79   1066
14   945
44   1261
39   1198

Thailand Trip Part 1: Hari Pertama di Bangkok ( + Itinerary & Budget)

Sebelum trip ke Bangkok beberapa hari lalu, aku browsing gila-gilaan untuk persiapan trip! Beruntung banget karena banyak blogger Indonesia yang nulis tentang liburannya ke Bangkok dalam bahasa Indonesia. Aku juga bacain blog dari luar sih, tapi entah kenapa kalo baca tulisan dalam bahasa Indonesia bisa lebih relate hehehe mungkin karena destinasi-destinasi yang didatengin juga lebih mirip.

Karena itu, untuk blogpost tentang trip Thailand, akan aku tulis dalam bahasa Indonesia. Dengan harapan bisa lebih mudah dibaca untuk kalian yang mau liburan ke Thailand dan butuh info. Yay! 😀

Let’s start the trip story!

Asiatique Riverfront at night.

DAY 1

1. AIRPORT RAIL LINK TO THE CITY

Perjalananku dari Jakarta ke Bangkok adalah via Garuda Indonesia, dan landing di Suvarnabhumi Airport, Bangkok. FYI, Bangkok punya dua airport yaitu Suvarnabhumi dan Don Mueang. Kebetulan travelmate aku kali ini naik AirAsia, dan dia landing di Don Mueang. Jadi kita pisah airport dan meet up langsung di hostel kita dekat Victory Monument.

Suvarnabhumi adalah airport yang lebih baru dari Don Mueang, dan akses ke kotanya menurut aku lebih oke karena dia terkoneksi dengan Airport Rail Link (ARL) yang bisa membawa kamu langsung ke tengah kota dengan cepat. Harga tiket ARL tergantung jarak, dan karena hotelku di daerah Victory Monument, aku turun stasiun paling ujung yaitu Phaya Thai Station. Tiketnya 45 Baht (sekitar Rp 18.000,00).

Tiket ARL bisa kamu beli via Klook.com.

Tiket ARL dari Suvarnabhumi Airport
Rute Airport Rail Link dari Suvarnabhumi Airport sampai stasiun terujung Phaya Thai.

Phaya Thai Station ini juga connect dengan BTS jadi kalo kamu mau cus ke area lain via BTS juga bisa transit di Phaya Thai Station ini. ARL ini menurutku nyaman banget, adem, dan cukup luas jadi oke kalopun kamu geret-geret koper. Keretanya ada setiap 30 menit, mulai dari jam 6 pagi hingga midnight.

Karena sendirian, dan hotelku pun walking distance dari Phaya Thai Station, jelas aku lebih prefer naik ARL ini karena murah dan efisien waktu. Tapi, kalo hotelmu jauh dari station, bareng temen-temen, bisa pilih taxi atau Uber biar bisa patungan. Berdasarkan browsing sih harganya rata 300 Baht (sekitar Rp 120.000,00) dari Suvarnabhumi Airport ke area-area di Bangkok. Perlu dicatat kalo Bangkok itu macet, semacet Jakarta, jadi tetep sih aku prefer ARL. Secara keretanya nyaman banget, dan kalo naik langsung dari airport biasanya pasti dapet duduk.

Keretanya bagus dan nyaman. Oke buat kamu yang bawa-bawa koper juga karena lumayan luas keretanya.

Kalo kamu mendarat di Don Mueang Airport, sayangnya gak ada ARL. Tapi di Don Mueang tersedia bus ke tengah kota juga kok. Untuk ke Victory Monument, bisa naik bus nomor A2 seharga 30 Baht (sekitar Rp 12.000). Lebih murah, tapi kamu harus siap sama traffic Bangkok yang 11-12 deh sama Jakarta kalo rush hour.

2. THE MOTLEY HOUSE

Di Bangkok hari pertama, aku stay di The Motley House. Alasan aku pilih The Motley House adalah karena dia deket banget dari Phaya Thai Station yang merupakan stasiun turun ARL, dan karena pertimbangan aku mau ke Hua Hin di hari kedua.

Fyi, van dan bus ke Hua Hin dulunya ada di Victory Monument (700 m dari The Motley House) tapi sudah dipindah sejak pertengahan 2016 lalu. Apesnya aku adalah aku dapet info tersebut dari blog yang ditulis sebelum pindahan. Setelah aku booking The Motley House, eh baru aku baca lagi blog lain yang bilang kalo van-van udah dipindah! Pffft.

Tapi worry not sih, karena ternyata terminal baru untuk ke Hua Hin lokasinya itu jauh dari tengah kota, jadi aku gak rekomen untuk nginep deket sana juga. Lagipula The Motley House ini adalah pilihan yang tepat (mengambil tagline mbak-mbak Pizza Hut), karena lokasinya deket stasiun turun ARL dan BTS.

The humble lobby.
The oldies style interior, me likey!
All rooms are using key-card door so their safety is on point.
Simple classic style interior.
This is how my room looked like. Foto dari Agoda website karena aku tepar tidur begitu sampai hostel dan kamarnya berantakan deh, sorry! :p

Aku tipe orang yang nggak rewel tidur dimana aja, tapi rewel kalo soal kamar mandi atau toilet! Hahaha. Jadi setiap browsing hotel, aku selalu kepo lebih ke kamar mandinya. Karena trip kali ini backpacker style, tentu dong carinya hostel, dan hostel biasanya hanya punya shared bathroom. Makin-makin lah aku picky pilih hostel, karena males dong kalo shared bathroom nya jorok? Ada nih hostel lucu tidak jauh dari Phaya Thai Station juga, famous di Instagram karena gemes buat foto, tapi pas liat foto shared bathroom-nya dan baca beberapa review, aku ilfil 🙁

Jadilah alasan kedua booking The Motley House adalah karena foto kamar mandinya bagus (please forgive me. Can’t help, I’m picky about the place where I have to take my clothes off!). And I don’t regret it at all. Kamar mandinya bersih dan cantik juga interiornya. Ada air panas juga.

The Motley House ini, kalo aku boleh sotoy, dia semi hostel. Kamarnya private, tapi shared bathroom. Menurut aku good deal banget, harganya hanya sekitar Rp 300.000,- per malam, tapi kamarnya private, pake AC, ada TV (channel-nya cable pula, gak cuma lokal), ada kulkas pribadi juga di kamar. Shared bathroom nya pun  dipisah antara cewe dan cowo (penting, karena aku pernah mandi di hostel Singapore yang bathroom campur, kunci pintunya ada yang rusak dan hampir dibuka sama cowok! Duh!).

Satu hal yang aku agak tidak biasa (dan males) adalah harus ribet copot dan titip sepatu di rak tiap masuk area hostel. Dan ternyata ini pun terjadi di hostel-hostel selanjutnya sih. Jadi, mungkin ini emang kultur di Thailand (preventif biar lantai gak kotor juga mungkin).

Setelah check in di The Motley House, langkah selanjutnya adalah cari makan dan cari SIM card lokal!

3. BUYING LOCAL SIM CARD

Kalo kalian baca post-post lainku di blog, pasti tahu kalo aku anaknya bergantung Google Maps banget. Jadi SIM card lokal (atau pocket wifi) itu wajib. Posting update di social media bisa entar aja nunggu wifi gratis, tapi cari jalan atau rute itu hukum yang terutama. Cari SIM Card lokal di Bangkok itu gampang banget, bisa beli di airport ataupun di 7-Eleven. Aku beli tourist SIM Card merk True Move di 7-Eleven dekat The Motley House. Harganya 299 Baht (sekitar Rp 120.000,-) berlaku untuk 7 hari, unlimited internet (max speed up to 1.5 GB usage), dengan credit 100 Baht untuk telfon dan SMS.

Tourist SIM Card merk True Move, 299 Baht untuk 7 hari.

SIM Card yang aku beli ini langsung tersedia 3 in 1 size (standard, nano, atau micro), tinggal ‘dipotek’ sendiri sesuai kebutuhan. Jadi kamu gak perlu bingung butuh alat pemotong seandainya handphone kamu pakai nano SIM Card ataupun ukuran lain. Tinggal dijadiin personal hotspot deh kalo mau dipake beramai-ramai. Aku pribadi lebih prefer SIM Card lokal dibanding pocket wifi, supaya kalau pesen Uber/Grab, driver bisa telfon ke nomor kita.

4. BOAT NOODLES @ VICTORY MONUMENT

Berdasarkan browsing mendalam juga, terutama mengenai kuliner Thailand, aku terjerat oleh vlog Mark Wiens (wajib nonton vlog-vlog mas ini kalo ke Thailand! He’s one of my fave culinary vloggers!) tentang boat noodle di Victory Monument. Jadilah menu makanan pertama di Bangkok adalah Boat Noodles di Victory Monument, dicapai dengan jalan kaki saja dari The Motley House menggunakan Google Maps.

Banyak tenant boat noodles di Victory Monument, tapi yang paling terkenal yang ini. Cari aja yang mas-masnya baju oren-oren.
Ruangannya ada banyak, bisa indoor bisa outdoor. Aku pilih yang indoor biar sekalian ngadem.

Boat Noodle menurutku cukup unik. Mangkoknya kecil-kecil, jadi disini kamu memang kudu pesen banyak porsi, dan nanti mangkoknya tumpuk-tumpuk deh kalo sudah habis hehe. Rasanya kayak berlomba-berlomba tinggi-tinggian tumpukan mangkok sama pelanggan lain.

6 mangkok pertama sebelum akhirnya pesan 6 mangkok lagi.

Kamu bisa pilih noodle soup with beef atau pork, dan juga bisa pilih jenis mie-nya disini (ada 6 jenis mie! Ada yang tebal, tipis, lebar kayak udon, dll. Jangan khawatir karena mba nya akan kasih kamu kotak kecil isi sampel mie kok, jadi kamu tinggal tunjuk aja.) Harganya cuma 12 Baht per mangkok (sekitar Rp 4.800,-). Murah banget kan? Kemarin makan berdua pesan 12 mangkok aja kami kenyang banget.

5. ASIATIQUE RIVERFRONT

Dari Victory Monument, plan selanjutnya adalah menikmati malam di Asiatique Riverfront. Rutenya adalah melalui BTS dari Victory Monument, turun di Saphan Taksin station. Jalan kaki sedikit ke Sathorn pier, cari signage Asiatique, dan disitulah ada boat gratis khusus untuk pengunjung Asiatique Riverfront.

Asiatique Riverfront ini sebenarnya adalah pusat perbelanjaan dan kuliner berkonsep open space, lokasinya persis di pinggir sungai Chao Phraya. Asiatique ini salah satu destinasi touristy sih, karena pas disana pun aku lihat pengunjungnya kebanyakan bukan orang lokal. Selain bisa belanja dan kuliner, Asiatique terkenal akan Calypso Cabaret Show-nya. Aku pribadi masukin Asiatique ke itinerary sih untuk nyobain Mango Tango sekalian naik boat gratisnya menyebrangi  sungai Chao Phraya hehe. Ke Asiatique bisa dicapai naik mobil, tapi kebanyakan turis lebih pilih rute naik boat karena jelas lebih seru dan unik.

Pemandangan dari boat menuju Asiatique. Blur karena boat-nya goyang dan fotografer lagi males nyetting.
The iconic ferris wheel of Asiatique.

MANGO TANGO @ ASIATIQUE

Banyak banget review yang aku baca mengenai mango sticky rice di Mango Tango, Bangkok. Ada yang bilang enak banget luar biasa, ada pula yang bilang overrated dan biasa aja. Akhirnya aku pun nyobain dan bisa punya kesimpulan sendiri. Pendapatku? ENAK BANGET ASTAGAAAA.

Mango Tango with extra sticky rice. Mencakup mangga, puding mangga, mango sorbet, dan tentunya sticky rice.

Harga untuk mango sticky rice di Mango Tango adalah 185 Baht (sekitar Rp 75.000,-), dan disini tiap orang harus order minimum 1 item, jadi jangan harap bisa dateng berbanyak terus patungan pesen satu ya! Kemarin aku berdua pesan Mango Tango Extra Sticky Rice dan Mango Smoothie 100 Baht (sekitar Rp 40.000,-), jadi total damage di Mango Tango adalah 285 Baht (sekitar Rp 115.000,-).

Benar seenak itukah Mango Tango? Well, aku kemarin pergi di bulan Juni, dan denger-denger bulan April-Juni itu memang bulan dimana mangga di Thailand itu lagi enak-enaknya, so I guess I was very lucky. Pendapatku Mango Tango itu memang overall enak, buah mangganya manis, puding dan es krimnya enak, sticky rice nya juga yummy (walau mungil banget). The only downside is maybe the price. Dan itu karena keesokan hari aku beli mango sticky rice randomly di pasar malam hanya dengan 50 Baht alias cuma Rp 20.000,- doang, sepertiga harga Mango Tango, dan itu juga ENAK BANGET dengan porsi mangga dan sticky rice yang lebih banyak (tanpa puding dan es krim kayak Mango Tango ya).

Tapi aku rasa nggak adil sih ngebandingin harga makanan di restoran yang juga jual suasana dengan makanan yang takeaway di pasar. So I guess it really depends on your budget and taste. And luck! Karena malam terakhir di Bangkok aku beli mango sticky rice randomly di Khaosan Road dan gak enak! Huhu.

Rute pulang dari Asiatique Riverfront, sama dengan berangkat tadi yaitu via boat gratis Asiatique ke Sathorn Pier, lanjut BTS dari Saphan Taksin ke Phaya Thai dan jalan kaki ke The Motley House.

That’s it for the day 1 in Bangkok. Next post adalah hari ke-2 dimana aku akan berangkat ke Hua Hin!

RESUME ITINERARY & BUDGET DAY 1:

P.S. :

1. Perhitungan di atas untuk 2 orang (2 pax)
  2. THB adalah hitungan dalam Baht, dan IDR untuk perkiraan dalam Rupiah (dengan asumsi 1 Baht = Rp 425,-)
  3. Trip di atas dilakukan pada bulan Juni 2017

80 Comments

1. Maura
    January 12, 2018 / 1:37 pm

hello kak! mau tanya lagi, di motley house itu shared bathroom nya ada tiap lantai atau cuma di lantai tertentu yah hehe? terus, tangganya tinggi/curam gitu gak yah? (soalnya aku bawa orang tua hehe) terima kasih banyak!:)

January 19, 2018 / 8:33 am

Shared bathroom-nya tiap lantai. Tangganya gak curam sih, aman kok dan pake karpet gt jadi gak licin.

• Nanonano
        March 12, 2018 / 7:12 pm

Termasuk mahal itu ka harga permalam hotelnya untuk yg shared bathroom hehe, aku cm 270rban deh smlm, *sekelas hotel bintang 3* kamar mandi didlem pastinya , cm memang hrus online bookingnya

March 13, 2018 / 6:17 am

Di Bangkok banyak hotel yang murah sih. Tapi sejauh yang aku cek, yang ini udah paling oke karena deket banget dari stasiun aku turun kereta airport express (biar aku gak geret koper kejauhan). Ada kulkas pula dan TV pula hehehe

• ce
          June 3, 2018 / 1:42 pm

kalau boleh tau nginep di hotel apa kak?

• Dyah
          July 7, 2019 / 6:19 am

Haloo kalo boleh tau nama hotelnya apa dan di daerah apa ya ? Terimakasih sebelumnya

2. khairunnisa
    February 26, 2018 / 3:16 pm

terima kasih banyak mbak. Detil sekali infonya. Salam kenal. (Nisa)

February 27, 2018 / 8:08 am

Sama-sama Khairunnisa! Thank you for reading my blog and leaving nice comment. Hope you enjoy your trip to Thailand!

3. March 16, 2018 / 10:40 am

wah bagus nih untuk jadi panduan ke sana sambol ngegembel hahahaha

4. Muhammad Ridwan
    April 17, 2018 / 6:06 pm

Hai ka aku mau nanya dong,
    Kira2 kalo kita backpacker sendirian selama seminggu kita harus nyiapin duit berapa ya?

April 18, 2018 / 9:27 am

Semua tergantung lifestyle kamu, dan tempat yang mau kamu kunjungin. Apakah yang butuh tiket masuk atau engga, kelilingny naik apa, dll.

• slamet raharjo
      May 22, 2018 / 10:40 am

bareng bro kalo mau backpacker gua mau jalan sendiri tapi takut wkwk nih ig gua @sr7official_

5. hana anggraeni
    April 19, 2018 / 10:06 am

HALO KAK..

di Thailand buat muslim termasuk susah gak cari makan yang halal atau tdk mengandung pork..

April 19, 2018 / 6:01 pm

Lumayan susah kebanyakan ada pork-nya. Mending sebelumnya browsing dulu restoran halal ya…

6. Fiani
    May 2, 2018 / 1:37 am

Haloo, blog nya ngebantu aku banget buat prepare jalan2 ke Bangkok Mei ini! Ada detail itinerary nya jadi kurang lebih kebayang bakal nyiapin apa aja sama duit berapa..Thank you banget yaa, salam kenal! 😀

May 2, 2018 / 9:34 am

Hai Fiani, salam kenal juga! Sama-sama, senang post ini bisa membantu. Enjoy your holiday in Bangkok!

7. tyas
    May 3, 2018 / 2:39 am

Help full banget… ditunggu part 2 dan sampe tamat nya…. buat perbandingan itinerary

May 3, 2018 / 2:11 pm

Part 2 dan 3 sudah ada ya, bisa langsung dibaca 🙂

8. ira silvia
    May 16, 2018 / 1:52 am

kak nanya donk ,,, kenapa kaka ngga nginap di kao san road?

May 16, 2018 / 10:35 am

Menginap kok di Khao San Road 1 malam. Silakan baca post Thailand Trip yang part 3 ya 🙂

9. Donny
    May 17, 2018 / 1:26 pm

Keren tulisannya.membantu sekali nih…….trusin tulis kk ditempat2 lain juga. Di tunggu ulasannya

May 18, 2018 / 3:11 pm

Makasih banyak, Donny! Amiiin semoga bisa nulis terus 🙂

10. Dee
    May 18, 2018 / 1:11 pm

Hai kak, mau nanya dong. Boat dari Asiatique buat balik ke Saphan Taksin available sampai jam berapa ya? Kalau malam gitu masih bisa pake boatnya? Coz aku liat di beberapa vlog, mereka rata2 pulangnya naik taxi. Kupikir apa karena fasilitas boatnya ga sampe malem ya? Thx b4! :*

May 18, 2018 / 3:15 pm

Hai, Dee. Ada kok boat malam. Boat terakhir dari Sathorn pier maupun Asiatique di jam 11 malam. Kemarin aku pulang juga naik boat malam kok ke Sathorn pier, sekitar jam 10an.

• Dee
        May 19, 2018 / 1:01 pm

Ooh oke deh. Kebetulan banget ketemu blog ini karena rute-rute nya hampir sama kayak itineraryku buat ke bkk bln 8 ntar hehe. Thanks a lot kak infonya. Aku mau nanya2 soal huahin juga nih ntar di page 2 hohoho

11. Dewi
    July 14, 2018 / 6:06 pm

Hi kal Jen, nice blog ka! Thank you udah share itenerary nya. Anw Kak mau tanya, kalo misalnya solo travelling ke thailand dan pake tripod, resikonya banyak ga ya?

July 15, 2018 / 5:46 pm

Resiko apa ya maksudnya? Kan resiko bisa macem-macem. Kalo soal dicuri dll, coba liat kanan kiri keadaan sekitar. Negara apapun pasti ada resiko kecurian sih.

12. Rizput
    July 20, 2018 / 7:14 am

Hai Jen,

Aku mau tanya soal minimum travel allowance untuk masuk bangkok. Kita dari Indo kena harus nyiapin rekening koran bank kah? Apakah ada minimum funding per hari yang diwajibkan pemerintah thailand untuk turis dari Indonesia?
    Aku soalnya pengalaman yang di eropa kek gitu, belum pernah keliling southeast asia jadi pengen lebih siap aja.
    Thank you

July 21, 2018 / 5:03 am

Kalau punya paspor Indonesia, masuk ke Thailand kan bebas visa karena sesama ASEAN countries. Nggak pernah diminta cek rekening koran, biasanya langsung cap paspor aja. Worst case yang bisa sampai ditanyain budget dll itu kalau sampe kena random check di bandara, tapi jarang kejadian sih.

13. nandaputri
    July 28, 2018 / 9:14 pm

Halo kak.. itu BTS maksudnya apa ya?? Kereta kyk ARL ato apa?

July 29, 2018 / 5:30 am

BTS: Bangkok Mass Transit System, ARL: Airport Rail Link. Dua-duanya kereta cepat, tapi yang ARL untuk tujuan ke airport. Bisa baca yang Thailand Trip Part 3 aku tulis sedikit tentang BTS 🙂

14. Nia
    August 5, 2018 / 4:45 am

Kalo trip ke bajo mana yaa?? Ada rencana mau ksna

August 5, 2018 / 8:11 am

Bisa search keyword ‘Komodo’ di kanan atas blog ini ya atau pilih menu Places > Indonesia terus cari ke bawah artikel ‘One Day Trip Komodo’

15. October 12, 2018 / 10:27 am

I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
    I do not know who you are but definitely you are going to a
    famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

16. Maria
    October 23, 2018 / 6:10 am

Halo kak, mau nanya dong. Hotel di thailandnya book dulu sebelum pergi ya ?
    Atau udah nyampe baru check in ?
    Thank you kak 🙂

October 23, 2018 / 6:59 am

Book hotel dari sejak di Indonesia. Check in ya kalau sudah sampe disana.

• Sri
        January 28, 2019 / 6:57 am

Book hotelny lwat mana ya kak?

• yola
          May 22, 2019 / 3:35 am

hai, aku bantuin jawab ya. ada banyak platform untuk booking hotel, salah satunya agoda.com

17. Jasetya
    November 5, 2018 / 5:45 pm

Ada yg mau ke bkk januari 2019 di awal bulan ? Cz cuma berdua sm temen klo rame mngkin lebih asik dan murah haha, dan kita berdua baru pertama kali nanti ke thai – bkk

• Laura
      November 14, 2018 / 10:28 pm

Saya mau ke Bangkok @jasetya. Saya bertiga. Klo mau Ayo Kita bareng2. Untuk lebih kelasnya, email saya ya di lauramitchell970@gmail.com
      Thanks

• achie remawa
        November 29, 2018 / 12:36 am

aku juga lagi runding sama kakak mau trip berdua kesana. cuman masih agak takut karna kita berdua cew2. aman gha sih klo traveling di thailand ??

• Yeni
        December 6, 2018 / 1:44 am

haii kk @laura rencana nya saya juga mau travel ke bangkok bulan januari sama teman kita bertiga,, dan baru pertama kalii … hehe

• Afifah Dinda
          December 25, 2018 / 5:56 am

aku juga rencana akhir bulan januari ntar mau ke bangkok bertiga

• Reno
      March 28, 2019 / 1:12 am

Hallo Mas/Mba
      Apakah sudah berangkat ke Bangkok?
      Saya mencari teman juga untuk pergi ke sana.
      94reno@gmail.com

18. Laura
    November 14, 2018 / 10:29 pm

Jelasnya*

19. Putra Gunaawan
    November 16, 2018 / 7:46 am

@Jasetya Tanggal berapa bro mau ke bangkok??
    gw 2019 ada rencana mau kesa tapi lewat spore..
    gw tinggal dibatam..

• Marihot
      January 5, 2019 / 2:06 pm

Bareng yuk. Sy rencana awal februari mau ke bangkok

January 24, 2019 / 10:21 am

Bln feb pertengahan bro . Lo kapan ?

20. Susanto
    November 26, 2018 / 2:40 pm

Halo kak ,
    Mau tanya untuk jalur darat di bangkok apakah macet seperti jakarta ?
    Misalnya mau naek grab gtuu .
    Oy kak , naek boat nya ada tanda gak ya
    Atau tulisan gtu boat ini tujuan mana boat itu tujuan mana .

November 27, 2018 / 6:01 am

Bangkok macetnya seperti Jakarta terutama saat rush hour. Ada tandanya kok, tapi lebih baik browsing rute dulu sebelum naik boat.

21. Bea
    December 26, 2018 / 8:39 am

waah bermanfaat sekali.
    rencana pertenghan Januari/ Februari kesana. Ada yang bisa barengan ga? wkwk
    Mau modal nekad aja kesana.

January 24, 2019 / 10:19 am

Bulan feb nya tgl brpa kesana ? Klo pas boleh lahh . Sama nihh modal nekad . Ga nekad ga bakal brangkad hehe

22. Re
    December 29, 2018 / 5:36 am

Tiket pesawatnya pesen brp bulan sblum kak.? Dan dpt hrga bera ya?? Makasih sebelumnya

23. January 12, 2019 / 3:18 pm

Yg mau bareng ke bangkok, bisa berangkat bareng atau ketemuan sama saya di sana, saya berangkat sendirian, modal nekat, dan bismillah. dari tgl 17/21 january 2019. itinerary uda dibuat jauh-jauh hari, yg mau ketemuan sama saya disana, atau mau liat itinerary buatan saya, bisa email ke anfalza23@gmail.com dengan acuan bandara don mueang dan penginapan di daerah pratunam.

January 24, 2019 / 10:17 am

Yahh coba brngkat nya bln feb bro hehe ..

24. Jasetyaa
    January 24, 2019 / 10:16 am

Ada yg mau backpakeran bulan feb ke bangkok kah ? Sbnrnya sih bisa aja sendiri atau solo travel cuma aja kalo ada yg mau gabung biar nambah seru hayuu atuhh dan gw jg baru pertama kali nya le bangkok,.

January 24, 2019 / 10:29 am

Dm IG ane aje kalo mau @jasetyaa ya

• Diena
      January 31, 2019 / 6:05 am

Tanggal berapa perginya?saya tanggal 9 februari

25. January 29, 2019 / 3:19 pm

nice info jen, februari ini mau main main ke bangkok

26. Niatart
    March 8, 2019 / 1:56 am

Hy, ada yg mau gabung gk aku planning bulan 7 sekitar tgl 4 tahun ini, kalo ada please send e-mail

• Yedija Simatupang
      May 8, 2019 / 2:42 am

Aq rencana brangkat akhir bln Juni ke Bangkok lewat Kl…dr BKK mau ke Chiang Rai jg..klo mau, kita bareng aja,mbak…

27. Tami
    March 14, 2019 / 3:34 am

Halo, aku dah baca part 2 nyaa. Sooo exciting. Kumau kesana sama suami dan anakku. Oiya, kl ke Hua Hin itu berarti memang harus naik bus ya?

28. Reno
    March 28, 2019 / 1:18 am

Hallo, ada yg mau ke Thailand tanggal 27 April tahun ini? Rencana dari Jakarta ke Phuket transit di Singapura, dari Phuket baru ke Bangkok.
    Kalau ada please email 94reno@gmail.com

29. April 22, 2019 / 6:38 am

Hallo, Kak. Membantu banget buat aku yang belum pernah ke Bangkok dan emang pengen banget ke sana. Salam kenal

April 23, 2019 / 9:04 am

Senang bisa membantu! Salam kenal juga, Prajna 🙂

30. mercy
    May 6, 2019 / 3:13 am

kak, kalo ke bangkok sendirian umurnya under 18 bisa lewat ngga? soalnya dulu saya ke singapore (sama guru, teman-teman)pake ferry dari batam, di imigrasi batam kami yang under eighteen gak bisa lolos ,karena pada ngga sama orangtua perginya, terus guru saya ditahan/diintrograsi/disuruh isi ernyataan atau apa ( kurang jelas juga) selama 15menit…

May 6, 2019 / 4:38 am

Asal jelas paspornya, identitasnya, akan tinggal dimana, tujuannya, ada kontak orang tua yang bisa dihubungi, uang cukup, tiket pulang juga ada, biasanya nggak masalah. Saya pernah traveling under 17 ke Hong Kong sendirian nggak masalah kok. Tapi balik lagi keputusan ada di petugas imigrasi disana ya

31. May 30, 2019 / 7:04 am

Gara-gara liat postingan di insta story kakak jadi dehh mampir kesini. taunya udh tulisan tahun 2017 hiii
    lengkap banget infonya, semoga lain kali bisa liburan ke Bangkok 🙂

May 30, 2019 / 9:59 am

Amiiiin semoga bisa segera jalan-jalan ke Bangkok ya!

32. Elisabeth Irsan
    June 11, 2019 / 6:25 am

hi kak, baca blogmu jadi mau ke bangkok. detailnya bagus, membawa kita kayak seakan2 ikut trip ke bangkok wkwkwk. BTW, dulu kakak booking The Motley Housenya dari APP apa ya? kemarin aku cek di trip.com lumanyan murah 200san tp aku baca lagi klo app trip.com agak gak bagus. hehe mohon sarannya kak, thankyouu dan ditunggu blog Vietnamnya!

June 11, 2019 / 6:58 am

Terima kasih! Seneng dengernya kalau tulisanku berasa bikin ikut liburan hehehe. Aku book Motley House via Agoda. Aku belum pernah book hotel via trip.com sih tapi pernah beli tiket pesawat lewat sana. Aman kok, cuma waktu itu agak lama dikirim e-ticket nya, setelah beberapa jam baru dikirim. Selain itu aku aman aja sih pakai trip.com

33. laksmimp
    July 16, 2019 / 8:00 pm

Halo kak Jennifer! Beberapa minggu yang lalu aku trip ke Bangkok dan menemukan blog kk. Sangat membantu sekali informasinya. Sampai-sampai aku juga backpackeran ke Ayutthaya! Semoga tetap menginspirasi yah kak!

Oh iya, sebenarnya aku juga hobi nge-blog sedari tahun 2012, tapi baru-baru ini aktif lagi. Aku juga nulis blog tentang trip di Bangkok, meskipun ngga se lengkap kk. Mungkin kalau kk/teman2 sempat bisa mampir ke blogku ya hehehe

Terima kasih kak Jen, karena sudah bikin aku termotivasi untuk nulis blog dan ambil foto pas aku ngetrip. Sukses selalu untuk kakak!

Salam dari Bali:)

July 17, 2019 / 9:20 am

Hi, Laksmi! Seneng deh baca kalo kamu start nulis lagi. Semoga bisa rajin terus yaa!

34. Septia Elisabeth
    October 15, 2019 / 9:45 am

Hai Kak,
    Mau tanya dong, untuk antisipasi begpacker di Thailand kan turis diminta menunjukkan kalau punya 20.000 Baht dalam bentuk tunai. Kalau ga punya, lalu nekat berangkat, brarti ga dikasih ‘masuk’ dong dengan pihak imigrasinya?
    Itu semacam keharusan kah atau bisa kita jelaskan ke imigrasi dengan menunjukkan itinerary kita selama ngetrip kemana aja, hotel udah dibooking dimana aja, dan mgkin dengan tunjukin bookingan tiket pulang?
    Mohon infonya dong kak, setau kakak gimana sih, plan sih Desember 2019 kesana, tp kayaknya ga dengan tdk membawa 20.000 Baht tsb.
    Makasih.

October 17, 2019 / 8:18 am

Peraturan itu jarang diterapkan untuk pemegang paspor ASEAN kok. Biasanya turis Indonesia lancar aja. Kecuali border land (perbatasan darat), kadang suka dicek.

35. May 10, 2023 / 12:34 am

Wah komplit sekali penjelasannya kak ke thailand jadi pengen balik lagi kesana

May 25, 2023 / 10:22 pm

Yuk cus let’s go ke Thailand lagi