Korea Trip: Sewa Hanbok, Gyeongbokgung Palace dan Hanok Village

Belum lengkap ke Korea kalo nggak sewa hanbok dan bergaya ala-ala di drama sageuk!

Aku sendiri bukan pecinta sageuk (historical period drama). Nggak suka nonton-nya entah kenapa. Kecuali yang sageuk-nya cuma seiprit dan kembali ke masa kini kayak Goblin, itu aku masih suka.

Biarpun nggak suka sageuk, pastilah ke Korea harus cobain foto pakai hanbok. Sama aja kayak ke Jepang harus cobain kimono, atau pakai baju tradisional Belanda kalau ke Amsterdam. Turis banget sih, tapi ya nggak apa-apa lah! Kan emang turis? Hehe.

Di Seoul, area favorit untuk berjalan-jalan dengan mengenakan hanbok adalah daerah sekitar Gyeongbokgung Palace dan Hanok Village.

Hanbok experience in Gyeongbokgung Palace

Gyeongbokgung Palace adalah istana kerajaan pada masa dinasti Joseon. Hanok Village adalah area perumahan di Seoul yang dekorasi rumahnya bergaya ala tradisional Korea. Nggak lucu kan kalo pake hanbok tapi muter-muternya Myeongdong pusat belanja make up?! Jadilah area ini yang paling jadi favorit wisatawan untuk keliling dengan memakai hanbok.

Untuk sewa hanbok, aku sudah booking terlebih dahulu dari Indonesia lewat Klook.com. Simpel banget, tinggal pilih tanggal, jam, book, dan bayar (aku menggunakan CC saat itu), selesai! E-voucher nya bisa kamu print atau simpen saja di handphone. Aku waktu itu pilih yang paket 4 jam. Murah menurutku, nggak sampai Rp 200 ribu!

Bukchon Oneday Hanbok Rental (link here)!

Penyewaan hanbok-nya berlokasi dekat dari Hanok Village dan Gyeongbokgung Palace. Cukup jalan kaki saja.

Rute hari itu adalah:

Oneday Hanbok Rental (sewa hanbok) -> Hanok Village -> Gyeongbokgung Palace -> Oneday Hanbok Rental (return hanbok)

HOW TO GET THERE

Stasiun subway terdekat untuk menuju Oneday Hanbok Rental adalah Anguk Station, subway line 3. Dari Oneday Hanbok Rental untuk ke Hanok Village dan ke Gyeongbokgung Palace bisa dicapai dengan berjalan kaki saja.Β Jika mau langsung ke Gyeongbokgung Palace bisa turun di Gyeongbokgung Station (subway line 3), 1 stasiun setelah Anguk Station.

Penginapanku berlokasi di dekat Ewha Women’s University, jadi rute subway-nya adalah sebagai berikut:

Ewha Women’s University Station (take line 2) -> Euljiro 3(Sam)-ga (transit, then take line 3) -> Anguk Station (Exit 2)

Dari exit 2, cukup jalan sekitar 300m mengikuti Google Maps maka akan terlihat gedung bertuliskan Oneday Hanbok Rental. Pintu masuknya ada di sisi sebaliknya, lokasinya di lantai 2.

Oneday Hanbok Rental, 300m from Anguk Station
Plang Oneday. Agak mungil jadi agak kudu teliti untuk nemuinnya.

ONEDAY HANBOK RENTAL

Nggak punya banyak foto-foto disini karena jujur aja rempong milih-milih hanbok!

Oneday Hanbok Rental ini cukup populer karena harganya relatif murah. Staff-nya sepertinya orang Chinese karena fasih bahasa Chinese. Bahasa Inggrisnya pun oke kok. Tentunya juga bisa bahasa Korea. Jika kamu tidak booking via Klook, kamu juga bisa langsung go show kesini kok.

Staff-nya akan bantu memberi tahu size-mu dan menunjukkan lemari hanbok untuk size tersebut. Silakan pilih-pilih! Btw, kamu hanya boleh coba fitting 2 hanbok saja, setelah itu harus menentukan pilihan.

Setelah menentukan pilihan hanbok, kamu bisa memilih aksesoris rambut dan tas di ruangan lain. Untuk rent extra vest hanbok (biasanya untuk musim dingin), ada biaya tambahan.

Untuk rambut tidak ada layanan hair-styling. Tersedia catokan, ikat rambut, dan bobby pins disana, tapi nggak ada salahnya bawa sendiri jika hair-styling-mu lumayan rempong.

Make up area dan area pilih aksesoris

Karena sudah menyewa tas kecil khusus untuk hanbok, tasmu bisa dititipkan di area kasir. Kamu akan diminta passport dan deposit 10.000 won per orang. Jangan lupa cek terlebih dulu hanbok-mu jangan sampai ada rusak.

BUKCHON HANOK VILLAGE

Dari Oneday Hanbok Rental, sudah dekat ke Bukchon Hanok Village. Jalan kaki hanya sekitar 200m.

Kalo sering nonton drama Korea pasti sering deh lihat area ini. Memang ini salah satu area di Seoul yang masih terasa suasana Korea otentik-nya.

Kayak di drama Korea banget ya?

Pada dasarnya Bukchon Hanok Village adalah perumahan warga. Namun di beberapa sisi jalan ada beberapa toko dan kafe juga yang bisa kamu sambangi.

Ke Bukchon Hanok Village ini juga no entrance fee alias GRATIS. Tapi tetap jaga kesopanan terutama dalam berfoto ya karena ini kan area rumah orang.

Difotoin fotografer ala-ala Sweet Escape gitu yang ternyata orang Indonesia! LOL

Bright sky that day

GYEONGBOKGUNG PALACE

Berjalan kaki dari Bukchon Hanok Village, sampailah di Gyeongbokgung Palace! Yakin deh kalau pertama kali ke Seoul, pasti tempat pertama yang direkomendasikan orang-orang (Korea asli) adalah istana yang satu ini. Kalo orang Indonesia pasti nyuruhnya ke Myeongdong, belanja! Hahaha.

The majestic Gyeongbokgung Palace

Ini adalah kedua kalinya aku ke Gyeongbokgung Palace. Pertama kali adalah tahun 2011 bareng keluarga. Bongkar Facebook ternyata masih ada foto-fotonya! Bonusin deh ya biar fotonya banyak hehehe.

Gyeongbokgung, September 2011. Bisa pake celana pendek karena masih panas dan belum 2 derajat kayak trip 2017 ini.
Bapak, ibu, dan adikku. Jadi pengen family trip lagi!

FYI, kalau mengenakan hanbok, masuk palace tertentu di Seoul itu GRATIS! Termasuk Gyeongbokgung Palace. Udah kucobain sendiri. Karena pakai hanbok, hanya tinggal melenggang manja lewatin pintu masuknya. Nggak disuruh bayar! Hehehe. Aku tahu darimana? Dari nonton The Return of Superman. Saat Daehan Minguk Manse ke Gyeongbokgung!

Berguna juga ya nonton variety show dan drama Korea?

Tiket normal Gyeongbokgung Palace jika tidak memakai hanbok adalah 3000 won (adult, ages 19-64) dan 1500 won (children, ages 7-18).

Bonus foto tiket waktu kesini 2011

Inget banget dulu 2011 ke Gyeongbokgung Palace karena bareng keluarga jadi nggak terlalu keliling ke dalam. Akhirnya kali ini bisa ngider puas-puasin lihat arsitektur bangunan tradisional Korea yang cantik.

Area danau di Gyeongbokgung Palace. Background-nya kece tapi mohon abaikan pohonnya gundul berhubung winter LOL

Yang terkenal juga di Gyeongbokgung Palace adalah changing guards ceremony. Tahun 2011 aku udah pernah lihat sih, dan kebetulan tahun ini nggak sempat melihatnya. Upacara ini ada di jam 10.00 dan 14.00 di area Gwanghwamun Gate.Β Berhubung tahun ini aku nggak lihat, bonus foto tahun 2011 ya!

TIPS & TRICK

For Oneday Hanbok Rental:

  • Kenakan kaus atau pakaian yang bisa sekalian jadi dalaman hanbok. Tersedia fitting room, tapi lebih gampang kalau pakai kaos jadi bisa langsung coba tanpa bolak-balik fitting room. Hari itu aku pakai kaos hitam lengan panjang dan celana jeans. Tinggal di-double deh!
  • Di Oneday Hanbok Rental, tidak disewakan sepatu. Jadi siapkan sepatu sendiri. Aku sendiri pakai sepatu biasa, karena toh tidak terlalu terlihat karena tertutup rok hanbok
  • Tidak disediakan hair styling. Untuk menghemat waktu mungkin bisa hair styling dari sebelum berangkat, catok dulu misalnya
  • Hati-hati menggunakan hanbok, karena apabila ada kerusakan akan dikenakan charge bergantung dari fatalnya kerusakan

For Bukchon Hanok Village:

  • Ini adalah area pemukiman warga, jadi tetap jaga kesopanan saat ‘menumpang’ foto di depan rumah mereka
  • Area-nya touristy, jadi nyaman untuk foto-foto karena semua visitornya juga foto-foto
  • Karena jalanan umum, banyak kendaraan yang mondar-mandir. Tetap hati-hati

For Gyeongbokgung Palace:

  • Gratis tiket masuk apabila mengenakan hanbok
  • Changing guards ceremony berlangsung jam 10.00 dan 14.00 di area Gwanghwamun Gate
  • Area-nya luas, jadi spare waktu jika mau berkeliling

My personal fave spot for photo!

Happy hanbok-ing in Seoul! <3

 

Oneday Hanbok Rental

Address:Β 2nd Floor, 4 Bukchonro5-gil, Jongno-gu, Seoul

Nearest Subway Station: Anguk Station (Exit 2), then walk 300m

Opening Hours:Β 9:00am – 7:00pm (rental is available until 6:00pm)

 

 

24 thoughts on “Korea Trip: Sewa Hanbok, Gyeongbokgung Palace dan Hanok Village

  1. kak mau tanya, untuk deposit loker 10.000 won itu hanya untuk deposit yang nanti dikembalikan full atau ada biaya lain?

    1. Nggak pernah nginep apartment di Seoul tuh. Aku kemarin ke Seoul nginep di Philstay hostel di daerah Ehwa University. Aku suka sih, murah, bersih, dekat stasiun dan jajanan-jajanan πŸ™‚

  2. Kak mau tanya, dari hanok village ke gyeongbokgung jalan kaki kira2 berapa lama ya? Terus return Hanbok nya ke rental itu kaka jalan kaki lagi atau gimana? Soalnya ko aku liat banyak yg naik subway dari gyeongbokgung ke daerah bukchon hanok village.. Mohon pencerahannya kak, lg nyusun itinerary juga soalnya 😊

    1. Dekat banget kok dari Hanok Village ke Gyeongbokgung cuma jalan sekitar 30 menit. Iya pas return hanbok juga aku jalan kaki dari Gyeongbokgung ke tempat rentalnya. Kalo naik subway menurut aku sayang cuma 1 stasiun doang, malah capek turun naik tangganya mending jalan kaki aja πŸ™‚ Tapi ini untuk aku yang solo traveling dan masih muda jadi seneng jalan ya, mungkin kalo bawa orangtua yang udah berumur lebih nyaman naik subway atau taxi

  3. Kak, jalan ke Korea nya boleh dibikin itinerary per hari + budget nya ga? Kaya yang ke Thai sama China. ThankyouπŸ’ž

    1. Hai Anggie. Tergantung kamu tipe yang lama berhenti-henti buat foto-foto enggaknya sih. Soalnya kan ada ya orang yang kalo foto lama banget, semua spot dicobain hahaha. Aku sih 4 jam cukup, soalnya Bukchon & Gyeongbokgung itu deket kok. Dan aku semuanya jalan kaki nggak naik taxi atau kendaraan umum lainnya πŸ™‚

    1. Semua tergantung harga tiket pesawat yang kamu dapat (harga promo atau engga), berapa hari disana, dan mau kemana aja pas disana. Taruhlah at least butuh 1 juta untuk 1 hari, plus harga tiket pesawatnya.

    1. Jam 10.00 itu Royal Guard Changing Ceremony, dilanjut jam 11.00 Gwanghwamun Gate Guard on Duty Ceremony. Kalo mau liat upacara pergantian ya jam 10. Jam 11 masih ada ceremony tapi bukan upacara pergantian.

  4. Hai, sy mau nanya.. Km tau bagaimana caranya dari hanok village atau gyeongbokgung menuju ke changdeokgung ? Apa boleh tetep pakai hanbok ke istana changdeokgung?

  5. Mb mau tanya. Sewa hanbok lewat klook itu ad beda tipe kah ?? Kata tmnku ad yg premium. Waktu booking lewat klook dpt nya yg mana mb? Maksih.
    Klo dr buckhon ke gyeongbokgung itu detail jalannya lewat mana mb biar cepet?

    1. Setahu saya Klook itu cuma website ‘perantara’, jadi pasti bisa lebih dari 1 penyedia sewa hanbok di Klook. Yang saya gunakan yang ada di link di atas ya.

      Cek Google maps atau Naver Maps aja dari Bukchon ke Gyeongbokgung, atau biasanya ada penunjuk jalannya kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *