32   1650
87   2107
16   1100
23   1587
16   978
50   3272
20   1560
9   1362
64   1703
51   1138

India Trip Part 4: Hari Kedua di Jaipur (+ Itinerary & Budget)

Setelah berpetualang di Agra dan Jaisalmer, hari terakhir di India kami habiskan kembali di kota Jaipur. Jam flight AirAsia Jaipur-KL yang kami naiki jadwalnya hampir tengah malam yaitu 23.15. Kami masih punya seharian untuk mengeksplor lagi kota Jaipur.

Hello again Pink City!

BLUE BEDS HOSTEL

Setelah mendarat di Jaipur Airport sepulang perjalanan kami dari Jaisalmer (baca India Trip Part 3: Jaisalmer), kami langsung menuju kembali ke Blue Beds Hostel. Penginapan yang sama saat kami mendarat pertama kali di Jaipur kemarin. Kami sudah WA ke Blue Beds Hostel untuk minta dijemput tuktuk di airport, biayanya INR 250 (sekitar Rp 50.000,-).

Untuk malam terakhir ini, kami book kamar private di Blue Beds Hostel. Kamarnya nyaman, dengan AC, bersih, kasurnya empuk, kamar mandinya lengkap dengan air panas. Sayangnya tidak ada TV. Harga kamarnya saat itu Rp 434.000 per malam, booked via Agoda.

TUKTUK IN JAIPUR

Seperti di post pertama, untuk tuktuk di Jaipur aku rekomen tuktuk yang aku dapat dari TripAdvisor yaitu Namaste Jaipur Tours. Whatsapp: +91 95719 15083

Supir kami namanya Sameer. Masih muda, baru saja lulus kuliah art. Jago gambar, dan pengetahuan tentang Jaipur-nya luas sekali. Bahasa Inggris? Lancar! Kami ngobrol banyak banget dari sejarah hingga politik di India. Senang banget bisa ngobrol dengan warga lokal, ditambah Sameer ini pintar dan enak diajak ngobrol topik apa saja.

Sameer juga cerita hal kocak yang tidak akan kami lupa. Ternyata ia pernah menyupiri Macklemore, rapper terkenal asal USA saat berkunjung ke Jaipur. Tapi saat pertama kali mereka bertemu, Sameer tidak kenal siapa Macklemore. “I am a singer in USA,” kata Macklemore. Sameer menjawab, “I don’t believe you.” LOL! Sampai di akhir trip Macklemore menawar untuk membeli tuktuk Sameer, dan menggantinya dengan tuktuk baru. Dengan syarat, tuktuk Sameer harus ditempel sticker ‘Macklemore’. Mereka pun ke ‘toko’ yang menjual tuktuk. Macklemore really did buy a new tuktuk for Sameer. Then he sent the old tuktuk to USA for a video clip shooting. Crazy story, right?! You can see Sameer’s old tuktuk in Macklemore’s video in YouTube.

The title of the song is Brad Pitt’s Cousin by Macklemore. AND THERE’S SAMEER’S TUKTUK!
Tuktuk Sameer. Sempat ganti ban sebentar di Amber Fort karena kempes.
Titip salam untuk Sameer ya kalau kalian ke Jaipur dan pakai jasanya!

Untuk keliling di Jaipur hari itu, kami membayar INR 1000 (Rp 200.000,-), sudah termasuk antar ke airport.

AMBER FORT

First stop, Amber Fort!

Berhenti sebentar di pinggir jalan menuju Amber Fort karena ditawari untuk foto oleh Sameer

Menurutku Amber Fort salah satu spot wajib dikunjungi di Jaipur, selain Hawa Mahal. Cantik banget, dan worth it untuk dikunjungi. Areanya luas, jadi butuh minimal 1 jam untuk keliling. Areanya kebanyakan outdoor, jadi akan panas sekali terutama di musim panas. Untungnya aku pergi di musim dingin jadi cuacanya cukup adem.

The beautiful entrance gate

Tiket Amber Fort harganya INR 550 (sekitar Rp 110.000,-). Bisa diskon bila kamu membawa kartu pelajar (kartu pelajar foreign bisa digunakan, asal ada fotonya) jadi hanya INR 100 (sekitar Rp 20.000,-).

Jika mau lebih hemat lagi untuk keliling spot di Jaipur, bisa membeli composite ticket INR 1000 (sekitar Rp 200.000,-) dimana tiket tersebut sudah include untuk Amber Fort, Hawa Mahal, Nahargarh Fort, Jantar Mantar, dan Albert Hall Museum sekaligus. Tiket composite ini bisa dipakai dalam durasi 2 hari. Kami tidak membeli composite ticket ini karena itinerary kami tidak memungkinkan, jadi kami membeli tiket yang reguler.

Amber Fort buka dari jam 8.00 – 17.30. Di malam hari, Amber Fort ini juga dibuka dengan pencahayaan warna-warni yang cantik, buka pada jam 18.30 – 21.15.

I photoshopped everyone else, obviously. LOL
The garden
Pink Fort
The underground tunnel
Burung-burung kayak gini banyak banget lewat di sekitar Amber Fort. So pretty!

PANNA MEENA KA KUND

Belum lengkap ke India kalau belum ke stepwell. Stepwell ini dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan air dan untuk irigasi saat di masa lalu belum ada sistem pipa.

Panna Meena Ka Kund adalah salah satu stepwell yang masih terjaga kondisinya di Jaipur. Lokasinya dekat dari Amber Fort, karena itu sebaiknya ditaruh di itinerary hari yang sama. Selain Panna Meena Ka Kund, stepwell terkenal lainnya di Jaipur adalah Chand Baori. Chand Baori ini populer salah satunya karena sering dijadikan lokasi syuting film, salah satunya The Dark Night Rises.

Panna Meena Ka Kund ini free entry alias gratis.

The majestic stepwell

JAL MAHAL

‘Jal’ means water, ‘mahal’ means palace. Lokasinya persis di atas air, itulah Jal Mahal atau ‘Water Palace’ (Istana Air).

Jal Mahal ini tidak bisa dimasuki. Kita hanya bisa menikmatinya dari pinggir danau saja, biasanya dlewati di arah pulang dari Amber Fort ke Jaipur City. Jal Mahal ini adalah rumah peristirahatan raja pada masanya.

Jal Mahal

ROYAL GAITOR

Sehabis dari Jal Mahal, Sameer membawa kami ke Royal Gaitor. Awalnya dia menawarkan ke Galta Ji (Monkey Temple), tapi berhubung Astrid takut monyet jadi kami skip. Akhirnya kami ke kompleks makam kerajaan, Royal Gaitor.

Areanya tidak terlalu besar, dan cukup sepi. Leluasa untuk foto-foto. Peaceful and not at all crowded. Boleh dimasukkan ke itinerary kalau memang ada ekstra waktu di Jaipur. Tiket masuknya INR 30 (sekitar Rp 6.000,-)

SHOPPING @ PINK CITY MARKET

Kalau kalian mau belanja saree, aksesoris, tas etnik, souvenir khas India, Pink City Market bisa jadi pilihan. Lokasinya beberapa langkah dari Hawa Mahal.

Namanya pasar, harus pintar nawar kalo belanja disini. Sejauh kami belanja, penjaga tokonya nggak galak dan nggak marah kok kalau kita lihat-lihat aja. Harganya juga cukup affordable, meski tetap kami lebih suka belanja di Jaisalmer. Di Jaipur harus agak ekstra usaha nawar harganya.

Karena sudah sore dan ribet belanja, tidak sempat foto kayak apa kondisi marketnya. Berikut beberapa foto hasil belanja kami di India.

Belanja tas dan sendal etnik di India dijamin kalap karena muraaaaah!

JAWAHAR CIRCLE

Spot terakhir yang kami datangi di Jaipur yaitu Jawahar Circle. Lokasinya dekat airport Jaipur karena itu kami taruh di akhir.

Sayangnya, karena bangun terlalu siang itinerary kami bergeser terlalu malam hingga akhirnya sampai di Jawahar Circle udah gelap! Sedih banget padahal ini salah satu spot yang paling kuincar karena colorful! Huhu. Kalau ke Jaipur lagi, fix bakal kesini untuk balas dendam! Berikut foto di Jawahar Circle. Untungnya bawa kamera lumayan canggih (tapi nggak bawa tripod!) jadi bisa ambil foto agak terang walau aslinya gelap buanget.

Jawahar Circle ini free entry alias gratis.

All the pretty pattern!
Aslinya gelap banget. Lumayan hasil fotonya walau tidak sesuai ekspektasi kalau foto siang. Kalau ada yang ngajak balik Jaipur, aku mau banget karena belum dapet foto paripurna disini hahaha

JAIPUR AIRPORT: BACK TO JAKARTA!

Sekitar pukul 19.00 kami sudah sampai di Jaipur Airport. Airport-nya tidak terlalu besar, tapi cukup modern. Tips untuk yang flight dari airport sini, kalau bisa datang dengan perut kenyang karena tidak ada restoran atau kafe. Jangan expect ada fast food dll seperti airport-airport besar.

Suasana ruang tunggu di boarding room Jaipur Airport

Flight AirAsia kami pukul 23.50 berangkat on time menuju KL. Mendarat di KL sekitar pukul 05.00 esok harinya, dilanjut flight ke Jakarta pukul 7.05. Mendarat di Soetta Airport pukul 8.35.

Goodbye India! Hope to see you again!

RESUME ITINERARY & BUDGET DAY 4 & 5:

P.S. :

  1. Perhitungan di atas untuk 2 orang (2 pax)
  2. INR adalah hitungan dalam Rupee, dan IDR untuk perkiraan dalam Rupiah (dengan asumsi 1 Rupee = Rp 200,-)
  3. Trip di atas dilakukan pada bulan Januari 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!