63   1679
6   360
51   1495
7   567
12   691
16   611
2   495
22   1141
40   1421
32   1451

Internetan di China dan Korea dengan Telkomsel Roaming (Bebas Blokir!)

Istilah Great Firewall of China itu benar adanya. Kebanyakan website yang bisa kita gunakan di Indonesia tidak bisa dibuka di China alias di-blok. Say goodbye to Google. Padahal bagiku Google Maps adalah tumpuan hidup kalau liburan dan Gmail juga tidak kalah penting karena isinya email kerjaan.

Karena blogpost Mudahnya Mengurus Visa China sedang ‘naik daun’ dan sering jadi top post di blog ini, kusimpulkan bahwa makin banyak yang planning untuk liburan ke China. Satu hal yang buatku deg-degan sebelum berangkat kesana jelas koneksi internet! Ngeri banget kan kalo udah sampe sana dan nggak bisa buka aplikasi seperti Google Maps dan lain-lain? Belum lagi aku solo travelling disana.

THE GREAT FIREWALL OF CHINA

FYI, pemerintah China memblokir penggunaan hampir semua aplikasi Google-based dan aplikasi lainnya. Sebut saja Google Chrome, Google Maps, Instagram, Twitter, Whatsapp, LINE, YouTube, dan lain-lain. This is what I called The Great Firewall of China. Sebagai gantinya, pemerintah China mempunyai aplikasi pengganti serupa untuk rakyatnya, sebut saja WeChat, QQ, UC Browser, dan lain-lain. Semuanya dalam karakter Cina, jadi tentu aku nggak bisa pakai karena nggak mengerti.

The Great Firewall of China (Credit image from http://www.china-briefing.com/)

Kebanyakan orang akan menjawab VPN sebagai jawaban dari Great Firewall of China ini. Kebetulan aku punya teman yang sedang kuliah di China, dan aku banyak sekali dibantu saran untuk koneksi internet disana (Thank you, Dimas!). Kami berkomunikasi via Instagram DM. Ya, dia menggunakan VPN untuk bisa menggunakan Instagram di China. VPN yang dipakai adalah yang berbayar per tahun, karena menurutnya yang gratisan banyak yang kurang bagus koneksinya dan tidak selalu bisa mengatasi blokir.

Setelah browsing, The Great Firewall of China ini canggih juga ternyata! Beberapa VPN belum tentu bisa ‘mengelabui’ semua Internet Service Provider (ISP). Jadi bisa saja VPN A lancar digunakan di wi-fi kafe yang ku datangi, tapi begitu sampai hostel tidak bisa dipakai karena ISP-nya berbeda.  Contoh kasus: Aku bisa internetan dengan VPN merk X di McD karena McD pakai ISP A (VPN mampu ‘mengelabui’ ISP A) . Tapi begitu di hostel, VPN nggak bisa dipakai karena hostelnya pakai ISP B (VPN tidak mampu ‘mengelabui’ ISP B). Ngerti kan?

Untungnya, dari temanku juga aku disarankan untuk coba menggunakan Telkomsel roaming untuk di China. Kebetulan dia baru dikunjungi temannya dari Indonesia. Temannya pakai Telkomsel roaming selama disana dan lancar jaya internetan tanpa butuh VPN. Wow, sounds good. Meskipun sehari-hari aku bukan pengguna Telkomsel, aku pun akhirnya membeli paket roaming Telkomsel. Kebetulan aku memang punya SIM Card Telkomsel nganggur yang juga kubeli dadakan waktu ke Sumba.

CARA MENDAFTAR INTERNET ROAMING TELKOMSEL

Berikut step by step membeli paket roaming Telkomsel untuk kartu PRABAYAR:

  1. Masukkan negara destinasimu di https://www.telkomsel.com/en/roaming

    Masukkan negara tujuan

  2. Pilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan dan durasi berpergian

    Pilihan paket untuk tujuan Asia dan Australia

  3. Pastikan kartu Telkomsel yang akan dipakai mempunyai saldo cukup untuk membeli paket tersebut
  4. Download aplikasi MyTelkomsel di handphone. Ini aplikasi wajib punya! Karena berguna banget untuk melihat internet usage jangan sampai boros dan kehabisan kuota tengah jalan
  5. Pilih kolom roaming dan paket yang diinginkan
  6. Jika tidak bisa melalui aplikasi MyTelkomsel, bisa hubungi *266#
  7. You’re done! Sekarang kamu bisa memantau penggunaan kuota roaming-mu di halaman MyTelkomsel

TIPS MEMILIH PAKET DAN IRIT KUOTA

Karena aku ke China dan ke Korea hanya berselang 2 hari dengan total trip hampir 3 minggu, pilihan paket yang tepat untukku adalah Roaming Internet Promo Asia Australia 30 Hari (5GB) seharga Rp 350.000,-.

Cukup nggak kuota 5GB untuk 3 minggu? Jawabannya: cukup! Asal dengan plan!

Karena tahu kuota-ku cuma 5GB, aku benar-benar ketat soal kuota internet sehari-hari. Hitung saja trip-ku 20 hari, maka jatahku per hari adalah sekitar 250MB. Rajin cek kuota di MyTelkomsel tiap harinya.

Karena di Korea aku yakin internetan gampang dan WIFI hostel pasti oke, jatah kuota per hari saat di China aku banyakin sedikit sekitar 400MB per hari. Sisanya buat di Korea.

Penampakan halaman MyTelkomsel untuk cek kuota roaming saat di Beijing

Karena paketku untuk 30 hari, aku sudah aktifkan beberapa hari sebelum berangkat. Untuk yang beli paket pas-pasan jumlah harinya, disarankan untuk aktifkan saat hendak berangkat di airport Indonesia.

REVIEW SETELAH DIPAKAI TRAVELLING DI CHINA DAN KOREA?

Jujur aja setelah sampai di airport Beijing, aku beneran nggak bisa ngapa-ngapain (kalo nggak pake roaming Telkomsel)! Secara resmi aku merasakan The Great Firewall of China! Ada WIFI airport, tapi nggak bisa buka Google, Whatsapp, Maps, Instagram, dll. Huhuhu. Rasanya jantung berdegup kencang takut nggak bisa internetan.

Nggak lama, aku pun langsung mengganti kartu di handphone dengan kartu Telkomsel dan TADAAAA bisa internetan! Langsung ngabarin ibu-bapak di Whatsapp, update Instastory, buka Gmail, semua lancar.

Sampai hostel, ada WIFI. Nyobain pake VPN nggak di handphone? Jelas dong. Tapi nggaaaaak ada yang bisa! Aku udah download 5 VPN berbeda, nothing worked! Akupun bela-belain beli VPN berbayar monthly yang temanku pakai di China, nggaaaak bisa juga. Nggak ngerti kenapa. Di kafe, di hostel kedua, semua WIFI yang tersedia kucoba dan tetap nggak bisa.

Pengecualian untuk laptop. Ini mungkin faktor luck aja sih, tapi aku bisa buka Google dengan VPN di laptop. Kebetulan aku bawa laptop ke Beijing untuk kerja. Ya walaupun akhirnya nggak kerja juga sih karena ternyata internetnya lelet.

Inti cerita: aku benar-benar mengandalkan Telkomsel roaming selama di Beijing. Karena VPN nggak ada yang mempan di handphone. Mungkin aku yang apes? Well, aku sempat baca posting-an orang Indonesia di IG dengan nasib yang sama denganku. Ada juga yang lancar aja pakai VPN di handphone-nya. I don’t know, yang jelas aku bersyukur pakai Telkomsel roaming disana. Sehari-hari buka Maps, Google Chrome, dan app lainnya untuk jalan-jalan pun lancar dan nggak boros kuota.

Internetan pakai Telkomsel roaming pas di Korea gimana? No problemo. Kuota juga lebih irit karena ada wifi hostel.

Penampakan MyTelkomsel untuk cek kuota roaming saat di Korea

OTHER TIPS

  • Untuk update social media (Instastory, dll, yang butuh banyak kuota) di Beijing biasanya aku save aja di gallery dan upload-nya malam pas di hostel kalo ada sisa kuota hahaha. Jangan sampai deh demi update realtime eh kehabisan kuota. Mending siaran tunda aja alias latepost dikit :p
  • Sediakan beberapa ribu rupiah ekstra untuk pulsa di kartu Telkomsel-mu. Saat mendarat di Korea, aku dapat SMS masuk semacam registrasi dari Telkomsel dan kedutaan Indonesia disana. Karena pulsaku habis, terpaksa WA ibu di Indonesia (pakai WIFI airport) untuk minta beliin pulsa Telkomsel supaya aku bisa balas SMS dan aktifkan internet disana. This may not happen in other country, but just in case. Bayangin kalo itu terjadi di airport Beijing? Pusing deh minta beliin pulsanya gimana.

Semoga info ini cukup informatif untuk kalian yang akan jalan-jalan ke negeri China!

 

 

42 Comments

  1. Resya
    August 29, 2018 / 4:27 pm

    Your post is miracle. Thanks a lot!

    • anandary
      Author
      August 30, 2018 / 9:36 am

      You are very welcome! πŸ™‚

  2. Ayu Swasthi
    September 11, 2018 / 3:17 pm

    Love u love u mba, ini jawaban yang aku cari selama ini, makasih infonya ❀️

    • anandary
      Author
      September 11, 2018 / 9:03 pm

      Yay, you’re welcome!

  3. meta
    September 13, 2018 / 10:02 am

    sist daftar paket roamingnya pas di china ato masi di indo?

    • anandary
      Author
      September 13, 2018 / 2:14 pm

      Aku daftar pas masih di Indonesia

  4. Hariyanto Ali
    September 17, 2018 / 5:24 pm

    Terimakasih informasinya, ngebantu banget.. mulai dari ngurus visa sampai tips ini keren banget. Jadi ga ragu solo trip ke china oktober ini. β˜ΊοΈπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

    • anandary
      Author
      September 17, 2018 / 6:08 pm

      Yay! Have fun solo trip di China!

  5. Enok D
    September 19, 2018 / 9:29 am

    mbak, ini masih berlaku gak ya sekarang? soalnya sempet baca2 di web lain katanya udah gak bisa pake roaming telkomsel di china. Jadi galau nih.

  6. Rani Adhayanti
    September 25, 2018 / 5:02 am

    Mba jd kalo sudah pake paket telkomsel udah ga perlu aktifin PVN yah?

    • anandary
      Author
      September 25, 2018 / 5:25 pm

      Iya, sudah gak perlu VPN lagi

  7. Margareth
    October 14, 2018 / 11:29 am

    Thanks infonya mba. Saya ada rencana solo trip ke shanghai minggu depan. Mau make sure pakai telkomsel roaming bisa whatsapp / google / instagram ya? Deg2an juga soalnya πŸ˜‚

    • anandary
      Author
      October 14, 2018 / 11:31 am

      Saya tahun lalu bisa buka semuanya mbak, lancar. Semoga tahun ini masih bisa ya πŸ™‚ Kabar-kabarin disini kalo ternyata berhasil juga hehehe

      • Margareth
        October 14, 2018 / 2:59 pm

        Siap mba. Thanks ya πŸ™πŸ˜Š

  8. Margareth
    October 14, 2018 / 2:59 pm

    Siap mba. Thanks ya πŸ™πŸ˜Š

  9. Ikafs
    October 15, 2018 / 1:26 am

    Halo mbak, salam kenal πŸ™‚
    maaf mau tanya kalau udh ambil paket yg asia, mau ke berapa negara pun yg tercover udh lgsh bisa on terus ya? Saya ada rencana ke singapore lanjut shanghai, berarti pas di indonesia diaktifin di SG atau Shanghai g usah aktifin lg ya?
    Makasih πŸ™‚

    • anandary
      Author
      October 15, 2018 / 4:26 am

      Iya, sepengalaman saya pindah negara ya tinggal pindah aja nanti TSEL nya menyesuaikan providernya. Waktu saya pindah ke Korea juga langsung aja sih, paling dapet SMS registrasi aja

  10. Chelsea
    November 6, 2018 / 3:43 am

    Hai kak jen! Salam kenal.

    Sebelum jalan ke Cina awal november lalu aku sempet nyari info ttg internetan di sana dan nemu blognya kakak. Aku mau sharing sedikit nih. Telkomsel roaming works just fine in China. Aku juga nyobain pake VPN untuk akses internet di hotel supaya hemat kuota hehehe 😁

    VPN gratis yang kemarin aku pake itu namanya VPN proxy master (logo appsnya kunci dan background hijau tosca), bisa didownload dan dipake scr gratis buat pengguna iphone. VPN-nya berfungsi kok jadi bs akses WA ato Instagram cuma ya agak lelet ya, jangan berharap bs loading youtube :’) Oh iya kalo mau download vpn ada baiknya didownload sebelum nyampe di Cina ya.

    • anandary
      Author
      November 6, 2018 / 5:26 am

      Hi Chelsea! Apakah kamu ke Cina-nya tahun ini? Soalnya banyak nih yang nanyain apakah Telkomsel roaming-nya masih lancar untuk di Cina sampai sekarang hehehe.

      Thank you for your input! Semoga bisa berguna untuk yang lain ya πŸ™‚ Kalo aku kemarin sih juga sudah download banyak VPN dari sebelum sampai Cina tapi tetap gak bisa saat dicoba disana huhuhu. Beda-beda banget kasus setiap orang sih soal VPN disana, ada yang bisa ada yang engga. Makanya aku tertolong banget sama Telkomsel roaming itu hehe

      • Chelsea
        November 6, 2018 / 2:44 pm

        Hai kak jen.

        Kebetulan aku baru balik dari Cina tanggal 4 November lalu. Telkomsel berfungsi dgn baik kok cuma di deket2 border dgn negara lain, dlm kasusku itu HK dan Macau sinyalnya mmg agak kurang bagus. Mungkin krn ada di zona abu-abu ya jadi sinyal yg tertangkap ganti2 antara provider Cina dan nrovider HK/Macau. Semoga bisa membantu ya 😊

  11. Bian
    December 9, 2018 / 10:59 pm

    Boleh tau ga, vpn berbayar yg teman anda gunakan itu apa? Soalnya sy mau ke china tgl 17 des 18 ini. Buat jaga2 aja takut roming telkomsel terkendala

    • anandary
      Author
      December 10, 2018 / 10:52 am

      ExpressVPN dan AstrillVPN, harganya $99/660 RMB. Express bisa untuk 3 device, Astrill bisa untuk 5 device.

  12. Iman
    December 25, 2018 / 8:59 pm

    Hi Jen.. Terima kasih infonya sangat membantu sekali, terutama karena kali ini perjalanan saya multi countries di asia (china & hong kong dengan transit di malaysia) maka saya beli paket telkomsel roaming asia australia 30 hari 5 GB senilai IDR350 ribu seperti ulasan Jen. Saat mendarat tinggal nyalain hp aja dan set data roaming pertama kali maka uda bisa browsing tanpa perlu pusing-pusing lg login pakai airport wifi yg keluar lobby airport dikit uda ngga bisa connect lg, termasuk pada saat transit lama di malaysia. Sekedar tambahan informasi, di China ada beberapa provider yang merupakan mitra roaming telkomsel akan tetapi yang memilki koneksi internet cepat adalah China Unicom. Saat tiba di airport Beijing, otomatis hp mengambil provider China Unicom. Browsing lancar, ngga perlu VPN seperti yg dijelaskan Jen di blog. Apabil kita sering menggunakan MTR/subway, signal akan sering putus dan offline. Cukup matikan mobile data beberapa menit dan nyalakan lagi. Kalau ngga bisa, restart hp jadi opsi selanjutnya. Apabila setelah restart koneksi internet tiba-tiba jadi lambat, jangan panik. Cek provider, apakah masih menggunakan China Unicom atau berubah ke provider lain. Kalau berubah, ganti secara manual ke China Unicom. Di android buka setting, mobile network, select mobile operator dan akan menampilkan beberapa provider roaming mitra telkomsel, kemudian pilih manual China Unicom. Walaupun hp akan menampilkan error message bahwa provider tidak bisa dipilih, pastikan hanya klik China Unicom. Setelah itu cek aja apakah provider sudah kembali ke China Unicom. Sekedar tambahan informasi buat yang selama ini keluar negeri dan beli sim card provider lokal di negara tujuan, ada kemungkinan setting apn dari provider tersebut tersimpan di hp anda. Apabila anda menggunakan paket roaming telkomsel dan tidak bisa connect, pastikan bahwa anda menggunakan apn telkomsel dan bukan apn dari provider luar negeri yang tersimpan di hp anda. Cara cek di android, buka setting, pilih mobile network, pilih apn dan pilih apn telkomsel. Semoga bisa membantu.

    • anandary
      Author
      December 26, 2018 / 3:13 am

      Wah, terima kasih banyak infonya! Semoga berguna bagi yang lainnya yang hendak pakai roaming ke China πŸ™‚

      • Kornel
        December 27, 2018 / 4:31 pm

        Halooo.. maaf mau nanya kakak kakak sekalian.. saya mau ke china.. nah temen saya bilang untuk xl dan indosat katanya roaming nya error yah ? Apa benar ? Lalu apakah telkomsel masih lancar jaya kak ? Terimakasih banyak infonya kak.

        • Iman
          December 27, 2018 / 8:53 pm

          Hi Kornel.. Saya ngga pakai XL & Indosat sehingga tidak bisa menjawab. Akan tetapi untuk Telkomsel kemarin saat saya di Beijing lancar, pastikan saja data roaming network operator provider menggunakan China Unicom dan bukan lainnya apabila mengalami kendala seperti yang saya alami karena keluar masuk MTR/subway. Pilih yg China Unicom LTE bukan GSM ya kalau memilih manual. Speed test untuk download & upload sekitar 6-11 Mbps. Kalau di China perlu telpon, saya sarankan ambil paket yang 425 ribu, itu sudah termasuk telp 500 menit dan 500 sms. Keuntungannya bisa telp ke no telp lokal di China ataupun telpon ke indo & terima telp dari indo. Kualitas suara bagus kok. Semoga info ini membantu.

          • Kornel
            January 4, 2019 / 7:31 pm

            Terimakasih Banyak Info nya kak.. God Bless

    • mchelle
      December 29, 2018 / 10:23 am

      Halo kak, saya mau memastiin apa bener kl pake tsel roaming ga perlu pake vpn? nnti 5 januari saya ke beijing dan hebei selama 15 hari, takutnya harus pake vpn makasihh

      • Iman
        December 29, 2018 / 2:37 pm

        Hi mchelle.. Untuk telkomsel roaming ngga perlu vpn, tapi pastikan saja data provider roaming menggunakan China Unicom ya. Dari pengalaman kemarin, sempat berubah ke data provider China Mobile jadi agak sulit untuk access ke google karena lebih pelan dan mungkin lebih ketat.

  13. VAL
    December 29, 2018 / 2:55 am

    Hallo, aku rencananya bakal stay di China 42 hari. Kalo untuk perpanjang bisa dilakuin di China gak mbak? Terima kasih πŸ˜€

    • anandary
      Author
      December 29, 2018 / 4:33 am

      Sepertinya bisa, tapi harus ambil paket yang bisa telpon dan SMS ya. Jangan yang cuma mobile data.

  14. Yuddi
    January 3, 2019 / 4:09 am

    Thanks Jen, besok Saya ke beijing, Harbin, trus sd xue xiang, Saya akan kasi testimony sampai sana…

    • anandary
      Author
      January 3, 2019 / 7:24 am

      Ditunggu. Have a good trip!

  15. yuddi.wijaya
    January 11, 2019 / 12:44 pm

    Day 7, pake paketan roaming telkomsel dari hongkong, Beijing, Harbin sd snow land xue Xiang (6 jam drive dari harbin) lancar Jaya…, Meski kadang minta di refresh…,

    • anandary
      Author
      January 11, 2019 / 12:55 pm

      Terima kasih testimoninya!

  16. Dewi P
    February 9, 2019 / 3:04 am

    Pake kartu Tsel utk roaming harus yg kartunya udh dipake 3 bulan nggak sih? Atau baru beli dah langsung bisa digunakan?

    • anandary
      Author
      February 9, 2019 / 5:21 am

      Baru dengar tuh ada peraturan 3 udah harus dipakai 3 bulan. Mestinya beli langsung bisa digunakan. Bisa telfon CS Telkomsel untuk pastinya

  17. February 20, 2019 / 10:29 pm

    Informasi yang sangat berharga, kebetulan saya 3 Maret akan ke Jiansu China selama 3 minggu semoga Telkomsel roaming bekerja di wilayah itu. Prinsipnya Telkomsel roaming bekerja di seluruh wilayah China ya?

    • anandary
      Author
      February 24, 2019 / 10:56 am

      Saat dipakai di China sinyal Telkomsel akan menjadi sinyal partner operator Telkomsel negara sana (misal: China Unicom, dll). Kalau wilayah tersebut dicover partner operator, pasti bisa dipakai

  18. angely
    February 23, 2019 / 12:11 am

    hayy kami ada rencana maret ke hk macau shenzhen guangzhou..pake paketan roaming telkomsel.yg sy pengen tau kl hk macau pake wifi ke blok kayak di china juga gak ya. terima kasih…πŸ™πŸ»

    • anandary
      Author
      February 24, 2019 / 10:57 am

      HK-Macau tidak ada internet censorship. Hanya China mainland.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *