X

Cara Ke Taiwan Tanpa Visa (Bebas Biaya!)

Ke Taiwan makin mudah! Bagi wisatawan Indonesia yang hendak mengunjungi Taiwan kini bisa tanpa visa dan cukup apply ROC Travel Authorization Certificate secara online saja. Ketentuan ini berlaku bagi WNI yang telah memiliki visa atau ijin tinggal di USA, Schengen, New Zealand, Australia, Korea Selatan, dan Jepang (regular visa maupun visa waiver).

Sampai saat tulisan ini ditulis, warga negara Indonesia masih membutuhkan visa untuk memasuki negara Taiwan. Namun, WNI pemegang visa atau izin tinggal di beberapa negara tertentu bisa mendapatkan izin masuk negara Taiwan hanya dengan mengisi form disini tanpa harus mendaftar visa Taiwan. Berikut daftar visa negara tersebut:

  • Amerika Serikat
  • Kanada
  • Schengen
  • UK
  • New Zealand
  • Korea Selatan
  • Jepang (reguler maupun waiver)

Visa atau izin tinggal keluaran negara di atas yang sudah expired pun masih bisa digunakan (kecuali visa Australia dan New Zealand), asal expired date kurang dari 10 tahun dari tanggal perjalanan ke Taiwan. Baca disini untuk ketentuan lengkap ROC Travel Authorization Certificate.

Hello Taiwan! Selalu semangat kalo jalan-jalan ke negara yang nggak ribet ngurus visa

Jika kalian sudah punya e-Paspor, kalian bisa banget ke Taiwan dengan ROC Travel Authorization Certificate ini. Caranya? Kalian apply visa waiver Jepang dulu (baca disini untuk Cara Membuat Visa Waiver Jepang untuk E-Paspor). 

ROC Travel Authorization Certificate berlaku selama 90 hari setelah approval, dan bisa digunakan berkali-kali dalam kurun waktu tersebut. Pemegang ROC Travel Authorization Certificate bisa berkunjung ke Taiwan dalam durasi maksimal 14 hari di tiap kunjungannya.

[UPDATE Agustus 2019]  Source:https://www.roc-taiwan.org/id_en/post/2530.html
  • Mulai 1 Agustus 2019, semua warga negara Indonesia, Vietnam, India, Myanmar, Kamboja dan Laos yang menggunakan E-visa Australia dan Selandia Baru yang untuk mengajukan Travel Authorization Certificate harus masih dalam masa berlaku saat tiba di Taiwan.
  • Pemegang Visa Jepang (Visa biasa maupun Visa Waiver) harus dapat menunjukkan riwayat kunjungan ke Jepang atau tiket keberangkatan ke Jepang.

SYARAT TAIWAN ROC TRAVEL AUTHORIZATION CERTIFICATE

  1. Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan dari tanggal kedatangan di Taiwan
  2. Tiket pesawat/ferry PP dari Taiwan
  3. Tidak pernah menjadi blue collar worker di Taiwan
  4. Izin tinggal atau visa negara Amerika Serikat, Kanada, Schengen, UK, New Zealand, Korea Selatan, atau Jepang (dengan tanggal expired kurang dari 10 tahun dari tanggal kedatangan ke Taiwan)

Paspor, tiket pesawat/ferry PP, dan visa harus dapat ditunjukkan di imigrasi saat tiba di Taiwan nanti

LANGKAH APPLY ROC TRAVEL AUTHORIZATION CERTIFICATE

1.Buka website https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/

2. Pilih bahasa

3. Skema proses apply ROC Travel Authorization Certificate, klik ‘next’

4. Isi form dengan data Anda

5. Cek kembali data yang sudah dimasukkan dan pastikan sudah benar. Lalu klik ‘submit’

6. Permohonan Travel Authorization Certificate sudah di-approve! Klik ‘Print’ untuk mengunduh file PDF

7. Berikut tampilan Travel Authorization Certificate untuk Taiwan. Print dan bawa untuk di imigrasi saat tiba di Taiwan

Mudah sekali kan? Dan tentunya gratis! Have fun in Taiwan!

anandary: I wander and wonder

View Comments (59)

  • Dear Jennifer.
    Di Form TAC ada isian Data orang yang bisa dihubungi di Taiwan, itu di isi apa?
    dan ada isian Data HP/Telp ayah/ibu, kalau sudah wafat apakah tetap di isi lengkap?
    terima kasih

    • Biasanya aku tulis alamat dan nomor telepon hotel di Taiwan. Diisi selengkapnya saja.

  • Dear Jennifer,

    Apakah ROC ini msh bs berlaku saat ini - post pandemi. Posting an ini membahas tahun sebelum pandemi. Saya coba cari info ttg hal ini blm ketemu, urgent info yah, ada plan mendampingi anak kunjungan di awal dec.

    Thanks info nya

  • maaf kak mau tanya
    visa waiver apakah ada nomernya? di stiker waiver pada gambar paspor diatas tidak terlihat ada tulisan nomor visa

    trima kasih

    • Ada, fotonya bisa lihat di postingan saya yang Visa Waiver Jepang. Nomornya saya sensor untuk keamanan, tapi masih terlihat kok ada di tengah bawah.

  • Hai kak..Saya sebagai wni tapi memegang visa kerja di malaysia... Niat nya mau ke taiwan ketemuan ma temen. Apakah harus apply ROC jga... Mohon pencerahannya kak?

    • Kalo pre-pandemi, tetap perlu apply TAC. Setelah pandemi ini, silakan browsing lagi yaa peraturannya. Karena kondisinya sudah berbeda

  • Hi, diatas tertulis untuk pemegang visa Jepang harus menunjukkan riwayat perjalanan ke Jepang atau tiket keberangkatan ke Jepang, apakah saat apply ROC atau saat proses di imigrasi Taiwan? Apabila belum ada riwayat tersebut / belum ada tiket ke Jepang apakah masih bisa apply ROC? Atau ada kemungkinan akan ditolak? Terima kasih.

    • Diperiksa di imigrasi di Taiwan-nya, dilihat dari paspor. ROC jarang ditolak sih, biasanya langsung otomatis keluar file pdf TAC-nya. Tapi keputusan boleh masuk/tidaknya semua tergantung pihak imigrasi disana.

      • So far memang banyak traveler yang walaupun belom penuh passportnya tapi tetep bisa masuk ya kak. Istriku juga baru Jepang aja tapi masuk-masuk aja ke Taiwan. Dan proses bikin visanya ngga sampai 5 menit ^^

        • Iya, memang tetap bisa masuk kok asal punya visa di atas. Untuk visa waiver Jepang sekarang harus sudah pernah digunakan or ada tiket kesananya. Tambah gampang ya mau jalan-jalan ke Taiwan :D

  • Tulisannya informatif sekali....enak d baca.... Tp tetep aja aku jd galau gara2 visa korea aku d passport lama dan passport lamanya ga ada.... 😢😢

  • hi kak, saya punya visa korea tetapi berada di passport lama, sekanrang sudah passport baru yang telah diperpanjang. apakah masih bisa apply tac , tetapi no passport nya berbeda karena perpanjangan.. bagaimana ya kak?

      • Oh, jadi tac nya nanti diprint dan ditunjukkan bersama dengan passport lama yang ada visa koreanya ya kak?
        Apakah ada kemungkinan ditolak bila daftar online atau ada kemungkinan ditolak juga?
        Apakah mengurus tac harus dengan e-passport atau passport biasa juga boleh? Karena visa saya ada dipassport biasa dan saya memperpanjang passport juga passport biasa bukan e-passport.. makasih kak

  • halo kak. aku dewi mau tanya, cuma mau make sure sih. kalo punya visa jepang tapi sudah expired bisa ya?
    kalo yg visa Ausie harus yg masih berlaku? dan kalo sudah di approved ini ROC, tinggal tunjukkan saat di Imigrasi Taiwan?

    terima kasih :)

    • Iya betul, visa Jepang expired bisa, kalau visa Aussie harus masih berlaku.
      Iya diprint dan ditunjukkan TAC-nya, dan visa negaranya

  • Halo kak, mau tanya dong. Sayakan buat visa taiwan online dengan menggunakan visa jepang dan sudah diapproved, yang ingin saya tanyakan saat isi arrival card online itu kan ada pilihan tipe visa. Saat saya isi tipenya visa visitor itu gak bisa lanjut ke step selanjutnya karena memerlukan no visa (apakah saya harus memasukan no visa jepang yang tertera di visa taiwannya itu), Mohon bantuannya pengalaman kakak kemarin bagaimana? Terima kasih sebelumnya kak, salam.

    • Hi Adhi, kalo nggak salah inget kemarin saya nggak pakai arrival card online, masih tulis manual. Sepertinya benar pakai no visa Jepang yang kamu pegang.

  • Mba, emang harus isi arrival card obline ya sebelum masuk taiwan nya? Itu di TOCnya ada tulisannya plg bawah yg merah.. plis pencerahannya