79   1066
28   1322
49   1069
79   1316
60   1243
21   541
5   629
14   945
44   1261
39   1198

Visa Korea Selatan untuk Freelancer

Akhir tahun 2017, aku berencana untuk ke Seoul, Korea Selatan. Halangannya cuma satu: visa. Dan aku adalah makhluk yang paling males ngurus visa.

Aku sudah pernah ke Korea Selatan tahun 2011 lalu, tapi saat itu masih berstatus mahasiswa. Pergi bareng keluarga pula, jadi nggak merasakan repot ngurus-ngurusnya. Cuma perlu ke tata usaha kampus untuk minta surat keterangan mahasiswa, sisanya diurus orangtua.

Gyeongbokgung Palace, circa 2011. Maafkan filter yang agak alay. Nggak nemu file mentahnya lagi 🙁

Sekarang? Berhubung sudah umur produktif dan bekerja, harus apply sendiri. Ribetnya lagi, aku sudah resign dari perusahaan tahun lalu dan sekarang sedang merintis as a self-employed. Nggak ada ceritanya deh tuh punya slip gaji, atau lembar SPT, padahal itu salah satu syarat visa Korea Selatan.

Berbekal membaca blog orang (kayaknya hampir semua blog tentang visa Korea Selatan yang muncul di Google aku bacain deh), akhir September 2017 aku memberanikan diri apply untuk visa Korea Selatan. Beruntung banyak blogger Indonesia yang membahas persyaratan visa Korea Selatan ini, jadi referensinya banyak. Tapi disini aku akan lebih menekankan bagaimana untuk apply visa Korea Selatan as a self-employed. Menurutku akan berguna karena di jaman teknologi yang semaju sekarang makin banyak orang yang terjun bekerja sebagai self-employed, freelancer, atau online seller.

Disini aku apply Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-9). Syarat-syarat pengajuan untuk jenis visa lain bisa dilihat di website Kedutaan Besar Korea untuk Indonesia disini. Berikut dokumen-dokumen yang kumasukkan untuk pengajuan visa wisata Korea Selatan:

1. Form Aplikasi Visa (dan Pas Foto yang Ditempel)

Form aplikasi visa bisa di-download disini. Pas foto yang digunakan adalah 3,5 cm x 4,5 cm, cetak warna, background putih. Isi form dengan huruf cetak dan kapital.

Untuk pas foto Korea Selatan ini aku buat di Jakarta Foto daerah Sabang, Jakarta Pusat. Jakarta Foto ini memang banyak direkomendasi kedutaan untuk pembuatan pas foto visa. Biayanya Rp 50.000,- sudah mendapat CD dan 4 lembar foto. Pembuatannya cepat sekitar 15 menit saja dari foto hingga CD dan cetak fotonya jadi. Ke depannya tinggal print dari CD saja jika hendak apply visa lagi.

Jakarta Foto di Jalan Sabang, Jakarta Pusat

2. Paspor Asli (masa berlaku minimal 6 bulan sebelum expired) dan Fotokopi

Fotokopi di kertas ukuran A4, tidak perlu dipotong. Sertakan juga paspor lama dan fotokopinya jika punya.

Penyertaan paspor lama ini menurutku cukup berpengaruh dalam approval permohonan visa di kasusku karena di paspor lama ini ada visa Korea tahun 2011 dulu, dan beberapa stempel negara lain. Nggak mutlak sih, karena ada juga kasus orang yang visanya ditolak padahal sudah pernah ke Korea dan berbagai negara lain. Tapi menurutku ini lumayan jadi bukti bahwa travel history kita bagus dan memang tujuan perginya untuk tourism dan bukan mau jadi imigran gelap.

3. Fotokopi Akte Kelahiran, KTP dan Kartu Keluarga (KK)

Beberapa blog bilang KK ini terutama diperlukan apabila pergi bersama keluarga, atau pergi dengan sponsor orangtua. Aku sendiri menyertakan KK sebagai bukti bahwa aku masih punya ikatan dengan keluarga yang tinggal disini. Serta bukti hubungan darah dengan Ayah yang menyertakan surat keterangan untukku (keterangan lanjut baca di bawah)

4. Surat Keterangan Kerja atau SIUP untuk Wirausaha.

Untuk pegawai kantoran sih gampang tinggal ke HRD dan minta surat keterangan kerja. Tapi untuk freelancer ini tricky dan suka bikin males pergi ke negara yang butuh visa, ya kan?

Disini aku mengakalinya dengan menulis sendiri surat keterangan kerja mengenai pekerjaanku sekarang. Untuk tambahan bukti, aku menambahkan beberapa invoice dan kontrak kerja dari klien. Pihak kedutaan bisa kroscek dengan rekening koran-ku nanti, jadi jelas dari mana pemasukan uang yang kudapat untuk travelling.

Hal yang serupa bisa dilakukan kalau kamu usaha online shop. Kamu bisa print screen usaha jualan kamu baik di Instagram ataupun marketplace lainnya. Jelaskan saja apa yang kamu jual, lebih oke lagi jika ada bukti invoice-nya supaya bisa di-kroscek dengan rekening koranmu.

Intinya, buktikan ke kedutaan dari mana pemasukan kita sejelas mungkin. Semakin banyak bukti yang bisa kamu berikan akan semakin baik.

5. Fotokopi NPWP dan fotokopi SPT Tahunan

Salah satu kesulitan freelancer dalam apply visa adalah tidak mempunyai NPWP serta bukti potong pajak SPT Tahunan. Sebagai gantinya bisa membuat surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT yang ditanda tangan di atas materai.

6. Bukti Rekening Koran 3 Bulan Terakhir dan Surat Referensi Bank

Bukti rekening koran dan surat referensi bank aku buat di bank BCA. Biayanya Rp 2.500,- per lembar untuk rekening koran dan Rp 50.000,- untuk surat referensi bank. Prosesnya cukup cepat hanya sekitar 30 menit di customer service.

Berapakah minimal saldo yang dibutuhkan? Untuk aman-nya, siapkan saldo sejumlah Rp 1.500.000,- x lama hari disana. Contoh: jika stay selama 7 hari, maka siapkan minimal Rp 1.500.000,- x 7 = Rp 10.500.000,-. Tidak mutlak, karena ada juga yang saldonya sampai ratusan juta tapi ditolak. Ada yang saldo-nya hanya 5 jutaan tapi di-approve.

Menurutku, yang terpenting rekening kamu itu ‘hidup’ dalam artian konstan mendapat pemasukan di tiap bulan, dan juga ada penarikan. Hindari pemasukan uang dadakan dalam jumlah besar dalam kurun waktu 3 bulan terakhir karena pasti akan dicurigai kedutaan bahwa uang tersebut dipinjam dari orang lain untuk ‘menggembungkan’ rekening kamu supaya saldo terlihat banyak.

7. Statement Letter Orang Tua dengan Materai

Statement letter ini aku buat karena hasil dari membaca blog-nya Jeane Rooseline (terima kasih banyak Mbak Jeane!) Perjalanan ke Korea Selatan ini seluruhnya menggunakan biaya dariku pribadi, bukan orangtua. Tapi tidak ada salahnya menambahkan statement letter orangtua untuk meyakinkan kedutaan bahwa aku masih punya hubungan keluarga yang kuat di Indonesia dan tidak akan mencari kerja disana. Statement letter ini ditandatangan di atas materai oleh salah satu orangtua.

Jika dokumen sudah siap, bisa langsung ke kedutaan besar Korea Selatan yang lokasinya di Jalan Gatot Soebroto, persis di samping RS Medistra.

Gedung Kedutaan Besar Republik Korea.

Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia

Jalan Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950

Telephone: 021 – 2967 – 2555

Pengajuan Aplikasi Visa: 09.00-11.30

Pengambilan Visa: 13.30-16.30

Untuk mengajukan aplikasi visa, banyak yang rekomen untuk datang dari pagi-pagi sekali untuk menghindari antrian panjang. Tapi karena lokasinya cukup jauh dari rumahku dan malas kena rush hour pagi hari, aku berangkat dari rumah pukul 09.30 dan sampai disana pukul 10.30, mendapat nomor antrian 85. Menunggu sekitar 30 menit sudah dipanggil ke counter untuk menyerahkan dokumen.

Dokumen diberikan ke petugas dan diperiksa seluruhnya. Semua oke, kemudian akupun diminta membayar Rp 544.000. Tidak bisa debit jadi siapkan uang cash.

Aku pun diberi bukti tanda terima pembayaran, yang nantinya harus dibawa saat mengambil visa. Proses pembuatannya sekitar 6 hari kerja. Apply di tanggal 25 September 2017, perkiraan visa keluar adalah tanggal 4 Oktober 2017. Petugas sempat berpesan untuk mengecek dulu website http://idn.mofa.go.kr untuk melihat status visa sebelum datang untuk mengambil kembali.

Kertas tanda pembayaran dan juga untuk pengambilan visa.

Lumayan deg-degan mengecek status visa di website, karena ketakutan ditolak itu tentu ada. Tips saat mengecek di website, penulisan nama lengkap ditulis (last name) lalu (first name) sesuai paspor. First name-ku JENNIFER last name KARIODIMEDJO. Maka kutulis KARIODIMEDJO JENNIFER. Aku sempat sekitar 5 menit mencoba cek dan gagal terus gara-gara ini, sampai akhirnya googling hehehe.

Sekitar tanggal 2 Oktober 2017, aku mengecek website daaaaan hasilnya approved!

Tanggal 4 Oktober aku kebetulan sedang di luar kota, dan baru mengambil visa ke kedutaan tanggal 10 Oktober 2017. Visa Korea Selatan pun di tangan! Yay!

Visa di tangan! Siap sepuasnya makan jajangmyeon dan belanja skincare Koriyaaah!

Setelah memegang visa KorSel di tangan, aku cukup merasa visa Korea tidak seribet itu. Ya, dokumen yang diminta cukup banyak. Tapi enaknya apply visa KorSel, mereka tidak meminta bukti booking-an pesawat, hotel, maupun itinerary. Jadi tidak ada cerita tiket hangus karena visa ditolak, kecuali sudah beli tiket duluan sebelum apply ya.

Jadi, jangan ragu untuk apply! Sebisa mungkin jujur, dan lengkapi dokumen yang diminta. Jangan nggak pede dulu, buktikan kalau kita memang mampu membiayai travelling kita kesana dan memang hanya berniat jalan-jalan.

[UPDATE]

Karena request untuk contoh surat banyak sekali yang masuk hingga ratusan, aku cukup kewalahan membalas satu persatu (yes, I used to e-mail them one by one!). Silakan download disini untuk file Word contoh suratnya. Semoga membantu!

Surat tidak punya SPT

Surat Keterangan Kerja

Statement Letter

See you soon, South Korea!

791 Comments

  1. Raras
    October 23, 2017 / 10:23 am

    Please send to me contoh dokumen surat2nya rameliavitra@gmail.com..anyways makasih jenniii blognya selalu ngebantu banget 😘

    • anandary
      Author
      October 23, 2017 / 11:33 am

      Dear Raras, sent ya. Yaaay, senang bisa membantu!

      • sagung tia
        April 10, 2018 / 8:35 am

        hallo.. bs dikirimin contoh” suratnya sis? lewat email ya sagungtia@gmail.com thanks sbelumnya sis

      • resti
        June 2, 2018 / 6:00 am

        kak, aku baru liat blog nya bisa minta tolong send ke aku dokumen dokumennya, soalnya aku juga kerja di toko online jadi susah di bagian NPWP/SPT, email restijaebum@gmail.com, bantu ya kak please

          • Fany
            June 19, 2018 / 5:08 am

            Halo kak, aku kebetulan ada rencana ke Korea juga nih. Boleh minta tolong kirimin contoh-contoh dokumennya ke fanykhairani@gmail.com? Thank you 😊

          • angela
            June 26, 2018 / 3:18 am

            hello kak kebetulan lagi mau urus visa ke korea dan ga ada npwp, bisa minta tolong contoh surat nya? angelasharjono@gmail.com , thankyou kak 🙂

          • Egyresti Kusmadewi
            July 15, 2019 / 3:57 pm

            Ka aku mau juga dong restiegyy@gmail.com makasih.><

        • Rossie
          July 23, 2018 / 10:26 pm

          Kak.. Bisa mnta tlg d sentkan semua documentnya.. rossiyantie@gmail.com.. Terima kasih kak..blognya sangat membantu sekali..

          • anandary
            Author
            August 6, 2018 / 4:38 am

            Email sent!

        • firda hamzah
          August 4, 2018 / 12:17 am

          kak aku juga mau minta tolong dikirimkan contoh surat-surat dalam pembuatan visa korsel ke firdahamzah@gmail.com.

          terima kasih

          • christine
            September 24, 2018 / 5:21 am

            bisa minta contoh surat SIup untuk freelancer dan keterangan tidak memiliki NPWP?
            tolong kirim di c_linardi@hotmail.com
            trims

        • January 17, 2019 / 1:29 am

          kak boleh minta tolong send dokumen dokumenya soalnya saya juga kerja dibagian admin onlain shop

        • Ayu
          July 5, 2018 / 4:43 am

          Makasi sebelumnya kak

          • eevee
            August 8, 2018 / 2:14 pm

            hi kak.. bisa minta contoh dokumen nya juga dong.. thanks before!
            eve.ellen.eve@gmail.com

          • Yekti
            September 28, 2018 / 2:13 am

            Hay kak bisa minta tolong kirim contoh” suratnya
            Ke email q ya kak yyekti6@gmail.com
            Thengkyu 😘😍

      • Fitri
        July 25, 2018 / 3:03 am

        Hai, salam kenal
        Boleh gak minta tolong kirimkan contoh dokumen nya.. Kebetulan saya juga freelancer.. Ke fitriasaibu14@gmail.com
        So big thanks😊

          • Dea
            August 20, 2018 / 3:23 pm

            Hi, boleh tolong kirim contoh keterangan surat usaha online nya? Dan surat2 yg diperlukan lain? Thanks yaa
            Email: dearizqi@yahoo.com

      • Atha
        August 21, 2018 / 3:56 am

        Hi, kak.
        Saya juga mau contoh surat 2x nya.. Tolong dikirim ke artiny.atha@gmail.com.
        Terima Kasih.

      • Yekti
        September 29, 2018 / 5:26 am

        Kak minta contoh” dokumennya donk kak 😘

      • Ika
        November 17, 2018 / 12:53 pm

        Hallo kakkk ..
        senang bisa bersapa dg kakak..
        bisa dikirim dokumen2 nya gak kak.. insyaallah Januari mau ke Korsel tp kendala dg pembuatan visa..
        bisa dibantu gak kak kirim ke email ikalistanti94@gmail.com
        Makasihhh 😘

        • anandary
          Author
          November 18, 2018 / 9:37 am

          Download aja link di atas ya

      • Puput
        May 10, 2019 / 3:54 pm

        Kak maaf kak telat bgt aku boleh gak minta contoh surat* nya juga, terima kasih kak sebelumnya.

        Ini email aku puputrosya9@gmail.com

    • Devi Kumalasari
      May 20, 2018 / 7:23 am

      Kak bisa minta kirim juga contoh untuk surat2 itu ? Email saya : kumala.dv@gmail.com
      Thank youuu kak 🙂

      • August 11, 2018 / 2:52 pm

        jenni, aku mau dong minta contoh suratnya.. email aku ke alin.riz08@gmail.com. tengkyu 😊

        oh ya kalo misalkan kita resign kerja dari 6 bulan lalu terus belum kerja lagi dan belum pernah ke luar negri dan bikin paspor apa bisa buat ajuin visa ke korea juga? soalnya aku cuma freelance jadi blogger aja

    • Budi Setiadi
      May 26, 2018 / 1:35 pm

      Boleh kirim contoh dokumen surat surat nya….. Terima kasih sebelumnya

    • Budi Setiadi
      May 26, 2018 / 2:07 pm

      Boleh kirim contoh dokumen surat surat nya….. Terima kasih sebelumnya….
      Sent by email ya bsfclayton@gmail.com

      • Josiana
        October 27, 2019 / 9:22 am

        Halo kak.. boleh kirim contoh dokumen surat suratnya ga ? Sent by email yosiana1993@gmail.com

    • Cherry
      August 2, 2018 / 4:30 am

      Hi thank you sekali infonya, sangat ngebantu.

      Boleh minta tolong bantuannya dikirimin sample surat ga punya NPWP, SPT dan surat statement orang tua. Ke cherrygunadi@hotmail.com

      Thank you in advance 😊🙏🙏

      • Yusep
        February 16, 2020 / 2:10 pm

        Mau dong contoh dokumen nya semua saya udah 4x ngajuin di tolak terus 😂 yusef_euy@yahoo.co.id maksih banyak

    • keke wang
      August 10, 2018 / 7:48 am

      hi kak.. bole tlg diemail ke saya utk cth2 suratnya? email saya de_meysya@yahoo.com
      thanks ya

    • Sizkaangela
      March 4, 2019 / 5:29 pm

      Hi dear. Aku pny npwp tp sayangnya belom sempat ngurus spt21. Itu gmn yaa? Aku jg freelancer sbnrnya sbg MUA gitu. Gmn yaaa cara tnjukin bukti invoice n pekerjaannya. Klo km ad contoh pls kindly send me. Tq for helping

      • Niandin
        April 23, 2019 / 4:26 pm

        Hai dear, kasusku sama nih kaya kmu. Punya npwp tapi ga ada spt. Dan sama2 MUA >.< Udah nemu solusinya kah? Tolong share info please yaa.. hehehe thank youu..

    • anandary
      Author
      October 23, 2017 / 11:34 am

      Dear Vonny, sent ya. Good luck apply visa-nya! 🙂

  2. Nabila
    October 26, 2017 / 12:15 am

    Thank you so much for the information, sangat membantu 😘 Boleh dikirim contohnya ke nabila.shadrina@yahoo.com

    • anandary
      Author
      October 29, 2017 / 2:37 pm

      Hi Nabila, sent ya contoh suratnya. Good luck!

  3. tifa
    October 29, 2017 / 1:24 am

    Waah artikelnya sangat membantu sekali ㅠㅠ
    Surat keterangan freelancer/online seller formatnya sama kah ?
    Mau yaa kak contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua. Bisa dikirim ke tifa.alief@gmail.com
    Terima kasih banyaak.

    • anandary
      Author
      October 29, 2017 / 2:38 pm

      Hi Tifa. Formatnya kurang lebih sama. Paling berbeda sedikit di bagian menjelaskan lebih rincinya tentang detail pekerjaan. Email sent ya!

    • anandary
      Author
      November 2, 2017 / 3:24 pm

      Hai, sudah dikirim ya. Silakan cek e-mailnya 🙂

  4. Bebby
    November 1, 2017 / 12:20 pm

    Hallo kak, aku mau juga dong. Tolong kirim ke erlitta.bebby@gmail.com belum ada rencana untuk ke korea sih hehe tp buat jaga2 aja. Makasih kak

    • anandary
      Author
      November 2, 2017 / 3:25 pm

      Haiii. It’s okay, sudah ku-email ya 🙂

    • anandary
      Author
      November 2, 2017 / 3:25 pm

      Hi Dimas, sudah dikirim ya. Hope it helps!

    • anandary
      Author
      November 17, 2017 / 12:48 am

      Sent ya! 🙂

  5. christine
    November 6, 2017 / 11:00 am

    Thank u infonya!
    Kebetulan emang lagi bingung gimana ngurus visanya kalo sebagai freelancer.
    MInta contoh2 dokumennya ya kak, thanks a lot!!
    christinemelani.pan@gmail.com

    • anandary
      Author
      November 17, 2017 / 12:49 am

      Hi, sudah ku-email. Silakan dicek 🙂

  6. christine
    November 6, 2017 / 11:03 am

    Halo kak, bisa minta tolong di kirimin juga dong contoh2 dokumennya?
    kebetulan kita juga lagi bingung gimana apply sebagai freelancer.. haha
    thanks a lot ya artikel nya!
    christinemelani.pan@gmail.com

  7. Delvine Tan
    November 6, 2017 / 11:08 am

    Halo, boleh share contoh documents nya ke delvine.tan92@gmail.com? Thanks buat information nya membantu banget 🙂

    • anandary
      Author
      November 17, 2017 / 12:50 am

      Sent ya. Please kindly check your email 🙂

  8. Sarah
    November 8, 2017 / 11:42 am

    Halo Jennifer, namaku Sarah dan mau travelling ke Korea awal tahun depan namun saat ini aku masih berstatus self employed. Dan aku bingung mau tulis surat keterangan kerjanya kayak gimana. Boleh minta kirimin contohnya? Hehe. Makasih sebelumnya.

    • anandary
      Author
      November 17, 2017 / 12:50 am

      Hi Sarah, sudah aku email ya:)

  9. Sarah
    November 8, 2017 / 11:44 am

    Halo Jennifer, kebetulan aku juga mau kesana awal tahun depan. Boleh minta contoh2 suratnya? Terima kasih sebelumnya ^^

  10. November 16, 2017 / 2:25 pm

    Finally nemu artikel yang tepat.
    Boleh minta dikirim contoh dokumen surat ket kerja freelancer dll nya? Ini email saya reksitawardani@gmail.com
    Thankyou

    • anandary
      Author
      November 17, 2017 / 1:01 am

      Hi Reksita,
      Sent ya. Good luck! 🙂

  11. November 17, 2017 / 8:13 am

    Hallo kak , mau tnya pas interview ditnya apa aja ya kak ? hehhehe saking tkut ga di approve 🙁

    • anandary
      Author
      November 17, 2017 / 6:33 pm

      Gak ada interview kok, cuma masukin form dan dokumen aja 🙂

  12. Yunita
    November 17, 2017 / 12:43 pm

    Hello Jennifer,

    boleh minta tolong kirimin surat keterangan freelancernya ke email yu.ita@yahoo.com? Terima Kasih ya 🙂

    • anandary
      Author
      November 17, 2017 / 6:44 pm

      Hi Yunita, sent ya emailnya 🙂

  13. rara
    November 18, 2017 / 8:40 am

    hi kak , akhirnyaaaa..
    tolong dikirim contoh dokumen surat ket. kerja freelancer dllnya ke email saya rarayukari0302@gmail.com
    terimakasih 🙂

    • anandary
      Author
      November 23, 2017 / 3:32 pm

      Halo Rara, sudah dikirim ya contoh dokumen-dokumennya. 🙂

  14. gusti
    November 20, 2017 / 2:30 pm

    halo jennifer
    saya boleh minta contoh” suratnya?
    kebetulan saya jg mau urus visa dgn status bisnis online shop saja
    Terima kasih ya
    email: gustiayuresadyanti@yahoo.co.id

    • anandary
      Author
      November 23, 2017 / 3:32 pm

      Halo, sudah ku email ya contoh-contoh suratnya 🙂

  15. wili
    November 22, 2017 / 11:05 am

    hallo jennifer, boleh minta contoh dokumennya ga ke wildadido@gmail.com? terima kasih banyak ya.

    • anandary
      Author
      November 23, 2017 / 3:00 pm

      Hai, sudah dikirim ya. Silakan dicek emailnya 🙂

  16. Maharani Azzahra
    November 22, 2017 / 1:23 pm

    Hai kak, aku kan sekarang kerja sebagai freelance di satu perusahaan udah 2 tahun, dan aku kerja sambil kuliah. sebaiknya aku lampirkan surat keterangan kerja sebagai freelance dari kantor kah? atau buat sendiri aja? apa harus sertain surat mahasiswa jg soalnya kan aku sambil kuliah. aku jg belum punya npwp dan tidak ada spt. mohon sarannya 🙂

    • anandary
      Author
      November 23, 2017 / 3:08 pm

      Hai Maharani. Tergantung siapa yang membiayai liburan kamu kesana. Kalau kamu sambil kuliah, sebenarnya kamu bisa melampirkan surat keterangan mahasiswa saja. Untuk mahasiswa, bukti keuangan bisa pakai rekening koran orangtua.

      Tapi kalau kamu membiayai liburan kamu sendiri dari penghasilan kamu freelance, aku sarankan untuk menyertakan surat keterangan mahasiswa, rekening koran kamu, surat keterangan bank, dan surat keterangan kerja (bebas buat sendiri atau dari kantor. Dari kantor lebih meyakinkan sih), statement letter orang tua, surat tidak punya SPT dan NPWP. Rekening koran orangtua juga bisa disertakan kalo perlu supaya lebih meyakinkan.

  17. Bella
    November 22, 2017 / 5:17 pm

    Hallo kak boleh minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter org tua?

    Bellatabithatabitha@gmail.com
    Makasih ya !!!

    • anandary
      Author
      November 23, 2017 / 3:13 pm

      Dear Bella, email sent ya 🙂

    • anandary
      Author
      November 23, 2017 / 3:17 pm

      Dear Bella, e-mail sent ya 🙂

  18. Lidya
    November 23, 2017 / 3:05 am

    Kak, aku minta contoh dokumen-dokumennya yah. Bisa email ke lidyaa615@gmail.com terimakasih kak

    • anandary
      Author
      November 23, 2017 / 3:21 pm

      Hai Lidya, sudah aku kirim yaa 🙂

  19. Nofia
    November 27, 2017 / 3:55 am

    Hi Kak,
    boleh minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orang tua?
    Bisa tolong di email ke nofia.kang@gmail.com?
    Terima kasih kak ^^

    • anandary
      Author
      November 28, 2017 / 8:47 am

      Hi Nofia, sori baru balas ya. Email nya sudah aku kirim 🙂

  20. Della
    November 27, 2017 / 11:03 am

    Hello Dear, aku ada rencana ke Korea sekitar February. Aku bisa lihat contoh dokumennya? Email aku dellakurniawan03@gmail.com thanks you 😊

    • anandary
      Author
      November 28, 2017 / 8:49 am

      Hai Della, contoh suratnya sudah ku email ya. Good luck!

  21. Sindy
    November 29, 2017 / 11:37 am

    Hi Jen. Salam kenal ya. Aku mau mnt tolong juga dikirimin contoh dokumen soalnya penghasilan utama jg dari online shop! Haha.. tapi aku mau pakai untuk visa eropa sih,semoga bisa

    • anandary
      Author
      December 2, 2017 / 8:13 am

      Hai Sindy. Sudah kukirim ya contoh suratnya ke emailmu. Good luck apply visa Eropa-nya! Pengen juga nih ke Eropa tahun depan hehehe.

  22. Anna
    November 29, 2017 / 2:57 pm

    Hi kak jennifer thanks for your information bergunaa bgt heheheh,tolong kirimkan ke email aku ya kak octavianaabraham22@gmail.com thankss kak😘!!!

    • anandary
      Author
      December 2, 2017 / 8:14 am

      Dear Anna. Glad to hear that! Sudah kukirim ke emailmu ya 🙂

  23. lia
    November 29, 2017 / 4:06 pm

    hai kak, boleh minta contoh surat suratnya? aku berencana apply visa bulan depan hehe kirim ke sini ya kak nurliarhmdhani@gmail.com makasih ya kakk 🙂

    • anandary
      Author
      December 2, 2017 / 8:14 am

      Hai Lia, silakan cek email kamu ya. Semoga berhasil apply visa Korea-nya!

  24. Trisha
    December 1, 2017 / 7:32 am

    Hai kak, wah nambah info nih walopun belom ada rencana deket kesana, aku mau jg minta contoh contoh dokumennya yaa dikirim ke monica.trisha@yahoo.com terimakasih!:)

    • anandary
      Author
      December 2, 2017 / 8:15 am

      It’s okay Trisha, semoga bisa segera direncanakan trip ke Korea-nya hehe. Cek emailmu yaa 🙂

  25. Jenifer Wirawan
    December 2, 2017 / 4:57 pm

    Hai Kak Jen! Terima kasih atas blognya dan bantuannya utk contoh surat pernyataan tidak punya SPT 🙂 Boleh tolong e-mail ke wirawanjenifer@gmail.com?

    Oh ya kak, krn aku msh mahasiswa dan mungkin bukan papaku yg akan sponsor aku kira2 kakak tau ada dokumen apa lagi yg diperlukan? Makasih ya

    • anandary
      Author
      December 11, 2017 / 4:21 pm

      Dear Jenifer, silakan cek email kamu ya, sudah kukirim contoh suratnya.
      Untuk mahasiswa harus menyertakan surat keterangan dari kampus.
      Jika sponsornya bukan papa kamu, misalnya tante atau om, sebaiknya menyertakan bukti hubungan darah seperti KK. Selain itu juga rekening koran dan surat pernyataaan dari sponsor tersebut kalo dia-lah yang akan membiayai trip kamu disana.

  26. yuni
    December 4, 2017 / 3:52 am

    halo kak, rencana saya mau kesana,saya punya bisnis onlineshop. boleh minta contoh dokumennya ? email: yunitare678@yahoo.com
    terima kasih kak

    • anandary
      Author
      December 11, 2017 / 4:21 pm

      Hai Yuni. Boleh dong. Silakan cek email kamu ya 🙂

  27. Chika
    December 5, 2017 / 7:21 am

    hai jennifer , akhirnya nemu juga review apply visa yg kondisi persis sma aku . berarti ga perlu lampirin bukti tiket pesawat juga ga jadi masalah kan ya ? soalnya aku ada rencana pergi taun depan , cuma karena saldo tabungan harus gendut jadi udah nabung dr sekarang . bdw kalo aku cuma stay 4 hari disana , berapa jumlah tabungan yang harus aku punya ya ?

    • anandary
      Author
      December 11, 2017 / 4:22 pm

      Iya, tidak perlu menyertakan bukti tiket pesawat. Kalau 4 hari, hitungannya berarti 1,5 juta x 4 = 6 juta. Tapi untuk amannya sekali, aku rekomen at least ada 10 juta di rekening kamu.

  28. Mela
    December 5, 2017 / 2:26 pm

    Hallo kak,, boleh minta tolong dikirim contoh dokumen surat2ny kah ke me_mei_la@yahoo.com,, makasih banyak kak,,

    • anandary
      Author
      December 11, 2017 / 4:23 pm

      Hai Mela, cek email kamu yaaa 🙂

    • anandary
      Author
      December 19, 2017 / 2:46 pm

      Hi Sasti. Barusan aku e-mail yaa silakan dicek. Good luck!

  29. Melvi
    December 14, 2017 / 9:37 am

    Thanks for sharing…aku jg baru resign dan lg merintis usaha sendiri.kepikiran banget sm SPT tahunan itu..aku blh di share contoh surat pernyataan tdk punya SPT dan freelancer nya.. ke mev_deni@yahoo.com yaa..
    Thanks before

    • anandary
      Author
      December 19, 2017 / 2:47 pm

      Barusan aku email ke kamu ya. Good luck, Melvi!

  30. Levina Njo
    December 15, 2017 / 7:10 am

    Mba, boleh minta tolong kirimkan file contoh2 nya ke email saya? levinanjomanto@gmail.com
    Terima kasih mba. ^^

    • anandary
      Author
      December 19, 2017 / 2:47 pm

      Boleh Levina. Barusan aku kirim email ya ke kamu. Silakan dicek 🙂

  31. Vinka
    December 19, 2017 / 8:18 am

    Hai anandary …
    Thanks sudah berbagi pengalaman .
    Kebetulan saya freelancer dan kesulitan apply visa .
    Boleh minta tolong dikirim kan contoh dokumen surat2nya .terimakasih 🙂
    Viskiya21@gmail.com

    • anandary
      Author
      December 19, 2017 / 2:48 pm

      You’re welcome Vinka. Sudah aku email ya contoh surat-suratnya. Good luck!

  32. Rey
    December 24, 2017 / 11:41 am

    Makasih jenifer sudah berbagi pengalaman , sangat membantu informasinya , kebetulan aku freelance jadi bisa minta tolong buat contoh surat referensinya ???
    Ini email aku
    Valdez.rey7@gmail.com

    Thank u so much cantik

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:35 am

      Halo Rey, sorry for the late reply. Sudah ku-email ya contoh2 suratnya. 🙂

  33. chaarissa
    December 27, 2017 / 3:40 pm

    hy jennifer salam kenal yaa, boleh minta dikirim file surat surat kelengkapaknya ke risamahdayani@yahoo.co.id, terimakasih

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:57 am

      Hai Risa, cek email mu yaa 🙂

  34. Mutiara
    December 28, 2017 / 9:14 am

    halo, makasih udah posting, manfaat banget nih!
    boleh tolong kirim contoh surat keterangan kerja sama dari orang tuanya ngga? ke mutiarsyifa@gmail.com
    makasih yaa

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:36 am

      Dear Mutiara, cek email kamu ya. Sudah kukirim 🙂

  35. Rahma DS
    December 29, 2017 / 5:10 am

    hai kak makasih ya blognya sangat membantu. kalau kebetulan aku blm ada kerjaan dan baru lulus kuliah gmn ya kak kira2? kebetulan jg ga ada penghasilan dr online shop tp biaya ke korea full dibiayain kakaku? apa mungkin aku menyertakan surat keterangan tidak ada npwp? boleh sekalian minta emailnya kak? thankyou kak

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:38 am

      Kalau full dibiayain kakakmu, lebih baik apply dengan surat keterangan kakakmu yang menjamin sebagai sponsor. Lengkapnya bisa cari info di blog lain ya karena aku apply kemarin as freelancer, belum pernah punya pengalaman apply visa Korea dengan sponsor.

  36. Dhofi
    December 29, 2017 / 9:44 pm

    Sangat membantu 😍😍
    Kak tolong minta kirim ya ke email aku
    ddhofi@gmail.com terima kasihhhhh

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:38 am

      You’re welcome Dhofi! Emailnya sudah aku kirim ya 🙂

  37. Natalia Vanessa
    January 2, 2018 / 7:42 am

    Hello! Thank you udah share pengalaman apply visa nya!
    Kebetulan aku jg mau jalan sama temen di bulan maret nanti, pergi sendiri pertamake negara butuh visa dengan tujuan jalan2 bukan study or anything, jadi agak serem juga ga lolos visanyaa hehe

    Kebetulan status ku lg magang di perusahaan ortu, jadi belum jadi karyawan tetap, belum ada NPWP dan SPT. Dan juga ada usaha online shop. Aku bingung antara dadakan bikin npwp dan pake surat dari kantor dan mencantumkan rekening saya pribadi atau full blg perjalanan akan disponsori ortu.

    Karena kalau aku cantumin rekening pribadi dan ada npwp, takutnya ribet karna aku ada online shop juga? Takutnya dipertanyaman saldo keluar masuknya 😩😩😩

    Ada saran kah kak?

    Kalah boleh minta contoh2 surat nya ya bisa diemail ke nataliaavanessa@gmail.com thanks a lot

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:50 am

      Dear Natalia

      Dilihat saja kira-kira jumlah pendapatanmu cukup meyakinkan kedutaan kah kalo kamu bisa membiayai sendiri trip kesana? Kalo memang iya, jujur saja kalau kamu memang masih magang dan punya online shop juga. Tinggal kamu jelaskan se-detail mungkin di surat keterangan kerja.

      Kalau mau agak lebih repot, bisa dijelaskan juga kamu magang di tempat orangtua plus cantumkan rekening koran orang tua juga biar double meyakinkan kedutaan.

      Contoh suratnya sudah dikirim ya, good luck 🙂

  38. Dwi
    January 3, 2018 / 5:23 am

    Halo kak. Kemarin barusan ajuin dan rejected nih kak. Boleh minta contoh surat surat nya? Terutama surat pernyataan orang tua. Email: dwifajars1402@gmail.com
    Thank you kak. 🙂

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:51 am

      Hai Dwi
      Terut bersedih ya untuk visa-nya 🙁 Semoga next-nya bisa di-approve! Sudah kukirim ke email mu ya 🙂

  39. mariana
    January 4, 2018 / 4:58 pm

    hai anandary,
    boleh minta dikirimkan file contoh2 suratnya ? ke email saya marie_03 id@yahoo.com
    terima kasih ya

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:53 am

      Hai Mariana, sudah kukirim ya email nya

  40. ralin
    January 7, 2018 / 4:24 am

    Hi jeni, Would you mind to send all documents example for me? surat”nya juga yah.. to my email : hereralin@gmail.com
    anw blognya useful banget ☺️..Thank you for sharing ☺️

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:55 am

      Hi Ralin. Glad that this is blog is useful for you! Sudah dikirim emailnya ya 🙂

      • Ralin
        January 10, 2018 / 2:06 pm

        Yeayy already accepted..thank you so much jenii ☺️..

  41. Lina
    January 7, 2018 / 10:02 am

    Artikelnya membantu banget 😀 Thanks for sharing.
    Kebetulan aku juga baru lulus kuliah dan freelancing sekarang.
    Boleh minta tolong kirimkan contoh2 suratnya ke warmhoneylemon@gmail.com ?
    Terima kasih banyak 🙂

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:55 am

      You’re very welcome, Lina! Contoh surat-suratnya sudah kukirim yaa

  42. Aprillia
    January 8, 2018 / 4:43 am

    Wah thanks banget infonya Kak,
    Kak boleh minta tolong contoh suratnya ??
    terima kasih sebelumnya.
    emailnya aprilliasaputri@gmail.com

    • anandary
      Author
      January 8, 2018 / 9:56 am

      Hai Aprilia, emailnya sudah kukirim! Silakan dicek 🙂

  43. Mia
    January 9, 2018 / 1:50 am

    Sis tolong hubungi aku yaa…
    Ada yg mau aku tanyakan.. aku posisinya sperti km, tp ada 1 masalah lg yg beda..
    Emailku sitinuramiati@yahoo.com

  44. Anni
    January 9, 2018 / 8:24 am

    Hi Jen, thanks for your nice share.
    Boleh minta dokumennya kah? Bulan depan kebetulan mau apply visa ke korsel.
    Ini emailku :
    widiayuliani25@gmail.com

    Terima kasih ya..
    Salam.

    • anandary
      Author
      January 10, 2018 / 4:38 am

      Hai Anni, sudah kukirim emailnya ya

    • diles
      September 5, 2018 / 3:33 pm

      kah bisa minta contoh suratnya.steamen leter orang tua sama surat seponsor diri sendiri

  45. Steffy
    January 9, 2018 / 10:14 am

    Boleh minta contoh suratnya kah?
    Terima kasih banyak sebelumnya, informasinya sangat membantu..
    Dan semoga pengajuan nanti pun ga ada kendala dan di approve.
    Emailnya saginta.surbakti@gmail.com

    • anandary
      Author
      January 10, 2018 / 4:39 am

      Silakan cek emailmu ya, Steffy. Amin semoga tidak ada kendala dan di-approve visanya 🙂

  46. intan
    January 9, 2018 / 4:47 pm

    aaaaaah mau kak sebagai freelance ini sangat membantu tolong kirim contohnya ya kak ke emailku intanmardika@gmail.com thank you so muchhhhhh

    • anandary
      Author
      January 10, 2018 / 4:39 am

      Silakan cek emailmu ya, Intan 🙂

  47. January 10, 2018 / 10:30 am

    hai jeniffer, boleh minta contoh surat freelancenya? aku kebetulan punya onlineshop pribadi dan jasa design gitu.
    lalu untuk siup dan SPT nyaa harus ada pernyataan resmi kah? kirim email ke mustikasalim77@gmail.com ya.
    lalu kalau jalan sendiri pakai dana sendiri, apa perlu dilampirkan rekening koran orang tua juga? (kalau iya, apa harus memberi tahu spt orang tua, pekerjaan dll)

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:11 am

      Hi Mustika. Sudah dikirim ya emailnya. Aku nggak apply sebagai punya olshop jd kurang tahu ya soal SIUP dan SPT. Kalo dibiayai dana sendiri, tidak perlu melampirkan rekening koran ortu.

  48. aisyah
    January 10, 2018 / 11:29 am

    minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua donk kakak. ini emailku ayaai87@gmail.com
    makasih kakak.

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:11 am

      Hai Aisyah! Silakan cek emailmu yaa 🙂

  49. Icha
    January 10, 2018 / 2:00 pm

    Hi Kak, thanks infonya berguna banget sekaligus memberi harapan hahaha :” aku boleh minta contoh dokumen2 yang Kakak pakai untuk apply visa? Ke shineeingchica(at)Hotmail.com. Terima kasih banyak! 🙂

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:11 am

      Halo Icha. Amiiiin senang kalo bisa berguna infonya. Dokumennya sudah kukirim ke emailmu yaa.

  50. Vana
    January 11, 2018 / 4:33 am

    E-mail vanzdifferent@yahoo.com aku freelance jg lagi galau mau bikin NPWP dadakan or pake sponsor perusahaan tp aku ga kerja kantoran 🙁 ini dokumen na membantu rencana mau ajuin sesuai yg kamu coba ajuin..

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:48 am

      Hai Vana. Email sent ya!

  51. Salma
    January 11, 2018 / 10:17 am

    Wah, terima kasih! Artikelnya membantu banget. Boleh minta dokumennya yaa.. Ke email salma.nahari@gmail.com makasih banyak sekali lagi 😄

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:29 am

      Sama-sama Salma! Email sent ya 🙂

  52. siti aisyah
    January 12, 2018 / 5:24 am

    Mbak makasih uda sharing, boleh dikirim ke email sy kah mbak @aisyahqori96@gmail.com

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:29 am

      Email sent ya mba Siti 🙂

  53. shalala
    January 12, 2018 / 8:34 am

    untuk surat referensi bank dan rekening koran proses nya berapa hari? hari itu juga jadi?
    soalnya aku berencana untuk print out saat gajian biar keliatan gendut di tabungan XD

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:30 am

      Saya bikin surat referensi dan rekening koran di BCA dan di kantor cabang tempat saya buat, hari itu juga jadi.

  54. shalala
    January 12, 2018 / 8:36 am

    untuk surat referensi bank dan rekening koran apakah hari itu juga jadi?
    soalnya aku berencana ke KCP h+1 gajian agar terlihat ‘gendut’ tabungan nya XD

  55. January 12, 2018 / 9:37 am

    dear Jennifer,
    terima kasih sekali sudah sharing dan ini benar – benar membantu. Thank God I found your blog through GoGirl’s Instagram.
    aku rencana ke Korea bulan April nanti, dan ini pertama kali nya jadi lumayan takut ditolak visa nya hahaha. Boleh minta contoh suratnya kah? Bisa di email ke: gianoora@gmail.com
    Terima kasih, Jennifer.
    🙂

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:33 am

      Hai Gianoora! Wah, bisa aja ternyata nemu dari IG Gogirl hehe. Emailnya sudah kukirim ya. Silakan dicek 🙂

  56. Abel
    January 12, 2018 / 1:45 pm

    Halo kak… Aku juga mau dong ka liat contoh dokumen2.. Thx a lot for your information. :)))

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:38 am

      You’re welcome. Email sent yaa.

  57. tifa
    January 12, 2018 / 3:35 pm

    Halo salam kenal, boleh sy juga minta surat keterangan freelance dan contoh kelengkapannya ?? Kirim via email tifa.thamrin@gmail.com thx before

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:39 am

      Boleh Tifa. Email sent!

  58. Ima
    January 13, 2018 / 1:09 am

    Boleh minta contoh suratnya?
    Terima kasih sudah memberikan pencerahan. Hehe..
    Emailnya rachmawatiima13@gmail.com

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:39 am

      Hai Ima. Sama-sama, emailnya sudah kukirim yaa

  59. Susanti
    January 13, 2018 / 11:16 am

    Aku juga mau dong contoh surat2nya kak.

  60. Icha
    January 14, 2018 / 1:29 pm

    Aaaa kebetulan banget aku lagi pusing banget soal ngurus visa ke Korea karena memang bukan karyawan kantoran. Boleh minta contoh dokumen2nya ke emailku? shineeingchica@hotmail.com makasih banyaak ya kak 🙂

  61. Sandra
    January 15, 2018 / 4:36 am

    Ak jg mau donk sis dikirim cntoh surat tidak punya spt.
    Tlg krim email di sandradevita94@gmail.com
    Thankyou

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:42 am

      Hi sis, cek email ya

  62. January 16, 2018 / 12:06 am

    Hi Jennifer,
    Terima kasih udah sharing, infonya sangat bermanfaat.
    Kebetulan saya juga freelancer dan ingin mengajukan visa bulan February ini.
    boleh minta tolong dikirimkan contoh2 surat nya ke artjongkie@gmail.com
    Terutama butuh referensi tentang surat keterangan tidak memiliki NPWP dan Statement letter dari orang tua.
    Thank in advance

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:43 am

      Dear Reza,
      Sama-sama. Glad it helps! Email-nya sudah kukirim ya. Good luck! 🙂

  63. Ricco
    January 16, 2018 / 6:15 pm

    Hi Jen, thanks for sharing! Kalau boleh, aku mau dong liat contoh dokumennya untuk pengajuan aplikasi visa. Karena aku mau apply visa untuk keberangkatan bulan Maret. Email aku rcolsm@gmail.com

    Thanks a lot!

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:45 am

      Hi Ricco, email sent ya!

  64. Sharen
    January 17, 2018 / 12:55 pm

    Hello.. info sangat membantu banget! Boleh mnt contoh format dokumen2nya? Thankyou.. sharen_septiani@yahoo.com 😁

    • anandary
      Author
      January 19, 2018 / 8:46 am

      Halo Sharen. Senang bisa membantu. Contoh dokumen sudah dikirim ya 🙂

  65. lili
    January 22, 2018 / 5:39 am

    Hi Jen, thanks for sharing! boleh donk aku minta contoh dokumennya untuk pengajuan aplikasi visa. Karena aku mau apply visa untuk keberangkatan bulan Maret. Email aku lili_ei@yahoo.com. Thanks ya

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:47 am

      Hai Lili, email sent ya. Good luck!

  66. Chusnadi
    January 22, 2018 / 6:04 am

    Hello… Bisa share format dokumen nya mbak,
    Terima kasih… Infonya sangat membantu

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:48 am

      Sudah dikirim ya, Chusnadi. Sama-sama 🙂

  67. Lola
    January 22, 2018 / 6:57 am

    Hello~~~
    Ka thankyou atas informasinya yang sangat membantu🙏
    Btw, aku mau juga ya contoh dokumennya bisa tolong kirim ke email loladeliva@gmail.com
    .
    .
    Terima kasih

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:48 am

      Hai Lola, cek emailmu yaa 🙂

  68. Eva sri
    January 22, 2018 / 8:07 am

    Halo kak, wah artikelnya membantu banget.
    Kebetulan aku freelance juga dan rencananya spring ini mau ke korea. Agak parno juga takut gak di approve :'( .
    Btw bolehkah minta contoh format dokumennya ? Emailku : srieva28@gmail.com . Terimakasih sebelumnya

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:48 am

      Cek email ya Eva. Amiiin semoga di-approve visanya!

  69. tandiman
    January 22, 2018 / 9:19 am

    Mba Jeany.. thanks udah share infonya ya.. Boleh minta dikirimin contoh statement letter orang tua dan surat keterangan SPT nya? Terima kasih

  70. cita
    January 22, 2018 / 9:47 am

    Hi Jennifer, blog nya sangat membantu.
    Boleh minta contoh format dokumen buat freelancer, bisa dikirim ke email chytasha@gmail.com

    Thanks a lot ya..

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:49 am

      Email sudah aku kirim ya, Cita. You’re welcome!

  71. Lenti
    January 23, 2018 / 1:46 am

    Hi ka, Salam kenal yaa infonya sangat membantu kebetulan akhir bulan ini mau apply visa korea dan penghasilan utama dari onlineshop 😀 boleh minta contoh dokumennya? ini emailku lentoycihuyy@yahoo.com terimakasih banyak 🙂

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:50 am

      Contoh dokumennya sudah kukirim ke email ya, Lenti 🙂

  72. evi
    January 23, 2018 / 4:59 am

    Hallo info yang sangat membantu..

    bisa minta contoh dokumen untuk surat keterangan kerja freelance

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:51 am

      Email sent ya silakan dicek 🙂

  73. Ubaid
    January 23, 2018 / 1:36 pm

    Hello , woah akhirnya yg saya cari cari ketemu juga.Btw boleh kirim format dokumennya ke sini – likekillersx@gmail.com .Thanks sangat Kak

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:51 am

      Sudah dikirim ya emailnya. Good luck! 🙂

  74. Suki Chai
    January 24, 2018 / 6:51 am

    Hi Jennifer, salam kenal.
    Bisa minta contoh surat tidak punya SPT nya? Minta tolong kirim ke sukichai2000@yahoo.com ya.Thanks

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:54 am

      Hai Suki, salam kenal juga. Contoh suratnya sudah dikirim yaa

  75. dewisatyawati
    January 26, 2018 / 5:25 am

    mba

    bisa minta contoh surat keterngan wirausaha?

    saya juga jualan online di etsy.com yg pembayaran diterima melaui paypal

    saya mau ajuin visa korea mba… takut juga klo gak di approve

    thanks ya mba

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 3:55 am

      Hai mba Dewi. Saya nggak ada surat keterangan wirausaha, adanya surat keterangan kerja karena saya freelance bukan jualan online… Di-ubah aja detailnya sesuai pekerjaan mba. Email sent ya

      • Nola
        June 5, 2019 / 2:25 am

        Sist aq jga mau suket wirausaha

  76. Haneul
    January 27, 2018 / 2:39 pm

    Hi kebetulan aku juga baru merintis usaha online
    Dan dpt tiket ke korea tp aku bingung apply visanya gimana
    Dan nemu blog kamu bisa bikin lega dikit
    Boleh minta contoh format dokumen2nya
    Semoga comment ini kebaca ya 😢😢
    Email ke titamorvita12@gmail.com

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 4:10 am

      Hai, email sent ya. Amiiin semoga approve ya visanya! 🙂

  77. Stephanie
    January 27, 2018 / 4:04 pm

    Hai kak boleh minta contoh suratnya :)) please kirim di sia_ni8@yahoo.com thank a lot buat informasinya

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 4:10 am

      Sent ya Stephanie!

  78. Nadya
    January 28, 2018 / 1:39 pm

    Hallo Jen, terima kasih untuk informasinya, sangat kmembantu sekali^^
    Kebetulan aku juga freelancer dan mau mengajukan visa untuk keberangkatan bulan April.
    boleh aku minta contoh format dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, sama statement letter orangtuanya?
    emailku nadya.alifa22@gmail.com
    Terima Kasih yaa, tetap semangat menulisnya><

    • anandary
      Author
      January 30, 2018 / 4:11 am

      Hai Nadya, senang infonya bisa membantu! Email sent ya. Amiiiin semoga aku terus semangat menulis. Thank you!

  79. Fa
    January 30, 2018 / 3:46 pm

    Hai jenifer makasih banyak infonya yaa..sebenernya dulu udah pernah ke korea tapi sekarang agak pesimis krn baru aja resign..tapi setelah baca blogmu jd lebih pd..
    Boleh yaa tolong di share contoh2nya
    Ke sharifa.anjani@yahoo.com thank you.

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 12:47 pm

      Sudah di email ya Sharifa 🙂

  80. Dewi
    January 30, 2018 / 10:08 pm

    Hello Jenni, seneng bgt ketemu tulisan kamu, sangat membantu 🙂 Aku boleh juga ga minta kirimin contoh dokumennya? Emailku dewipermata94@outlook.com terima kasih yahh

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 12:49 pm

      Sama-sama Dewi. Email sent ya!

  81. Ayunda agung
    February 1, 2018 / 5:57 am

    Hi mbaaa,, pas bgt nemu blog kamuuu… boleh mba aku dishare contoh dokumen2nyaa??? Makasiii banyakkk 🙏
    ayundaagung@yahoo.com

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 12:54 pm

      Contoh dokumen sudah di-email ya Ayunda 🙂

  82. vista
    February 1, 2018 / 7:24 am

    Hi jen, thanks sudah share dan memberikan informasi tentang apply visa korea 🙂
    kebetulan aku juga mau ke korea, kalau kamu berkenan boleh tolong email contoh surat keterangan kerja freelancer dan surat tidak punya SPT?
    Email ku me.vista@hotmail.com

    Thank you Jen

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 12:55 pm

      You’re welcome Vista! Email sent yaa

  83. radit
    February 2, 2018 / 11:14 am

    hai.jenifer
    boeh kasih contoh surat buat aplly visa nya.
    contoh surat tidak ada npwp and SPT .nya.send ya..pitaklima@gmail.com
    di tunggu ya.

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 1:00 pm

      Hai Radit, email sudah dikirim yaa

  84. Lintas
    February 2, 2018 / 12:35 pm

    Dear Anandary,

    Bisa share yah:
    surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, sama statement letter orangtuanya? Ke lintas_nopiandi@hotmail.com

    Thanks

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 1:40 pm

      Sudah di-email ya, Lintas 🙂

  85. Juliana Phiong
    February 2, 2018 / 3:53 pm

    Hi jenni, aku lg mo ke korsel nih, bole mnt dikrmin contoh dokumennya ga ya, tq so muchhh!

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 1:42 pm

      Email sent yaa, Juliana

  86. Zulfiamanda
    February 2, 2018 / 5:13 pm

    Halo Kak, aku bulan depan juga mau ajuin visakorea nih tapi ga punya spt npwp hehe boleh minta tolong kirimin tourist visa application letter juga ga? Oh iya Makasih jg infonya di blog ini bermanfaat bgt 😊

  87. Zulfiamanda
    February 2, 2018 / 5:16 pm

    Halo Kak, aku bulan depan juga mau ajuin visakorea nih tapi ga punya spt npwp hehe boleh minta tolong kirimin contoh surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, sama statement letter orangtua juga ga? Oh iya Makasih jg infonya di blog ini bermanfaat bgt 😊

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 1:49 pm

      Boleh, Zulfiamanda. Email sudah dikirim. Good luck!

  88. yoana dessy
    February 3, 2018 / 4:26 am

    Hi ci Jennifer,

    blog nya ngebantu banget. cmn aku masih bingung untuk toko, karna toko om ku ga ada siup dan aku pun ga punya slip gaji (berhubung sama om) . lalu bagaimana untuk pengajuan nya? mohon d bantu atau bisa di email ke aku contoh dokumen2 nya ci jenni. aku galau sndiri mikirinnya 🙁

    Thanks

  89. Yulia marlen
    February 4, 2018 / 5:38 am

    Hallo kak jenn, aku taun ini mau kekorea dan aku punya usaha toko dari ayah ku, dan aku boleh minta format surat keterangan tidak punya NPWP & SPT dan statement letter dr org tua?
    Email aku yuliamarlen02@gmail.com
    Terima kasih kak jenn

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 1:47 pm

      Hai Yulia, email sudah dikirim ke kamu yaa 🙂

  90. Yusrina
    February 5, 2018 / 6:07 am

    halo jennifer, boleh minta contoh” suratnya?
    kebetulan saya jg mau urus visa dgn status bisnis online shop
    Terima kasih 😊😊

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 1:48 pm

      Hai Yusrina, email sudah dikirim ya

  91. Ary Wicak
    February 5, 2018 / 6:40 am

    Hallo aku mau ya. Tolong kirim ke arywicak@gmail.com belum ada rencana untuk ke korea tp buat jaga2 aja. Makasih ya sebelumnya

  92. Nadine
    February 5, 2018 / 12:32 pm

    Ka jen, makasih infonya yaa. Aku boleh ga minta contoh-contoh suratnya? Buat adikku, cuma kalo dia disponsorin sama aku sebagai kakaknya. Bolehkah kalo begini kasusnya? Ini yaa emailku nadineagathaalana@gmail.com

    • anandary
      Author
      February 6, 2018 / 1:50 pm

      Hai Nadine, email sent ya. Semoga membantu!

  93. February 6, 2018 / 2:23 pm

    Hi jen, salam kenal makasi informasinya
    Boleh minta tolong contoh surat suratnya? Ini emailku niezabocil@gmail.com
    Terimakasih 🙂

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:40 am

      Hai Annisa, silakan cek emailmu ya 🙂

  94. Ni Made Elyana Novy
    February 7, 2018 / 3:52 am

    Mba , boleh saya minta contoh semua surat pernyataannya ?? Bisa dikirim ke email elyananovy@gmail.com
    Terimakasih mba ❤️👌🏼

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:40 am

      Email sent, Elyana! Good luck applying visa!

  95. Yocke
    February 8, 2018 / 2:08 am

    Hai, Jennifer. Blognya sangat informatif. April ini aku juga mau ke Korea, rencana bln Maret mau ajuin visanya. Boleh minta contoh surat-suratnya? emailku di: yocke_valentina@yahoo.com. Terima kasih ya. Good luck for your blog (=^_^=)//

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:41 am

      Thank you udah baca blog-ku! Contoh suratnya sudah di-email yaa, Yocke! 🙂

  96. tiara
    February 8, 2018 / 4:44 pm

    halo kak, aku boleh minta contoh nya dikirim ke email tiararestu97@gmail.com hehe thankyou bgt ya kakk🙏🏼 jarang jarang ada yg nulis ttg urus visa buat freelance kaya kita gini hihi🙈membantu bgt!!

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:42 am

      Hahaha iyaa emang tricky jadi freelancer tuh kalo mau bikin visa, makanya aku buat post ini siapa tahu berguna untuk freelancer lain. Email sent ya, Tiara!

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:13 am

      Cek emailmu yaa, Priska 🙂

  97. Nana
    February 9, 2018 / 7:14 am

    Hai Kak Jen, mau dunk contoh surat”nya… kebetulan mau ngurus visa. Tolong kirim ke nananoyz@gmail.com
    Terimakasih bnyk

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:12 am

      Hai Nana, email sudah kukirim yaa

  98. tiara restu
    February 9, 2018 / 7:33 am

    halo kak, kemarin aku udh comment cm kayanya commentnya ga masuk heheh, aku mau juga kak dikirim ke email : tiararestu97@gmail.com utk refrensi contoh contohnya, blog yg nulis ttgl visa freelancer aga jadang di temuin jd info dr kk berguna bgt hihi, smg bisa traveling trs kak!!!

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:12 am

      Hai Tiara, sama-sama! Email sent ya. Goodluck apply visanya!

  99. February 9, 2018 / 11:29 am

    Halo Jenn , Surat sponsor itu wajibkah ? , bole minta contoh2 suratnya? Thanks ya , Email : Han_1388@yahoo.com

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:11 am

      Tidak wajib, tergantung kondisi kamu apakah membiayai sendiri trip-nya atau tidak. Email sent!

  100. Yuni hariyanti
    February 12, 2018 / 3:16 am

    Hi sangat menginspirasi, tlg kirim contohnya ya tks

  101. andhika pangesti
    February 12, 2018 / 6:38 am

    haiii boleh minta emailin persyaratannya gak?? terimakasih 🙂

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:44 am

      Boleh Andhika. Email sent ya!

  102. hayu
    February 12, 2018 / 11:48 am

    Hi jen..bisa mnta contoh dokumen-dokumennya?
    thanks a lot 😊

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:44 am

      Hai Hayu. Email sudah dikirim!

  103. Nella
    February 12, 2018 / 2:25 pm

    Hai kak , aku berniat ke korea juga tapi olshop yg aku jalani belum terlalu besar.Aku ke korea bakal dibiayain tiket + biaya hidup sama pacar ku yg dikorea.Itu gmna ya kak buat apply visanya? Butuh surat sponsor yg kaya apa? Thankyou kak , jika berkenan bisa berbagi contoh surat ke email saya kimnella1230@gmail.com

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:45 am

      Hai Nella. Aku kurang tahu untuk sponsor dari orang Korea yang tinggal disana. Setahuku bisa buat surat pernyataan dari dia. Contoh surat sudah ku-email ya.

  104. patricia
    February 13, 2018 / 5:05 am

    hai kak ku boleh minta dikirimin contoh surat tidak punya npwp dan spt ke emailku Patricia.aline222@gmail.com. triamaksih banyak kak..

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:49 am

      Hai Patricia, email sent ya!

  105. Santy
    February 15, 2018 / 12:36 am

    Hai jennifer makasih bgt udah berbagi pengalaman d sni..boleh minta contoh suratnya?makasih sebelumnya

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:49 am

      Sama-sama, Santy. Cek emailmu ya 🙂

  106. Asnia
    February 16, 2018 / 9:41 am

    Hallooo….makasih banyak buat Info2nya…saya mau donk di kirimin contoh contoh suratnya,saya pesimis ini mau pengajuan tapi saya hanya pekerja part time yang di gaji tanpa slip gaji .. bisa tolong di bantu, trimakasih.

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:50 am

      Hai Asnia, email sent ya 🙂

  107. Asnia
    February 18, 2018 / 11:51 am

    Wahh…trimakasih infox ngebantu banget..oh yah bisa tolong di bantu contoh contoh surat tidak memiliki npwp dan slip gaji karena saya hanya pekerja part time. Trimakasin

  108. Abigail
    February 19, 2018 / 3:52 am

    Hi salam kenal.. Saya baru lulus kuliah dan belom bekerja jadi berencana menggunakan spt dan rekening koran ortu. Boleh minta tolong diemail ke abigaildumasari@naver.com untuk : Surat pernyataan tidak punya SPT ? Terimakasih

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:53 am

      Dear Abigail, suratnya sudah dikirim ya!

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:55 am

      Cek emailmu ya, Icha!

  109. Adelia Tamara
    February 21, 2018 / 8:05 am

    Halo kak boleh minta contoh surat suratnya? Soalnya kasusnya sama aku juga freelancer dan ga punya npwp sama spt 🙁
    Ini email aku ka. tamararachardi@gmail.com
    Terimakasih ka ♥

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:56 am

      Hai Tamara, email sudah kukirim ya ♥

  110. Carolin
    February 22, 2018 / 3:31 pm

    Hallo ka Jr .. thank you infonya.. aku boleh gk minta contoh surat-suratnya ?
    Email ku di carollinxu@gmail.com
    Thanks a lot !

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:56 am

      Hai Carolin, email sent!

  111. Carolina
    February 23, 2018 / 1:37 am

    Infonya menolong sekali buat yang gak kerja kantoran. Aku dan suamiku kerjanya online shop, jdi bingung harus gimana. Rencana sih mau pakai surat sponsor ortu, cuma kalau bisa sendiri kn lebih baik. Boleh tolong kirimkan contohnya?

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 7:58 am

      Hai Carolina, bisa kok tanpa sponsor ortu asal punya penghasilan sendiri dan bisa provide buktinya. Email sent ya! 🙂

  112. Chia siahaan
    February 24, 2018 / 5:14 am

    Hallo sista boleh minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter org tua? sent via email ya chia.nuna@yahoo.com makasih banyak

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:00 am

      Boleh Chia, cek emailmu yaa

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:04 am

      Sent ya, Christy!

  113. Elliza
    February 24, 2018 / 3:01 pm

    Hai kak. Boleh kirim ke email saya juga kah soal surat pernyataan tdk punya SPT? Saya bingung utk isian alasan ditulis bagaimana…
    Sama dokumen lain yg dibutuhkan jg boleh ya kaak. Terima kasih banyak atas bantuannya 🙏🏻🙏🏻 Ini email saya ellizawardhani93@gmail.com

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:10 am

      Hai Elliza, contoh suratnya sudah aku email ya!

  114. Susan
    February 25, 2018 / 7:25 am

    Hi Jeni,

    Thank you udh sharing pengalamannya.

    Aku mau ajuin visa next month utk pergi sama adikku yg masih sekolah and she will be sponsored by me. Would you kindly share the sample of supporting docs to my email at ayu.susanti46@gmail.com ?

    Many thanksss yaa.

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:10 am

      Sama-sama Susan. Cek emailmu ya!

  115. Yayu
    February 26, 2018 / 7:22 am

    Haaaiii kak jen, makasiih banyak infonya.. Sangat membantu dan sangat bikin kabita buat ke korea, sy jg mau mengurus visa dgn status bisnis onlineshop.. kalo berkenan boleh minta contoh surat2nya ya kak.. Makasih banyak kak jen 😊

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:07 am

      Hai Yayu, email sent ya. Semoga disegerakan ke Korea-nya 🙂

  116. Sherly
    February 26, 2018 / 1:35 pm

    Hai kak.. info ttg visa korea nya bermanfaat banget ya. Boleh minta dikirimin contoh surat2nya ke caecilia.sherly@gmail.com kah kak? Mau apply visa korea nih bulan depan. Semoga diapprove yaa..

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:07 am

      Amiiin, senang blog-ku bisa informatif. Email sent ya, Sherly!

  117. hendry kiemyanto
    February 27, 2018 / 3:29 am

    hai jen, thx info nya.. boleh minta contoh surat nya? terutama bagian surat pernyataan tidak memiliki npwp dan spt. terima kasih jika berkenan tolong emailkan ke hendrykiemyanto@yahoo.com

    • anandary
      Author
      February 27, 2018 / 8:09 am

      Halo Hendry, email sent ya!

  118. Ryant
    February 27, 2018 / 4:30 pm

    Hallo Jen, boleh minta contoh dokumen keterangan kerja freelancer, keterangan tidak punya SPT, keterangan dr org tua and surat2 pendukung lain? Surelnya uzumaki_ryant[at]yahoo.com. Thx ya. 🙂

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 3:50 am

      Halo Ryant, email sent ya!

  119. Novita
    February 28, 2018 / 3:52 am

    Hai Jen Thanks atas infonya … boleh minta contoh surat pernyataan kalau pasport lama diambil imigrasi enggak .. klu ada info yah Jen

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 3:52 am

      Sorry aku nggak ada contoh surat pernyataan passport lama diambil imigrasi

  120. Diana Pangestuti C
    February 28, 2018 / 4:44 am

    Hi Jennifer,
    infonya bener bener bermanfaat banget, sempet bingung juga gimana mau apply Visa Korea kalau kerjanya freelancer gini 🙂
    Boleh tolong kirim contoh suratnya ke email : dianapangestuti92@gmail.com
    Thank you so much! 🙂

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 3:55 am

      Senang bisa membantu! Cek emailmu ya, Diana 🙂

  121. Christine
    February 28, 2018 / 9:57 am

    Hi jennifer, seakan mendapat pencerahan, aku boleh minta contoh penulisan surat2 yang di atas gak? Email aku christineflorensia7@gmail.com Thank you!

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 3:55 am

      Dear Christine, email sent!

  122. Hardiansyah Abdul Qadir
    February 28, 2018 / 10:37 am

    Halo kak, saya adalah seorang mahasiswa nah otomatis saya belum mempunyai pekerjaan dan belum mempunyai penghasilan. nah saya kesana rencananya di biayai oleh orang tua saya, namun orang tua saya belum mempunyai npwp dan spt karna ortu saya bekerja sebagai Wirausaha. boleh minta surat-surat nya kak? terutama juga pada bagian surat pernyataan tidak memiliki npwp dan spt. tolong emailkan ke email saya getexindo@gmail.com terima kasih.

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 3:58 am

      Halo Hardiansyah, emailnya sudah kukirim ya 🙂

  123. flo
    February 28, 2018 / 3:35 pm

    hi jennifer, really useful sekali pengalamannya ngurus cisa ke korea, can you send me all the letter you mention above? thank you! email aku chriztine_girlz@yahoo.co.id

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 3:58 am

      Glad you find it useful, Flo! Email sent 🙂

  124. Sintia
    February 28, 2018 / 5:17 pm

    Hai jennifer, thanks buat info ny. Ini cukup sngat membantu krna aku jga memiliki permasalahan yg sma. Aku ckup deg2n mmbaca proses pmbuatan visa mu, dn dnyatakan berhasil bikin aku jdi sdikit tmbah smngat.(krna prmasalahn ini aku kurang pede)Dan aku masih benar2 btuh bnyak panduan dan informasi sperti ini, jennifer aku jg mnta tolong untuk dpt dbrikan contoh2 berkas2 mu ya. Ini alamat email ku cynthyazaman@gmail.com

    Salam kenal ya jennifer

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:00 am

      Aku juga dulu deg-degan karena ini pertama kali apply visa saat jadi freelancer. Semoga visamu lancar ya! Email sent!

  125. deny
    February 28, 2018 / 5:51 pm

    haii kak, boleh minta contoh surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, jika tidak keberatan bisa tolong kirimkan ke email deeden16@gmail.com. makasih

  126. Vania
    March 1, 2018 / 8:21 am

    Halo, bisa minta tlg contoh surat” yg diperlukan ke vaniavashti@hotmail.com
    Thanks infonya sangat membantu

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:09 am

      Hi Vania, cek emailmu ya 🙂

  127. Putri Utami Ningsetyo
    March 1, 2018 / 8:50 am

    hi jennifer, seneng bgt ketemu blog kamu dan cici jeane! aku seperti menemukan secercah harapan buat pergi ke korea utk frellance kaya aku:”) bisa dikirimkan juga surat2 yg kamu sebutin? parkhaneul1324@gmail.com terimakasih byk!!^^ semoga diriku juga lolos hehe

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:09 am

      Hi Putri! Wah kamu persis aku waktu pertama ketemu blogpost cici Jeane! Jadi optimis apply visa walau freelancer hahaha. Email sent, good luck!

  128. Juliana
    March 1, 2018 / 2:02 pm

    Halo, seneng banget deh bisa baca blog ini. Kebetulan aku mau apply, tapi kerjaan aku skrg guru les private yg gak ada surat kontrak kerja client atau semacamnya, kira2 diganti apa ya? Btw aku mau dong dikirimin contoh surat2nya hehe, makasih banyak sebelumnya 🙏😊😊. Email aku : juleeanajulee@gmail.com

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:10 am

      Hi Juliana, senang kalo tulisanku bisa membantu kamu apply visa. Contoh suratnya sudah kukirim ke emailmu ya 🙂

  129. Violetta Rose Novadiana
    March 2, 2018 / 7:52 am

    Haii kak jenn, terimakasih info ny bnr2 bermanfaat nih hehe^^ ak rencana mau jln2 ke korea. tp skrg msh dlm proses menabung dgn biaya sndiri hasil ak kerja. tolong send semua surat pernyataan nya ya kakkk.
    Email : violetta22rosenvdn@gmail.com

    trimakasih, smg blog ny sukses:))

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:11 am

      Waaah, semangat menabungnya ya! Semoga disegerakan ke Korea-nya. Email sent! Amiiiin, terima kasih doanya 🙂

  130. Shinta
    March 2, 2018 / 12:06 pm

    Hello kak jenn
    Makasih infonya amat sangat membantu.
    Kalau bsa tlong kirimkan contoh surat2nya ke email Shinta.ramadhani7810@gmail.com
    Terima Kasih sebelumnya

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:11 am

      Hi Shinta, email sent ya

  131. Thia Septhianie
    March 2, 2018 / 12:12 pm

    Halo mba, mau statement letter nya juga dong mba. Saya rencana mau apply visa.
    Email saya thia0409@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya.

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:11 am

      Sudah ku-email ya, Thia 🙂

  132. desri
    March 3, 2018 / 2:24 am

    hai jen…senang bisa baca blog ini..kebetulan saya juga kerja freelance/partimer ..sy ada NPWP,wkt apply feb 2018 ditolak (kurangnya bukti,bs jd gk lampirin srt ortu dan statemnet letter yg alasannya parttimer) boleh minta
    surat keterangan tidak punya SPT, statement letter orangtua,ke email: vincentianatalia@gmail.com

    terimakasih:)
    -salam-

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:13 am

      Hi Desri. Turut berduka ya visanya sempat nggak di-approve huhu. Semoga sukses apply yang kali ini ya! Good luck! Email sent 🙂

      • Windi
        November 12, 2018 / 3:46 am

        Abang aku masih belum kerja, boleh minta dikirim email bang? Aku takut di tolak 😭 windiutari1994@gmail.com

  133. nesya
    March 3, 2018 / 12:28 pm

    Hai jen, terima kasih atas infonya. boleh minta contoh suratnya ga? tolong kirim emailnya ke nesyayulya@gmail.com yaa. saya juga mau nanya, saya kan belum jadi pegawai tetap di perusahaan jadi belum bisa minta surat keterangan bekerja dari perusahaan. kalau kita buat surat keterangan bekerja sendiri dan kita buat disitu status belum pegawai tetap kira-kira bisa ga ya? terima kasih yaa jen 🙂

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:15 am

      Hi Nesya, email sent ya. Dicoba saja Nesya, mestinya tidak apa-apa. Coba lampirkan bukti lain seperti surat kontrak, dll, untuk lebih meyakinkan kedutaan. Good luck!

  134. Monique Caroline
    March 3, 2018 / 5:20 pm

    Halo kak terima kasih atas infonyaa, aku boleh minta cth format surat2nya ngga? Email aku moniqueecaroline@gmail.com
    Terima kasih kak^^

    • anandary
      Author
      March 4, 2018 / 4:22 am

      Hi Monique, email sent!

  135. Rice
    March 4, 2018 / 7:27 am

    Artikelnya sangat membantu sekali mbak. Kebetulan saya baru merintis sebagai freelance selama 6 bulan ini. Kalau boleh minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orang tua? Ke eben.rice@gmail.com
    Terima kasih banyak.

    • anandary
      Author
      March 7, 2018 / 10:00 am

      Hai Rice. Email sent ya!

  136. Rega
    March 4, 2018 / 1:29 pm

    Haloo terimakasih infonya kak. Boleh minta contoh surat2nya juga? Emailku abdullahrega@gmail.com. Terimakasihh:)

    • anandary
      Author
      March 7, 2018 / 10:01 am

      Sent ya, Rega 🙂

  137. Yume
    March 5, 2018 / 1:56 am

    Hallo Kak! Terimakasih atas infonya, sangat membantu. Btw, boleh aku minta format surat utk Freelance & tidak memiliki NPWP/ SPT? email aku ke diarsa.y@gmail.com
    Terimakasih, kak! Have a nice day

    • anandary
      Author
      March 7, 2018 / 10:01 am

      Cek emailmu ya, Yume 🙂

    • anandary
      Author
      March 7, 2018 / 10:02 am

      Cek email ya, Yurina 🙂

  138. febrimayora
    March 5, 2018 / 1:53 pm

    Hallo anandary,

    Info sangat membantu sekali ☺
    Saya juga mau dong contoh format surat2nya, karena saya terkendala dengan tidak bekerja/no freelance/no onlineshop juga dan tidak memiliki spt (tapi punya npwp), dan orang tua juga tidak memiliki spt, npwp, siup, dll. Rencana pergi pakai uang sendiri di tabungan.
    Mohon dikirimkan ke email saya ya febrimayoratanjung@gmail.com 🙂

    Thank you

    • anandary
      Author
      March 7, 2018 / 10:02 am

      Hi Febri. Contoh dokumen sudah dikirim ya. Semangat apply-nya, good luck!

  139. Anara
    March 6, 2018 / 2:25 am

    hi! apa aku boleh minta contoh dokumen2nya? aku rencana mau ke korea april taun ini cuman msh bingung masalah npwp sama spt :”( sebelumnya, terimakasih!
    email: anaragrady@gmail.com

    • anandary
      Author
      March 7, 2018 / 10:03 am

      Email sent, Anara 🙂

  140. Rani
    March 6, 2018 / 5:13 am

    Hi Jennifer,

    Thanks ya, content-nya berguna banget!
    Mau dong contoh dokumennya dikirim ke chairani101@gmail.com

    Terima kasih..

    • anandary
      Author
      March 7, 2018 / 10:04 am

      Hai Rani, email sent yaa

  141. Deslyn
    March 6, 2018 / 8:25 am

    Hi Jennifer, bisa diemailkan contoh Surat2 pernyataannya untuk apply visa Korea ke email des_4zumi@yahoo.com
    Btw infonya sangat membantu sekali. Thanks!!🙂

    • anandary
      Author
      March 7, 2018 / 10:04 am

      Hai Deslyn, cek emailmu yaa

    • anandary
      Author
      March 7, 2018 / 10:04 am

      Hi Bella, cek emailmu yaa 🙂

  142. ika
    March 6, 2018 / 11:49 pm

    Wah membantu sekali artikelnya..mau dong contoh dokumen surat2nya, tolong kirim email yah ke ika.hinata@gmail.com
    Thanks

  143. intan
    March 9, 2018 / 6:57 am

    halo , anandary, ini simple banget. mau tanya untuk surat keterangan keuangan sebenrnya slip gaji diperlukan atau tidak ya ? dan aku juga ga ada bukti potongan pajak? aku boleh minta contoh bukti tidak punya spt ? email aku hadriantanovia@gmail.com

  144. Tika
    March 9, 2018 / 11:46 am

    Hai, boleh kirimin ke email aku ya contoh dokumen2 pendukung visa utk freelancer/ self-employed yaaa. Thanks infonya berguna sekali

  145. Tika
    March 9, 2018 / 11:47 am

    Hai, boleh kirimin ke email aku ya contoh dokumen2 pendukung visa utk freelancer/ self-employed yaaa. Thanks infonya berguna sekali. Email: tika.sabatini@gmail.com

  146. Nurliana
    March 10, 2018 / 6:21 am

    Halo mbak, finally aku nemu artikel ini…if you dont mind mbak please send me contoh dokumen2nya. Terima kasih 🙂

  147. Lucy
    March 10, 2018 / 7:25 am

    Halo kak, terima kasih sharingnya sangat informatif. Mohon dikirim contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua. Email aku macar.legos.2012@gmail.com
    Terima kasih 🙂

  148. Tiara
    March 12, 2018 / 1:36 am

    Halo, Mbak. Saya Tiara, kebetulan mau coba apply visa ke Korea Selatan. Bolehkah kirimkan aku contoh dokumennya seperti apa? Terima kasih banyak, ya. E-mail saya: november.tiara@gmail.com

  149. Fondry
    March 12, 2018 / 7:24 am

    So informative. Can you send me the files ?
    Email to fon9dry@gmail.com

  150. March 12, 2018 / 12:36 pm

    Hello Jennifer.. really love your blog. Terimakasih atas semua infonya ya sangat berguna, aku sebagai freelancer butuh bgt post ini.. bisakah tolong kamu kirimin template surat2nya? thanks before… Bisa dikirim ke deyogi.kosalania@gmail.com 🙂

  151. Agra
    March 12, 2018 / 2:30 pm

    Hi Mba salam kenal,

    Bersyukur sekali nemu postingan blog ini karena sedang mengalami hal yang sama. Akan ke Korea Selatan tapi status pekerjaan sebagai freelancer selama 2 tahun ini dan belum sempat mengurus perpajakan *ups*.

    Kalau boleh sy ingin melihat contoh dokumen yang mba sertakan saat pengajuan visa ke agra.suseno@gmail.com

    Terima kasih banyak sekali lagi mba 😁😁

  152. Priscilia Susyani Wibowo
    March 13, 2018 / 2:13 am

    slmt pagi mba.. boleh minta di email ke prisciliasusyani91@gmail.com contoh surat2 yg mba sebutkan di atas terutama yang surat keterangan tidak pnya npwp & spt mba.. krna saya rencana mw apply bbrpa minggu lagi.. terima kasih sebelumnya

  153. Listia
    March 13, 2018 / 7:36 am

    Hi jen, mau contoh surat-suratnya juga dong 🙂 emailku listia.dyah@yahoo.com thanks alot

  154. Pi
    March 13, 2018 / 8:02 am

    Hai 😁
    Boleh tolong kirim format suratnya? Tolong kirim ke pipitsantoso1994@gmail.com ya.
    Infonya sangat membantu. Thankyou banget ya.

  155. Cory
    March 13, 2018 / 1:33 pm

    Hi Jennifer, blognya membantu sekali loh, karena aku juga jualan online. Boleh minta contoh surat2nya, tolong dikirim ke email aku yaa: akusikorikori@yahoo.com

    Oya satu lagi, misalkan aku mau pergi sekeluarga sama suami dan anak, berkas2 itu harus dilampirkan per orang atau bisa nebeng aja sama suami?

    Thanks a bunch ya.. 🙂

  156. Ana Fitriyani
    March 14, 2018 / 11:55 pm

    Wah postingannya membantu sekali. Kebetulan aku lagi mau mengurus visa juga. Bolehkah minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orang tua? Email ke anafitriyani92@gmail.com

    Thank you so much 🙂

  157. Virginia
    March 17, 2018 / 5:22 am

    Hi Jennifer! Thanks for sharing.. Blognya sangat bermanfaat 🙂
    Untuk contoh surat keterangan tidak memiliki NPWP dan Statement letter orang tua bisa dikirim di email Virginiaeghy03@gmail.com yahh
    Thankyou 😊😊😊

  158. Irma
    March 17, 2018 / 4:29 pm

    Wowww….masukan yg bagus nih
    kalo boleh mau dong di sent contoh2 suratnya apalagi yg bagian ref surat pekerjaan bikin sendiri itu.
    Email ke aku ya hany_muuach@yahoo.com

  159. Dea
    March 18, 2018 / 6:09 am

    Wahh kebetulan mau bkin visa tapi ngga punya SPT 🙁 boleh tolong kirimin contoh dokumen suratnya ke emailku kak? Deaarisandy@gmail.com

    Thank youu

  160. Nadia
    March 18, 2018 / 8:24 am

    Hi kak! Aku pernah ke korea juli kmrn tapi itu diurus kampus aku cm ngasih dokumen aja dan bayar. Nah skrg kalo aku rencana mau pergi lagi bingung jg krn ini pake uangku tapi aku blm kerja nih. Pake uang jajan aja ditabung gitu, nah itu npwp sama spt nya gmn dong ya… hahaha boleh minta contohnya btw? nadia.nathania@outlook.com

  161. Hanny
    March 19, 2018 / 9:33 am

    Hi Kak,
    Mau dong dikirimin contoh surat2nya ke email aku hanny.naibaho@gmail.com
    Kebetulan ada rencana mau kesana beberapa bulan lagi. Tapi masalahnya sekarang uda ngga kerja kantoran lg. Jadi pas tau syaratnya musti ada SIUP, SPT dll jadi ngeri sendiri.
    Kira2 kalo misalnya menyertakan rekening koran orang tua sebagai penjamin bisa ngga ya? Selain rekening koran kita sendiri.

    Thank you, Kak.

  162. Anjar Apriyanti
    March 19, 2018 / 6:20 pm

    Membantu sekali artikel nya kak, boleh mnta contoh surat keterangannya ?
    Ini email sy : ap.anjar@yahoo.com

  163. devi handayani
    March 20, 2018 / 6:27 am

    Hi jennifer,

    saya bisa minta contoh surat keterangan Freelancer nya ke email saya devi.mutaqin@gmail.com, terima kasih..

  164. Amel
    March 20, 2018 / 4:13 pm

    Hi kak, artikelnya sangat membantu.
    Boleh minta contoh surat2 pernyataannya ? Sy juga terkendala karena sedang tidak bekerja dan berencana memakai rekening orang tua. Trima kasih
    Rezkiamaliafajar@yahoo.com

  165. gunawanharianto
    March 22, 2018 / 2:13 am

    sangat membantu atas penjelasannya, bolehkah saya minta contoh surat2 nya

  166. Nindy
    March 22, 2018 / 9:44 am

    Hai, Terimakasih banget udh mau sharing. Sangat membantu sekali 🙂 🙂

    Boleh saya minta dokumen surat2nya? Ke email Nindyamarandani@gmail.com

    Terimakasih 🙂 🙂

  167. simplisilvi
    March 23, 2018 / 3:38 am

    hai kak, terimakasih informasinya, membantu banget..saya mau tanya, saya akhir 2016 lalu pernah ke korea, tetapi 5 bulan kemudian paspor saya hilang, jd saya bikin baru, nah tiba2 ketemu deh paspor sy yg hilang itu, rencananya april ini saya mau ke korea, apakah paspor yg sudah ditemukan itu mesti dilampirkan beserta paspor baru ?
    dan oh iya, boleh kah saya minta contoh dokumen surat utk yg tidak punya SPT ? thankyou kak 🙂
    ke email simplisilvi@gmail.com yaa kak ^^

  168. Eka
    March 23, 2018 / 3:17 pm

    Mba, kalau yg ibu rumah tangga gimana ya?

    Mohon pencerahannya dong. Trima ksh.

  169. Yola
    March 24, 2018 / 4:48 am

    Halo kak, aku baru baca ini dan kebetulan aku juga bingung nyiapin dokumen pengurusan visa 😂 aku bisa minta dokumen2nya kah kak? Email yolandatya93@gmail.com, terima kasih sebelumnya kak 😂

  170. Gabriel Ruth
    March 24, 2018 / 1:51 pm

    Wah pas banget lagi cari2 info buat bikin visa utk freelancer..boleh share contoh2 suratnya ke email abigailruth79@yahoo.com

  171. Susan
    March 25, 2018 / 4:37 am

    Hi sist, informasinya ngebantu banget, kebetulan aku lagi mau apply visa k Korea, bisa minta kirimin format dokumennya k susan_zheng86@yahoo.com , please

    Makasihh yahh

  172. Susan
    March 25, 2018 / 4:39 am

    Hi sist, informasinya ngebantu banget, kebetulan aku lagi mau apply visa k Korea, bisa minta kirimin format dokumennya k susan_zheng86@yahoo.com , please

    Makasihh yah sist

    • anandary
      Author
      April 3, 2018 / 3:58 pm

      Email sent, Susan!

  173. March 25, 2018 / 12:32 pm

    than you for sharing kak, it means a lot! boleh minta keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, dan statement letter orangtua? ke anick5570@gmail.com
    terima kasih

  174. Alexander Alfian
    March 26, 2018 / 3:26 am

    Minta tolong dong…contoh suratnya for apply visa korea

  175. Yosie
    March 26, 2018 / 2:57 pm

    Thank you banget infonya.. bole minta tolong kirimin contoh dokumennya ke yo_sea85@yahoo.com? Thank you ya..

  176. Annisa putrianti
    March 27, 2018 / 12:01 pm

    Hai jen boleh saya minta contoh surat freelancer nya gak… kebetulan minggu depan aku apply visa

  177. Geindra
    March 27, 2018 / 2:50 pm

    kak bisa minta tolong email dokumennya makasih banget ya kak jadi dapet pencerahan hehe 🙂
    email : indradewi64@gmail.com

  178. putri
    March 28, 2018 / 1:34 am

    Hai jen…. thankyou buat infonya membantu banget … saya boleh minta contoh surat keterangan freelancer nya kah ?? tolong email ke nisaputrianti@gmail.com yah… thankyou

    • anandary
      Author
      April 3, 2018 / 3:50 pm

      Hi Putri, email sent!

  179. dewi
    March 28, 2018 / 2:21 am

    halo ka makasi bgt artikelnya sangat membantu pake banget, aku boleh minta format dokumennya juga ga? heehehe ke dewviro@yahoo.com thanks beforeeeee

    • anandary
      Author
      April 3, 2018 / 3:51 pm

      Sent ya, Dewi! 🙂

  180. sheren
    March 29, 2018 / 2:30 am

    hai kak 🙂 boleh minta contoh surat tidak ada SPT / NPWP?
    makasih seblumnya ❤️

    cecilia.sheren@gmail.com

  181. Tumpak
    March 29, 2018 / 4:34 am

    Hay.. boleh minta contoh2 dokumen nya? Makasih sebelumnya ya

  182. Ibeth
    March 30, 2018 / 6:15 am

    Hallo, boleh minta contoh surat keterangan freelancer-nya? Tolong kirim ke elizabethsitohang@gmail.com. Terima kasih, ya. Infonya sangat membantu sekali! 🙂

    • anandary
      Author
      April 3, 2018 / 3:50 pm

      Hi Ibeth, email sent!

  183. Tumpak
    March 30, 2018 / 9:54 am

    Permisi kak.. mau nanya sekali lagi, saya butuh banget surat pernyataan gak punya npwp nih. Tolong dong kak. Makasih sebelumnya ya kak.

  184. Tumpak
    March 30, 2018 / 1:34 pm

    Halo kak.. maaf sampai 3 kali comment, mau minta tolong contoh gk punya npwp itu kak.. please kak.. kirimin dong. Thanks be4.

  185. Desci Yogi Utami
    April 1, 2018 / 12:50 pm

    kak, aku minta contoh surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, sama statement letter orangtua dong 🙂

  186. Margareth
    April 2, 2018 / 10:05 am

    Hai Jennifer, thanks a lot untuk sharing pengalaman nya
    boleh minta contoh surat2 pernyataan nya untuk , free lance, orang tua dan surat keterangan tidak mempunyai SPT.
    ke margareth.noblefranca@gmail.com

    thank you so much

    • anandary
      Author
      April 3, 2018 / 3:53 pm

      Sent ya, Margareth!

  187. ghassani
    April 2, 2018 / 6:54 pm

    hayy aku mau minta contoh suratnya. email aku : ghassani@live.com thankyou for helping me 🙂

  188. Revika Setiany
    April 2, 2018 / 7:31 pm

    halo.. aku mau pergi juga bulan depan.. boleh tolong kirimin surat2,dll nya? kirim ke revika.setiany@gmail.com
    thanks before

  189. Dei
    April 2, 2018 / 11:07 pm

    halo mbak kebetulan mau ke korea akhir tahun:) bsa kirimin contoh surat2 apply visanya ke derideigar@gmail.com terima kasih

  190. Lanni
    April 3, 2018 / 7:17 am

    Hallo ka boleh minta contoh surat freelance sama ket.tidak punya spt dan npwp nya.
    Tolong kirim ke email lannidwijayanti123@gmail.com

  191. Loviana
    April 3, 2018 / 3:44 pm

    Wah thank you banget ya kak utk postingan artikel ttg visa korea nya, membantu banget dan menambah pengetahuan info soal visa hehe. aku mau dong dikirimin contoh format surat-suratnya ke email ku lovianaluo@gmail.com. Thankyou ya kak 😊😊😊

    • anandary
      Author
      April 3, 2018 / 3:53 pm

      Hi Loviana, email sent!

  192. Rezky
    April 5, 2018 / 11:28 am

    Waaaah membantu banget buat self-employed aku yang pesimis ini ceritanya 😐 would you like to send me sist dokumennya to rezkydinar@yahoo.com makasih banyaaaaak

  193. LINDA
    April 6, 2018 / 2:21 am

    Thank you banget infonya,boleh minta tolong kirimin contoh dokumennya ke herlinda1885@gmail.com Thank you.

  194. Mamikos
    April 6, 2018 / 1:07 pm

    Hai mba, kebetulan banget saya rencana mau ke korea bulan september 2018 ini, tp galau takut ga di granted visa nya karena penghasilan dari sewain apartemen2, dan ga punya SPT 😅, kalau boleh minta tolong dikirimkam contoh surat2 nya ke Kancil50@yahoo.com, terimakasih sebelumnya yaa

    • anandary
      Author
      April 8, 2018 / 6:53 pm

      Sudah diemail yaa. Good luck!

  195. Alvin
    April 7, 2018 / 4:28 am

    Hallo ka terimakasih atas infonya sangat bermanfaat sekali boleh minta contohnya gak untuk yang freelance terimakasih ini email saya

    Hyunibaekhyun28@gmail.com

  196. kristy
    April 7, 2018 / 6:24 am

    hai ka.. bisa minta contoh format surat2 kelengkapan nya y.
    saya jg kerja free nih.. pgn ke koreaaaa
    tolong dkirimin y
    krisjolt@gmail.com
    trima kasih kak…

  197. sheren
    April 7, 2018 / 8:00 am

    hai kak 🙂 aku rencana november akan ke korea, tp aku bingung krn ga punya npwp dan spt, boleh minta contoh surat tidak ada SPT / NPWP?
    makasih seblumnya ❤️
    cecilia.sheren@gmail.com

  198. Xiao
    April 7, 2018 / 11:29 am

    Hai kak, masi bisa minta contoh suratnya ga ya?
    Thankyou sbelumnya, artikelnya membantu bnget 🤗🤗
    xiaoen028@gmail.com

  199. Luluk L. A
    April 7, 2018 / 4:16 pm

    Hallo Jennifer, thank you for sharing. Infonya dari blog kamu sangat bermanfaat sebagai referensi saya untuk apply visa korea. Jika berkenan, boleh saya minta untuk dikirimkan contoh format surat-surat keterangan yg dibutuhkan ke email luluklstyn@gmail.com.
    Terima kasih 😊

    • anandary
      Author
      April 8, 2018 / 6:49 pm

      Hai Luluk, cek emailmu ya 🙂

  200. Nove
    April 8, 2018 / 10:44 am

    Hello, such a great post! very informative and I bought my ticket to korea already but still not sure about the Visa, but after reading ur post, seems like not that difficult, can u send me the sample of surat” tidak memiliki NPWP, statement letter ortu, Thanks in advance! 🙂

    novecilia@gmail.com

    • anandary
      Author
      April 8, 2018 / 6:51 pm

      Thanks so much for reading, glad it was helpful. Kindly check ur email 🙂

  201. Meilani
    April 8, 2018 / 11:08 am

    Halo jennifer…. thanks ya.. blog ny sangat membantu….
    Mau juga donk di emailkan contoh2 dokumen yang diperlukan…
    Alamat emailnya: meilanichen08@gmail.com
    Thanks before jen…😘

    • anandary
      Author
      April 8, 2018 / 6:51 pm

      Hai Meilani, cek email yaa

  202. Vinny
    April 8, 2018 / 4:57 pm

    Halo kak, boleh minta contoh semua surat-surat nya ke email ku vinny72gar@gmail.com . Terima kasih kak.

  203. mawar
    April 9, 2018 / 5:09 am

    hai kak aku mau juga ya semua surat2nya , ke email mawar3112@gmail.com . terimakasih 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  204. masyitah
    April 9, 2018 / 8:39 am

    hai kak.boleh dong minta contoh suratnya ke masyitah09@gmail.com..thnks ya kak..tulisannya bermanfaat sekali

  205. Ida
    April 9, 2018 / 11:40 am

    Kak blog nya informative banget .. Makasih . Oh iya ini masalahnya aku kerjanya usaha sendiri . Itu apakah perlu bukti foto tempat usaha dll ?? Aku mau dong contoh dokument” yg diperlukan .. Email : hidayatulkhasanah910@gmail.com
    Terimakasih bangeeet kak ..

  206. Ida
    April 9, 2018 / 11:45 am

    Kak blog nya informative banget . Aku mau ke korsel tapi bukan pegawai kantoran . Tapi ada usaha sendiri , pemasukan dari situ . Jadi bingung mau ngurua visa nya . Boleh dong minta contoh dokument”nya .
    Ini email nya : hidayatulkhasanah910@gmail.com
    Terimakasih banget kakk ..

    • anandary
      Author
      April 22, 2018 / 2:16 pm

      Hai Ida, email sent ya!

  207. Amelia
    April 9, 2018 / 5:10 pm

    Hi kak Jen, salam kenal.. Pas lagi bingung2 googling soal visa Korea akhirnya nyasarlah saya ke blog kk hahaha.. Like everybody else did kalo boleh minta dikirimin contoh surat2nya ya kak.. Thank youu 😀

    • anandary
      Author
      April 22, 2018 / 2:17 pm

      Halo Amelia, email sent ya!

  208. Tesa
    April 10, 2018 / 6:14 pm

    Hallo Jennifer, thank you for sharing. Infonya sangat bermanfaat,boleh kah saya dikirimkan contoh-contoh dokumen yang diperlukan?
    Terimakasih,have a great day 😀😀
    Email : tesacimira@gmail.com

    • anandary
      Author
      April 22, 2018 / 2:17 pm

      Hai Tesa, email sent ya!

  209. Nandar
    April 11, 2018 / 4:06 pm

    Ka mau juga dong…
    Kaya gimana y contoh surat tidak ada SPT dan screen online shop itu kaya gimana?soalnya penghasilan saya semua dr online shop…
    My email nandar1807@yahoo.com
    Terima kasih ka…

    • anandary
      Author
      April 22, 2018 / 2:18 pm

      Hai Nandar, email sent ya! Karena pekerjaanku designer bukan online shop, jadi contoh yang kukirim contoh untuk freelance designer ya. Bisa kamu adjust sendiri sesuai pekerjaan kamu (online shop)

  210. novi
    April 12, 2018 / 3:37 am

    Alhamdulillah nemu blog ini,,,, sist mau dong contoh surat2 nya e mail ke aku ya makasih banyak, salam kenal…
    noviewidyasari@gmail.com

    • anandary
      Author
      April 22, 2018 / 2:18 pm

      Hai Novi, email sent ya!

  211. Ridwan
    April 13, 2018 / 5:48 am

    Kak minta contoh suratnya juga donk..
    Tolong dikirim ke email ridwanr87@gmail.com

  212. Mahfud Fauzi
    April 13, 2018 / 4:30 pm

    Info yg aku cari. sangat bermanfaat banget. klo berkenan bagi donk contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter (mdctim123@gmail.com)

    • anandary
      Author
      April 22, 2018 / 2:19 pm

      Halo Mahfud, email sent ya!

  213. ZULFANIDA
    April 16, 2018 / 8:17 am

    wah bagus sekali blog sangat informatif kak
    saya tertarik untuk minta suratnya terima kasih. zulfanida20@gmail.com

    • anandary
      Author
      April 22, 2018 / 2:19 pm

      Halo Zulfanida, email sent ya!

  214. Shilvy
    April 16, 2018 / 8:18 am

    Hiii…Jen, tolong kirim contoh surat pertanyaan karna aku tidak punya siup.
    Informasi kamu akan sangat banyak membantu kita2 yg membutuhkan. Tolong kirim ke viiforever.the@gmail.com
    Terima kasih .

    • anandary
      Author
      April 22, 2018 / 2:19 pm

      Dear Shilvy, email sent ya!

  215. Budiman
    April 16, 2018 / 11:57 am

    Hi Jennifer,
    Boleh minta contoh surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua?
    Email saya : budiman.chandra@gmail.com
    Thanks in advance

  216. angela
    April 17, 2018 / 6:36 am

    Hai kak Jennifer
    boleh minta semua dokumen yg disebut diatas ? hehehe
    thankyou yaa
    Angela_sanusi@yahoo.com

  217. ABE
    April 17, 2018 / 6:35 pm

    ga usa pake spt, modal visa usa , lolos 7 hari kerja

  218. Nita
    April 18, 2018 / 7:23 am

    Kak jenifer,

    Mau dong dikirimin sample surat keterangan kerja freelancer ke momonita38@gmail.com

    makasi banyak ya kak

  219. Hansen
    April 19, 2018 / 10:19 am

    Haloo kak… bole kirimin jg smua contoh2 surat2 yg di perlukan ke email h4nzx0805@gmail.com … thanks

  220. Cecil
    April 20, 2018 / 4:35 am

    Halo. Aku mau minta semua dokumen yang disebut di atas dikirim di email ceciliasuryoutomo@gmail.com ya.
    Thanks in advance.

  221. Amelia Sabrina
    April 21, 2018 / 4:27 pm

    Hello jennifer, Article ini sangat membantu saya sebagai seorang online seller untuk pengetahuan visa korea, kalo boleh dengan kebesaran hati, bisa tolong di kirimkan ke email ku contoh dokumennya? Karna aku udh beli tiket tp belom tau urus visanya bcs i don’t have STP :(( email ku : ameliasabrina23@gmail.com

    Thanks before!❤️

    • anandary
      Author
      April 22, 2018 / 2:20 pm

      Halo Amelia, email sent ya!

  222. fani
    April 21, 2018 / 7:37 pm

    Hi kak aku juga mau di email in semua surat2nya dong, arfani554@gmail.com , terimakasih sebelumnya

  223. julie
    April 22, 2018 / 2:46 pm

    Hi mba… aku rencana Mei akan ke korea, tp aku bingung krn sdh lama tidak bekerja di perusahaan, sekarang bekerja sendiri sbg broker. Jen boleh minta contoh surat freelancer dan surat tidak memiliki npwp dan spt, makasih sblmnya
    Juliebangun@gmail.com

    • anandary
      Author
      April 24, 2018 / 3:53 pm

      Dear Julie, sent ya 🙂

  224. Cecil
    April 25, 2018 / 5:33 am

    Halo. Aku rencana mau ke Korea. Boleh minta semua dokumen yang disebut di atas? emailku ceciliasuryoutomo@gmail.com ya.
    Thank you

  225. Nlg sari dewi astuti
    April 26, 2018 / 3:58 am

    Hai mba , sy mei rencana k korea tp saya bingunh krn status sy yg menggantung , krn sy bru lulus kuliah jd kl pakai surat dr kampus sudah tdk bisa , boleh dibagikan utk document freelancer dan tdk memiliki npwp email saya nlgsaridewiastuti@yahoo.co.id terima kasi mba

  226. fani
    April 26, 2018 / 7:39 pm

    Hi kak, boleh minta tolong share surat2nya soalnya aku udah lulus kuliah dan kerjanya onlineshopan pengen banget bisa dapet visa korea, bingung mau apply karna nggak punya siup, npwp ataupun spt, tolong bantuannya ya kak saya butuh sekali contoh2 suratnya arfani554@gmail.com

  227. faren
    April 29, 2018 / 11:14 pm

    Kak kirimi aku email contoh dokumennya dong 😃😃 farendesydebrina@gmail.com tapi ada yg aku tanya lebih lanjut di email ngak papa kah?

  228. April 30, 2018 / 2:55 pm

    Kalau sponsor dari orang koreanya langsung apakah bisa di approve bisanya? Kalau Boleh minta contoh dokumen yg tidak pakai siup,spt & npwp nya…? Kirim ke hidayatulloh.a7484@yahoo.com. terima kasih

  229. ratna
    May 2, 2018 / 3:51 am

    halo..boleh minta emailnya? emailku ratna.dewi46@gmail.com
    makasih ya..kebetulan pertahun ini jadi freelancer. hehe

  230. Nike
    May 3, 2018 / 9:40 am

    Hi Jen,

    Salam kenal. Blog nya membantu sekali. Boleh minta share format surat keterangan freelancer dan format surat keterangan tidak punya SPT nya kah?
    Tolong diemailkan ke j.doit10@yahoo.com

    Thanks,
    Nike

  231. Pipit
    May 4, 2018 / 2:09 am

    Hai 😁
    Tolong Infonya sangat membantu. Thankyou banget ya.
    Boleh tolong kirim format suratnya? ke pipitsantoso1994@gmail.com ya.
    Thanks soomucj

  232. Pagit Rima Tarigan
    May 7, 2018 / 3:37 am

    Hai Kak Jenni.. salam kenal,
    Mohon bantuannya utk dikirim contoh2 surat utk ajuin Visa Korsel, karena saya jg seorg freelancer,, tapi Ortu sdh berpulang. Saya berencana ke Seoul Juli nnti.

    Anw, thanx a lot ya kak, utk bantuannya.

  233. Velma anita
    May 7, 2018 / 9:58 am

    Hai ka.. Bole minta contoh surat2nya..
    Thanks

  234. Gurpreet Kaur
    May 7, 2018 / 11:41 am

    Hai jennifer, can I ask for letters example. Please send them to gurpreet22@live.com. Looking forward for your reply. Thank you before.
    regards
    Gurpreet

    • anandary
      Author
      May 15, 2018 / 5:12 pm

      Email sent, Gurpreet!

  235. Henni
    May 7, 2018 / 12:31 pm

    Aduhh agak sedikit lega bacanya, soalnya aq ada rencana ke korsel tp pikir mau mundur aja karna g ada npwp n spt
    Setelah baca2 jdnya merasa sedikit ada harapan buat ke korsel
    Aq mau dong format surat2nya kirim ke h3ni_91@yahoo.com
    Thxyou so much kak

    • anandary
      Author
      May 15, 2018 / 5:12 pm

      Hai Henni, email sent!

  236. Anindita Puspitasari
    May 7, 2018 / 5:15 pm

    Halo aku boleh minta contoh surat”‘nya gaa? Tolong kirim ke email aku aninonanonano@yahoo.com. Terimakasiih

  237. Dechy
    May 9, 2018 / 3:06 am

    Hi kak Jen..
    Salam kenal kak…
    Aku juga freelancer nih, buka salon kecil-kecilan, baru mulai usaha sih
    Aku udah urus SIUP dan aku ada NPWP

    Boleh gak aku minta contoh surat keterangan gak punya SPT sama surat keterangan usaha yang kk pernah buat?

    Kalo bersedia, bisa kirimkan ke email ku yah kak dechyalor@gmail.com

    Makasih banyak kak sebelumnya
    Salam, Dechy

    • anandary
      Author
      May 15, 2018 / 5:13 pm

      Hai Dechy, email sent!

  238. Rizka Ramadhani
    May 13, 2018 / 9:33 am

    Halo, Jennifer.

    Saya Rizka, terima kasih informasi di blognya sangat membantu. Saya boleh minta tolong dikirimkan format statement letter dari ortu, surat keterangan freelancer dan tidak punya NPWP dan SPT kah? Dikirim ke rizka.ramadhani@hotmail.com Terima kasih ya 🙂

    • anandary
      Author
      May 15, 2018 / 5:13 pm

      Hai Rizka, email sent!

  239. Stevanny
    May 13, 2018 / 5:24 pm

    Halo kak thank you banget infonya sangat bermanfaat.. bolehkah ak minta diemailkan contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua ke emailku stevannies@hotmail.com

    Aku sudah 1 tahun onlineshop. Aku rencananya mau ajak mama n adikku.. mamaku ibu rumah tangga saja dan adikku masih kuliah. Kalau begitu apa bisa saat pengajuan visa mereka, dilampirkan rekeningnya menggunakan rekeningku saja?

    Mohon pencerahannya ya kak. Terima kasih banyak

    • anandary
      Author
      May 15, 2018 / 5:15 pm

      Hai Stevanny, email sent ya!

      Bisa kok menggunakan rekening kamu saja, as their sponsor. Tapi untuk surat keterangan kamu sebagai sponsorship coba kamu cari referensi di blog lain ya, karena aku belum pernah buat.

      Good luck!

  240. Vitaa
    May 16, 2018 / 10:01 am

    Halo kak bisa minta dikirimin contoh dokumen lengkapnya ke emailku?
    askphitaa@gmail.com

    Maksih 🙂

  241. micha93
    May 16, 2018 / 10:04 am

    Halo makasih bgt atas tulisan blognya! sangat membantu saya yg kebingungan mengajukan visa sendiri pertama kali.
    saya kebetulan baru mulai bekerja dan statusnya hanya intern/kontraktor jd saya hanya perlu melampirkan kontrak kerja saya kah?
    lalu dalam bepergian ini saya masih dibantu orangtua dalam pembelian tiket dan juga uang saku. apakah saya menuliskannya dalam statement letter orangtua?

    lalu saya juga boleh minta contoh surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT dan statement letter orangtua? ke micha.yosung@yahoo.com

    terima kasih ^^

    • anandary
      Author
      June 18, 2018 / 7:29 pm

      Hi Micha, email sent! Sebaiknya ditentukan dulu mau berangkat dengan sponsor orangtua atau biaya sendiri, biar gak membingungkan orang kedutaannya.

  242. Ruth irene charolina
    May 16, 2018 / 11:27 pm

    Hai kak aku mau dongg diikirim via email ku cara buat surat keterangan org tua thanks kak ini email ku kak utheirene17@gmail.com

  243. Sandi
    May 19, 2018 / 7:51 am

    Haii Jenifer
    Salam kenal..
    Boleh saya minta dikirim contoh surat ket tdk punya npwp dan siup untuk apply visa korea.
    Thanks

  244. Dini
    May 20, 2018 / 6:00 am

    Mbak mau dong contoh surat tidak punya npwp dan spt. Alamat e-mail aku di : kadieegan@gmail.com. Thank you sebelumnya.

  245. Rustati Fatimah
    May 21, 2018 / 5:32 pm

    Hai ka… Terima kasih pengalamannya sangat memotivasi dan membantu. Mau ya dikirim contoh surat pernyataan nya ke fatimahrustati@gmail.com

  246. Yulia
    May 23, 2018 / 3:23 pm

    Hallo Jennifer,
    Aku boleh minta contoh surat tdk punya spt
    Makasih 🙏🏼🙏🏼

  247. Kadek Dwi
    May 25, 2018 / 10:01 am

    Halo mba jennifer
    Infonya memberikan pencerahan sekali untuk saya yang memili kondisi serupa. Saya boleh minta tolong dikirimkan format statement letter dari ortu, surat keterangan freelancer dan tidak punya NPWP dan SPT? Terimakasib mba 🙂
    Dikirim ke kadekdwiastari19@gmail.com

  248. Andi
    May 28, 2018 / 2:03 am

    Hallo Jenifer
    Boleh saya minta contoh surat keterangan tidak punya npwp dan spt21
    Ini email saya andi100781@gmail.com
    Thanks yah jen

  249. Dihana
    May 29, 2018 / 9:09 am

    Hai ka,boleh dong dikirimin surat sponsor online shop dan gada npwp spt, ke dihanatalia@gmail.com

  250. Nayla
    May 30, 2018 / 1:37 pm

    Kak bisa tolong email ke aku ???? Aku lg bingung banget buat bikin visa sbg freelancer. Tapi ternyata ada blog kakak yg sangat membantu 😍😍

  251. mimien
    May 31, 2018 / 1:48 am

    halo ka..
    mau minta contoh surat yang menyatakan tdk punya spt (utk pemgajuan visa korea) bisa email ke: mien.ms@gmail.com
    terimakasih sebelumnya..

  252. Sindimiranti
    June 1, 2018 / 11:28 am

    hallo saya freelance , saya mau dong contoh surat keterangan npwp ,spt dan yang lain nya
    mohon kirim di
    @sindimiranti123@icloud.com
    terima kasihhh 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  253. Tesha Paramitha
    June 3, 2018 / 3:12 pm

    halooo kak bisa minta formatnya ga kak?
    kebetulan saya mau mengajukan visa korea hehe doain yaa ka!!!
    ini email saya kaak. tesha.paramitha@gmail.com
    trimsnkak.

  254. Egha
    June 4, 2018 / 4:01 pm

    Hai ka jen terimakasih atas sharing yang sangat berguna .. aku mau contoh surat” dokumen nyaa dong ka ke email eghaairsidee@gmail.com
    Terimakasih banyak ka

  255. Egha
    June 4, 2018 / 4:03 pm

    Hallo ka
    Sharing yang sangat bermanfaat bagi para freelance .. mau dong ka dikirimin contoh” surat nyaa ke email eghaairsidee@gmail.com
    Terimakasih banyak ka

  256. Putri
    June 8, 2018 / 3:55 am

    Halo kak terimakasih untuk info nya.aku sudah apply visa bulan ini tapi ditolak. Aku juga running online shop kak. Mau contoh2 document dari kk dong terimakasih. Ini email aku. Putripurnamasari833@gmail.com

  257. ferida
    June 8, 2018 / 8:02 am

    halooo Aku mau donk dikirimkan contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua ke ferida.aryanti@gmail.com … terimakasih

  258. Tasya
    June 9, 2018 / 3:01 pm

    halo jennifer, terimakasih ya infonya. Bener-bener berasa menemukan titik terang lol. boleh minta contoh suratnya?
    Emailku di tasyyyya@hotmail.com 😊😊

    Terimakasih ❤️

  259. rr
    June 10, 2018 / 10:35 pm

    Hai, boleh sharing contoh contoh suratnya ke aku sih, alamat emailnya shineeonew35@gmail.com
    Thanks.

  260. vana
    June 11, 2018 / 3:41 am

    Hi dear, bolehkah minta contoh untuk dokumen keterangan freelancer, tidak ada spt, dan statement letter orangtua untuk di email ke msichavulana@gmail.com.
    Terima kasih banyak sebelumnya…

  261. Fegita mokoginta
    June 11, 2018 / 5:49 am

    Trima kasih atas blognya kak sangat membantu seperti sya yg usahanya onlineshop 😊. Untuk contoh surat lainnya bisa tidak di kirim ke fegitamokoginta@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

  262. Michelle
    June 11, 2018 / 8:13 am

    Halo, thanks a lot ya blog nya sangat membantu.
    Boleh minta contoh surat keterangan freelancer dan surat tidak mempunyai spt + npwp?
    Email saya michellechiquita2890@gmail.com
    Thanks before 🙂

  263. Raissadita Novdyla
    June 12, 2018 / 8:58 am

    halo kaa jeniffer! makasih banyak info2 tentang travelling suka bgttt luvv, ohiyaa ka aku boleh minta juga gaak dikirimin contoh berkasnya ke email novdylaraissadita@gmail.com makaish banyak kaaa :))

  264. Yani
    June 14, 2018 / 9:19 pm

    Hai ka jenny boleh aku minta email surat freelance serta surat keterangan tdk punya npwp dan spt ka? Boleh kirim ke email ku dinidiyh@yahoo.com

  265. Lili
    June 18, 2018 / 12:13 am

    Hai kak , thanks info menariknya ,bisa minta dikirimkan contoh surat-surat pendukung nya dan.contoh surat keterangan tidak punya npwp dan spt.thanks sebelumnya . alamat email. cuanlie@gmail.com

  266. Nisanis
    June 20, 2018 / 3:50 am

    Hai kak jenni, aku mau minta contoh surat2 yang kakak punya buat bikin visa dong kak, biar ada refrensi…
    Ini alamat emailnya
    khoirunanis03@gmail.com
    Btw thanks kak infonya

  267. Anggun
    June 25, 2018 / 1:43 pm

    Hallo kak boleh minta contoh surat2 pendukungnya kah😁🙏🙏 makasi banyak sebelumnya kasusnya udh lulus kuliah belum kerja ada usaha, bingung banget ga pake sponsor ortu dan berangkatnya 1 Agustus ini mohon bantuannya ya kak email anggungitautami@yahoo.com makasi banyak🤣

  268. edwo
    June 25, 2018 / 2:26 pm

    Hai aku mau minta contoh surat2 tentang SIUPnya dong, ke edworizky@gmail.com, Terimakasih sebelumnya

    • anandary
      Author
      June 26, 2018 / 5:15 am

      Mohon dibaca lagi ya. Saya ngga ada surat tentang SIUP. Bisa browsing blog lain info tentang SIUP 🙂

  269. Will
    June 25, 2018 / 2:45 pm

    Halo kak.. Bisa tlg share contoh surat keterangan atau dokumen2 nya? Kebetulan aku jg freeelancer nih gak punya NPWP.. makasih banyak..
    Email aku : hermawan.william@gmail.com

  270. jenny
    July 5, 2018 / 12:14 pm

    tolong donk send contoh surat2 nya say..makasi

  271. Lia Gustini
    July 5, 2018 / 2:25 pm

    hallo kak jenni, saya ada rencana mau ke korea karena saya freelancer jadi masih bingung untuk melengkapi surat-surat pendukungnya,, tapi setelah baca info dari kak jenni jadi percaya diri buat apply visa korea.. saya bisa minta dikirimkan contoh surat-surat pendukungnya dan contoh surat keterangan tidak punya npwp dan spt. alamat email saya agustinilia483@gmail.com . thanks sebelumnya kak

    • anandary
      Author
      July 10, 2018 / 9:31 am

      Hai Lia, email sent!

  272. Sherley
    July 6, 2018 / 8:11 am

    Hai dear, aku bisa minta contoh surat2 nya? Krn kasusku sama kayak kamu hehe. Emailku : sherleysusanti@gmail.com

    Thankyou 🙂

  273. Putri
    July 6, 2018 / 12:57 pm

    Hai Jennifer, salam Kenal

    Infonya sangat membantu sekali, rencana aku mau ke korea agustus ini , tapi degdegan bgt karena sekarang aku udah ga Kerja , Cuma usaha online , boleh share format spt, npwp dan persetujuan ortunya, ke putriihda@gmail.com . Terima kasih sebelumnya ❤️

  274. hana
    July 6, 2018 / 2:20 pm

    Hi.. tks banget informasinya berguna banget buat self-employed.
    Bisa minta contoh dokumen2nya? Email: look.sweven@gmail.com
    Makasih

  275. Khira Firli
    July 6, 2018 / 4:21 pm

    Kakak cantikk~~ aku minta contoh surat2nya dong~ aku freelancer dan online seller.. tolong kirim ke kirasukapink@gmail.com ya~ terima kasih banyak kak ^^

  276. Lanny
    July 8, 2018 / 1:22 pm

    Hi.. Jennifer

    Waah akhirnya nemu juga post ttg visa korea buat yg ga punya spt 🙂
    Bole minta dokumen contoh surat2nya ga?
    Email : lanzmbemz@gmail.com

    Thanks before

  277. Annisa
    July 10, 2018 / 1:38 am

    Halo mbak Jenny, boleh aku minta contoh surat2 pendukungnya ke email annisarizky911@gmail.com. terima kasih ya mba sebelumnya.

  278. Ahmad Dito
    July 11, 2018 / 4:46 am

    Kak, minta contoh dokumen surat2 keterangannya dong..

  279. Chan
    July 12, 2018 / 10:39 pm

    Halo kak, aku asal Jawa Timur nih, dan minggu besok mau ke Jakarta buat apply visa. Kalo ada waktu, bisa minta tolong dikirimin contoh2 suratnya kah? biar bisa makin lengkap dan pede buat ngajuin visanya :’) ini email aku ya kak (formygalaxies@gmail.com). mohon maaf sebelumnya mengganggu, thank you so much in advance ^^

    • Chan
      July 15, 2018 / 3:52 am

      Thank you so much kak ^^

  280. Fadlu
    July 13, 2018 / 4:23 am

    Halo Mbak apa kabar? oia mbak rencana saya ada kompetisi di Seoul nih. kebetulan saya masih mahasiswa dan tidak ada pemasukan tetap kan? gimana tuh mbak? what should I do?

    • anandary
      Author
      July 13, 2018 / 7:39 am

      Setahu saya harus pakai surat sponsor (bisa orangtua, dll), rekening koran sponsor, dan keterangan mahasiswa dari kampus. Bisa browsing di blog lain info lengkapnya, karena saya cuma punya pengalaman apply untuk freelancer.

  281. Yuliandaa
    July 13, 2018 / 8:34 am

    Hi kak, boleh minta contoh surat keterangannya ke email yimmyummy@gmail.com.. Makasih sebelumnya 🙂

  282. Lucy
    July 13, 2018 / 10:47 am

    Hi Jennifer, kebetulan pekerjaanku sekarang sama sepertimu. Boleh minta semua contoh suratnya ke email macar.legos.2012@gmail.com
    Thank you

  283. Lieya
    July 14, 2018 / 11:25 am

    Hai, boleh minta tolong dikirimin contoh surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter dari orangtua? Email: ohsnapitslieya@gmail.com. Thank you ^^

  284. Ayu
    July 16, 2018 / 2:28 pm

    Hai kak, rencananya aku mau ke seoul awal tahun depan. Kebetulan aku baru lulus kuliah dan blm punya pekerjaan tetap dan pengalaman kerja sebelumnya, selama ini aku bantu kelola usaha keluargaku, kebetulan sudah ada SIUP tapi atas nama Ayahku, aku agak bingung jg untuk lampirkan surat keterangan pekerjaan karena di dlm usaha Ayahku tdk ada struktur kepengurusan resmi jd tdk ada SK, kebetulan ini kali pertama aku pergi ke luar negeri juga jd agak bingung soal dokumen2 yg harus disiapkan supaya visanya bisa di approve. Aku mau minta sarannya nih kak sekalian mau minta jg contoh2 dokumen yg diperlukan untuk apply visa ke korea selatan.. Emailku @sitisrirahayu78@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya..

  285. SUSANA
    July 17, 2018 / 11:16 am

    Halo kak boleh kirim ke email saya tentang contoh surat2 yang ga punya npwp dan spt nya dan statement letter ortunya ke @susanadwirahmawati@ymail.com terimakasih sebelomnyaa…

  286. Delvywang
    July 17, 2018 / 1:22 pm

    Hi Jennifer, thank you for sharing. Boleh minta contoh suratnya ga yah? Delvywang@yahoo.com
    Thank you jen

  287. Delvywang
    July 17, 2018 / 1:22 pm

    Hi Jennifer, thank you for sharing. Boleh minta contoh suratnya ga yah? Delvy5128@yahoo.com
    Thank you jen

  288. Martine .
    July 17, 2018 / 2:03 pm

    Hi kak.. aku mau dong dikirimin semua contoh2 suratnya ke email ninimartine8@gmail.com ….
    Maaf repotin and makasih sebelumnya 🙂

  289. Yumie
    July 17, 2018 / 5:04 pm

    Hiii Jennifer, finally nemu artikelmu yg sangat membantu ini. Aku juga sdh resign dan lg merintis usaha online shop. Rencana mau apply visa ke korea untuk holiday nnti. Boleh minta contoh surat² yg dibutuhkan dong, kirimnya ke igotgyeomie17@gmail.com yaa ;)) Makasih bnyak sebelumnya <3

  290. dwi
    July 18, 2018 / 6:09 am

    kaa aku boleh minta surat keterangannya 🙂 ke email dwip3430@gmail.com makasihh kaa

  291. Fauzi
    July 18, 2018 / 7:25 am

    hi jenifer, untuk paspor, itu bagusnya pake paspor biasa atau e-paspor.

    • anandary
      Author
      July 18, 2018 / 8:04 am

      Sama aja kok 2-2 nya

  292. Fauzi
    July 18, 2018 / 10:03 am

    Ada yg bilang katanya klo pake e-paspor akan lebih cepat di approve visanya. Apa benar begitu

    • anandary
      Author
      July 18, 2018 / 1:25 pm

      E-paspor secara general memang lebih mudah diverifikasi dibanding paspor biasa. Tapi belum pernah ada statement dari kedutaan Korsel kalau e-paspor akan lebih cepat di-approve dibanding paspor biasa, CMIIW.

      Kalau mas Fauzi masih dalam tahap mau buat visa, saya sarankan buat e-paspor saja karena lebih safe dibanding paspor biasa.

  293. Dinda
    July 20, 2018 / 9:55 am

    Halo kak, boleh minta tolong dikirimin contoh dokumennya ngga? Email d.yulia74@yahoo.com. Thank you!❤️

  294. July 21, 2018 / 4:51 pm

    Halo kak, ada kontak yang bisa dihubungi untuk konsultasi? Saya fokus di online shop sebagai penghasilan dan diundang ke Korea untuk menghadiri business meeting september nanti. Hanya kendalanya adalah NPWP dan SPT, dan dag dig dug syur juga karena ada isu rekening tabungan harus minimal sekian.

    Ingin minta emailkan contoh dokumennya juga ke cindy@koreandae.com yaa kak. Terimakasih ^^

  295. saskia
    July 23, 2018 / 1:20 pm

    hi Jennifer, rencananya bulan depan aku mau ke korea, boleh minta semua contoh suratnya gak ke email gdyong15@gmail.com , thank you 🙂

  296. Elcalist
    July 23, 2018 / 1:28 pm

    kaa.. aku mau donk kirimin surat keterangannya ke email elcalist.shop@gmail.com.. plisss.. terimakasih ka.

  297. Anindya
    July 23, 2018 / 2:06 pm

    Hallo salam kenal aku Anin kebetulan ada rencana mau ke korea kebetulan tmn ku mau married sm org sana dan skalian mau liburan.
    Boleh di kirimkan contoh statement letter nya semua nya ke email Aku anindyatrisnadi8166@gmail.com

    Thank You ^^

  298. Bey
    July 24, 2018 / 12:48 pm

    Dear Jennifer, aku juga sama seperti kamu, mau apply visa ke Korea Selatan untuk keberangkatan di bulan September 2018 ini. Please kindly send me the example at bpribudi@gmail.com. Thank you before.

  299. Floren
    July 24, 2018 / 3:46 pm

    Hi kak thank you for sharing! Sangat membantu bgt buat yg freelance 😊 kak aku boleh minta contoh surat2 keterangan yg berkaitan sm apply visa korea? Kalo boleh, tolong kirim ke florencianovita@gmail.com
    Thank you kak ☺️

  300. ptapta
    July 26, 2018 / 7:27 am

    Hi jennifer, thanks a lot for sharing ya
    Bermanfaat bgt! Kalau boleh minta contoh dokumennya ya ke tyasputi@gmail.com
    Sukses selaluuu 💕

  301. Inna
    July 27, 2018 / 11:33 am

    Hi kak, boleh minta contoh surat keterangannya
    ke email inhain.yu@gmail.com
    Terimakasih…

  302. Rani Delfia
    July 27, 2018 / 12:53 pm

    Hai kak, penjelasannya membantu banget, bikin aku pede 😁
    Aku minta contoh surat2 nya ya kak, bisa di email ke delfiarani@gmail.com
    Thanks kak

  303. Della D
    July 29, 2018 / 4:17 pm

    Hallooo kaakk, boleh info contoh surat ket kerja sbg online seller ngga? Sama yg tidak punya SPT dan Slip gaji hihi kirim ke delladama.dd@gmail.com yaa kakk. Makasii banyakkk
    Oh iya, sekalian aku mau tanya kak, kan aku ngga punya NPWP. Apa harus bikin dlu ya? Soalnya agen tavelnya bilang harus bikin dlu gitu. Trs apa kemungkinan approve kecil buat aku yg sbg online seller?

    • anandary
      Author
      August 6, 2018 / 4:51 am

      Email sent! Maaf ya aku freelance sebagai designer bukan sebagai online seller, jadi suratnya bisa kamu modif sesuai kamu aja. Banyak kok yang online seller tapi di-approve visa Korea-nya jadi nggak usah takut.

  304. Arif
    July 31, 2018 / 5:38 pm

    Selamat malam jennifer, blh mnta contoh surat keterangan tdk pnya npwp?bs tlg di sent di email assasinxstlouis@gmail.com

  305. Dinda
    August 1, 2018 / 3:02 pm

    Halo kak, boleh minta contoh surat keterangannya? terima kasih sebelumnya ! 🙂
    dinda.nabilah@gmail.com

  306. Monika
    August 1, 2018 / 3:56 pm

    Hello ci, mohon dikirimkan contoh dokumennya ke @monikanerizia@gmail.com Thank you for sharing 🙏🏽

  307. adis
    August 2, 2018 / 1:53 am

    halo kka, boleh minta contoh untuk bikin visa freelancer nya sama surat keterangan tdk punya npwp? makasih kaka

  308. Gabriella
    August 3, 2018 / 5:33 am

    Hai kak, terimakasih infonya. saya sudah beli tiket ke korea untuk bulan november dan sedang pusing mikirin pengurusan Visanya. kebetulan bgt searching dan nemu artikel dr kakak ini. saya juga punya masalah ttg tidak ada NPWP dan SPT..bisa tolong bgt minta kirimin email contoh surat pernyataan tidak punya SPTnya? dan kalau boleh beserta Surat pernyataan orang tua juga ya kak.. Terimakasih banyak sebelumnya. email= gabriellasabatini31@gmail.com

  309. Herlina
    August 3, 2018 / 5:47 pm

    Hi Jen… Rencana mo ke korea okt ini cuma kendala ga punya SPT… Please kirimin contoh dokumen yg hrs dilengkapi yah… Trus kalo misal mo ajak anak perlu tambahan dokumen apa… Thx yah sebelumnya…
    Email ku herlinat0678@gmail.com

    • anandary
      Author
      August 6, 2018 / 4:53 am

      Email sent! Untuk dokumen anak harus menyertakan surat keterangan sekolah/kampus. Bisa cari info di blog lain ya untuk itu

  310. Sherin
    August 3, 2018 / 6:25 pm

    Hi kak makasih banyak nih, seengga nya setelah baca ini jadi ada pencerahan ga usah bikin npwp dulu.. Saya boleh minta kirimkan email ya kak 🙂 makasih banyak sebelumnya

  311. Aisyah
    August 5, 2018 / 9:05 am

    Hi Jennifer, terimakasih infonya bermanfaat sekali, tahun lalu saya apply tapi ditolak, tahun ini mau apply lagi, tapi agak khawatir ditolak lagi 🙁

    kalau boleh saya mau dikirimkan contoh dokumen2nya. ini email saya ayse.qonita@gmail.com

    terimakasih

      • Merry
        September 5, 2018 / 11:33 am

        Hi kak..makasi info na..aku ad rencana ke korea tau depan..blh mnta tlg di kirimkan cth surat tdk memiliki STP N NPWP..thank u sebelum nya

  312. Mega
    August 5, 2018 / 3:55 pm

    🙁 uda beli tiket nih .. tapi ga ada SIUP,, cuma ada npwp cuma ortu ,, dan kalo punya toko tp buka PT gt gmn siss..toko baju gt.. dan slip gaji tak ada..

    • lisan
      September 19, 2018 / 4:55 am

      Hi sis , aq jg punya msalah yg samasama gak ada siup 😥 sis udah ada solusi ny gimana ?! Boleh dibantu 🙏tq

  313. Melissa
    August 6, 2018 / 9:36 pm

    Hi, sis Jennifer, aku ngejalananin bisnis onlineshop. mau ajuin visa korea juga. sudah bikin siup dan ada spt juga. tapi sptnya bukan pph21 kenanya yang pph final 1%. masih dag dig dug juga jaga2 takut kena tolak. mau juga dong contoh surat pernyataan orang tua. thanks before. 🙂

    email : nata.melissa@gmail.com

  314. Ika
    August 7, 2018 / 2:40 am

    Hallo jenni, blognya sangat membantu kita untuk apply visa korea. Saya sangat senang membacanya. Boleh kah saya minta contih dokumen-dokumennya. Berhubung saya hanya mempunyai olshop 🙂

    Email saya : ikafitriati2594@gmail.com

  315. miramels
    August 8, 2018 / 2:29 pm

    Hi Jennifer. Mau juga dong dikirimin contoh surat pernyataan dan dokumen2 lain yang perlu untuk visanya. Aku usaha onlineshop dan mau coba ajuin visa korea. Email aku : me3ra28@yahoo.com

  316. nana
    August 10, 2018 / 4:39 am

    halo jennifer
    saya boleh minta contoh suratnya ke neemanem6@gmail.com
    kebetulan saya jg mau urus visa, terimakasih

  317. Rani
    August 10, 2018 / 5:11 am

    Halo kak, senangnya nemu artikel ini . pas banget aku pny rencana ke korea juga dan masi nyicil syarat2 dokumen nya. Kira2 kalo sdh menikah, apa perlu surat keterangan dr suami? Trs kan aku udah resign, dlu smpt punya npwp, dan skrg pghasilan cm dr suami . Enaknya dlampirin npwp yg dulu apa bikin pernyataan ga pny aja?
    Oiya aku boleh minta contoh syarat dokumen2nya, ini email aku ran.yoomi@gmail.com .
    Terima Kasih <3

  318. Susanti
    August 10, 2018 / 8:19 am

    halooo dear, Aku mau donk dikirimkan contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua ke email abigail.susanti@yahoo.com

    Thanks a lot for your info ❤

  319. Alfrey
    August 10, 2018 / 5:31 pm

    Halo Jennifer, thanks banget infonya. Saya juga freelancer dan lagi bingung mau urus visa ke Korea Selatan. Bisa minta tolong kirimkan contoh dokumen-dokumennya ke email saya d4villa@gmail.com ? Thanks again! 🙂

  320. Devi Kumalasari
    August 12, 2018 / 3:42 am

    Kak bisa minta kirim juga contoh untuk surat2 itu ? Email saya : kumala.dv@gmail.com
    Thank youuu kak 🙂

  321. Sarah Nasution
    August 13, 2018 / 6:27 am

    Hi Jennifer, sumpah karena postingan kamu ini bener2 ngilangin stress dan menaikan kepercayaan diri aku sebagai freelancer yang (agak) menyedihkan ini heheheh.. agar lebih pede aku butuh contoh surat2nya nih, ini emailku : sarahnasutionewow@gmail.com .. God bless you! dan makaassiiihh banyakkk atas tulisan kamu ini..

  322. Hilda Feby
    August 13, 2018 / 10:18 am

    Hai kak, bisa tolong kirimin email contoh surat pernyataan tidak punya SPTnya? karena aku blm punya npwp.
    emailku hildafeby@gmail.com

  323. Mega
    August 14, 2018 / 8:53 am

    Halo.. wah baru nemu postingan ini.. aku bisa minta dikirimin contoh surat2 keterangannya?
    @megarinj@gmail.com
    Thanks in advance ^^

  324. kartika
    August 14, 2018 / 12:10 pm

    ahhhh akhirnya nemuin blog yg sangat membantu sekali buat apply visa korea. mbaaa mau di share contoh2 dokumennya donk, kurang lebih sama bgt surat2 yg sy butuhin buat apply., please send to valentiakartika12@yahoo.com thank in advance🙏🙏

  325. Garry
    August 15, 2018 / 4:53 am

    Terima kasih infonnya sis saya berminat…… Bisa tolong kirimkan contoh suratnya @ Garrymandagi78@gmail.com

  326. Ghita Khalida
    August 16, 2018 / 7:53 am

    Halo kak, happy banget bisa nemu artikel ini. Ini jawaban keraguanku selama ini hahaha. Dari kemarin ragu kira2 bisa approve ngga yaa visanya kalau aku bilang statusku sebagai freelancer. Tapi ternyata kakak approved yaaa. Boleh tolong email contoh surat2nya ngga kak ke emailku: ghitakhalida@yahoo.com. terima kasih banyak ka, sukses selalu ya untuk kak Jennifer! 🙂

  327. Adia
    August 17, 2018 / 2:48 am

    Hi dear salam kenal ya. Aku mau dong say dikirimin contoh surat nya karena aku mau apply visa tp ragu karena olshop gapunya SIUP 😁
    emailku: 712adia@gmail.com

    Ditunggu ya. Thank you dear

  328. Amie
    August 17, 2018 / 4:26 am

    Hai kak , aku minta contoh dokumen nya yah , lagi ada rencana mau bikin visa korsel tapi takut ditolak huhuhu..
    rahmiyunita0595@gmail.com
    Makasih sebelumnya 😊

  329. Devi Kumalasari
    August 17, 2018 / 12:23 pm

    Thanks kak jadi ada pencerahan akunya
    Bisa tolong dikirimkan contoh2 surat2 itu juga kak ? Emailku : kumala.dv@gmail.com
    Thanks a lot kak 😁

  330. Indra
    August 18, 2018 / 4:28 am

    Haiii…
    Sangat membantu setelah baca blog jen sempet worry gak pny npwp :’( … Boleh aku di kirim contoh gak pny npwp? Email : cheeseneng@yahoo.com
    Thz

  331. Dilla
    August 20, 2018 / 2:28 pm

    Ini dilema yanh lagi aq hadapin banget nih…kalo ga keberatan bisa minta kirimin contoh dokumen nya ke dillahupz88@yahoo.co.id makasih 😊😊

  332. Hapsari
    August 20, 2018 / 4:48 pm

    Hai kak bersyukur banget ketemu blog ini karena lagi bingung mau apply visa Korea. Kalo boleh bisa diemail ya kak untuk contoh dokumen-dokumennya ke wda.hapsari@gmail.com. Terima kasih banyak kak

  333. Wita Rosmala
    August 21, 2018 / 4:18 am

    Hi, aku seneng banget bisa dapet info ini dari blog kamu. Kebetulan aku lagi nyari contoh2 surat untuk suamiku yg self-employed juga. Boleh minta tolong dikirimkan contoh2 suratnya ke: witarosmala.sa@gmail.com ? Terima kasih yaaa 🙂

  334. Endah
    August 22, 2018 / 11:18 pm

    Halo kak, boleh juga bantu email contoh dokumen2 yang kakak lampirkan untuk visa korea ini? Aku mau apply awal bulan depan tapi takut banget ke tolak😢

  335. Nindy
    August 23, 2018 / 3:18 am

    Siang Ka…boleh minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua? Tolong kirim ke email ini ya Ka (kharismacahyaningtyas@gmail.com). Terima kasih atas bantuannya 🙂

  336. Jenita
    August 23, 2018 / 3:48 am

    Hai selamat siang, aku boleh minta contoh surat keterangan tanpa SPTny?
    Jenjenitaa@gmail.com
    Thanks before 🙂

    • Ayusi
      August 23, 2018 / 2:29 pm

      Contoh dokumen2 kakak mksdnya , makasih gbu

  337. Shindy
    August 24, 2018 / 9:04 am

    Hai, salam kenal. Thank you ya pengalamannya. Kalau boleh, tolong share untuk dokumennya ya di shindyrosary@gmail.com
    Makasih banyak ^^

  338. gaizka
    August 26, 2018 / 8:13 am

    hii kakk please send to me document contoh keterangan tidak punya surat spt nya yaa im planning to go there tapi bingung banget gapunya spt nya:( kindly email to gaizkadvia@gmail.com thanksss btw ur blog is so helpful !!

  339. Sonya Dea
    August 27, 2018 / 1:08 pm

    Halo ka aku ada rencana ke korea akhir tahun ini, tapi belum ada npwp dan spt. boleh dibantu share formnya dan surat2nya ka, thanks before

  340. Ella
    August 27, 2018 / 1:25 pm

    Hai thank you udh sharing pengalaman.. boleh ya aku minta contoh surat2nya di email ke ellaa2511@gmail.com
    Terima kasih.

  341. Chell
    August 28, 2018 / 11:39 am

    Hi sist kalo ak mau buat visa , status ny kerja d prusahaan PT tapi ak ga punya Spt dan Npwp sdgkan ak kerja sudah 5 tahun, itu baiknya gmn ya? Apa ada kmngkinan visa nya akan d tolak??
    Bole tlg d kirimkan contoh2 suratnya ?

  342. Sarah
    August 30, 2018 / 2:03 am

    Halo, bisakah saya juga meminta dikirimkan contoh surat-suratnya? Terima kasih
    Email: sarah.syahrir12@gmail.com

  343. Dadit Pradono
    August 30, 2018 / 4:18 am

    Hai Anandary,

    Artikelnya sungguh membantu kak….
    Boleh minta tolong untuk dikirimkan contoh suratnya ke daditpradono@gmail.com ?

    Terima kasih yaa 🙂

  344. Vitta Prajogi
    August 30, 2018 / 5:31 am

    Halo siz makasih ya tuliasannya bermanfaat banget. Mau nanya kalo adikku cuma dagang kecil2an macem aqua, rokok di rumah dan ga punya siup gimana ya? Aku sdh buatkan surat yg menyatakan segala pengeluaran aku yg tanggung dan surat pernyataan tidak punya npwp. Perlu apa lagi yg surat untuk mendukungnya? Trims

  345. Ella
    August 30, 2018 / 1:20 pm

    Wahh ngebantu bgt nih.. boleh minta contoh surat2nya di email ke ellaa2511@gmail.com
    Thank you

  346. Shanastasia
    August 30, 2018 / 3:55 pm

    Kak, apakah boleh saya minta surat keterangan tidak memiliki npwp dan SPT? Saya freelancer juga kak dan ada usaha online shop. Terima kasih kak. Ini email saya : shanastasia.swastila@gmail.com

  347. Elsya puspa
    September 1, 2018 / 2:32 am

    Hallo kak seneng ketemu blog ini, boleh minta tolong kirimin contoh surat surat nya disini marlianggi@gmail.com , terimakasihh❤️❤️

  348. Rissa meitha denoura
    September 3, 2018 / 12:29 am

    Ka sy kan jualan online..bs tolong kirim contoh surat ket. Usaha jual beli online.. Sm ket. Blm ada NPWP dan SPT dalam bentuk bahasa inggris
    Email: rissameitha12@gmail.com

  349. Endang
    September 3, 2018 / 3:21 am

    Hallo mbak Jenifer….saya berniat berkunjung ke korea dan saya minta contoh surat”nya tersebut…terima kasih sebelumnya.
    milanhome90@gmail.com

  350. jojo
    September 4, 2018 / 4:51 pm

    Hai mba Jen, boleh di kirimin juga utk contoh surat2 nya mba ke y0zua.13@gmail.com.
    Thanks 🙂

  351. rischa febrian
    September 5, 2018 / 3:06 pm

    halo kak, salam kenal namaku icha boleh minta di sent contoh dokumen2 nya? ke rischafebrian@gmail.com terima kasih sebelumnya your favor means a lot for us 🙏🏻

  352. Laras
    September 5, 2018 / 5:44 pm

    Halo Jen, nice info banget, kebetulan aku juga punya problem yg sama nih soal npwp dan spt, boleh minta contoh-contoh suratnya?
    Thank you ya! Have a good day!
    Bisa diemail ke laraskinasih@gmail.com.
    Thank you thank youuuu 💕

  353. Noviani
    September 6, 2018 / 12:09 pm

    Sist boleh minta contoh surat2nya ke purplessnow@gmail.com
    Karena ak self employed dan blm pny siup. Tpi aku sdh beli tiket dluan.

  354. Giani
    September 8, 2018 / 4:39 pm

    Makasih utk tulisannya, bermanfaat sekali.. boleh saya jg dikirimkan contoh” surat” tersebut.. ke nie_13@yahoo.com . Terima kasih banyak

  355. Rossy
    September 9, 2018 / 5:07 am

    Kak makasih infonya! Kalo boleh, mau minta contoh surat keterangan gak punya NPWP dan SPT nya ke rossydinda@gmail.com dong kaa, makasiih sblumnyaa

  356. Alvin apriyan
    September 9, 2018 / 7:24 am

    Hallo ka minta contoh surat sponsor orangtua tua dong dang yang lainnya ^^ terimakasih blog nya berguna untuk apply visa ^^
    Kirim ke email alvinapriyan1304@gmail.com

  357. rina
    September 10, 2018 / 1:06 pm

    wahhh..pas banget artikelnya…boleh minta contoh dokumen2nya??please😊😊😊 terima kasih email : sariamanah80@gmail.com

  358. Catharine Inge
    September 11, 2018 / 3:08 pm

    Hi Jen, salam kenal thank u informasinya.
    Boleh minta contoh surat suratnya?
    Ini emailku cath28girl@gmail.com

    Thanks ^^

  359. Kiki
    September 11, 2018 / 3:38 pm

    Hello jenifer selamat malam, saya baru baca blog kamu.. Saya boleh minta dokumen nya juga? Kirim kan ke email kikiaugustian@yahoo.com Makasih yaaa

  360. Stevani
    September 12, 2018 / 3:18 pm

    Halo numpang tanya, kalo punya kerjaan tetap dan juga ambil freelance itu gimana ya? Apa yg freelance harus disertakan jg atau cukup yg kerjaan tetap aja?

    • anandary
      Author
      September 13, 2018 / 3:02 am

      Kerjaan tetap saja yang ada slip gaji dkk nya

      • Atika Fitria
        October 10, 2018 / 10:45 am

        Selamat malam kak. kaka boleh minta surat2 yang diperlukan jika pekerjaanya adalah freelance bisa dikirim di afnsayuti@gmail.com ?
        Terimkasih banyak kak atas banuannya.

  361. Intan Rahma
    September 12, 2018 / 4:53 pm

    Halo Kak! Akhirnya aku nemu tulisan kakak yang ngebantu banget dan ngasih pencerahan. Ohiya kak, apa boleh aku minta contoh surat keterangan seperti yang kakak bikin ke intanrahmasr@gmail.com ? Terima kasih banyak sebelumnya kaak 🙂

  362. Sylvia tanyoto
    September 14, 2018 / 7:02 pm

    Halo sis thank u informasinya 😁
    Bisa tolong share contoh suratnya sylviatanyoto90@gmail.com.. makasih sebelumnya

  363. Theo
    September 14, 2018 / 10:08 pm

    MS JEN .. Bisa tolong di emailkan ke saya surat2 nya ? Ke email : ed.tan1313@gmail.com , terima kasih sblmnya..

  364. Romi beatrice
    September 15, 2018 / 10:29 am

    aku juga mau minta tolong kirimin contoh surat-suratnya kakaaak~~ vespatendo@yahoo.com thxxxx

  365. Dorothy
    September 18, 2018 / 1:08 pm

    Halo Jennifer, makasih banget infonya. Saya boleh minta contoh dokumen, khususnya statement letter orangtua. Alamat email saya dorothywiharjanto@gmail.com
    Terimakasih banyak sebelumnya 😊

  366. Erika
    September 19, 2018 / 12:48 am

    Hello ci. Thank you info atas visa nya. Boleh minta dikirimin contoh surat2 nya ga yah ke erika.anatasia@live.com . Makasih yah sebelumnya.

  367. lisan
    September 19, 2018 / 4:49 am

    Hi ka , minta contoh semua dokumen ny 🙏🙏🙏tq
    Email : LISANLIECASSIOPEIA@GMAIL.COM
    Aq jg punya masalah ini ka 😢😥 udah bingung berhari2 .hiksss

  368. Carolin Onggo
    September 19, 2018 / 9:36 am

    Halo kak, sebelumnya thank you buat review ttg apply visa korea nih. Boleh dikirimin contoh surat-suratnya nya ga hehhe. Ini email ku: carolinonggo@gmail.com

  369. Desiree sondang
    September 20, 2018 / 12:32 am

    Halo kak thanku infonyaa kak! Sgt membantu😄 kak mau minta tlg untuk meng-emailkan contoh surat pernyataan tidak memiliki spt boleh kak ke email aku desiree_sondang@yahoo.com terima kasih banyak kakk! Sukses teruss✨😍👏🏻

  370. chindy
    September 21, 2018 / 6:20 am

    halo cici, boleh minta contoh surat2 ny gak k email aku ??? chidymega@gmail.com
    makasih ya cici

  371. Indra
    September 21, 2018 / 8:07 am

    Haii,
    Kebetulan des aku mw ke korea cuman bingung gak pny npwp. Boleh minta contoh surat nya 🙂 Saya ke sana status nya temenin anak bos jd enak nya gmn yah? Thx

  372. Shofi
    September 22, 2018 / 5:35 pm

    Halo, boleh minta contoh surat2nya juga ga? Aku baru resign bgt dr kantor lama soalnya. XD Emailku di: adrianishofi@gmail.com
    Thanks buat tulisannya ^^d

  373. sherly
    September 24, 2018 / 10:12 am

    Hallo kak boleh minta contoh dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter org tua? trima kasih banyak

  374. Hana maria
    September 24, 2018 / 3:09 pm

    Hai boleh tolong minta di email contoh surat2 nya ke hanassy8@gmail.com? Thanks a lot ya

  375. Reni
    September 26, 2018 / 7:09 am

    hi kak klo alamat npwp beda ama ktp gmn yah, oyap aku jg bisa minta contoh dokumennya gak, email aku di music_bugs08@yahoo.com

  376. Kam
    September 26, 2018 / 10:15 am

    Terima kasih atas infonya

    Bisa tolong emailkan contoh dokumen dokumen surat keterangan kerja freelancer, surat keterangan tidak punya NPWP dan SPT, serta statement letter orangtua? ke email kam.jt88@gmail.com

    Thank you.

  377. Asti Wisnu
    September 27, 2018 / 12:42 pm

    Mbak boleh minta contoh surat keterangannya? untuk apply visa suamiku yang freelance. email ke astiwisnu@gmail.com terima kasih sebelumnya ya mba

  378. Yuni
    September 28, 2018 / 12:28 pm

    Hi … please sent to me surat keterangan tidak punya spt dlm bhs inggris ke email sufiarni_yuni@yahoo.com

    Trmksh

  379. Livi
    September 30, 2018 / 11:14 am

    Hai sis,

    thank you bgt buat infonya… pencerahan bgt buat orang2 yg freelance dan baru merintis usaha sendiri.. Boleh minta tolong dokumen2 contoh surat keterangan freelance/usaha sendiri dan surat statement orang tua..
    ini emailku : lucky_lyphee@yahoo.com
    Nah masalahnya aku baru bener2 mulai nih sis, jadi belum dapet pemasukan sama sekali.. yg ada malah pengeluaran, jadi belum bisa melampirkan bukti pemasukan.. ada saran gak sis apa yg bisa dilakukan?
    Thank you.

  380. shanty
    October 4, 2018 / 3:22 am

    Hello ci, mohon dikirimkan contoh dokumennya ke, karena saya juga freelence shanty.novia2@gmail.com Thank you for sharing

  381. Julia
    October 4, 2018 / 3:57 am

    Hi, aku mau dong contoh surat” utk freelancer. Tolong di email ke aku yah. Terimakasih

  382. Regina Pangalila
    October 6, 2018 / 9:24 am

    Ka aku baru liat postingannya.. boleh aku minta contohnya gak ka?
    Ini email aku regina.pangalila@yahoo.com
    Terima kasih ka sharingannya.. sangat membantu sekali 😊

  383. gita
    October 6, 2018 / 11:42 am

    hallo kak boleh minta tolong kirimin contoh dokumennya gak?kebetulan aku mau bikin visa buat ke korea..thanks before
    sagitagita566@gmail.com

  384. Bobby
    October 8, 2018 / 5:33 pm

    hai sis, terima kasih banyak atas blognya 🙂
    bisa minta contoh surat2nya?
    Alamat emailku : bobz_os@yahoo.com

    Terima kasih

    • anandary
      Author
      October 13, 2018 / 8:35 pm

      Bisa download langsung di atas ya 🙂

  385. October 9, 2018 / 11:28 am

    Hi Jennifer,
    Do you mind sending the letter example to my e-mail. Currently preparing my documents to apply for S. Korea visa 🙂
    Thank you in advance!

    • anandary
      Author
      October 13, 2018 / 8:35 pm

      Bisa download langsung di atas ya 🙂

  386. October 9, 2018 / 11:29 am

    Hi Jennifer,
    Do you mind sending the letter example to my e-mail (chrisyaarchive1@gmail.com)
    I’m currently preparing my documents to apply for S. Korea visa 🙂
    Thank you in advance!

    • anandary
      Author
      October 13, 2018 / 8:35 pm

      Bisa download langsung di atas ya 🙂

  387. Kartika
    October 10, 2018 / 9:40 am

    Halo kak.. boleh saya minta format kelengkapan surat”nya? Makasih
    kartikadwiaprisia@yahoo.com

    Infonya sangat membantu

    • anandary
      Author
      October 13, 2018 / 8:34 pm

      Bisa download langsung di atas ya 🙂

    • anandary
      Author
      October 13, 2018 / 8:34 pm

      Bisa download langsung di atas ya 🙂

  388. Yosi Ineba
    October 13, 2018 / 12:15 am

    Halo ka, terima kasih sebelumnya karna sudah post mengenai kelengkapan buat Visa.
    Lalu, boleh saya lihat contoh surat surat pendukungnya ka?
    Mau minta tolong di kirim ke email yosi.ineba@gmail.com
    Terima kasih

    • anandary
      Author
      October 13, 2018 / 8:34 pm

      Bisa download langsung di atas ya 🙂

  389. Kiky
    October 16, 2018 / 10:25 am

    Hallo Jennie,
    If you don’t mind, please send to me contoh dokumen surat2nya ke kikykartikaa@gmail.com
    Terima kasih

    • anandary
      Author
      October 16, 2018 / 1:56 pm

      Sudah ada link download-nya di atas ya

  390. Elvira
    October 21, 2018 / 12:05 am

    Trims bgt infonya mba Jenne
    Boleh tlg kirim contok dokumen2 yg ad d list, bebas spt n temen2nya??😄
    Gak butuh io matrich kan yaa??

    Thank’s😘

    • anandary
      Author
      October 21, 2018 / 6:24 pm

      Sudah ada download link-nya di atas

  391. Mark
    November 28, 2018 / 7:57 am

    Hi! Thank you so much for the information sangat membantu sekali. aku ada pertanyaan soal SPT, kmrin kamu submit Surat keterangan kamu tidak punya SPT dan NPWP kan. kamu submit SPT dan NPWP ortu ga? atau ga usah? cukup surat keterangan tidak memiliki spt dan npwp saja? terima kasih

    • anandary
      Author
      November 29, 2018 / 11:43 am

      Tidak submit sama sekali. Aku tidak submit SPT dan NPWP ortu juga karena aku membiayai trip ini sendiri, bukan sponsor ortu. Mungkin perlu SPT ortu kalau pakai sponsor ortu.

  392. Restu
    December 29, 2018 / 4:06 pm

    Kak boleh minta contoh surat keterangan ttidak punya npwp dan spt kak ke email restudehinsaputra@gmail.com aku bingung soalnya padahal biaya pribadi. Karna masih student jadi kudu pake atas nama ortu, sedangkan ortu ga punya

    • anandary
      Author
      December 30, 2018 / 11:05 am

      Ada link download nya di atas

  393. Santy
    January 11, 2019 / 8:32 am

    Saya rencana Mau ke korea bulan depan, rencana liburan sekalian ingin bertemu calon mertua.. Karena calon suami aku orang korea. Semua biaya calon suami aku yang biayain.. Kebetulan aku udah ga kerja. Penghasilan tiap bulan dari calon suami aku. Dan di keluarga aku juga tidak ada yang bekerja. Ibu aku suka ikut pameran baju. Jadi kira2 bagaimna ya buat suratnya. Terimakasih sebelumnya.

    • anandary
      Author
      January 11, 2019 / 8:56 am

      Berarti tidak bekerja ya mba, sepertinya tidak bisa pakai info di atas karena saya apply sebagai freelancer. Coba cari panduan apply visa Korea dengan sponsor saja (sponsor dalam hal ini calon suami mba).

  394. Christian Leonardo
    January 13, 2019 / 10:38 pm

    Hi Jennifer, terima kasih utk superb blog nya mengenai apply visa ke Korea. Kebetulan sy juga ad rencana mau traveling ke Korea tahun ini. Dan ini my first trip ke luar negeri.Dan sdh sejak awal 2018 sy nabung utk trip ini. (Sbnrnya bs sj sy ke negara terdekat dahulu, hanya sj South Korea kyk nya lg hits bgt sbgai destination traveling sejak bbrp thn trakhir). Ok, jd sy pny prtanyaan mngenai “bukti lampiran booking tiket pesawat + hotel”, apa bener gak perlu lampirkan?
    Soalnya sy pun gak pny NPWP or SPT.
    Mohon bantuan jawaban & pndapat nya ya. Thanks and God blessed

    • anandary
      Author
      January 20, 2019 / 11:09 am

      Saya nggak pakai booking tiket pesawat dan hotel kok

    • Utia Rachmadiani
      February 17, 2019 / 11:46 am

      HI christian, gimana visanya? Kebetulan saya juga mau bikin visa dan kasusnya sama, tidak punya npwp dan spt serta baru pertama keluar. Yang mana pasport nya masih kosong. Mohon sharing nya ya. Trims. Ketar ketir uiy

  395. Putri
    February 7, 2019 / 12:06 am

    Waaah thank you kak infonya, aku juga freelancer jadi waswas bgt buat visa korea nya ;( Kak mau dong kirimin contoh pernyataan tidak punya spt nya ke putrizuraida94@yahoo.co.id hehe thank you in advance 🙂

  396. eka
    February 13, 2019 / 2:29 pm

    Penjelasannya sgt Memuaskan,mbak aku minta tlng contoh surat2nya untuk pengurusan viza koreanya yah.Trmksh sblmnya

  397. Herry
    February 25, 2019 / 4:26 pm

    Trimakasih atas informasinya kak.. bisa mnt contoh surat2 pengajuan visa.. kebetulan saya freelance dan tidak ada spt.. bs mnt tlng dikirimkan ke sini y kak.. herrywibowo808@gmail.com …tq kak

  398. Herry wibowo
    February 25, 2019 / 4:27 pm

    Trimakasih atas informasinya kak.. bisa mnt contoh surat2 pengajuan visa.. kebetulan saya freelance dan tidak ada spt.. bs mnt tlng dikirimkan ke sini y kak.. herrywibowo808@gmail.com …tq kak

    • Lidya Putri Mutiara
      February 28, 2019 / 2:38 pm

      Hai ka sudah di email sama ka jenifer ??

  399. Lidya Putri Mutiara
    February 28, 2019 / 2:35 pm

    Ka saya kan mau ke korea bulan juli, saya binggung mau bikin visa korea. Karena tidak punya npwp dan spt.
    Ka boleh minta contoh surat keterangan tidak punya npwp dan spt kak ke email plidya386@gmail.com

    Thank you !!!!
    GBU !!!!

  400. dita
    March 27, 2019 / 6:08 am

    hallo ka bisa tolong kirim ke emailku contoh dokumennya? karna aku juga gak kerja kantoran, aku usaha online shop jd mau tau contoh dokumennya seperti apa. ini emailnya : rohmawiosadita@gmail.com thankyou

  401. April 3, 2019 / 1:55 am

    Hay kak jen, boleh minta contoh suratnya? Aq barusan beli tiket ke korea,mau bikin visa tapi gak kerja dan g punya npwp juga. Hy.mara89@gmail.com

  402. Hana
    April 23, 2019 / 10:15 am

    Hai jenni makasih ya udh share infonya. Helpful bgt. Btw aku punya bbrp prtanyaan, kamu pergi sendiri atau bareng org tua kamu? Soalnya aku rencana mau prg sama ortuku jd aku bingung ttp perlu ada surat jaminan dr ortu ga ya?
    Mudah2 an kamu mau jawab pertanyaan ku. Thanks 🙂

    • anandary
      Author
      April 23, 2019 / 1:04 pm

      Aku pergi sendiri karena itu pakai jaminan ortu. Kalau pergi bersama orangtua sepertinya tidak perlu lagi surat jaminan, kecuali biaya liburannya dibiayai orangtua maka butuh surat sponsor ya

  403. ilvanda
    May 12, 2019 / 11:54 am

    hallo mba terimakasih sekali blog nya sangat bermanfaat, dan saya baru sempat baca sekarang. kebetulan bulan oktober nanti rencananya mau ke korea, dan saya juga seorang freelancer dan tidak punya npwp dan spt. jika berkenan saya mau minta contoh surat2nya ke email ilvanda.rizky26@gmail.com
    terimakasih sebelumnya.

  404. Isti
    May 26, 2019 / 5:23 pm

    Hallo ka jenni… Aku juga rencana mau ke korea, tapi cuma ibu rumah tangga dan freelancer, kira2 boleh minta contoh surat2nya tidak? @istiprihandini21@gmail.com

    Terimakasih ka jennifer

  405. Nlowing
    June 5, 2019 / 2:35 am

    Halo, thanks a lot ya blog nya sangat membantu.
    Boleh minta contoh surat keterangan freelancer dan surat tidak mempunyai spt + npwp?
    Aq sdh terlanjur beli tiket dengan beberapa teman ibu ibu, berangkatnya tggl 22 . Tapi aku pnya usha dan gak pnya spt n npwp.
    Email sya yaa nolalowingg@gmail.com
    Thanks before 🙂

  406. Tiffany
    June 11, 2019 / 11:46 am

    Ka boleh minta surat keterangan tidak punya spt tahunan dan letternya ga ka? Email aku tiffanytania98@gmail.com

    • anandary
      Author
      June 11, 2019 / 3:21 pm

      Dibaca ulang post di atas ya

  407. Alicia
    July 16, 2019 / 4:31 am

    Bisa minta tolong contoh surat”nya sis,saya rencana mau ke korea juga bulan 11 ni tp g punya surat” seperti tdp,spt dan npwp,soale usaha sendiri juga seperti online shop.,ni emailnya y sis aliciagenesius@gmail.com
    Makasihh

  408. Alicia
    July 16, 2019 / 4:34 am

    Sis,bisa tolong di kirimkan contoh” suratnya seperti apa,saya rencana ke korea juga bulan 11 ni tp surat”nya g lengkap soale cuma online shop. Ni emailnya aliciagenesius@gmail.com

  409. Mila
    August 7, 2019 / 3:05 am

    Pagi, Kak Jennifer! Makasih banget atas postingannya, aku jadiin acuan buat apply visa nanti karena kondisinya mirip sama aku sekarang 🙂
    Ada yang mau aku tanyakan kak, untuk form visa di kolom ’employment details’, itu kan ada disuruh isi name/address company, nah karena self-employed waktu itu kakak isi apa?
    Untuk kasusku, karena sekarang sedang masa kontrak dengan suatu perusahaan, apa bisa diisi dengan nama perusahaan tersebut ya?
    Mohon sarannya dan terima kasih sebelumnya! 🙂

    • anandary
      Author
      August 8, 2019 / 2:51 am

      Saat itu aku tulis alamat rumahku saja. Iya, bisa kamu tuliskan alamat perusahaan kamu di kolom tersebut ya

  410. Angeline
    August 13, 2019 / 7:22 am

    boleh kirimkan dokumen2 atau surat2nya ke email ku kah kak ?
    sama mau tanya, klo misalnya paspor baru diperpanjang, terus paspornya masih kosong, apakah bisa diterima utk visa korea nya?
    thank you

  411. Alit
    August 20, 2019 / 4:17 pm

    Kakak, aku baru lihat blognya, maaf kalau masih bisa mau minta juga kakak surat2nya, email saya alit.tila90@gmail.com. terimakasih kakak

  412. Dasnia
    September 23, 2019 / 6:33 pm

    Hallo ka jenni… Aku juga rencana mau ke korea, tapi cuma mahasiswa dan freelancer, kira2 boleh minta contoh surat2nya tidak? @pipin.desnia@gmail.com

  413. fistya
    October 9, 2019 / 10:55 am

    halo ka jennifer, boleh minta contoh dokumennya ga? fistyashinta@gmail.com
    terima kasih sebelumnya ka 🙂

  414. Yayu
    October 16, 2019 / 4:17 am

    Hai kak,saya juga mau dong dikirimin contoh dokumennya, kebetulan saya juga penjual online yang gak punya SPT dan NPWP, email saya ayunix12@gmail.com
    Terima kasih infonya, bermampaat sekali

  415. Josiana
    October 27, 2019 / 9:23 am

    Halo kak.. boleh kirim contoh dokumen surat suratnya ga ? Sent by email yosiana1993@gmail.com

  416. Santi
    November 12, 2019 / 2:39 pm

    Makasi ka contoh contoh suratnya. Aku online shop ka, kalo misal mau ajak mama juga trs aku yg biayain mama disanan bikin surat keterangannya gmn ya ka? Apa mama ak jg mesti buat surat keterangan tidak ounya spt ? Karena mama aku ga kerja jg. Tolong dibls ka aku bingung 🙁

  417. Yuli
    July 7, 2020 / 11:16 am

    Hai Jen,
    Aku mau tanya, misal kita buat visa korea sekarang. tapi berangkatnya tahun depan gitu apa bisa ya?
    Apa ada tanggal berlaku kunjungan kah?

  418. February 19, 2021 / 1:45 pm

    Aku jd kangen ke Korsel lagiiiii :D. Trakhir kesana aku msh kantoran sih, jd ga ada masalah pas apply. Tp skr Krn udh resign, jd sepertinya kalo kesana lagi hrs pake surat pernyataan dari suami. Ato minta dr kantor dia kalo kami perginya bareng. Kemarin adikku yg ibu rumah tangga , dimintain surat pernyataan dari kantor suami nya, kalo mereka pergi berdua. Agak aneh sih sbnrnya. Tapi mau bilang gimana, masing2 negara ada aturan

    LBH mudah kalo apply visa Korut sebenernya. Aku seneng Krn visa Korsel dan Korut udah berdampingan hahahaha. 2019 kmrn ke Korut, dan visanya semua wajib diurus Ama travel. Maklumlah, ke Korut kan ga bisa pergi sendiri. Jd memang visanya LBH gampang jadinya.

    • anandary
      Author
      March 11, 2021 / 10:49 am

      Seru bangeeet udah ke KorUt! Iya, harus pakai travel ya. Kemarin sempat browsing kalo kesana memang harus melalui agent yang sudah ditunjuk oleh pemerintah sana. Wah, mau mampir blogmu deh buat baca ceritanya 😀

  419. frama
    June 21, 2023 / 12:14 pm

    Hi ka, kebeulan aku juga freelancer fotografer boleh send cth surat-suratnya gak ya? ,makasii ka email : framaadhani@gmail.com

    • anandary
      Author
      June 23, 2023 / 11:32 am

      Contoh surat bisa download link di atas

      • July 12, 2023 / 12:21 pm

        mana link nya kak

  420. July 12, 2023 / 1:41 pm

    mana link nya kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!