32   1650
87   2108
16   1100
23   1587
16   978
50   3272
20   1560
9   1362
64   1703
51   1138

Taiwan Trip: Main Ke Lokasi Syuting Meteor Garden (Ying De University, P.S. Bubu)

All Meteor Garden fans unite! Pertama kalinya ke Taiwan dan aku sukses mengunjungi beberapa lokasi syuting TV series legendaris ini.

Sedikit info bagi yang belum kenal atau belum pernah dengar tentang Meteor Garden. Meteor Garden adalah TV series asal Taiwan yang ngehits di kemunculannya tahun 2001. Kehebohannya mulai masuk Indonesia di tahun 2002, saat Indosiar mulai memutarnya di hari Senin jam 22.00.

Aku ingat pertama kali aku melihat iklan Meteor Garden di Indosiar, saat adegan Sanchai lempar sepatu ke Tao Ming Se. Dan aku berpikir, “Hah? Buset. Seru kali nih ya tv series?” Aku pun begadang dan bela-belain nonton jam 10 malam, di episode pertama penayangannya di Indosiar. Tolong dicatat, bahwa aku masih berumur 10 tahun saat itu. Huahahaha.

Serial TV dan boyband lejen pada jamannya

Fast forward to many years after, I’m in Taiwan! Finally visiting the origin country of the series. Sebenarnya cukup banyak fans Meteor Garden yang meliput tentang lokasi syutingnya di Taiwan, tapi kebanyakan blog pinoy alias blog Filipina. Karena itu kutulis blog ini berbahasa Indonesia dengan harapan semoga fans Meteor Garden dari Indonesia bisa mewujudkan mimpinya ke lokasi syuting serial kesayangannya. Just like I did!

Sebenarnya tidak terlalu banyak lokasi syuting Meteor Garden yang bisa dikunjungi. Karena sesuai serialnya, syutingnya kebanyakan di kampus (terutama episode awal), dan di ruang pribadi (misal rumah, hotel, villa, dll). 2 spot utama yang aku kunjungi ialah National Chung Cheng University dan P.S. Bubu Cafe.

P.S. untuk membaca tulisan ini selanjutnya, disarankan sambil memutar OST Meteor Garden. Harlem Yu’s Ching Fei De Yi misalnya, ehem supaya lebih meresap.

NATIONAL CHUNG CHENG UNIVERSITY (YING DE UNIVERSITY, F4 & SANCHAI’S CAMPUS)

Kampus mahal anak-anak tajir di Meteor Garden, apalagi kalau bukan Ying De University. Ternyata syutingnya di kota Chiayi, tepatnya di National Chung Cheng University (NCCU). Banyak yang bilang, ini kampus tercantik di Taiwan lho. Meteor Garden lekat dengan kesan kisah cinta anak kuliahan. Scene ikonik juga banyak terjadi disini, jadi lokasi ini wajib dikunjungi!

Area NCCU ini besar sekali, jadi lebih baik sediakan waktu 1-2 jam jika mau berkeliling. Kampus ini terbuka untuk publik, tidak ada pemeriksaan ID card dan lain-lain jika ingin berkunjung masuk. Malahan, ada halte bus segala di area kampus ini yang melayani beberapa rute Chiayi. Banyak blog lain juga menerangkan bahwa aman kok untuk orang luar masuk ke area NCCU, tapi tetap sih aku agak deg-degan takut ketahuan security dan diusir apalagi karena foto-foto hahaha #fangirlwaswas

Halte NCCU, tempat turun jika naik bus dari stasiun
Beautiful NCCU. Suasana kampusnya enak banget
Map NCCU

Setelah turun dari bus, bisa langsung berkeliling NCCU. Persis di samping halte terdapat Tranquility Lake dan di sampingnya ada gedung kegiatan mahasiswa. Dua tempat ini juga spot syuting Meteor Garden.

Tangga turun menuju Tranquility Lake
Tranquility Lake
San Chai dan Ching He pernah makan siang di danau ini. Lalu Tao Ming Se cemburu hahaha
Tangga di gedung kegiatan mahasiswa di samping Tranquility Lake
F4 pernah lewat tangga ini

Tidak jauh dari tranquility lake, ada jalanan teduh dengan pepohonan di sampingnya. Adegan apa nih?

Jalanan sejuk ini, adegan apa ya?
Yup! Jalanan ikonik dimana San Chai bolak-balik dorong motor beberapa episode

Lanjut berjalan beberapa meter ke arah kiri akan ketemu Administration Building, alias gedung administrasi. Gedung ini nih yang rooftop-nya sering jadi tempat Hua Zhe Lei dan San Chai bertemu.

Dengar-dengar rooftop-nya tidak bisa dimasuki umum, jadi aku juga nggak masuk sih karena takut. Foto di depannya aja!

Perempuan ini kok foto-foto mulu ya depan kampus orang
NCCU Administration Building. Suka banget bentuknya yang unik.
Spot favorit San Chai dan Hua Ze Lei, rooftop
Dasar kampusnya bagus, iseng foto di Administration Building aja kece

Di seberang agak samping Administration Building, ada fountain atau air mancur. Fountain ini ikonik juga karena merupakan tempat lulus-lulusannya F4 di Meteor Garden 2 episode 1. Tempat ini juga sempat muncul di episode awal Meteor Garden 1 beberapa kali.

Fountain area
F4’s graduation. Meteor Garden 2 episode 1
Ada helikopter segala di graduation-nya, bok. Extraaaa.
Ini di Meteor Garden 1, episode 2. Tao Ming Se masih rambut nanas.

Persis di seberang fountain, ada gedung yang area depannya sempat jadi lokasi syuting juga. Kali ini adegan tarik-tarikan antara San Chai – Tao Ming Se – Hua Zhe Lei yang ikonik di episode 2.

Adegan legendaris. Yang kocak karena setelah ditarik-tarik akhirnya San Chai dilepas dan jatoh juga hahaha

Spot berikutnya adalah spot favoritku! Dan mungkin akan jadi paling ikonik dan memorable buat pecinta Meteor Garden. Perpustakaan atau library NCCU! Disinilah tersimpan loker ikonik Meteor Garden. Dimana si kartu merah ‘You’ll Be Dead’ by F4 sering muncul.

Gedung perpustakaan NCCU
Setelah masuk pintu, belok kanan turun di tangga melingkar

Masuk perpustakaan ini sebenarnya butuh ID card untuk masuk ke area buku-bukunya, tapi untuk ke loker ini tidak perlu. Cukup belok kanan setelah pintu masuk dan akan ketemu tangga ke bawah. Turunlah, dan dari situ akan terlihat loker-loker tersebut!

AND WE’RE HERE! Locker number 150 that once belonged to San Chai
One happy fangirl
The iconic locker

HOW TO GET TO NCCU (YING DE UNIVERSITY)

NCCU ini lokasinya di kota Chiayi, kurang lebih 3 jam dari Taipei melalui jalur darat.

Jika dari Taipei, kalian bisa ke Chiayi dengan THSR atau kereta cepat kurang lebih 1 jam. Dari Chiayi HSR Station, lanjut bus nomor 106 ke NCCU sekitar 60 menit.

Taiwan High Speed Rail ticket by Klook
Harga tiket THSR dari Taipei ke berbagai kota lainnya. Taipei-Chiayi harganya sekitar Rp 360.000,- one way

Karena aku dari Taichung, aku naik local train dari Taichung Station ke Chiayi Station. Perjalanan sekitar 1 jam 45 menit. Lanjut bus nomor 106 ke NCCU sekitar 45 menit. Haltenya ada di seberang kanan stasiun, jalan dulu beberapa meter. Harga bus-nya aku kurang pasti karena sepertinya bergantung jarak, dan aku bayar dengan tap Easy Card saja. Dari TRA Chiayi Station bisa pilih taxi juga untuk ke NCCU, rate-nya sekitar NTD 600 (kurang lebih Rp 300.000,-).

Bus 106 ini rutenya adalah dari Chiayi Station ke Chiayi HSR Station dan sebaliknya. Di tengah perjalanan, bus ini berhenti di halte NCCU. Please note, bus ini ada sekitar 1 jam sekali. Frekuensinya tidak terlalu sering, jadi persiapkan waktu dengan baik.

Bus 106 rute TRA Chiayi Station to THSR Chiayi Station dan sebaliknya. Di tengah dia berhenti di NCCU (nomor 6)

Untuk pulang ke Taichung, aku memilih naik kereta cepat THSR dari Chiayi ke Taichung. Memang jauh lebih mahal sih tiket keretanya, tapi 30 menit saja sudah sampai Taichung. Berbekal pengalaman berangkat tadi, naik local train dari Chiayi Station ke Taichung Station bisa 2 jam sendiri, belum naik bus-nya. Aku mengejar biar bisa visit Rainbow Village hari itu, kalau naik local train pasti sampai Taichung sudah keburu gelap.

Jika kalian punya ekstra budget, aku merekomendasikan naik THSR saja karena cepat. Naik local train lebih murah sih tapi luamaaaa di jalan, karena berhenti-berhenti terus di banyak stasiun. Belum tentu dapat kursi untuk duduk juga. Tiket THSR dari atau ke Taichung bisa dibeli disini.

Harga tiket THSR dari Taichung ke berbagai kota lainnya. Taichung-Chiayi harganya sekitar Rp 130.000,- one way.

Jika kalian tidak sempat beli online terlebih dahulu, bisa kok beli tiket THSR on the spot di stasiun. Asal tidak pada saat weekend atau liburan, biasanya masih pasti dapat kursi. Harga beli online biasanya agak lebih murah sedikit dibanding beli on the spot.

https://goo.gl/maps/sFQFiKYtaWSvD4Hq8

P.S. BUBU CAFE

P.S. Bubu Cafe, kafe unik yang jadi tempat kencan resmi pertama Tao Ming Se dan San Chai. Meski 1 episode kemudian mereka putus di tengah hujan *hapal*

Depan kafenya aja udah lucu

Scene nge-date San Chai dan Tao Ming Se ini banyak diingat orang karena kafenya unik, mejanya berbentuk mobil-mobil. Meskipun bukan penonton Meteor Garden, kurasa orang juga akan happy makan disini karena bisa mendapat experience yang berbeda.

Aku nggak makan berat disini karena habis makan siang. Pesan pancake dan mushroom french fries. Enaaaaaak! Perfect place to end your day. Pas aku kesana lagi sepi juga, tamunya cuma kami berdua.

Our meal
Can you tell how ecstatic am I being here?

Berapa harga menunya? Affordable kok, rata-rata harga kafe di Taiwan. Per menunya sekitar NTD 200. Untuk 3 menu di atas aku habis NTD 700 (Rp 350.000,-). Air minum gratis.

HOW TO GET TO P.S. BUBU CAFE

P.S. Bubu Cafe berlokasi di kota Taipei. Untuk ke P.S. Bubu Cafe, bisa dengan MRT ke Shipai Station lanjut bus 601 atau Red 19 ke Tianmu 天母 (halte terujung).  Supaya tidak kelewatan halte berhenti, pantau terus di Google Maps. P.S. Bubu Cafe-nya akan ada di sebelah kanan jalan.

https://goo.gl/maps/qebNVucTz8zUPXay9

TAMKANG UNIVERSITY

Selain di NCCU, ternyata beberapa scene kampus Meteor Garden ada yang syuting di Taipei. Tepatnya di Tamkang University. Aku baru tahu info ini juga setelah pulang ke Indonesia, jadi tidak sempat kesana. Kalau kalian tidak sempat ke Chiayi untuk ke NCCU, bisa ke Tamkang University untuk pelipur lara ya.

Source: luomujie.blogspot.com

METEOR GARDEN TOUR

Jika kalian stay di Taipei, hanya punya waktu sedikit dan ingin praktis, bisa ikut Meteor Garden tour juga dari Klook.com

Tersedia 2 jenis tour:

  • Taipei area only: Tamkang University, P.S. Bubu Cafe
  • Chiayi area only: National Chung Cheng University (+ bonus ke Zhongshe Flower Market)

Jika penasaran seperti apa Zhongshe Flower Market, lokasinya di Taichung dan sudah pernah kutulis di Taiwan Trip Part 2: Taichung.

Meteor Garden Sightseeing Tour from Taipei

Dear other Meteor Garden fans out there, semoga kalian bisa mewujudkan impian masa lalu sepertiku juga 😀

4 Comments

  1. Lifah sudjatmika
    June 2, 2019 / 6:53 am

    Keren dan selalu suka sama blog kamu je, apalagi foto2 nya.
    Besok mau ke Bandung dan mau ke Cafe orofi, gara2 liat blog Bandung kamu, yeay

    • anandary
      Author
      June 2, 2019 / 8:40 am

      Thank you, Lifah! Wah, udah lama banget aku nggak eksplor Bandung lagi. Have fun di Bandung yaaa!

  2. June 10, 2019 / 9:46 am

    Huahahaha. Jennifer sang Die Hard Fan Girl! 😀
    Aku suka sama Tranquility Lake sama bangunan-bangunan uniknya.
    Aku juga nonton Meteor Garden tapi nggak segitu ngefans sih. Aroma-aromanya umur kita beda tipis nih 🙂

    • anandary
      Author
      June 11, 2019 / 5:11 am

      Hahaha sekali-kali nih jadi fangirl mewujudkan mimpi boleh dooong 😆. Wah, pasti ingat ya hebohnya Meteor Garden dulu seperti apa. Iya nampaknya kita seangkatan nih hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!