Mudahnya Mengurus Visa China: Syarat dan Biaya

Dengar-dengar dari banyak orang, visa China termasuk visa yang mudah persyaratannya. Tingkat approval-nya pun tinggi, jarang yang ditolak asal dokumen lengkap.

Inilah mengapa aku berani untuk trip ‘mendadak’ ke Beijing pertengahan November 2017. Setelah impulsif beli tiket, aku langsung mempersiapkan persyaratan untuk mengurus visa China.

Berikut dokumen yang perlu disiapkan:

1. Form aplikasi visa (dan pas foto yang ditempel)

Mengisi form application disini . Setelah form diisi secara online, di-print dan dibawa saat mengajukan visa. Form harus diisi dengan diketik komputer, tidak boleh ditulis tangan

2. Pas foto ukuran 48 x 33 mm (2 buah)

1 untuk ditempel di form, dan 1 lagi di-klip di halaman ketiga paspor. Jika bingung untuk diklip dimana fotonya bisa dibawa saja, nanti akan diklip oleh petugas

3. Passport asli dan fotokopi

Tidak perlu menyertakan fotokopi paspor lama. Waktu itu saya mengajukan tapi dikembalikan oleh petugasnya karena tidak perlu katanya. Kecuali jika pernah ke China sebelumnya, sertakan fotokopi passport tersebut (hanya halaman identitas dan visa)

4. Fotokopi Akte Kelahiran, KTP, KK

5. Fotokopi reservasi pesawat dan hotel

Jika semua dokumen sudah siap, bisa langsung ke:

Chinese Visa Application Service Center (CVASC)

Lantai 8, The East Building, Mega Kuningan, Jakarta

Telepon: 021-579-38655  

Pengajuan Aplikasi Visa: 09.00-15.00

Pengambilan Visa: 09.00-16.00

Sedikit tips jika ke The East Building, ambil lift yang LOW ZONE karena tujuan kita ke lantai 8 (lift nya terbagi menjadi LOW, MID, dan HIGH, sesuai lantai yang dituju). Lift di gedung ini canggih, jadi harus menekan tombol lantai tujuan sebelum masuk lift. Di dalam lift tidak ada tombol lantai lagi. Kalau bingung, bisa tanya security karena biasanya ada beberapa yang jaga di dekat situ.

Pertama naik kesana pun aku bingung dan dibantu security. Kali kedua kesana untuk ambil visa, aku lupa jadi asal naik lift dan nyasar, naiknya yang MID :p

Untuk memasukkan dokumen visa Cina ini boleh diwakilkan orang lain. Untuk jam pengajuan dokumen dari pukul 09.00-15.00, atau lebih lengkapnya bisa dicek disini.

Saat masuk ke CVASC, jangan lupa untuk ambil nomor antrian. Petugasnya biasanya akan bertanya apakah kita mau mengajukan express service atau regular service. Aku ambil yang regular service.

Nomor antrian pengajuan visa. Datang mepet banget 14.51, padahal close jam 15.00 *nyaris tutup*

Ruang tunggunya sangat nyaman, full AC, dan banyak kursinya. Panggilan untuk antrian juga sangat jelas karena ada di screen di-atas counter.

Setelah dipanggil, dokumen dikumpulkan untuk dicek oleh petugas. Jika tidak ada yang kurang, langsung akan diberikan form bukti untuk pengambilan visa. Waktu itu aku apply tanggal 26 Oktober (hari Kamis), visa sudah bisa diambil tanggal 31 Oktober (hari Selasa).

Tanggal 31 Oktober, aku kembali ke CVASC untuk collect visa. Pengambilan visa bisa dilakukan dari jam 09.00-16.00. Ambil nomor antrian, dan tunggu dipanggil ke loket pembayaran.

Biaya visa adalah Rp 540.000 untuk single entry (Rp 300.000 biaya visa, Rp 240.000 untuk biaya service CVASC). Bisa dibayar tunai atau debit.

Info mengenai fee untuk visa jenis lainnya bisa cek disini: https://www.visaforchina.org/JKT_EN/yyxz/269894.shtml

Visa-nya pun bergambar The Great Wall.

Semudah dan secepat  itu ternyata apply visa China. Let’s go see The Great Wall!

 

 

57 thoughts on “Mudahnya Mengurus Visa China: Syarat dan Biaya

  1. Siang, terima kasih info detailnya. Kemarin submit visa dan tgl 8 Mei sudah jadi. Anyway selama di sana pakai VPN gak? soalnya ada yang bilang pakai Telkomsel perlu pakai VPN tapi ada yang bilang gak perlu. Dan selama di Shanghai apakah menggunakan Metro?

  2. Hallo,
    Mau tanya, saya akan ke Mongolia dan transit via Beijing (2 hari) dan pulangnya transit Beijing lagi tetapi tetap di bandara ganti pesawt.
    Apakah harus mengambil double entry visa?.
    Terimakasih

  3. Hi kak. Untuk syaratnya hanya yg tertera di tulisan kakak kan ya? Tidak perlu rekening 3bulan terakhir dan segala perihal keuangan kan ya? Terima kasih banyak kak.

  4. Hallo kak, mau nanya untuk isi form yg menanyakan Apakah anda pernah memperoleh visa Tiongkok? Jika pernah, sebutkan kapan (tanggal yang terakhir) dan di mana. Maksud kata “di mana”nya ini kota yg dikunjungi, atau kedutaan besar yg ngeluarin visa ya? Bingung. Makasih

  5. Hai jen, mau minta info dikit nih kalau belum ada plan buat hotel, rencana mau beli hotel dalam waktu yg agak dekat dgn trip kmgkn sekitar nov. Apakah kmgkn bakal menjadi kendala? Thanks infony

  6. Hi Kak.. Aku mau nanya, kan rencananya aku mau ke China sekitar Nov ini, batas valid passport nya smpai brapa lama yah? Soalnya passport aku valid nya cuma sampai April 2019.. Kira2 akan ada kendala gak yah? Atau aku harus perpanjang dlu passport aku? Makasih kak…

    1. Lebih aman diperpanjang dulu. Most countries require minimum of 6 months validity of passport beyond the return date. Untuk jawaban pasti bisa coba e-mail ke konsulat China ya

  7. mau tanya kalau kita belum beli tiket pesawt ke Shanghai apakah bisa kita ambil visa? karena takutnya kalu sudah beli
    tiket terus visa gak dapat kan rugi… mohon info. klu keterangan diatas hanya reservasi tiket pewat aja kan…? mohon info. saya rencan hari kamis ini mau apply visa ke sana. thanks

    1. Iya, bukti reservasi tiket pesawat. Setahu saya tiket pesawat tetap harus dibeli dulu, baru kan dapat bukti reservasi tiket. Mungkin bisa cari tiket yang refundable kalau takut tidak dapat visa.

  8. Bu Jennifer tanya dong…kalo perginya liburan ke rumah sodara…kan gak ada bukti booking hotelnya…harus kasih alamat sodara yg disana ato bagaimana ya Bu? Yg pergi juga orang tua sy…mau ngunjungi sodaranya.

    Mohon petunjuknya dong Bu

  9. Halo mbak,, apakah kita harus pesan tiket pesawat dan hotel dulu? atau bisa nanti? setelah di approve ya visanya.. trims infonya 🙂

    1. Sepertinya gpp, asal punya dokumen lain yang bisa membuktikan kalau warga negara sini (KK, KTP, dll). Akte kelahiran biasanya untuk anak di bawah umur yang belum punya KTP, tapi kemarin saya submit juga sih. Kalau masih belum yakin, bisa telpon ke CVASC untuk tanya.

  10. Halo ijin tanya, kak.. Saya akan mengikuti Summer Camp di Beijing selama 2 minggu. Di ketentuanya kan harus ada booking hotel, kalau misalnya tidak tinggal di hotel bagaimana ya? Karena saya akan tinggal di dorm universitas.

    1. Coba tanyakan ke CVASC ya apakah summer camp bisa termasuk ke visa L (tourist). Karena untuk study tours, cultural exchanges, masuk kategori visa F. Requirements-nya akan berbeda dengan visa L yang saya tulis diatas, biasanya untuk visa F akan diminta invitation letter, dll.

  11. kalau untuk pengursan visa shanghai sama aja kan ya ? biaya untuk sekaraang tetap 540 kah ?
    mohon bantu jawaban nya

  12. Mbak klo visa multiple kena brp ya?
    Trus klo udh pernah k taiwan, itu dihitung udah pernah ke china blm siy? Klo di persyaratan yg mb bilang bisa di sertakan copy nya.. 😄
    Makasii infonyaa

  13. hallo kak aku calon mahasiswa mau ke china,mau tanya kak,kira2 persyaratan bikin visanya apa masih butuh fotocopy KTP ke 2 orang tua?soalnya denger2 harus bawa itu.
    terus persyaratannya kan juga harus ada KTP pribadi,KTP ku masih KTP sementara kira2 bisa gak kak?
    btw,terimakasih infonya kak

  14. rencana mendadak mau berangkat ke china 14 sept gitu, mau tanya kalau apply visa china nya bisa rush atau regular aja? rencana mau double entry. khawatir mepet waktunya. thanks info cepatnya.

  15. juga ada baca di website visa feesnya , yang saya bingung, visa L memangnya ga bisa rush & express application ya. rencana mau jalan2 aja. trims

  16. senang banget dapat informasi yg sangat bermanfaat. saya ada rencana april tahun depan ke beijing. informasi Mba sangat membantu saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *