79   1066
28   1322
49   1069
79   1316
60   1243
21   541
5   629
14   945
44   1261
39   1198

5D4N Itinerary Jepang: TOHOKU Area (Sakura Hunting)!

It’s spring time in Japan! Apa lagi kalo bukan hunting sakura, ya kan? 🌸 Hunting sakura di kota besar kayak Tokyo, Osaka, Kyoto, udah pasti padat merayap manusia sih. Melipir lah aku ke region Tohoku! Lokasinya ke arah utara dari Tokyo, perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan shinkansen.

Spring in Japan = sakura season 🌸

DAY 1

TOKYO to TOHOKU (by Shinkansen)

Untuk sampai di daerah Tohoku mudah banget! Naiklah shinkansen ke area Tohoku, perjalanan sekitar 1,5 jam. Harga shinkansen-nya beragam, tergantung kamu mau turun di kota mana. Tripku kemarin, aku naik dari Tokyo Station lalu turun di Shiroishizao Station. Harga tiketnya sekitar JPY 13.000.

Route: Narita Station > Tokyo Station > Shiroishizao Station

LUNCH @ TEUCHISOBA MURAKAMI

Untuk makan siang, bisa cobain soba! Tempuranya enak banget. Kuahnya juga nikmat, cocok untuk dimakan di udara dingin musim semi.

First meal in this trip: soba!

FUNAOKA CASTLE RUINS PARK

First sakura spot! Areanya luas, dan iconic terutama karena ada slope car ride yang bisa kamu naiki menembus barisan pohon sakura. Nggak cuma sakura, di sini juga ada tanaman lain yang nggak kalah cantik lho.

Must do: slope car ride di antara cantiknya sakura

HITOME SENBONZAKURA

Bayangkan ada jalan sepanjang 8 KM yang membentang dengan 1000 lebih pohon sakura di sisinya? Bisa kamu temukan di sini, di Hitome Senbonzakura. Sayang saat aku datang sedang hujan. Tapi tetap cantik lho!

STAY @ HOTEL MATSUSHIMA TAIKANSHO

You will love the room with the huge windows because of the view! Kamarnya bergaya ryokan tapi lebih modern karena menggunakan kasur bukan futon. Dinner-nya juga beragam banget, konsepnya buffet.

Di tiap kamar ada yukata yang bisa dipakai untuk tamu!

DAY 2:

SHIOGAMA SHRINE

Who knew that a shrine would also be a perfect spot for sakura-hunting? Coba deh berkunjung ke Shiogama Shrine. Selain merupakan kuil yang populer bagi warga sekitar untuk berdoa, kuil ini juga ekstra cantiknya saat sakura. Cantiknya sakura yang warna pink bertemu warna merah bangunan kuil, so pretty!

Sakura and shrine is a combo you should witness

STRAWBERRY PICKING @ JR Fruit Park Sendai Arahama

One of my favorite activities throughout this trip! Selama 30 menit kamu bisa memetik strawberry sesuka hati! Buat pecinta strawberry wajib coba sih! Strawberry-nya juga besar, merah, dan manisss!

Nggak cuma strawberry, namun bisa buah lain. Bergantung musimnya ya. Harganya sekitar JPY 2000 / orang, bergantung musim.

LUNCH @ MOROYA FARM KITCHEN

One of the best meal through out this trip!

Sesuai namanya, semua bahan di resto ini diambil dari kebun terdekat. Fresh! Enak banget, kalian wajib coba.

HANAMI @ TSUTSUJIGAOKA PARK

Sering dengar budaya hanami (piknik di taman bawah pohon sakura), akhirnya aku bisa menyaksikannya sendiri! Seru banget! Kayaknya semua orang di taman ini pada happy deh. The atmosphere is impeccable. Kamu bisa menyaksikan gimana locals berinteraksi dan tentunya menikmati sakura.

SHOPPING @ SENDAI STATION

Sendai Station, adalah stasiun terbesar di Tohoku region. Sekitarnya banyak banget area untuk shopping. Mau coba delicacy asli Sendai? Coba zunda deh! Crushed edamame, alias kacang edamame yang ditumbuk. Diolah jadi berbagai jenis, dari snack hingga milkshake. Milkshake nya enak banget, wajib coba!

STAY @ SURIKAMITEI OTORI

Another ryokan stay! Kali ini pemandangannya pedesaan cantik. Dan di pagi harinya sempat ada salju lho!

Nggak bosen bolak-balik nginep di ryokan!

DAY 3

HANAMIYAMA PARK

Flower overdosed, in a good way of course! Area sebesar ini adalah private property tapi sekarang dibuka untuk umum dan gratis! Nggak cuma bisa lihat sakura, tapi berbagai jenis bunga cantik lainnya.

Sea of flowers

LUNCH @ ENBAN GYOZA MANPUKU

Aku biasanya nggak terlalu doyan gyoza (nggak pernah nemu yang aku doyan di Indonesia), tapi di sini enak banget! Style gyoza-nya lebih crispy dibanding gyoza Jepang pada umumnya. Satu piring besar isi 30 pcs! Pas banget dimakan sambil minum beer.

Fukushima styled gyoza, must try!

MIHARU TAKIZAKURA

Meet one of the oldest sakura trees in Japan! Nama takizakura, dari kata taki yang artinya ‘air terjun’. Bentuk pohonnya memang seperti air terjun kan? Umurnya sudah lebih dari 1000 tahun!

Salah satu pohon sakura tertua di Jepang!

UMBRELLA DISPLAY @ HOTEL LISTEL INAWASHIRO

Photo spots in Japan are just beyond! Ada instalasi dari payung lokasinya di area Hotel Listel Inawashiro. Di depannya ada kolam cetek berisi air, fungsinya untuk refleksi dari air. Kreatif ya!

STAY @ OOKAWASO

One of the most aesthetically pleasing hotels I’ve ever stayed at! Datang-datang sudah disambut alunan shamisen, a traditional Japanese stringed instrument. Di belakang ada sungai cantik, bisa dilihat dari jendela kamar. Katanya ryokan ini juga jadi inspirasi lokasi anime Demon Slayer lho!

Cozy Japanese ryokan bedroom

DAY 4

AIZU SAMURAI RESIDENCES

Penasaran dengan samurai? Coba main deh ke rumahnya! Yes, ada museum yang direkonstruksi kembali seperti rumah salah satu samurai pada jaman dulu. Desainnya autentik banget, rasa seperti naik mesin waktu ke masa lalu. Lokasinya di daerah Aizu.

Bonusnya, di areal Aizu Samurai Residences ini sakuranya juga cantik banget!

Another great sakura spot!

TSURUGAJO CASTLE

Belum lengkap ke Jepang tanpa ke castle! Coba deh ke Tsurugajo Castle! Selain bisa masuk ke dalam melihat pemandangan dari lantai teratasnya, sakura di sini juga cantik banget! Ada Rinkaku tea room juga di mana kamu bisa mencoba teh hijau.

Beautiful Fukushima city view from the top of Tsurugajo Castle

NANUKAMACHI TOWN

Strolling around this beautiful town named Nanukamachi! Ada banyak toko dan kafe cantik yang bisa kamu kunjungi lho. Salah satu nya Akabeko Cafe, kafe bertemakan maskot Aizu regioni yang gemes banget!

Akabeko, si maskot menggemaskan!
Beautiful Nanukamachi

NICCHU LINE WEEPING CHERRY BLOSSOM

Lagi-lagi sepanjang jalan dengan deretan pohon sakura. Cantik banget, terutama dengan background gunung. Bentuk pohon di disini juga merunduk karena itu disebut ‘weeping’.

Nicchu Line Weeping Cherry Blossom is popular among locals

STAY @ FUJIYA

Nggak bosan-bosan aku merekomendasikan nginep di ryokan. Berasa banget Japanese experience-nya begitu pun di sini.

Pengen nyobain tidur di futon?

DAY 5

SAKE VENDING MACHINE @ PONSHUKAN

Do you love sake? If yes, this is a must visit for you! Bisa nyobain banyak banget jenis sake, dan murah banget! Cuma mulai dari JPY 100 untuk gelas kecilnya. Bentuknya vending machine! Lokasinya ada di Niigata Station ya!

Don’t miss this awesome sake vending machine, Ponshukan!

SHINKANSEN TO TOKYO

Saatnya balik ke Tokyo! Untuk menemani perjalanan, jangan lupa jajan ekiben dulu. Eki artinya kereta, ben dari kata bento artinya bekal. Gemes! Kotaknya juga bisa dibawa pulang lho.

Cantik banget ya Tohoku? Semoga rekomendasi di atas berguna buat kamu yang mau sakura-an atau berlibur ke region ini! It’s a must visit for me!

3 Comments

  1. Mary
    June 28, 2023 / 8:29 pm

    Hai kak seru banget spring trip ke Jepangnya. Kira-kira nanti bakal posting itinerary yang lebih detail dan budgetnya ga ya? Pengen banget ke sana tapi masih minim info.

  2. Mary
    June 28, 2023 / 8:30 pm

    Hai kak seru banget spring trip ke Jepangnya. Kira-kira nanti bakal posting itinerary yang lebih detail dan budgetnya ga ya? Pengen banget ke sana tapi masih minim info..

    • anandary
      Author
      August 20, 2023 / 5:36 pm

      Sure, ditunggu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!