TUTORIAL: How I Edit My Outdoor Traveling Photos

“Salah satu pertanyaan yang paling sering kudapat di kolom comment dan DM Instagram adalah bagaimana cara aku edit foto.”

Bukannya pelit nggak mau bagi-bagi resep, but this is a tricky question. Karena aku nggak selalu punya formula yang sama dan lebih banyak mengandalkan feeling. Aku pun suka eksperimen dengan berbagai apps dan jenis filter, bergantung pada foto yang akan di-edit.

Anyway, untuk Komodo Trip kemarin aku eksperimen untuk edit semua foto Komodo Trip-ku dengan tone warm yang kekuningan gitu deh ala-ala travel blogger hahaha. And I liked it! Ternyata memang untuk foto outdoor terutama yang di laut atau di pantai, memang cantik kalau pake tone warm gitu.

My Komodo Trip posts using warm tone filter.

This was actually me trying out something different, karena kalo kalian ngeh, feed-ku biasanya lebih suka pake bright colorful tone. I call this ‘candy-colored tone’.

My usual ‘candy-colored’ tone.

Aku baru saja kembali dari trip ke Sumba, dan sepertinya aku akan kembali pakai ‘warm tone’. Untuk itu, seperti yang telah sempat kujanjikan di Instagram story sebulan lalu (maaf lama banget menunaikan janjinya! Hahaha), now I’m going to tell you about “How I Edit My Outdoor Traveling Photos”!

Oh iya, just FYI, tutorial ini adalah easy level photo editing. Foto raw yang belum diedit sudah cukup cakep sehingga tidak perlu edit yang heboh. Akan ada seri-seri editing photo tutorial lainnya, level-level lebih sulit, just wait for it!

APPS THAT I USE

Editing apps yang hampir selalu aku pakai adalah Snapseed dan VSCO. Snapseed biasanya aku gunakan untuk tune foto (mengatur brightness, ambience, dll), dan VSCO untuk filter sehingga tone warna di feed bisa konsisten.

STEP 1: PREP YOUR PHOTO (with SNAPSEED)

Ngedit foto itu lebih dari sekedar ngasih filter dan tambah brightness, camkan itu netizen! Hahaha. So, prep your photo is a must. Dari awal, tentukan posisi foto dan size foto yang ingin kamu post. Aku sendiri suka foto dengan jenis portrait karena nampak cantik saat muncul di timeline, tapi landscape-pun oke terutama jika banyak detail yang ingin kamu tampilkan. It’s all about your preference, really. Ada beberapa orang yang kukenal di IG yang hobi post portrait photos, dan anti ngepost foto landscape, begitupun sebaliknya. Aku, karena lagi-lagi anaknya suka mencoba banyak hal, suka ngepost dua-duanya.

Untuk foto yang akan aku edit di tutorial ini, aku memilih untuk membuatnya portrait. Foto ini diambil di Danau Weekuri, Sumba.

The raw photo alias foto mentahnya. Udah cakep kan? Karena diambil outdoor, terangnya cukup, dan nggak ada ‘bocor’. Cuma perlu dipoles sedikit saja.
  1. Buka Snapseed dan pilih foto yang akan kamu edit.

Fitur Snapseed yang akan kita gunakan di tutorial kali ini.

 

2. Expand!

Aku termasuk tipe orang yang nggak suka ngepost foto muka terlalu dekat. Pertama, aku sadar tidak secantik @taeyeon_ss, dan yang kedua, karena aku memang mau menonjolkan tempat aku traveling dan bukan wajahku. Foto di atas diambil dengan gaya flatlay alias aku berbaring beneran dan fotografernya berdiri ambil foto. Pengennya sih diambil dari lebih tinggi lagi biar warna airnya lebih banyak, tapi susah lah ya ini aja fotografernya udah jinjit-jinjit hahaha.

Salah satu kenapa aku cinta Snapseed adalah fitur Expand ini! Dan entah kenapa kok aku belum pernah lihat orang atau influencer lain rave tentang fitur ini ya? Padahal ini fitur kesayanganku banget karena tokcer bikin foto lebih wide.

Expand ke atas dan ke kanan.

Jadi lebih wide kan? Kalau kamu lihat, biasanya setelah foto kita di-expand ada titik-titik tidak sempurna hasil expand yang otomatis itu. Worry not, karena Snapseed juga punya Healing Tools!

3. Heal it with Healing brush!

Cukup tap-tap pada titik tidak sempurna tersebut, dan ketidaksempurnaan itu akan hilang. Perlu sedikit kesabaran sih pakai healing tools ini karena agak tricky. Tapi kalo kamu telaten dan sering latihan, gampang kok! Hehe.

Gunakan healing brush untuk hilangkan titik-titik tidak sempurna hasil Expand sebelumnya.
Setelah menggunakan Healing brush.

Rotate ke kanan supaya hasil jadi portrait, dan voila! First step is done! Foto sudah nampak seperti diambil dari jarak lebih jauh.

 

STEP 2: TUNE YOUR PHOTO (with SNAPSEED)

Feature di Snapseed yang hampir selalu kugunakan saat tune foto adalah Brightness dan Ambience. Brightness untuk membuat lebih terang fotonya (aku suka feed yang terang), dan Ambience untuk warnanya supaya lebih ‘menonjol’. Aku selalu suka foto yang kaya akan warna, tapi nggak mau overly saturated. Entah kenapa Ambience nya Snapseed ini pas banget buatku untuk mendapat result yang kumau.

Setelah prep dan tune foto selesai di Snapseed, mari pindah ke VSCO!

 

STEP 3: ADD FILTER TO YOUR PHOTO (with VSCO CAM)

Setahuku, travel blogger di Instagram kebanyakan pakai filter C series di VSCO untuk edit warm tone, dan untuk jenis filter C yang warm-nya oke setahuku berbayar (lupa C berapa). Setelah ulik-ulik library VSCO, eh ternyata nemu filter (seingetku gratis) yang tone-nya warm juga dan aku suka. Filter KK1 (Krochet Kids series).

Biasanya, aku suka utak-atik sedikit filter di VSCO ini sampe ketemu hasil yang enak. Bener-bener randomly, tergantung raw photo-nya. Kadang malah nggak di utak-atik sama sekali. Kalau memang diutak-atik, seringnya aku utak-atik Tint, Skin Tone, dan Temperature. Enaknya VSCO juga, kita bisa copy paste filter yang diutak-atik ini dari satu foto ke foto lain. Jadi hemat tenaga kalo lagi males ngedit satu persatu.

Setelah mendapatkan hasil yang diinginkan, save to Camera Roll and you’re done!

Final result!

Sekian tutorial “How I Edit My Outdoor Traveling Photos”. Hope it satisfies your curiosity about my editing photo tools and how I use it. Semoga cukup membantu ya! Please tag atau mention aku di IG kalo kalian nyobain step-step di atas, pengen lihat juga result-nya kayak apa hehehe. See you on next tutorials!

4 thoughts on “TUTORIAL: How I Edit My Outdoor Traveling Photos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *