Central Asia Trip: 4 Negara STAN (Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan, Tajikistan)

Harus berterima kasih ke Tony Fernandez karena out of nowhere buka rute KL-Almaty by AirAsia. Travelers Asia Tenggara langsung gempar. Kapan lagi ke Kazakhstan seharga 1 jutaan? Bedol desa lah kami ke negara Central Asia.

Serunya Central Asia, bentuknya daratan luas. Bisa pindah-pindah negara jalur darat aja. Sesuatu yang ‘asing’ buat orang Indonesia. Karena kita manusia kepulauan. Kalo kalian ada rejeki ke Central Asia, punya waktu minimal 2 minggu, bisa banget coba rute kami eksplor 4 negara STAN sekaligus: Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan, dan Tajikistan.

Beruntungnya di trip ini aku tidak sendiri. Formasi kali ini berlima. Kelimanya traveler, yang lumayan ‘CV’-nya. Jadi aku cukup pede untuk memutuskan “Oke, bisa kali yah 2 minggu langsung 4 negara!” Karena jujur aja kalo traveler pemula, mungkin akan ‘mabok’ dan pengen nangis dengan itinerary dan rute Central Asia ini.

Asiknya keliling Central Asia bisa jalur darat aja. Konsep yang asing di Indonesia karena kepulauan.

Traveling ke negara ini cukup menantang. Infonya masih minim, terutama jika mencari info berbahasa Indonesia. Anti mainstream lah, bisa dibilang.

Karena tiket promo Rp 3,5 juta PP yang kami dapat adalah AirAsia rute KL-Almaty, itinerary dimulai dari kota Almaty, Kazakhstan.

Screenshot harga promo buka rute AirAsia. Kalo kata netizen: ‘no pic, hoax

Penentuan rute dan itinerary ini juga cukup panjang risetnya. Kami bikin group WA dulu untuk rembukan. Sambil browsing destinasi, sambil cek peta.

Untuk di Kazakhstan, target kami adalah exploring city, ke danau cantik kayak Kolsay Lake, Kaindy Lake, dan Shymbulak Ski Resort (?) kalo masih ada salju ya. Soalnya trip kami di awal Mei.

Kolsay Lake in Kazakhstan
Kalo pergi di musim yang tepat, bisa ke Shymbulak Ski Resort juga
Ascension Cathedral. Kota Almaty juga punya banyak bangunan cantik

Untuk di Kyrgyzstan, kami nggak rewel. Pengen nyoba nginep di yurt ala nomad!

Kapan lagi nyobain tidur di dalam yurt?

Di Uzbekistan, wah, kayaknya wajib ke Samarkand? Ke bangunan cantiknya yang khas.

Stasiun aja secantik ini

Tajikistan, kami lebih less expectation lagi. Day trip aja oke kali yah? Ada namanya Seven Lakes dan rutenya do-able dari Samarkand, Uzbekistan.

Berburu danau cantik di Seven Lakes, Tajikistan

Di ujung trip kami akan kembali lagi ke Almaty untuk arah pulang ke Indonesia. Ini juga lumayan challenging karena kami mau jalur darat atau udara yah? Jalur udara juga nggak murah lho hahaha. Kalo mau murah ya jalur darat, tapi ya gitu deh. Pe-er. 

Belum lagi tantangan bahasanya. 4 negara dengan 4 bahasa berbeda. Mirip-mirip Russia sih tapi ada beda-bedanya. 4 currency mata uang.

But it’s okay. Kan kita berlima. Bisa lah ya kita hadapi? Huahahaha.

Berikut rute final kami:

See you in the next post: Kazakhstan!

First destination: Kazakhstan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//gougrust.net/5/7743623
error: Content is protected!