Ceritaku Solo Traveling ke Negara yang Kurang Aman? + Tips Antisipasinya!

Sebagai solo traveler, nggak memungkiri kalo solo traveling itu ada plus minusnya.

Hal terburuk yang pernah aku alami sebagai solo traveler adalah kehilangan dompet. Yes, kejadiannya di tahun 2017 waktu trip ke Korea.

Di suatu hari yang cerah di musim dingin, aku jalan-jalan ke Incheon. Tujuanku adalah ke Songwol-dong Fairy Tale Village. Bulan November, musim dingin saat itu. Pakai jaket tebal, dan dengan entengnya aku taruh dompet berisi uang, (yang baru tarik uang dari ATM pula), kartu debit, kartu kredit, dalam satu dompet ke dalam saku jaket.

Karena dingin ya, jadi tanganku otomatis keluar masuk saku terus. Bolak-balik menghangatkan tangan, tapi sambil keluarin HP karena kan ngecek Google Maps. Disitulah terjadi, dompetku kayaknya jatuh di jalan. Endingnya? Nggak ketemu gais. Padahal udah lapor ke pos polisi segala. Hiksssss.

Dibalik foto yang indah di Songwoldong Fairytale Village, Korea Selatan ini, ada aku yang dompetnya hilang jatuh entah dimana! Huhuhu padahal lagi solo-traveling! Pusing nggak sih?

Selain faktor keteledoran diri sendiri, ada juga faktor ya memang negaranya kurang aman?

TIPS LIBURAN KE NEGARA/DAERAH YANG KURANG AMAN

Pas ke Europe, karena BANYAK BANGET cerita orang kecopetan di sana aku jadi ekstra jaga-jaga. Untungnya trip aman sentosa sih. Tapi berikut yang aku lakukan buat jaga-jaga saat berlibur ke negara atau daerah yang kurang aman:

  1. Pasang Gembok di Tas

Trip Europe kemarin, jadi kali pertama aku gembokin tas. Beli gembok kecil, beberapa. Buat ransel, buat tas kecil. Repot sih, tapi ya dari padaaaa ya kan?

  1. Pakai Tas Selempang

Tas selempang menurutku model tas paling pas buat traveling. Karena kedua tangan bisa tetap bebas, tas bisa kamu taruh depan, jadi kamu ‘awas’ dan tas tersebut bisa under your watch all the time. 

Tas selempang yang ditaruh di depan, dan tentu digembok

Kalo traveling, pasti bawa 2-3 buah gembok kecil kayak gini
  1. Pakai Money Belt

Amit-amit tasmu dijambret atau dicopet, tetap ada back up nya. Simpan sebagian cash dan kartu untuk jaga-jaga di money belt yang nempel di badanmu. Ini udah banyak disarankan oleh traveler lain juga.

Kurang lebih bentuknya kayak gini, dipakai di dalam baju ya. Bisa dicari di e-commerce kesayangan kalian
  1.  Jangan terlalu banyak bawa cash

Bawa cash secukupnya aja. Bayangin dari awal trip kamu bawa uang berjuta-juta terus ilang?! Pusing. Padahal trip kamu masih lama. Mending ambil uang sedikit-sedikit aja, sisanya andalkan pembayaran cashless dengan kartu.

Makanya penting banget punya kartu kredit yang aman dipakai traveling. Kayak kartu kredit digital dari Honest yang proses apply-nya digital 100% melalui aplikasi tanpa harus keluar rumah kirim dokumen printed. Jadi aku bisa pakai waktu nya buat packing or bisa apply sambil aku packing juga. 

CARA APPLY HONEST CARD

Cara apply Honest Card susah nggak? Gampang banget! Kamu bisa apply dari HP aja, cukup download aplikasinya dan ikuti instruksinya. Nggak perlu kirim dokumen!

Download aplikasi Honest

Bisa download aplikasinya di Play Store

Siapkan KTP untuk di-scan, lalu foto diri (selfie). Lanjut jawab pertanyaan sesuai instruksi di aplikasi. Jika sudah, tunggu hasil verifikasi. Masa tunggunya sekitar 24 jam aja. Kurang dari 24 jam, permohonanku sudah di-approve!

Selanjutnya untuk aktivasi, akan dilakukan proses video call melalui Whatsapp dengan customer service. Kurang dari 5 menit kok. Kamu bisa Whatsapp customer service-nya untuk menentukan kapan kamu available untuk video call. Jika sudah, Honest card mu sudah bisa digunakan! 3 hari kemudian, kartu fisiknya juga dikirim ke rumah.

Simpel banget ya? Pas banget buat aku yang mobilitasnya tinggi ini dan jarang di rumah.  Nggak perlu telepon ke CS, ke bank, atau ribet kirim fotokopi dokumen, yang biasanya perlu dilakukan untuk apply kartu kredit di tempat lain. Tapi tetap aman banget! 

Loving the eye-catching purple color!

Kalo udah di-approve, nggak perlu tunggu kartu fisik untuk digunakan. Bisa langsung kamu pake! Untuk book hotel maupun tiket wisata di OTA misalnya. Kartu fisiknya juga akan dikirimkan ke alamatmu. 

Semua bisa kamu atur dari aplikasi Honest Card di handphone-mu

Selain kartunya cakep warna ungu, perhatiin deh apa yang beda? Iya, nggak ada nomornya! Karena dia punya unique numberless card. Jadi kalo amit-amit kartunya hilang, lebih aman. Cuma kamu yang bisa akses detail kartu kamu dari aplikasi di HP kamu.

Bisa langsung dipakai tanpa menunggu kartu fisik

Kamu bisa lock kartu kapan aja dari HP, kalo-kalo kartu fisiknya hilang. Ada 24-hour support customer service via Whatsapp and call juga. Jadi nggak masalah kamu lagi di luar negeri nggak bisa melakukan panggilan telepon, bisa Whatsapp aja. Easy kan?

Plussss, karena ini udah digital banget, kamu bisa tracking semua pengeluaran kamu selama liburan biar nggak over budget. Karena di aplikasi Honest, langsung ada Transaction History yang bisa kamu pantau.

Buat yg penasaran pengen coba, bisa download dan coba apply di link berikut ya:

DOWNLOAD DI SINI

Solo traveling memang challenging karena kamu bertanggung jawab 100% atas dirimu sendiri. Tapi di jaman yang udah serba maju ini, menurutku solo traveling itu makin mudah dan do-able banget. Jangan takut coba solo traveling yah!

@honestindo #KartuKreditHonest #HonestCard

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//shulugoo.net/5/7743623 https://tobaltoyon.com/act/files/tag.min.js?z=7743624
error: Content is protected!