29   1342
15   544
9   500
32   593
5   801
55   1560
18   1169
7   513
19   1100
60   1834

Semarang 2D1N Part 2: [REVIEW] Taman Celosia, Ayanaz Gedongsongo

Setelah hari pertama keliling di spot wisata dalam kota, hari kedua ini aku menuju ke daerah Bandungan. Sekitar 1 jam berkendara ke selatan kota Semarang. Ada banyak spot wisata di Bandungan ini, dan aku mengunjungi 2 spot di antaranya.

SEWA MOBIL SEMARANG

Berhubung ke Semarang dadakan, aku nggak sempat riset sewa mobil. Termudah yang melintas di pikiranku adalah book mobil via Traveloka. Untuk rate-nya bisa cek di app, harganya bervariasi tergantung jenis mobil, waktu penggunaan, dan tujuan.

Aku book mobil Avanza untuk 24 jam, dari OK Rent Semarang.

Harga rent per harinya sekitar Rp 250.000,- termasuk driver (belum termasuk bensin, uang makan driver, uang tol, dll). Karena mobilnya kubawa ke daerah Bandungan, terhitung out of town sehingga ada extra charge Rp 100.000,-. Totalnya jadi Rp 358.000,-.

Seusai trip, driver menginfokan biaya bensin Rp 125.000,-. Untuk uang makan driver Rp 50.000,-. Jika puas dengan servisnya, silakan memberi tip.

Aku merekomendasi OK Rent Semarang ini karena selain mobilnya bersih, drivernya sopan, mereka juga sangat helpful. Aku si pelupa dan rempong ini sempat ketinggalan tas isi baju di bagasi mobil. Baru ingat ketika sudah di bus on the way ke Jogja. Setelah menginfokan via WA, pihak OK Rent dengan baik hati mengirimkan tasku yang ketinggalan via paket ke Jogja, tanpa minta ganti uang. Terima kasih ya OK Rent! Semoga dilancarkan selalu rejekinya 🙂

AYANAZ GEDONGSONGO

Sudah lama aku ingin mengunjungi Ayanaz Gedongsongo. Ngehitsnya sudah beberapa bulan lalu sih sebenarnya. Lokasinya masih satu area dengan Candi Gedongsongo.

Bubble house

Ayanaz Gedongsongo ini terkenal dengan bubble house-nya. Ketika aku kesini, aku kira tempat ini ada restoran atau kafenya untuk nongkrong. Ternyata tidak ada. Tempat ini pure untuk foto-foto dan duduk-duduk aja.

Meski begitu, kuakui pemandangannya cantik dan sejuk meski mataharinya terik. Udaranya juga segar. Nyamanlah untuk nongkrong cantik. Daerah Bandungan ini memang letaknya di dataran tinggi.

Tiket masuk area Candi Gedongsongo adalah Rp 8.000,-. Tiket masuk Ayanaz Gedongsongo Rp 20.000,- per orang. Jika mau foto di dalam bubble, ada biaya tambahan.

Candi Gedongsongo
Bisa wisata berkuda juga di area Candi Gedongsongo
Loket tiket Ayanaz Gedongsongo
Harga masuk Bubble House besar (VIP)

TAMAN CELOSIA 3 (EUROPEAN)

Salah satu tempat wisata baru di daerah Bandungan, Semarang. Saking barunya, saat aku ke Taman Celosia 3 ini beberapa spot masih under construction.

Little European in Taman Celosia 3

Taman Celosia terbagi menjadi beberapa area. Disebut Taman Celosia 1, 2, dan 3, ketiganya berbeda tema. Saat aku kesana Taman Celosia 1 sedang tutup. Taman Celosia 3 adalah taman terbaru mereka. Temanya adalah European.

Beberapa part dari Taman Celosia 3 ini cantik sekali. Terutama karena bunga-bunganya. Bunganya banyak dan terawat, warnanya beragam. Karena lokasinya di dataran tinggi, bunganya jadi bisa tumbuh cantik sepertinya ya.

Dekorasinya bernuansa Eropa, dan tentunya ada penyewaan baju Belanda.

Penyewaan kostum Belanda

Konsep wisata menyadur tema negara luar ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Aku sudah pernah lihat konsep serupa di Jatim Park 3, Malang, ataupun di Floating Market, Bandung. Tapi nampaknya konsep seperti ini laku di pasaran, jadi terus dibuat. I know people will have mixed reviews towards selfie spots like this.

Taman Lampion
Kok tiba-tiba ada Cony Line?

Menurutku Taman Celosia 3 ini di beberapa areanya terkonsep dan tereksekusi dengan baik, misalnya di sisi kiri yang penuh taman bunga. Rasanya seperti di taman bunga Eropa. Di beberapa area jatuhnya kurang bisa dinikmati, seperti di bagian taman lampion atau rumah hantu. Konsepnya agak membingungkan karena campur-campur. Tapi jika kamu pecinta warna-warni sepertiku, tempat ini pasti menyenangkan sih. Susah lho nemu tempat colorful di Indonesia.

Tiket masuk Taman Celosia 3 adalah Rp 20.000,- (weekdays) dan Rp 25.000,- (weekend dan hari besar).

Loket Taman Celosia 3

TAMAN CELOSIA 2 (KOREAN)

Hanya berjarak sekitar 200 meter dari Taman Celosia 3, turun ke arah bawah kamu akan tiba di Taman Celosia 2. Taman Celosia 2 ini temanya lebih ke nuansa Korea.

Little Korea Taman Celosia 2
The view in the background tho
Annyeonghaseyo!

Jujur, aku kesini karena tertarik dari foto-foto di Instagram yang nampak bagus banget. Ya, kuakui pemandangan disini oke karena background-nya langsung gunung. Tapi, ternyata IRL eksekusinya banyak yang kurang bagus.

Aku merasa tiket Rp 20.000,- kurang worth it untuk masuk sini. Jika harus pilih antara Taman Celosia 3 atau 2, jelas pilih Taman Celosia 3.

Kalau pintar foto sih, bisa banget dapat foto bagus. Tapi jujur, pas aku kesini ngerasa kurang banget. Konsepnya campur aduk. Little Korea, tapi mendadak ada green house piramid. Mendadak ada kolam. Mendadak ada museum selfie. Semoga ke depannya ada perbaikan biar konsepnya nggak campur aduk begini.

Kolam dan day bed
Appreciation for the gardeners. The flowers are really beautiful

Tiket masuknya Rp 20.000,- untuk weekdays, dan Rp 25.000 untuk weekend dan hari besar

HTM Taman Celosia 2
Ada penyewaan hanbok juga untuk foto
Ada sewa kamera dan jasa fotografer

BACK TO SEMARANG, THEN OFF TO JOGJA!

Sepulang dari Taman Celosia 3 sudah terlalu sore, jadi aku langsung kembali menuju Semarang. Kalau ada waktu sebenarnya pengen lanjut ke Desa Semilir Eco Park. Well, maybe next time!

Sampai di Semarang, ambil tas yang dititip di hotel, lalu lanjut ke travel Joglosemar untuk menuju Jogja. Book travel Joglosemar bisa via aplikasinya (available di Android. Book via web entah kenapa aku error terus). Setelah itu, langsung ke pool-nya di jalan Pemuda, Semarang.

Travel Joglosemar dari Semarang ke Jogja
Dapat minum dan roti juga

Tiketnya kubeli seharga Rp 85.000,- one-way via app Joglosemar. Perjalanan sekitar 3 jam 30 menit hingga Jogja. Aku naik bus jadwal jam 19.00. Sampai di Jogja sekitar pukul 22.30. Turun di pool Joglosemar Jogja di Jalan Magelang, dan lanjut taksi online menuju hotel.

Thank you and goodbye Semarang! Our meeting was short but nice.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!