X

Mudahnya Mengurus Visa China: Syarat dan Biaya

Dengar-dengar dari banyak orang, visa China termasuk visa yang mudah persyaratannya. Tingkat approval-nya pun tinggi, jarang yang ditolak asal dokumen lengkap.

Inilah mengapa aku berani untuk trip ‘mendadak’ ke Beijing pertengahan November 2017. Setelah impulsif beli tiket, aku langsung mempersiapkan persyaratan untuk mengurus visa China.

Berikut dokumen yang perlu disiapkan:

1. Form aplikasi visa (dan pas foto yang ditempel)

Mengisi form application disini . Setelah form diisi secara online, di-print dan dibawa saat mengajukan visa. Form harus diisi dengan diketik komputer, tidak boleh ditulis tangan

2. Pas foto ukuran 48 x 33 mm (2 buah)

1 untuk ditempel di form, dan 1 lagi di-klip di halaman ketiga paspor. Jika bingung untuk diklip dimana fotonya bisa dibawa saja, nanti akan diklip oleh petugas

3. Passport asli dan fotokopi

Tidak perlu menyertakan fotokopi paspor lama. Waktu itu saya mengajukan tapi dikembalikan oleh petugasnya karena tidak perlu katanya. Kecuali jika pernah ke China sebelumnya, sertakan fotokopi passport tersebut (hanya halaman identitas dan visa)

4. Fotokopi Akte Kelahiran, KTP, KK

5. Fotokopi reservasi pesawat dan hotel

Jika semua dokumen sudah siap, bisa langsung ke:

Chinese Visa Application Service Center (CVASC)

Lantai 8, The East Building, Mega Kuningan, Jakarta

Telepon: 021-579-38655  

Pengajuan Aplikasi Visa: 09.00-15.00

Pengambilan Visa: 09.00-16.00

Sedikit tips jika ke The East Building, ambil lift yang LOW ZONE karena tujuan kita ke lantai 8 (lift nya terbagi menjadi LOW, MID, dan HIGH, sesuai lantai yang dituju). Lift di gedung ini canggih, jadi harus menekan tombol lantai tujuan sebelum masuk lift. Di dalam lift tidak ada tombol lantai lagi. Kalau bingung, bisa tanya security karena biasanya ada beberapa yang jaga di dekat situ.

Pertama naik kesana pun aku bingung dan dibantu security. Kali kedua kesana untuk ambil visa, aku lupa jadi asal naik lift dan nyasar, naiknya yang MID :p

Untuk memasukkan dokumen visa Cina ini boleh diwakilkan orang lain. Untuk jam pengajuan dokumen dari pukul 09.00-15.00, atau lebih lengkapnya bisa dicek disini.

Saat masuk ke CVASC, jangan lupa untuk ambil nomor antrian. Petugasnya biasanya akan bertanya apakah kita mau mengajukan express service atau regular service. Aku ambil yang regular service.

Nomor antrian pengajuan visa. Datang mepet banget 14.51, padahal close jam 15.00 *nyaris tutup*

Ruang tunggunya sangat nyaman, full AC, dan banyak kursinya. Panggilan untuk antrian juga sangat jelas karena ada di screen di-atas counter.

Setelah dipanggil, dokumen dikumpulkan untuk dicek oleh petugas. Jika tidak ada yang kurang, langsung akan diberikan form bukti untuk pengambilan visa. Waktu itu aku apply tanggal 26 Oktober (hari Kamis), visa sudah bisa diambil tanggal 31 Oktober (hari Selasa).

Tanggal 31 Oktober, aku kembali ke CVASC untuk collect visa. Pengambilan visa bisa dilakukan dari jam 09.00-16.00. Ambil nomor antrian, dan tunggu dipanggil ke loket pembayaran.

Biaya visa adalah Rp 540.000 untuk single entry (Rp 300.000 biaya visa, Rp 240.000 untuk biaya service CVASC). Bisa dibayar tunai atau debit.

Info mengenai fee untuk visa jenis lainnya bisa cek disini: https://www.visaforchina.org/JKT_EN/yyxz/269894.shtml

Visa-nya pun bergambar The Great Wall.

Semudah dan secepat  itu ternyata apply visa China. Let’s go see The Great Wall!

 

 

anandary: I wander and wonder

View Comments (168)

  • Halo. Saya rencana ke Shanghai utk liburan akhir tahun. Untuk pengajuan visa ke China ini perlu di sertakan kopian buku rekening bank g? Mereka perlu cek saldo rekening bang g y? Makasih

  • kalau kita buat tanggal berangkatnya mepet gitu bakalan diapprove gak ka? kan visa china 4 hari jadi misalnya saya masukin hari ini dan tanggal berangkatnya 26 sept kira kira bakalan diapprove atau ditolak?

  • ka, aku mau tanya dong.
    aku baru banget buat paspor kebetulan (e-paspor) tp belum pernah ke luar negri. aku rencananya bakal beli tiket pesawat bulan ini bulan depan hotel. tp pegi nya awal april. kira² goal gak ya visa nya? (karna blm pernah keluar negri)

    dan kalo ngajuin visa nya bulan desember pergi bulan april bisa gak?

    syarat aku lengkap. tp takut visa di tolak karna belum pernah keluar.

  • apakah perlu menunjukan tiket pesawat, karena saya belum dikirimkan tiket pesawat. baru surat undangan seminar dari China. apakah bisa menggunakan surat undangan seminar saja untuk mengajukan visa