surat-suratnya ke email ku lovianaluo@gmail.com. Thankyou ya kak 😊😊😊

  64. Hai mba, kebetulan banget saya rencana mau ke korea bulan september 2018 ini, tp galau takut ga di granted visa nya karena penghasilan dari sewain apartemen2, dan ga punya SPT πŸ˜…, kalau boleh minta tolong dikirimkam contoh surat2 nya ke Kancil50@yahoo.com, terimakasih sebelumnya yaa

  65. Hallo Jennifer, thank you for sharing. Infonya dari blog kamu sangat bermanfaat sebagai referensi saya untuk apply visa korea. Jika berkenan, boleh saya minta untuk dikirimkan contoh format surat-surat keterangan yg dibutuhkan ke email luluklstyn@gmail.com.
    Terima kasih 😊

  66. Hello, such a great post! very informative and I bought my ticket to korea already but still not sure about the Visa, but after reading ur post, seems like not that difficult, can u send me the sample of surat” tidak memiliki NPWP, statement letter ortu, Thanks in advance! πŸ™‚

    novecilia@gmail.com

  67. Kak blog nya informative banget . Aku mau ke korsel tapi bukan pegawai kantoran . Tapi ada usaha sendiri , pemasukan dari situ . Jadi bingung mau ngurua visa nya . Boleh dong minta contoh dokument”nya .
    Ini email nya : hidayatulkhasanah910@gmail.com
    Terimakasih banget kakk ..

  68. Hi kak Jen, salam kenal.. Pas lagi bingung2 googling soal visa Korea akhirnya nyasarlah saya ke blog kk hahaha.. Like everybody else did kalo boleh minta dikirimin contoh surat2nya ya kak.. Thank youu πŸ˜€

    1. Hai Nandar, email sent ya! Karena pekerjaanku designer bukan online shop, jadi contoh yang kukirim contoh untuk freelance designer ya. Bisa kamu adjust sendiri sesuai pekerjaan kamu (online shop)

  69. Info yg aku cari. sangat bermanfaat banget. klo berkenan bagi donk contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter (mdctim123@gmail.com)

  70. Hello jennifer, Article ini sangat membantu saya sebagai seorang online seller untuk pengetahuan visa korea, kalo boleh dengan kebesaran hati, bisa tolong di kirimkan ke email ku contoh dokumennya? Karna aku udh beli tiket tp belom tau urus visanya bcs i don’t have STP :(( email ku : ameliasabrina23@gmail.com

    Thanks before!❀️

  71. Hi mba… aku rencana Mei akan ke korea, tp aku bingung krn sdh lama tidak bekerja di perusahaan, sekarang bekerja sendiri sbg broker. Jen boleh minta contoh surat freelancer dan surat tidak memiliki npwp dan spt, makasih sblmnya
    Juliebangun@gmail.com

  72. Hai mba , sy mei rencana k korea tp saya bingunh krn status sy yg menggantung , krn sy bru lulus kuliah jd kl pakai surat dr kampus sudah tdk bisa , boleh dibagikan utk document freelancer dan tdk memiliki npwp email saya nlgsaridewiastuti@yahoo.co.id terima kasi mba

  73. Hi kak, boleh minta tolong share surat2nya soalnya aku udah lulus kuliah dan kerjanya onlineshopan pengen banget bisa dapet visa korea, bingung mau apply karna nggak punya siup, npwp ataupun spt, tolong bantuannya ya kak saya butuh sekali contoh2 suratnya arfani554@gmail.com

  74. Hi Jen,

    Salam kenal. Blog nya membantu sekali. Boleh minta share format surat keterangan freelancer dan format surat keterangan tidak punya SPT nya kah?
    Tolong diemailkan ke j.doit10@yahoo.com

    Thanks,
    Nike

  75. Hai Kak Jenni.. salam kenal,
    Mohon bantuannya utk dikirim contoh2 surat utk ajuin Visa Korsel, karena saya jg seorg freelancer,, tapi Ortu sdh berpulang. Saya berencana ke Seoul Juli nnti.

    Anw, thanx a lot ya kak, utk bantuannya.

  76. Aduhh agak sedikit lega bacanya, soalnya aq ada rencana ke korsel tp pikir mau mundur aja karna g ada npwp n spt
    Setelah baca2 jdnya merasa sedikit ada harapan buat ke korsel
    Aq mau dong format surat2nya kirim ke h3ni_91@yahoo.com
    Thxyou so much kak

  77. Hi kak Jen..
    Salam kenal kak…
    Aku juga freelancer nih, buka salon kecil-kecilan, baru mulai usaha sih
    Aku udah urus SIUP dan aku ada NPWP

    Boleh gak aku minta contoh surat keterangan gak punya SPT sama surat keterangan usaha yang kk pernah buat?

    Kalo bersedia, bisa kirimkan ke email ku yah kak dechyalor@gmail.com

    Makasih banyak kak sebelumnya
    Salam, Dechy

  78. Halo, Jennifer.

    Saya Rizka, terima kasih informasi di blognya sangat membantu. Saya boleh minta tolong dikirimkan format statement letter dari ortu, surat keterangan freelancer dan tidak punya NPWP dan SPT kah? Dikirim ke rizka.ramadhani@hotmail.com Terima kasih ya πŸ™‚

  79. Halo kak thank you banget infonya sangat bermanfaat.. bolehkah ak minta diemailkan contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua ke emailku stevannies@hotmail.com

    Aku sudah 1 tahun onlineshop. Aku rencananya mau ajak mama n adikku.. mamaku ibu rumah tangga saja dan adikku masih kuliah. Kalau begitu apa bisa saat pengajuan visa mereka, dilampirkan rekeningnya menggunakan rekeningku saja?

    Mohon pencerahannya ya kak. Terima kasih banyak

    1. Hai Stevanny, email sent ya!

      Bisa kok menggunakan rekening kamu saja, as their sponsor. Tapi untuk surat keterangan kamu sebagai sponsorship coba kamu cari referensi di blog lain ya, karena aku belum pernah buat.

      Good luck!

  80. Halo makasih bgt atas tulisan blognya! sangat membantu saya yg kebingungan mengajukan visa sendiri pertama kali.
    saya kebetulan baru mulai bekerja dan statusnya hanya intern/kontraktor jd saya hanya perlu melampirkan kontrak kerja saya kah?
    lalu dalam bepergian ini saya masih dibantu orangtua dalam pembelian tiket dan juga uang saku. apakah saya menuliskannya dalam statement letter orangtua?

    lalu saya juga boleh minta contoh surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT dan statement letter orangtua? ke micha.yosung@yahoo.com

    terima kasih ^^

    1. Hi Micha, email sent! Sebaiknya ditentukan dulu mau berangkat dengan sponsor orangtua atau biaya sendiri, biar gak membingungkan orang kedutaannya.

  81. Haii Jenifer
    Salam kenal..
    Boleh saya minta dikirim contoh surat ket tdk punya npwp dan siup untuk apply visa korea.
    Thanks

  82. Halo mba jennifer
    Infonya memberikan pencerahan sekali untuk saya yang memili kondisi serupa. Saya boleh minta tolong dikirimkan format statement letter dari ortu, surat keterangan freelancer dan tidak punya NPWP dan SPT? Terimakasib mba πŸ™‚
    Dikirim ke kadekdwiastari19@gmail.com

  83. Kak bisa tolong email ke aku ???? Aku lg bingung banget buat bikin visa sbg freelancer. Tapi ternyata ada blog kakak yg sangat membantu 😍😍

  84. hallo saya freelance , saya mau dong contoh surat keterangan npwp ,spt dan yang lain nya
    mohon kirim di
    @sindimiranti123@icloud.com
    terima kasihhh πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

  85. Hallo kak boleh minta contoh surat2 pendukungnya kahπŸ˜πŸ™πŸ™ makasi banyak sebelumnya kasusnya udh lulus kuliah belum kerja ada usaha, bingung banget ga pake sponsor ortu dan berangkatnya 1 Agustus ini mohon bantuannya ya kak email anggungitautami@yahoo.com makasi banyak🀣

  86. hallo kak jenni, saya ada rencana mau ke korea karena saya freelancer jadi masih bingung untuk melengkapi surat-surat pendukungnya,, tapi setelah baca info dari kak jenni jadi percaya diri buat apply visa korea.. saya bisa minta dikirimkan contoh surat-surat pendukungnya dan contoh surat keterangan tidak punya npwp dan spt. alamat email saya agustinilia483@gmail.com . thanks sebelumnya kak

  87. Hai Jennifer, salam Kenal

    Infonya sangat membantu sekali, rencana aku mau ke korea agustus ini , tapi degdegan bgt karena sekarang aku udah ga Kerja , Cuma usaha online , boleh share format spt, npwp dan persetujuan ortunya, ke putriihda@gmail.com . Terima kasih sebelumnya ❀️

  88. Halo kak, aku asal Jawa Timur nih, dan minggu besok mau ke Jakarta buat apply visa. Kalo ada waktu, bisa minta tolong dikirimin contoh2 suratnya kah? biar bisa makin lengkap dan pede buat ngajuin visanya :’) ini email aku ya kak (formygalaxies@gmail.com). mohon maaf sebelumnya mengganggu, thank you so much in advance ^^

  89. Halo Mbak apa kabar? oia mbak rencana saya ada kompetisi di Seoul nih. kebetulan saya masih mahasiswa dan tidak ada pemasukan tetap kan? gimana tuh mbak? what should I do?

    1. Setahu saya harus pakai surat sponsor (bisa orangtua, dll), rekening koran sponsor, dan keterangan mahasiswa dari kampus. Bisa browsing di blog lain info lengkapnya, karena saya cuma punya pengalaman apply untuk freelancer.

  90. Hai kak, rencananya aku mau ke seoul awal tahun depan. Kebetulan aku baru lulus kuliah dan blm punya pekerjaan tetap dan pengalaman kerja sebelumnya, selama ini aku bantu kelola usaha keluargaku, kebetulan sudah ada SIUP tapi atas nama Ayahku, aku agak bingung jg untuk lampirkan surat keterangan pekerjaan karena di dlm usaha Ayahku tdk ada struktur kepengurusan resmi jd tdk ada SK, kebetulan ini kali pertama aku pergi ke luar negeri juga jd agak bingung soal dokumen2 yg harus disiapkan supaya visanya bisa di approve. Aku mau minta sarannya nih kak sekalian mau minta jg contoh2 dokumen yg diperlukan untuk apply visa ke korea selatan.. Emailku @sitisrirahayu78@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya..

  91. Halo kak boleh kirim ke email saya tentang contoh surat2 yang ga punya npwp dan spt nya dan statement letter ortunya ke @susanadwirahmawati@ymail.com terimakasih sebelomnyaa…

  92. Hiii Jennifer, finally nemu artikelmu yg sangat membantu ini. Aku juga sdh resign dan lg merintis usaha online shop. Rencana mau apply visa ke korea untuk holiday nnti. Boleh minta contoh suratΒ² yg dibutuhkan dong, kirimnya ke igotgyeomie17@gmail.com yaa ;)) Makasih bnyak sebelumnya <3

    1. E-paspor secara general memang lebih mudah diverifikasi dibanding paspor biasa. Tapi belum pernah ada statement dari kedutaan Korsel kalau e-paspor akan lebih cepat di-approve dibanding paspor biasa, CMIIW.

      Kalau mas Fauzi masih dalam tahap mau buat visa, saya sarankan buat e-paspor saja karena lebih safe dibanding paspor biasa.

  93. Halo kak, ada kontak yang bisa dihubungi untuk konsultasi? Saya fokus di online shop sebagai penghasilan dan diundang ke Korea untuk menghadiri business meeting september nanti. Hanya kendalanya adalah NPWP dan SPT, dan dag dig dug syur juga karena ada isu rekening tabungan harus minimal sekian.

    Ingin minta emailkan contoh dokumennya juga ke cindy@koreandae.com yaa kak. Terimakasih ^^

  94. Hi kak thank you for sharing! Sangat membantu bgt buat yg freelance 😊 kak aku boleh minta contoh surat2 keterangan yg berkaitan sm apply visa korea? Kalo boleh, tolong kirim ke florencianovita@gmail.com
    Thank you kak ☺️

  95. Hallooo kaakk, boleh info contoh surat ket kerja sbg online seller ngga? Sama yg tidak punya SPT dan Slip gaji hihi kirim ke delladama.dd@gmail.com yaa kakk. Makasii banyakkk
    Oh iya, sekalian aku mau tanya kak, kan aku ngga punya NPWP. Apa harus bikin dlu ya? Soalnya agen tavelnya bilang harus bikin dlu gitu. Trs apa kemungkinan approve kecil buat aku yg sbg online seller?

    1. Email sent! Maaf ya aku freelance sebagai designer bukan sebagai online seller, jadi suratnya bisa kamu modif sesuai kamu aja. Banyak kok yang online seller tapi di-approve visa Korea-nya jadi nggak usah takut.

  96. Hai kak, terimakasih infonya. saya sudah beli tiket ke korea untuk bulan november dan sedang pusing mikirin pengurusan Visanya. kebetulan bgt searching dan nemu artikel dr kakak ini. saya juga punya masalah ttg tidak ada NPWP dan SPT..bisa tolong bgt minta kirimin email contoh surat pernyataan tidak punya SPTnya? dan kalau boleh beserta Surat pernyataan orang tua juga ya kak.. Terimakasih banyak sebelumnya. email= gabriellasabatini31@gmail.com

  97. Hi Jen… Rencana mo ke korea okt ini cuma kendala ga punya SPT… Please kirimin contoh dokumen yg hrs dilengkapi yah… Trus kalo misal mo ajak anak perlu tambahan dokumen apa… Thx yah sebelumnya…
    Email ku herlinat0678@gmail.com

  98. Hi kak makasih banyak nih, seengga nya setelah baca ini jadi ada pencerahan ga usah bikin npwp dulu.. Saya boleh minta kirimkan email ya kak πŸ™‚ makasih banyak sebelumnya

  99. Hi Jennifer, terimakasih infonya bermanfaat sekali, tahun lalu saya apply tapi ditolak, tahun ini mau apply lagi, tapi agak khawatir ditolak lagi πŸ™

    kalau boleh saya mau dikirimkan contoh dokumen2nya. ini email saya ayse.qonita@gmail.com

    terimakasih

  100. πŸ™ uda beli tiket nih .. tapi ga ada SIUP,, cuma ada npwp cuma ortu ,, dan kalo punya toko tp buka PT gt gmn siss..toko baju gt.. dan slip gaji tak ada..

  101. Halo kak, senangnya nemu artikel ini . pas banget aku pny rencana ke korea juga dan masi nyicil syarat2 dokumen nya. Kira2 kalo sdh menikah, apa perlu surat keterangan dr suami? Trs kan aku udah resign, dlu smpt punya npwp, dan skrg pghasilan cm dr suami . Enaknya dlampirin npwp yg dulu apa bikin pernyataan ga pny aja?
    Oiya aku boleh minta contoh syarat dokumen2nya, ini email aku ran.yoomi@gmail.com .
    Terima Kasih <3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *