TUTORIAL: How I Edit My Colorful Instagram Photos

Top 3 Direct Message paling sering muncul di inbox di Instagram-ku:

1.    Edit fotonya pake apa kak? Kamera apa? Tutorial dong

2.   Kak ini dimana? (biasanya kalo aku abis posting tempat lucu)

3.   Follback ya kaaaak… #eaaa

Well, post kali ini akan didedikasikan untuk menjawab pertanyaan pertama!

If you guys haven’t known yet, my Instagram feed is pretty much always bright and colorful.

Untuk maintain feed Instagram yang colorful jujur aja nggak mudah. Butuh planning dan effort yang nggak sedikit.

Di Indonesia jarang ada tempat untuk photo spot yang warna-warni. Let’s just be honest about that! Mungkin itu juga salah satu alasan kenapa jarang ada Instagram users Indonesia yang feed-nya colorful. Kalo feed monokrom dan muted colors? Jangan ditanya. Bejibun! Kalo ke kafe-kafe di Jakarta aja, kebanyakan interior-nya yang monokrom kan?

Sebagai pecinta colorful feed, cukup sedih di Indonesia jarang ada IG user yang feed-nya warna-warni (dan bagus)! Melihat tingginya request untuk tutorial ini, aku optimis di Indonesia itu sebenarnya banyak yang suka colorful feed. Cuma mungkin bingung bikinnya gimana? Editnya gimana? Maintain-nya gimana?

Pink feed! Jujur aja ini susah bikinnya. Kebetulan aja lagi trip ke Bali dan Bali penuh dengan cute pink places jadi berani coba pink feed.

Kemarin iseng ngepost pertanyaan di Instagram. Perlu nggak aku buat tutorial edit foto colorful? Ternyata banyak yang tertarik.

Hopefully, dengan post ini akan semakin banyak colorful IG feed dari Instagram user Indonesia. So here you go, let’s start the tutorial!

STEP 1: TAKE COLORFUL PHOTO

Ini hukum yang pertama dan terutama.

Sungguh percuma kamu pengen punya feed colorful tapi nggak punya foto mentah yang dasarnya memang warna-warni. Let me repeat: PERCUMAAAAA.

Step 1 ini step tersulit tapi paling berpengaruh. Kalau kamu memang serius pengen punya colorful feed, mulai sekarang coba selalu hunting tempat yang colorful untuk foto-foto.

Kerahkan extra effort untuk browsing cari tempat colorful di daerah tempat tinggalmu. Kalau diajakin teman nongkrong, coba ajak mereka ke cafe atau restoran yang cerah dan colorful. Kalau ada planning liburan, coba cari destinasi yang kira-kira colorful juga. Jangan lupa follow Instagram users di daerah tempat tinggalmu yang feed-nya colorful untuk jadi referensi cari tempat foto.

From pink to yellow to green to turquoise to blue.

Seniat itu? Yup! The struggle is real, guys! But worry not, it is achievable. Kalau untukku sih, effort-nya selalu sepadan dengan rasa puas tiap ngecek feed yang sukses warna-warni. Dan aku pun memang lebih suka tempat yang colorful sih, jadi nggak pernah ada rasa terbebani. I just love doing it 🙂

Nggak usah paksain nongkrong di kafe atau restoran kok. Be creative. Banyak tempat-tempat untuk dapetin Instagram feed yang colorful tanpa mesti keluar uang banyak nongkrong di kafe.

Untuk feed yang kohesif dan konsisten, jangan pernah capek hunting foto yang colorful! Ini feed foto liburanku di Thailand. Sebelum buat itinerary, sengaja cari objek wisata, bahkan hotel menginap disana yang colorful.

STEP 2: TUNE YOUR PHOTO (WITH SNAPSEED)

Edit foto sama hal-nya dengan make up. If great makeup starts with healthy glowing skin, then great (edited) photo starts with a great base photo!

Sebelum memberi filter untuk mempertegas colorful theme di foto kita, selalu tune foto terlebih dulu. Naikkan brightness kalau terlalu gelap. Naikkan ambience kalau foto terlalu nampak dull. Ada bagian yang kurang colorful? Tambah saturation-nya!

Kalau foto mentahnya sudah bagus, aku kadang skip part ini.

Untuk tutorial kali ini aku akan menggunakan satu foto dari Korea trip-ku bulan lalu di Songwoldong Fairytale Village, Incheon. Foto dasarnya sudah colorful dengan pencahayaan yang oke! This will make the rest of the editing process way easier.

Brightness +45, Ambience +50, Shadows +10

 

STEP 3: REMOVE UNWANTED OBJECTS (WITH SNAPSEED) *OPTIONAL

Nggak semua foto itu sempurna. Seringnya ‘bocor’ orang lain ataupun objek lain. Foto ini kasusnya bukan kebocoran orang tapi kabel listrik yang lumayan ganggu. Gunakan Healing Brush di Snapseed untuk menghilangkannya.

Gunakan Snapseed’s Healing Brush untuk menghilangkan objek yang ganggu dan tidak diinginkan.

STEP 4: ADD FILTER + ENHANCE (WITH VSCO)

Jika sudah mendapat foto dasar yang oke dengan Snapseed, tinggal tambahkan filter untuk mempertegas theme colorful yang diinginkan. Ibaratnya kalo dandan sudah pakai base foundation dan concealer yang buat kulit kita terlihat cerah dan cantik, sekarang tinggal tambah make up!

Filter S1 +9, Tint +3, Skin Tone -1.5

Filter-ku untuk foto colorful hampir selalu S series, terutama S1. Untuk foto yang tidak terlalu colorful, kadang S2.

S series adalah filter berbayar di VSCO, tapi worth it banget karena aku hampir selalu pakai ini di setiap foto (kecuali untuk warm tone photos saat travelling misalnya ke pantai. Cek Tutorial: How I Edit My Outdoor Traveling Photos)

 

STEP 5: FINISHING (WITH LINE CAMERA) *OPTIONAL

Sampai STEP 4 sebenarnya foto sudah siap untuk di-post. Tapi ada beberapa kasus dimana aku merasa fotonya kurang ‘kereng’ atau kurang contrast dan detail-nya. Yep, I like detailed foto with good contrast. Not really into those fade kind of photos.

App favorit yang jarang orang pakai padahal efeknya aku suka banget adalah LINE Camera! Ini biasa kupakai terutama untuk foto interior atau pemandangan. Untuk foto dengan orang aku tidak terlalu sering pakai ini.

Untuk foto di atas aku merasa kurang ‘kereng’ dan detail jadi kugunakan lagi LINE Camera! Filter favoritku adalah Clear, karena dia benar-benar hanya meng-enhance contrast dan detail-nya.

Filter Clear 40%

Filter favorit lain di Line Camera adalah Delicious. Dia hampir mirip dengan Clear namun ada hint of yellow-nya.

 

STEP 6: DETAIL ENHANCEMENT (WITH SNAPSEED) *OPTIONAL

Detil terakhir kalo kamu masih merasa fotonya belum sempurna. Buka Snapseed dan gunakan Selective Tools untuk meng-enhance foto tersebut hanya di titik yang diinginkan. Disini aku menggunakan Structure untuk sisi dekoratif di belakang karena aku merasa kurang detail. Dan Saturation untuk langit karena aku merasa langitnya kurang biru.

Selective Tools: Structure +50, Saturation +30

And you’re done!

Jika sudah dapat hasil foto yang diinginkan, jangan lupa untuk maintain feed kamu dengan filter dan tema yang konsisten. Tapi jangan dibawa stres dan kaku juga. Just have fun. Instagram is made for having fun after all!

My Korea trip feed. Untuk mengatur feed yang baik supaya enak dilihat mata juga and tips and trick-nya. But that’s for another post, maybe?

Semoga tutorial-nya bermanfaat dan please let me know if this is helpful! Pengen banget lihat makin banyak feed warna-warni di feed IG user Indonesia 😀

Happy editing!

 

14 thoughts on “TUTORIAL: How I Edit My Colorful Instagram Photos

  1. Selalu suka sama feed kakak, enak diliat karna cerah! Salah satu inspirasi akuuu kalo mau hunting foto ke cafe yg lucu-lucu. Makasi kak!

    1. Instagram pasti compress foto kita saat upload. Kalo foto dasarnya sudah bagus (ga burem ga pecah), edit di Snapseed dan VSCO pilih yang full resolution nggak akan ke-compress kok, pasti hasilnya udah maksimal buat upload di IG

  2. Sumpah kaka kreatif banget. Apalgai pas kaka ngomong diindonesia jrg bnget colorfull theme. Emang iyaaa. Maknya aku exited banget pas tau ig kaka. Aku sampe terperangah kdng kalo tau ternyata tempat kaka foto di indonesia. Ini susah emang. Keep share your knowledge kaaak. So thank you 💕💕

  3. hallo jennifer salam kenal, thank you postingannya membantu sekali. awalnya liat di feed instagram langsung kepo ke blog. keren banget kamu bisa aja dapet spot yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *