79   1066
28   1322
49   1069
79   1316
60   1243
21   541
5   629
14   945
44   1261
39   1198

5 Hari Eksplor Chubu, Jepang: Destinasi dan Rute

Pernah dengar area Chubu di Jepang? Salah satu destinasi paling terkenal dan jadi favorit turis, Shirakawa Go, ada di sini! Ada apa saja ya destinasi seru di area ini?

2016 lalu aku pernah trip ke daerah Kanazawa, masih di area Chubu juga. Main ke 21st Century Museum. It was a one day trip, jadi sayangnya nggak sempat eksplor. Padahal banyak banget yang seru buat dikunjungi di region ini! Enaknya lagi, area ini juga lebih less crowded. 

Susah nggak untuk berkunjung ke area Chubu? Transportasi di Jepang sih nggak usah diragukan ya, sudah oke banget sistemnya, baik kereta maupun bus. Berikut aku rangkum destinasi yang bisa dikunjungi di area Chubu!

MARUOKA CASTLE

Salah satu bangunan peninggalan terpenting di Jepang, satu-satunya kastil di regional Hokuriku. Dibangun sebelum jaman Edo, namanya Maruoka Castle. Cantik banget di musim semi karena akan penuh dengan sakura. Bahkan dinaubatkan sebagai one of the 100 best cherry blossom viewing spots in Japan. Di bulan April, ada Maruoka Castle Cherry Blossom Festival diadakan di halaman kastil.

How to Get Here:

JR Kansai > Awara Onsen Station (by train) > Maruoka Castle (by bus)

Maruoka Castle

ECHIZEN CRAB

Jangan lewatkan makanan khas perfektur Fukui, Echizen Crab! Dagingnya banyak dan rasanya cenderung manis.

How to Get Here:

Maruoka Castle > Fukui (by bus)

Echizen Crab khas Fukui

TREE PICNIC ADVENTURE IKEDA

Mau coba kegiatan alam di Jepang? Coba ke Tree Picnic Adventure Ikeda! Aktivitas seru seperti Mega Zipline dan jungle gym ada di sini. Tersedia fasilitas camping juga tentunya.

How to Get Here: 

JR Kansai > Takefu Station (by train) > Tree Picnic Adventure Ikeda (by taxi)

Ziplining!
Camping di hutan cantik

YOKOKAN GARDEN

Salah satu garden tercantik di Jepang. Cantik dikunjungi di musim apapun, tapi best time untuk visitnya adalah di musim gugur!

How to Get Here:

15 Minutes from Fukui Station

Even more beautiful in fall season!

YAMANAKA ONSEN YUGE KAIDO (HOT SPRING TOWN)

Main ke sini rasanya seperti teleport ke film historikal Jepang! Disebut juga hot spring town. Di sepanjang jalan Yuge-Kaido berderet galeri, toko keramik, kafe, restoran, dengan gaya khas Jepang. 

How to Get Here:

Kaga Onsen Station > Yamanaka Onsen (by bus)

Wajib coba berendam di onsen saat di Jepang

KAKUSENKEI GORGE

Spot populer untuk menikmati musim gugur saat daunnya mulai berubah warna dari hijau ke kemerahan. Jangan lupa kunjungi kafe “Kakusenkei Kawadoko Riverside Cafe” dekat jembatan Ayatori untuk mencoba manisan khas Jepang sambil menikmati scenery indah.

How to Get Here: masih satu area dengan Yamanaka Onsen

Kakusenkei Gorge di musim gugur
Ayatori Bridge

OMICHO MARKET

Berlokasi tidak jauh dari Kanazawa Station, terdapat lebih dari 170 toko yang menawarkan variasi seafood, sayuran, dan buah-buahan olahan dari area Kanazawa. Inilah pasar tempat warga lokal berbelanja, namun juga menjadi favorit turis untuk menikmati sushi dan olahan seafood lainnya.

How to Get Here: 

Yamanaka Onsen > Kaga Onsen Station (by bus) > Limited TB Express to Kanazawa Station

Omicho Market, favorit warga lokal maupun turis

ETCHU YATSUO (Suwamachi Main Street)

Terkenal sebagai kota dengan festival “Owara Kaze no Bon” yang unik. Jangan lupa berfoto di area perumahannya yang bergaya Jepang kuno.

How to Get Here:

Hokuriku Shinkansen Kanazawa > Toyama Station > JR Toyama Station > JR Etchu Yao Station

Suwamachi Main Street

 ZUIRYUJI TEMPLE

Kalo ke daerah Takaoka, wajib berkunjung ke Zuiryu-ji Temple, yang merupakan national treasure bagi negara Jepang. 

How to Get Here:

JR Etchu Yatsuo Station > Toyama > Hokuriku Shinkansen Toyama > Shin-Takaoka Station

GOKAYAMA

Gokayama adalah desa cantik dengan rumah khas Gassho-zukuri. Seperti Shirakawa-go, Gokayama juga merupakan situs UNESCO World Heritage. Cantik dikunjungi setiap musim, terutama di musim gugur.

How to Get Here:

Shin-Takaoka Station > Gokayama (by bus)

Beautiful Gokayama
Rumah khas Gassho-zukuri

SHIRAKAWA-GO

Seperti Gokayama, Shirakawa-go juga populer dengan rumah tradisional Gassho-zukuri. Shirakawa-go adalah lokasi tepat jika kamu mau mencari nuansa pedesaan Jepang yang autentik, serta berbaur dengan penduduk lokal. Berlokasi hanya sekitar 20 KM dari Gokayama, kunjungilah kedua tempat ini yang sudah terdaftar sebagai UNESCO World Heritage Site.

How to Get Here:

Gokayama > Shirakawa-go (by bus)

HIDA BEEF FOR DINNER

Kalau sudah berada di Takayama, jangan lewatkan untuk mencoba daging sapi Hida atau Hida beef. Hida beef dipercaya memiliki rasa istimewa karena merupakan berkat dari alam Takayama yang hijau, airnya jernih. Daging Hida gurih, lembut, meleleh di mulut, dan memiliki wangi yang kaya.

How to Get Here:

Shirakawa-go > Takayama (by bus)

Hida beef
The marbling of the beef

HIDA FURUKAWA

Non-stop old Japan vibe in Chubu area. Salah satu lokasi di mana bisa merasakan suasana Jepang kuno yaitu di Hida Furukawa. Dengan pemandangan Seto Canal sepanjang 500 meter yang membelah kota sepanjang jalan Shirakabe Dozogai. Temukan deretan toko sake, souvenir, restoran, dan toko lainnya di area ini.

How to Get Here:

JR Takayama > Hida Furukawa Station (by train)

Fishes!

SATOYAMA CYCLING

Hobi sepeda? Sepedaan di Jepang yuk! Ikut turnya di Hida Satoyama Cycling. Akan ada guide yang mendampingi, jadi nggak cuma sepedaan tapi juga tambah pengetahuan mengenai kehidupan warga sekitar. Seru kan? Nikmati pemandangan pedesaan yang apik, beda dari yang lain!

How to Get Here:

Sekitar 650 m dari Hida Furukawa Station

Kapan lagi bisa sepedaan dengan pemandangan cantik seperti ini di Jepang?

SEKI TERRACE

Dibuka di Maret 2021, di sini kamu bisa merasakan keindahan kota Seki. Melihat industri lokal, teknik cutlery khas kota Seki, mau pun bercengkerama dengan warga lokal bisa kamu lakukan di sini. 

How to Get Here:

JR Hida Furukawa > Mino Ota Station (by train) > Seki Station (by train)

NAGOYA GATE TOWER HOTEL

Hari terakhir di Jepang? Supaya mudah aksesnya, coba menginap di Nagoya Gate Tower Hotel yang langsung terhubung dengan Nagoya Station. Hanya 5 menit dari pintu tiket kereta Shinkansen.

How to Get Here:

Seki Station > Mino Ota Station > JR Mino Ota > Nagoya Station (by train)

Nagoya Gate Tower Hotel

TRANSPORTATION

Salah satu cara mudah (dan terjangkau) untuk mengeksplor daerah Takayama adalah dengan membeli Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass

Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass

Ada beberapa keuntungan menggunakan Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass ini, selain bisa digunakan di semua jalur kereta JR yang tercover di rute pass juga bisa reserve kursi sebanyak 4 kali.

Dengan Takayama-Hokuriku Pass, kamu juga bisa naik berbagai kereta tertentu termasuk Shinkansen dari Toyama ke Shin-Takaoka, cepat dan praktis untuk keliling Jepang tengah!

Info lebih lanjut bisa cek di website berikut: https://bit.ly/3FvHRTt

Petugas di stasiun siap membantu jika ada kesulitan menggunakan pass ini

ITINERARY RECOMMENDATION

Ingin mengunjungi semua destinasi di atas? Bisa coba itinerary selama 5 hari berikut ya!

Siap eksplor area Chubu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!